Balasan Ucapan Idul Fitri Dengan Versi Bahasa Lengkap

Balasan ucapan Idul Fitri perlu diketahui agar bisa memberikan imbal balik yang sesuai dengan ucapan tersebut. Untuk mengetahui lengkapnya, simak poin berikut!

Saat memasuki hari raya Idul Fitri, para umat muslim akan saling bermaaf-maafan dan memberikan ucapan selamat hari raya.

Ucapan ini sangat bervariasi mulai menggunakan bahasa Arab hingga Jawa halus. Untuk itu, tentu mengetahui balasan ucapan Idul Fitri yang benar adalah hal yang harus diketahui.

Pasalnya, jika memberikan balasan yang tidak sesuai, tentu rasanya akan canggung dan malu. Terlebih ucapan idul fitri sendiri sangat umum diungkapkan menggunakan bahasa Arab dengan berbagai doa-doa baik yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengatasi hal ini, tidak perlu khawatir karena pada ulasan berikut akan diberikan berbagai balasan yang pas untuk menjawab ucapan Idul Fitri teman, kerabat, atau rekan kerja. Agar tidak penasaran lagi, langsung saja baca penjelasan berikut dengan seksama.

Contoh Balasan Ucapan Idul Fitri yang Sesuai

Sebagaimana yang diketahui, umat Islam akan bersukacita saat hari raya Idul Fitri telah tiba.

Ini karena Islam sendiri juga menyatakan bahwa hari itu merupakan hari kemenangan di mana umat Islam telah berhasil menyelesaikan satu bulan penuh dengan berpuasa Ramadhan.

Pada hari ini, telah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat untuk saling bersilaturahmi ke teman, kerabat, dan juga keluarga.

Mereka akan saling bermaaf-maafan dan mengucapkan selamat hari raya dengan bahasa penyampaian yang berbeda-beda.

Ada yang menyampaikan dengan bahasa Arab seperti “Minal ‘Aidin wal Faizin atau ‘Eid Mubarak.

Namun, tidak jarang juga ucapan berisi perminta maafan dan juga selamat hari raya diucapkan secara sopan menggunakan bahasa Jawa halus atau bahasa Indonesia.

Beberapa juga memberikan ucapan Idul Fitri menggunakan bahasa asing seperti bahasa Inggris dan sebagainya. Jadi, bagaimanakah balasan yang tepat untuk ucapan-ucapan tersebut?

Carilah jawaban yang tepat berdasarkan konteks ucapan yang terangkum dalam poin-poin di bawah ini!

1. Balasan Ucapan Idul Fitri Islami

Seperti yang sempat sedikit disinggung sebelumnya, ucapan idul Fitri yang paling umum dan banyak diberikan adalah dalam bahasa Arab.

Hal ini karena para sahabat pun memberi contoh ucapan hari raya Idul Fitri berisi doa-doa kebaikan dalam bahasa Arab.

Jika mendapatkan ucapan Idul Fitri yang islami seperti ini, maka hindari menjawab asal-asalan karena bisa jadi kalimat tersebut mengandung ungkapan penuh doa.

Karena hal itu, inilah beberapa balasan yang pas untuk berbagai ucapan Idul Fitri yang kerap ditemui:

  • Balaslah ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum’ dengan kalimat yang persis serupa. Ini karena kalimat tersebut memiliki arti “Semoga Allah menerima ibadah puasa kita serta ibadah puasa kamu”, dengan begitu akan baik-baik saja jika mendoakan kembali dengan kalimat serupa.
  • Ucapan ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ juga bisa dibalas dengan kalimat ‘Allahumma aamiin minna wa minkum’. Adapun arti dari balasan tersebut yaitu “Amin Ya Allah, semoga Allah menerima ibadah puasa kita dan ibadah puasa kamu.”
  • Jika mendapat ucapan ‘Eid mubarak’ (semoga hari raya ini penuh keberkahan), maka balaslah dengan menggunakan kalimat ‘Allahu yubariku fiik’ (semoga Allah juga memberkatimu). Kalimat ini sangatlah cocok karena sama-sama meminta keberkahan dari Allah SWT.
  • Apabila mencapat ucapan Kullu ‘amin wa antum bi khair’ (semoga tiap-tiap tahun kamu berada dalam keadaan yang baik), maka jawablah ‘Wa antum bi khair wa bi sihah wa bi salamah’. Adapun arti jawaban tadi yaitu “Semoga tahun kamu juga senantiasa baik, sehat, dan selamat.”
  • Kalimat ‘Minal aidin wal faizin’ bisa dibalas dengan kalimat serupa karena pada intinya ucapan tersebut dimaksudkan untuk meminta maaf lahir dan juga batin. Walaupun sebenarnya arti dari lafadz di atas yaitu “Termasuk golongan orang-orang yang kembali dan menang.”
  • Jika ingin memberikan balasan ucapan Idul Fitri ‘Minal aidin wal faizindengan kalimat yang berbeda, maka bisa menggunakan ‘Minas salimiin wal gharimiin’. Kalimat balasan tersebut memiliki arti “Semoga termasuk golongan orang yang sehat dan juga sukses.”

Berdasar dari beberapa referensi balasan seperti pada poin-poin di atas, seseorang boleh kembali mengucapkan salam penghormatan yang serupa atau yang lebih baik.

Adapun hal ini sesuai dengan yang telah dijelaskan dalam surat Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 86 seperti berikut:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا۟ بِأَحْسَنَ مِنْهَآ أَوْ رُدُّوهَآ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ حَسِيبًا

Artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.”

2. Balasan Ucapan Idul Fitri Bahasa Indonesia

Membalas ucapan Idul Fitri dengan menggunakan kalimat Bahasa Arab akan cocok jika ucapan juga disampaikan dalam konteks yang serupa. Namun, dalam beberapa kesempatan, terdapat non-muslim yang turut memberikan ucapan selamat Idul Fitri.

Jika begitu, maka umumnya ucapan yang diberikan berupa Bahasa Indonesia. Dan untuk membalas hal ini, maka balasan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang tertata baik akan lebih pas dibandingkan mendoakan menggunakan kalimat bahasa Arab.

Adapun kalimat berbahasa Indonesia juga bisa digunakan untuk membalas ucapan Idul Fitri yang lebih formal. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini beberapa contoh balasan ucapan Idul Fitri dalam Bahasa Indonesia yang bisa digunakan:

  • Begitu juga dengan saya dan keluarga, mohon maaf lahir dan juga batin atas berbagai kesalahan yang mungkin pernah saya perbuat kepada Anda baik yang disengaja atau tidak disengaja. Semoga hal ini bisa menjadi pintu di mana kita bisa lebih berkomunikasi dengan baik kedepannya.
  • Semoga doa-doa baik akan selalu kembali kepada Anda dengan cara yang lebih baik lagi. Saya beserta keluarga besar juga minta maaf setulusnya apabila pernah membuat Anda merasa tersakiti atas perbuatan yang tidak disengaja maupun yang khilaf disengaja.
  • Selamat hari raya Idul Fitri juga, semoga dihari kemenangan ini kita diberikan cinta, kedamaian, dan juga kebahagiaan yang berlimpah oleh Allah SWT. Untuk itu, izinkan juga bagi saya untuk meminta maaf atas perbuatan, ucapan, hingga mungkin pemikiran yang buruk tentang kamu.
  • Di hari yang indah ini, benarlah bahwa tidak terdapat kata yang lebih indah daripada kata maaf. Insya Allah aku sudah memaafkan segala kesalahanmu sebelum kamu memintanya. Di samping itu, saya juga minta maaf apabila terdapat berbagai salah yang mungkin pernah menyakiti hati atau fisikmu.
  • Saya dan sekeluarga juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri. Semoga persaudaraan di antara kita senantiasa terjaga dengan adanya niat saling memaafkan seperti momen indah saat ini. Dan semoga Allah juga memberikan kita kesempatan untuk bisa bertemu dengan Idul Fitri selanjutnya.
  • Suatu kebanggan tersendiri ketika kita mampu mengalahkan hawa nafsu dan menyelesaikan satu bulan puasa dengan baik. Dalam hadirnya hari kemenangan ini, aku juga ingin menyampaikan minta maaf yang setulusnya. Semoga kita selalu dilimpahi berkah persaudaraan yang erat oleh Allah SWT.
  • Terimakasih atas ucapan yang telah diberikan, saya juga mengucapkan minta maaf sebesar-besarnya apabila pernah berbuat kesalahan baik yang saya sengaja ataupun tidak. Semoga Anda membukakan pintu maaf seluas-luasnya untuk segala kesalahan yang saya perbuat.

Baca juga : 45 Kumpulan Pantun Idul Fitri yang Penuh Makna, Lucu, dan Menghibur

3. Contoh Balasan Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Halus

Selain menggunakan Bahasa Arab dan Indonesia, balasan untuk ucapan Idul Fitri juga kerap disampaikan dengan menggunakan Bahasa Jawa yang halus.

Pasalnya, bagi sebagian besar masyarakat Jawa, hal ini dianggap begitu sopan dan pas jika diucapkan untuk orang yang lebih tua atau orang yang dihormati. 

Tidak sebatas masyarakat Jawa saja, siapapun bisa menggunakan beberapa contoh balasan ucapan Idul Fitri menggunakan Jawa halus sebagai berikut:

  • Ing dinten ingkang suci niki, kulo nggih nyuwun pangapunten dening sedoyo kalepatan lahir sekalian batin. Mugi-mugi kito kanugrahan berkah lan jatining fitrah saking ingkang Maha Kuoso, Allah SWT.
  • Sak Meniko, boten wonten tiyang ingkang boten gadah kalepatan lan sempurno, bilih kulo wonten kalepatan, kulo nggih nyuwun pangapunten sak katah-katah ipun dateng jenengan. Mugi sedanten amal kito ing bulan suci Ramadhan ditampi dumateng Allah SWT.
  • Sakderenge, kulo sekeluarga ageng nggih ngaturaken sugeng riyadin, mugi-mugi dosa lan kesalahan kulo sak meniko panjenengan dilebur Sang Maha Kuoso ing dinten ingkang agung niki. 
  • Ing dinten ageng niki, kulo sekeluarga nggih matur nyuwun pangapunten saking sedanten kalepatan ingkang boten saged idining sarak. Sak meniko, kulo kaliyan keluarga ngaturaken sugeng riyadin dateng jenengan.
  • Sugeng riyadin, kulo nggih nyuwun sedanten pangapunten dateng sedoyo klentu lan kalepatan kulo kaliyan keluarga ageng kulo. Mugi-mugi kulo kaliyan panjenengan senantiasa diparingi nikmat lan sehat dateng Allah saget kepanggih kalih dinten Idul Fitri meleh tahun ajeng.
  • Selaras kaleh niku, mugi-mugi panjenengan nggih kerso maringi pangaksami ingkang agung seaguninging samudro. Mugi-mugi ing dinten niki gusti Allah ngersakaken marangin sedan ten keberkahan dateng kulo kaliyan panjenengan.
  • Sak meniko sowan saking jenengan, kulo nggih ngaturaken sugeng riyadin lan mboten kesupen nyuwun pangapunten dateng sedoyo kalepatan kulo lan sekeluarga. Mugi-mugi sedanten kalepatan kulo kaleh jenengan dilebur kalih Sang Maha Kuoso.

4. Balasan Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris 

Sebagaimana yang diketahui, umat muslim tersebar secara luas di berbagai penjuru dunia ini. Karena itu, ucapan yang diberikan pada hari raya Idul Fitri tidak hanya datang dari masyarakat Indonesia saja.

Dalam hal ini, pastilah ucapan Idul Fitri dalam Bahasa Inggris juga tidak jarang ditemui.

Lantas, bagaimanakah cara membalas ucapan berbahasa Inggris seperti ini? Agar tidak bingung, carilah jawaban balasan ucapan Idul Fitri dalam Bahasa Inggris yang paling cocok dalam list berikut:

  • Hello, Happy Eid Mubarok to you and of course your family. May Allah forgive us and our family for our sins and mistakes too. Besides that, on this happy day, let’s forgive each other’s mistakes, and strengthen our bonds of brotherhood.
  • It’s a very pleasant thing for us to be able to meet this very much awaited happy day, Eid Al-Fitr day. May all our kindness and rewards in Ramadan be accepted by Allah. Don’t forget to visit my house! I will prepare delicious snacks for you and your family.
  • Hai, happy ‘Eid Mubarok too. I also apologize for the mistakes that I’ve done for you, whether intentionally or not. Hopefully both of us become better people with this forgiveness.
  • Happy Eid too my friend, be calm because I’ve forgiven you before you apologized to me. Apart from that, I also apologize if for example I have wronged you.

Adapun berbagai balasan ucapan Idul Fitri sebagaimana yang dicontohkan di atas dipilih agar sesuai dengan ucapan yang sebelumnya telah diterima.

Jangan lupa untuk mendalami arti yang terkandung di dalamnya terlebih dahulu agar jawaban bisa selaras dengan ucapan yang diterima.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.