5 Aktivitas Ngabuburit Berpahala yang Menyenangkan di Bulan Ramadhan

Adapun berbagai aktivitas ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan yaitu dengan membagikan takjil, mendengarkan ceramah, hingga membaca Al-Qur’an.


Dalam menjalankan ibadah puasa, rasanya terdapat waktu kosong yang lebih lama pada hari tersebut daripada hari-hari biasanya. Karena itu, akhirnya banyak yang mencari berbagai aktivitas ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan.

Pasalnya, mengisi waktu luang selama berpuasa dengan kegiatan yang bermanfaat apalagi hingga mengundang pahala akan membuat puasa terasa lebih bermakna.

Ngabuburit juga membuat seseorang terhindar dari melamun hingga tergoda untuk membatalkan puasa.

Jadi, apa saja kegiatan mengisi waktu luang saat puasa yang tidak membuat bosan sekaligus dapat mendatangkan pahala? Simak jawabannya dalam rangkuman rekomendasi berikut!

 

Baca juga:   54 Ucapan Selamat Berbuka Puasa yang Sederhana Bermakna

Apa Itu Ngabuburit?

Ngabuburit adalah kegiatan mengisi waktu menjelang adzan maghrib atau waktu berbuka puasa tiba.

Kegiatan ini menjadi salah satu tradisi di masyarakat Indonesia yang dilakukan dengan berjalan-jalan mencari takjil, bermain, datang ke tempat ceramah, membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

Kata ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda ‘burit’ yang memiliki arti senja, sore, atau menjelang waktu Maghrib.

Sementara itu, Ngabuburit dalam bahasa Minang lebih dikenal dengan istilah malengah puaso yang memiliki arti mengalihkan rasa lapar dan juga haus saat berpuasa.

Dan masih banyak istilah lain lagi yang sama dengan Ngabuburit, seperti basambang dalam bahasa Banjar yang berarti berjalan-jalan pada waktu menjelang Maghrib.

Sementara dalam bahasa Madura istilah ini lebih dikenal dengan nyare malem yang berarti mencari waktu malam.

Sementara itu, terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menjelang maghrib, namun yang paling dianjurkan adalah melakukan aktivitas ngabuburit berpahala.

Karena selain bisa mengisi waktu luang, hal tersebut juga dapat bernilai ibadah. Salah satu kegiatan ngabuburit yang bermanfaat sekaligus berpahala adalah membagikan takjil kepada berbagai muslim yang berpuasa lainnya.

Menyiapkan masakan untuk hidangan berbuka keluarga juga bisa menjadi salah satu aktivitas ngabuburit yang berpahala.

Selain hal-hal di atas, simak berbagai contoh aktivitas ngabuburit yang bermanfaat dan berpahala dalam ulasan berikut!

 

Artikel lainnya:   10 Resep Menu Takjil Buka Puasa Enak dan Banyak Diminati

Contoh Aktivitas Ngabuburit Berpahala Selama Berpuasa

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang muslim dianjurkan untuk melakukan aktivitas ngabuburit yang dapat sekaligus mendatangkan pahala.

Pasalnya, bulan Ramadhan sendiri merupakan bulan suci dalam Islam yang mana sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk beramal ibadah.

Untuk itu, waktu luang yang umumnya digunakan untuk sekedar berjalan-jalan atau bercanda saja selama menunggu waktu berbuka sebenarnya bisa diganti menjadi berbagai aktivitas yang lebih bermanfaat.

Setidaknya, hal-hal seperti ini bisa dimaksimalkan pada saat menjalani bulan Ramadhan. Adapun berbagai rekomendasi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat dan juga berpahala bisa disimak pada poin-poin di bawah ini:

  • Membagikan Takjil

Salah satu aktivitas ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan bisa diwujudkan dengan berbagi takjil gratis.

Pasalnya, pada bulan suci ini tentu banyak sekali orang muslim lainnya yang juga melaksanakan ibadah puasa.

Membagikan takjil gratis tidak harus berupa makanan atau minuman ringan yang mahal. Hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan rejeki yang dimiliki.

Takjil sendiri merupakan kudapan yang biasanya dimakan sebagai pelengkap hidangan utama berbuka puasa.

Takjil dapat berupa kolak ketela, kolak pisang, es campur, pisang coklat, bakwan, gorengan, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dimulai dari menyiapkan takjil, membungkusnya satu persatu, hingga membagikannya pada saudara muslim lainnya termasuk dalam aktivitas yang bermanfaat dan berpahala.

Selain bisa membuat banyak saudara muslim lainnya merasa senang mendapatkan takjil gratis, hal ini juga bisa membantu jika semisal di antara mereka ada yang belum memiliki rejeki untuk makanan berbuka. 

Karena berbagai hal tersebut membagikan takjil termasuk dalam kegiatan yang bermanfaat.

Asal dilakukan tanpa meninggalkan kewajiban utama dan juga ibadah, hal ini bisa bernilai pahala bagi siapa saja yang mampu dan mau melakukannya.

  • Mengikuti Majelis Taklim

Selanjutnya, para kaum muslim juga bisa mengisi waktu menjelang adzan maghrib atau waktu berbuka dengan cara mengikuti majlis taklim yang ada.

Majlis taklim sendiri merupakan salah satu lembaga dakwah yang bisa diikuti oleh siapapun tanpa memandang usia, ras, dan juga jenis kelamin.

Di dalamnya akan terdapat ustadz atau seorang yang sudah memiliki ilmu mumpuni perihal seluk beluk Islam dan membagikan berbagai ilmu keagamaan tersebut kepada para jamaah yang datang.

Dengan mendengarkan ceramah yang disampaikan kemudian meresapi makna yang terkandung di dalamnya tentu bisa mendatangkan pahala dan juga kebaikan tersendiri.

Karena itulah kegiatan ini termasuk dalam aktivitas ngabuburit berpahala. Pasalnya, daripada digunakan untuk sekedar jalan-jalan tanpa tujuan, suatu hal yang seperti ini lebih bermanfaat.

Hati dan jiwa seorang muslim akan mendapatkan asupan sehat melalui ceramah-ceramah dari para ustadz.

Manfaat ngabuburit yang satu ini selain bisa membuat hati lebih sehat, bisa juga membuat seorang muslim lebih dekat dengan Allah dan senantiasa mengingat-Nya.

Jika ceramah yang disampaikan seputar hukum Fiqh atau lainnya, maka seorang muslim juga akan mendapatkan ilmu bermanfaat di dalamnya. 

Adapun berbagai manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menuntut ilmu di majlis taklim dengan sungguh-sungguh sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan pahala 
  • Mendapatkan ketenangan hati dan jiwa
  • Mendapatkan ampunan dari Allah SWT
  • Mendapatkan naungan dari sayap para malaikat
  • Disamakan seperti taman surga
  • Dimintakan ampunan oleh seluruh yang ada di langit dan juga di bumi
  • Dimudahkan jalan menuju surga oleh Allah SWT
  • Disetarakan dengan berjihad di jalan Allah
  • Dilindungi dari azab Allah SWT

Mengikuti kajian majelis taklim bisa dilakukan dengan mudah selama bulan Ramadhan karena banyak masjid dan lembaga yang mengadakan hal seperti ini selama bulan puasa.

Karena bisa mendapatkan berbagai keutamaan seperti di atas, dianjurkan untuk banyak-banyak menimba ilmu di majelis taklim.

 

Artikel pilihan:    Bacaan Doa Buka Puasa Terlengkap dalam Arab, Latin, dan Artinya

  • Membaca Al-Qur’an

Dalam mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa, membaca Al-Qur’an juga termasuk dalam aktivitas ngabuburit berpahala yang begitu dianjurkan.

Pasalnya, bulan Ramadhan sendiri menjadi salah satu momen yang harus digunakan sebaik mungkin untuk beribadah.

Di dalamnya, segala amal ibadah yang dilakukan termasuk sholat sunnah hingga membaca Al-Quran memiliki nilai pahala yang akan dilipatgandakan oleh Allah pada bulan suci tersebut.

Untuk itu, mungkin sudah tidak heran lagi jika terdapat banyak orang yang tadarus Al-Qur’an selama bulan Ramadhan.

Dalam suatu riwayat hadist dijelaskan bahwasanya Nabi Muhammad SAW membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan lebih banyak daripada bulan-bulan lain. Berdasarkan kebiasaan beliau ini, para sahabat dan juga tabi’in pun mengikutinya.

Kemudian, hal baik ini terus diikuti dan dilestarikan hingga sekarang. Jika bingung memutuskan aktivitas ngabuburit berpahala yang bisa dilakukan, maka boleh mengisinya dengan membaca Al-Qur’an saja.

Adapun berbagai keutamaan melakukan hal ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Setiap huruf yang dibaca bernilai satu kebaikan yang akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan
  • Senantiasa menjadi penentram hati dan juga jiwa
  • Menyiapkan Makanan Berbuka

Meski terlihat biasa saja, menyiapkan makanan berbuka untuk keluarga, teman, atau sesama saudara muslim lainnya termasuk dalam aktivitas ngabuburit berpahala.

Bahkan, dikatakan bahwasanya memberikan buka walau hanya dengan satu biji kurma atau seteguk air saja dapat mendatangkan pahala.

Selain itu, dalam hadist riwayat At-Tirmidzi juga dijelaskan bahwasanya bagi seseorang yang memberikan makanan berbuka puasa, maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang puasa tersebut.

Dan pahala ini diberikan tanpa mengurangi pahala dari orang yang berpuasa tadi. Untuk itu, jika tidak memiliki aktivitas yang bisa dikerjakan, maka bisa ngabuburit ramadhan dengan cara turut menyiapkan makanan berbuka.

Terlebih bagi perempuan yang sedang mengalami masa haid dan tidak bisa turut ikut berpuasa ramadhan, maka kegiatan ini begitu dianjurkan.

Pasalnya, seorang perempuan muslim yang sedang haid tidak hanya tidak diperbolehkan berpuasa, namun juga tidak boleh sholat hingga menyentuh dan membaca Al-Qur’an.

Namun betapa beruntungnya bila bisa turut mendapatkan pahala orang berpuasa dengan menyiapkan makanan berbuka untuk mereka.

  • Mendengar Kajian Islam

Para muslim juga bisa melakukan aktivitas ngabuburit berpahala dengan mendengarkan kajian Islam.

Hal ini dikatakan sebagai salah satu menghabiskan waktu menjelang puasa yang bisa menghilangkan kebosanan sekaligus bermanfaat dan mendatangkan pahala.

Mendengarkan kajian sendiri tidak mengharuskan seseorang untuk datang ke majlis tersebut walau yang dianjurkan adalah seperti itu.

Namun, jika memiliki kesibukan yang mengharuskan seseorang harus di rumah, maka aktivitas ini bisa dilakukan tanpa dengan menghadiri majlis tersebut.

Hal ini dimungkinkan dengan teknologi yang sudah canggih seperti sekarang, sehingga kajian-kajian Islam dan juga ceramah bisa didengar dan dilihat kapanpun serta dimanapun. 

Ini bisa menjadi salah satu jalan keluar jika seseorang harus menyiapkan makanan berbuka sekaligus mendengarkan kajian Islam.

Atau bagi yang memiliki daya tahan tubuh rendah dan harus berbaring lemas saat puasa, maka bisa berbaring sambil mendengarkan kajian tersebut.

Dalam memaksimalkan bulan Ramadhan, maka berbagai aktivitas ngabuburit berpahala di atas sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Dengan begitu, para umat muslim bisa benar-benar melalui bulan Ramadhan dengan amal dan ibadah yang sungguh-sungguh.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.