Kapan Waktu Penyembelihan Qurban yang Baik? Simak Berikut

Kapan waktu penyembelihan qurban yang tepat dan sesuai aturan dalam Islam? Sebelum melaksanakan qurban, simak pembahasan lengkapnya di artikel ini.


Salah satu syarat dalam menyembelih hewan qurban dan ibadahnya dianggap sah adalah, waktu penyembelihan qurban.

Penyembelihan hewan qurban ini tidak boleh dilakukan kapan saja karena ada aturannya kapan hewan tersebut mulai boleh disembelih.

Penyembelihan hewan qurban menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam, dan sudah menjadi tradisi tahunan untuk seluruh masyarakat muslim.

Bahkan, hari raya Idul Adha ini menjadi momen yang paling ditunggu oleh banyak orang.

Baca juga:  Ketentuan Kurban yang Benar: Jenis, Jumlah, dan Waktu

Waktu Penyembelihan Qurban Dilakukan Setelah Shalat Ied

Waktu merupakan sesuatu yang berharga dan tak bisa diulang lagi. Maka segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan harus diperhatikan kapan waktunya.

Seperti waktu masuk sekolah, waktu untuk belajar, waktu bermain, atau waktu shalat adalah waktu yang sudah ditetapkan.

Sama halnya dengan waktu dalam menyembelih hewan qurban yang sudah sesuai dengan syariat Islam. Kapan penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan, atau kapan tepatnya hewan qurban boleh disembelih.

Kapan waktu penyembelihan qurban? Sebaiknya penyembelihan dilakukan mulai dari usai shalat Idul Adha. Namun jika penyembelihan dilakukan sebelum mulai shalat Idul Adha maka hal itu tidak termasuk ke dalam ibadah qurban.

Jika penyembelihan dilakukan sebelum shalat Idul Adha maka hal itu adalah proses penyembelihan hewan ternak biasa, seperti yang dilakukan di hari biasa.

Maka wajib hukumnya untuk melaksanakan shalat terlebih dulu, baru kemudian boleh menyembelih. Shalat Idul Adha biasanya dilaksanakan di pagi hari dan dilengkapi dengan khutbah.

Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama keluarga, setelah itu barulah boleh dilakukan proses penyembelihan.

Tata Cara dan Ketentuan Waktu Penyembelihan Hewan Qurban

Ada beberapa hal yang harus diketahui dalam penyembelihan qurban yang tepat. Berikut ini aturan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang benar:

1.   Tanggal yang Diperbolehkan dalam Menyembelih Hewan Qurban

Perusahaan saja memiliki aturan untuk seluruh karyawannya dalam bekerja, apalagi untuk sesuatu yang sakral seperti menyembelih hewan qurban.

Islam juga sudah menentukan tanggal yang baik untuk menyembelih di beberapa tanggal tertentu.

Ketentuan tanggal penyembelihan hewan qurban ini sudah ditetapkan sesuai dengan syariat Islam, dengan hari penyembelihan selama empat hari berturut-turut.

Waktu penyembelihan qurban adalah tanggal 10 Dzulhijjah serta tiga hari setelah tanggal tersebut.

Tepatnya di tanggal 11 sampai tanggal 13 Dzulhijjah yang disebut dengan Hari Tasyrik, yang dimana di hari-hari tersebut adalah hari yang diharamkan untuk berpuasa.

Selain itu, hari bagi umat muslim mendapatkan berkah daging qurban dari penyembelihan tersebut.

2.   Penyembelihan Disunahkan Sebelum Matahari Terbenam

Allah SWT sudah menjelaskan di dalam Al-Quran mengenai penciptaan malam dan siang. Maka manusia mulai bekerja di siang hari saat matahari baru muncul dan beristirahat saat matahari sudah terbenam atau di malam hari.

Kapan waktu penyembelihan kurban berakhir? Sebaiknya, batas akhir waktu penyembelihan hewan qurban adalah sebelum matahari terbenam, yang juga dimulai di saat matahari sudah terbit tepatnya sesudah shalat Idul Adha.

Walaupun memang tidak ada dalil mengenai larangan waktu penyembelihan di malam hari, tetapi akan lebih baik jika dilakukan sebelum matahari terbenam atau saat masih ada matahari.

Pada saat gelap dan sudah malam, akan sulit mengarahkan hewan yang akan disembelih yang jatuh ke tanah. Bahkan, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan saat prosesnya sedang dilakukan jika penyembelihan dilakukan di malam hari.

Selain itu, menyembelih hewan qurban di siang hari juga akan disaksikan oleh banyak orang.

3.   Batas Akhir Waktu Penyembelihan Hewan Kurban

Pelaksanaan hewan qurban pun memiliki tenggat waktu atau batas akhir penyembelihan qurban. Waktu penyembelihan qurban berakhir tanggal 13 Dzulhijjah dan saat matahari sudah terbenam.

Jika sudah melewati waktu tersebut maka tidak akan dihitung atau termasuk ke dalam ibadah qurban, tapi hanya penyembelihan hewan biasa.

Jika hewan yang akan diqurbankannya berjumlah banyak maka pastikan lagi waktunya cukup untuk menyembelih hewan di empat hari berturut-turut tersebut.

Perhitungkan kembali orang-orang yang akan menyembelih hewan tersebut dan perkiraan waktu penyembelihan.

Ibadah Kurban Bagi Umat Islam

Ibadah Kurban Bagi Umat Islam
Sumber Gambar : istock

Penyembelihan hewan qurban bagi umat Islam adalah hukumnya wajib bagi yang mampu, dan dianggap sebagai salah satu syiar agama. Ibadah qurban ini termasuk sunnah muakad dan juga syiar secara nyata.

Kapankah waktu pelaksanaan penyembelihan qurban? Yaitu tepatnya saat terbit matahari di hari raya Idul Adha, dan setelah melakukan shalat dua rakaat serta dua macam khotbah yang singkat.

Apabila penyembelihan dilakukan sebelum waktu-waktu tersebut maka tidak termasuk ibadah qurban, tapi hanya menyembelih hewan seperti hari biasa. Pada intinya, waktu penyembelihan dilaksanakan pada saat setelah shalat dan khutbah di masjid.

Bagaimana jika pelaksanaan shalat dilaksanakan di rumah seperti waktu pandemi? Sedangkan jika shalat dilakukan di rumah tentu tidak ada khutbah.

Maka waktu penyembelihan hewan tidak dimajukan tapi mengambil perkiraan waktu setelah shalat dan setelah khutbah, seperti saat shalat dilaksanakan di masjid. Tujuannya adalah supaya waktu penyembelihan tidak keluar dari ikhtilaf.

Dari waktu penyembelihan qurban yang sudah sesuai dengan syariat Islam, maka seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah qurban harus menaati semua aturannya dengan benar.

Pastikan juga tidak ada ketentuan atau aturan yang terlewat agar ibadahnya sah dan termasuk ke dalam ibadah qurban. Tunggu apalagi, segera persiapkan qurbanmu mulai dari sekarang bersama Yatim Mandiri.

Info lebih lengkap, kunjungi http://www.qurban.yatimmandiri.org/.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.