54 Ucapan Selamat Berbuka Puasa yang Sederhana Bermakna

ucapan selamat berbuka puasa

Berikan ucapan selamat berbuka puasa kepada keluarga, kerabat, hingga teman dengan kalimat yang sederhana saja namun mengandung makna sebagai berikut! 

Saat seorang muslim sedang menjalankan ibadah puasa, memberikan ucapan selamat berbuka puasa bisa menjadi salah satu cara untuk saling menebarkan kebahagiaan. Adapun kalimat ini bisa disampaikan kepada orang terdekat seperti keluarga, teman, dan juga sahabat.

Kegiatan kecil seperti ini tanpa disadari bisa menjadi hal yang dapat memperkuat ikatan kekeluargaan maupun persaudaraan antara sesama muslim. Pasalnya, hubungan yang canggung bisa runtuh, dan terjalin komunikasi yang lebih sehat di dalamnya.

Agar tidak hanya mengucapkan kata-kata selamat berbuka puasa yang hanya itu-itu saja, berikut ini terdapat puluhan rekomendasi ucapan yang memiliki makna mendalam.

Ucapan Selamat Berbuka Puasa yang Islami dan Penuh Doa

Ucapan Selamat Berbuka Puasa yang Islami dan Penuh Doa

Dalam mengucapkan selamat berbuka puasa kepada seorang muslim, akan lebih baik jika kalimat yang diberikan mengandung doa-doa kebaikan. Dengan begitu, kegiatan berbuka puasa bisa semakin dilimpahi berkah dari Allah SWT.

Untuk membuat seseorang semakin semangat menjalani ibadah puasanya, sekaligus mendoakan kebaikan untuknya, inilah beebrapa ucapan selamat berbuka puasa yang penuh akan doa:

Baca Juga : Daftar Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis untuk Bulan Ramadhan

  1. Waktu Maghrib telah tiba, semoga kamu senantiasa diberkahi kasih sayang dan perlindungan dari Allah. Selamat berbuka puasa Ramadhan yang pertama, semoga puasa kamu bisa istiqomah dan konsisten hingga akhir.
  2. Saat bedug adzan Maghrib telah ditabuh, saat itu pula Islam menganjurkan untuk bersegera berbuka. Setelahnya, dahaga akan hilang dalam sekejap, dan lapar yang ditahan bisa terobati. Selamat berbuka kawan, dan selamat juga sudah berhasil melewati hari ini untuk berpuasa.
  3. Melewati satu hari dengan puasa, kita tidak hanya perlu menahan haus dan juga lapar, melainkan juga dari perbuatan-perbuatan yang tidak berguna ataupun tercela. Semoga Allah selalu meridhoi niat baik kita semua, sekarang saatnya kita berbuka dengan rasa syukur tidak terhingga.
  4. Momen bisa menyantap hidangan berbuka seperti ini adalah kasih sayang dari Allah yang harus kita syukuri. Untuk itu, ucapan selamat berbuka puasa kali ini kuberikan sebagai tanda bahwa kita harus lebih bersyukur dan bersemangat lagi menjalankan ibadah puasa untuk keesokan harinya.
  5. Belajar dari adanya waktu buka puasa setelah menahan lapar dan haus sendirian. Dari situ bisa dipelajari bahwa dalam suatu hal baik yang kita perjuangkan pasti akan terdapat akhir indah yang diberikan oleh Allah SWT. Untuk itu, tetap semangat berbuat kebaikan dimanapun berada, ya!
  6. Termasuk dalam waktu-waktu yang diberkahi oleh Allah SWT, marilah kita berbuka dengan penuh rasa syukur. Semoga Allah senantiasa melimpahi kita karunia yang tidak terhingga dan selalu merahmati kita semua.
  7. Bedug telah ditabuh, adzan Maghrib terdengar begitu merdu dilantunkan. Hidangan telah disiapkan, ucapan selamat berbuka puasa untuk keluarga kuucapkan. Semoga segala amal ibadah dan puasa kita seharian ini benar-benar diterima oleh Allah SWT.
  8. Dengarkan suara azan Maghrib yang dikumandangkan secara bersahut-sahutan itu, sangat merdu bukan? Begitu pula dengan kegiatan berbuka ini, terasa sangat indah karena dengannya kita bisa menyadari bahwa nikmat dan karunia Allah benar-benar dilimpahkan dengan tak terhingga.
  9. Untuk pada saudaraku umat muslim, jangan terlupa akan fakta bahwa kita berpuasa atas rahmat Allah. Adapu kita juga beruntung bisa berbuka seperti ini atas rahmat Allah pula. Semoga Allah senantiasa menerima ibadah puasa kita semua.
  10. Selamat berbuka puasa terucapkan. Semoga kita semua selalu dilimpahi nikmat dan berkah seperti saat ini, di mana bisa duduk berkumpul bersama keluarga dan mensyukuri rezeki dari Allah SWT.
  11. Waktu yang ditunggu telah tiba, selamat berbuka puasa! Seiring dengan banyaknya nikmat yang diterima hari ini, semoga kita masih diberi kesempatan untuk bisa merasakan nikmat berpuasa di keesokan hari dan seterusnya.
  12. Ucapan selamat berbuka puasa kuberikan kepada kalian semua wahai pada saudara muslim ku. Semoga kegiatan suka cita ini tetap terlindungi dalam wadah ridho Allah SWT dan penuh dengan keberkahan yang melimpah di dalamnya.
  13. Sudah beberapa hari berhasil terlewati dengan ibadah yang begitu indah, yaitu ibadah puasa. Semoga dengan adanya nikmat berbuka di hari ini, tetap membuat hati kita semua menyadari bahwa nikmat yang diberikan Allah SWT begitu nyata kepada hamba-Nya.
  14. Dalam kegiatan berbuka puasa ini, ijinkan saya untuk menyampaikan bahwa semua kegiatan ibadah kita dimulai dari sahur hingga berbuka adalah untuk Allah SWT. Jadi, jangan sampai terlupa akan hal itu agar semua dapat bernilai ibadah di sisi-Nya.
  15. Bukankah kamu mendengar indahnya kumandang maghrib yang sedang dilantunkan itu? Selain menandakan masuknya waktu sholat, hal indah tersebut juga menjadi tanda tersendiri bahwa kamu telah berhasil melawan hawa nafsu seharian. Tetap semangat, dan semoga Allah memberkatimu.
  16. Tidak perlu berkecil hati karena menghindari hal-hal seperti berkumur atau sikat gigi karena takut dapat membatalkan puasa. Pasalnya, dalam hadis dijelaskan bahwa bau mulut orang yang sedang beribadah puasa sejatinya lebih harum di sisi Allah dibandingkan harumnya minyak kasturi.
  17. Menahan lapar dan harus selama waktu berpuasa adalah hal yang begitu indah dan hebat. Namun, tetap menahannya walaupun waktu berbuka telah tiba adalah hal lain lagi kawan. Segerakan berbuka ketika Maghrib telah tiba sebagaimana yang sudah dianjurkan dalam Islam, ya!
  18. Dalam waktu berbuka yang berbahagia ini, jangan lupa mengawalinya dengan bismillah, dan mengakhirinya dengan alhamdulillah. Semoga ucapan selamat berbuka puasa ini bisa menjadi pengingat agar kita semua ternaungi berkah dan barokah dari Allah SWT.
  19. Gersang suatu tanah tanpa adanya hujan. Keringlah sebuah akal bila tanpa disirami ilmu. Akan lemah hati seorang muslim yang sedang berpuasa, jika tanpa dibekali keimanan bahwa ini semua bernilai ibadah untuk Allah SWT. Tetap bersemangat, dan yakin ini semua ada imbalannya.
  20. Kuucapkan selamat berbuka puasa Rajab kepadamu yang berhasil melaluinya hari ini. Semoga Allah senantiasa mengenyangkan dan melepaskan dahagamu dengan keberkahan. Dan semoga Allah memenuhi hatimu dengan ketenangan serta kepuasan.
  21. Dalam waktu berbuka ini, aku berharap bahwa kita juga akan mendapatkan kemenangan di akhir hal baik yang sedang kita perjuangkan. Semoga Allah senantiasa menguatkan hati, pikiran, dan iman kita agar bisa bertahan berjuang di jalan-Nya dengan perjuangan yang indah.
  22. Apapun hidangan yang ada di depanmu saat ini, selalu percaya bahwa nilai syukur dan kepuasan bukan ditentukan dengan mahalnya makanan dan minuman. Namun nilai itu hanya bisa diberikan oleh Allah kepada para hamba-Nya yang terpilih. Semoga kita termasuk dalam golongan itu.
  23. Seberapapun tingkat rezeki yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya, tidak bisa diukur secara kasat mata melalui apa yang dimakan atau diminum ketika berbuka. Namun, hal ini hanya bisa dinilai dengan seberapa damai serta syukur yang terpatri di dalam hatinya.
  24. Sesuai dengan kalimat berbuka puasalah dengan yang manis. Selaras dengan hal itu, teriring ucapan selamat berbuka puasa kepada sahabat terbaikku yang paling manis. Semoga kita senantiasa diberikan kesempatan hingga hari kemenangan telah tiba.
  25. Esensi utama dari berpuasa sendiri adalah menahan diri dan nafsu dari segala sesuatu yang tidak terbatas pada makan dan minum saja. Semoga dalam kegiatan berbuka puasa ini, semua bisa memahami esensi tersebut agar selalu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan puasa.
  26. Ada suatu hal yang ingin kusampaikan kepadamu. Namun janganlah marah karena ini waktu yang sangat penting dan juga genting. Sebelum semuanya terlanjur, selamat berbuka puasa! Semoga Allah merahmati kita semua dan menerima amal ibadah puasa kita.
  27. Selamat berbuka puasa kuucapkan untuk semua saudaraku muslim dimanapun kalian berada. Semoga waktu ini bisa menjadi saksi bahwa pribadi kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk menunaikan kewajiban ibadah puasa hanya untuk Allah SWT semata.
  28. Di hari yang suci ini, adalah suatu kenikmatan tersendiri dapat dipertemukan dengan waktu berbuka yang begitu berbahagia dan penuh keberkahan dari Allah. Semoga puasa di hari besok dan seterusnya bisa dijalankan dengan istiqomah sebagaimana hari ini.
  29. Dengan iringan ucapan selamat berbuka puasa Ramadhan kali ini, semoga hari suci bulan ini tidak hanya diisi dengan berpuasa saja. Melainkan juga penuh dengan kebaikan seperti berbagi kepada yang belum beruntung dan terjadi peningkatan ibadah yang lebih baik.
  30. Mendekati waktu Maghrib, ucapan selamat menanti waktu berbuka puasa teriring. Semoga dalam beberapa menit ke depan kita masih diberikan kekokohan iman oleh Allah SWT untuk menyempurnakan ibadah puasa ini. Semangat!
  31. Bulan Ramadhan adalah tentang esensi ibadah puasa. Dan puasa itu sendiri adalah tentang esensi kesabaran dalam menahan segala godaan termasuk makan dan juga minum. Semoga kita selalu diberikan hidayah dan keberkahan oleh Allah SWT agar bisa menjalani bulan ini sebaik-baiknya.
  32. Ucapan selamat berbuka puasa kuberikan kepada pada adik-adikku yang begitu hebat atas izin Allah. Semoga usaha kalian di usia semuda ini menjadi jalan terbaik bagi Allah untuk melimpahkan berbagai berkah kebaikan yang tidak terhitung.
  33. Adzan Maghrib terdengar begitu indah mengalun. Aroma harum menguar dari hidangan lezat yang ada di meja makan. Semua keluarga yang tadinya sibuk belajar, mencuci baju, mengerjakan proyek, sekarang semua berkumpul untuk berbuka. Semoga semuanya diberkahi oleh Allah SWT.
  34. Diwaktu yang begitu indah dan suci ini, perlu terucap banyak kalimat syukur atas segala nikmat dan kenyamanan yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga kita semua termasuk dalam hamba-Nya yang tidak kufur akan nikmat, dan senantiasa diberikan kesempatan untuk ingat kepada-Nya.
  35. Dalam bulan suci ini, alhamdulillah karena Allah SWT begitu baik telah memberikan kita kesempatan dan juga kesehatan hingga bisa menjalankan ibadah ini dengan baik. Semoga nikmat ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan tidak disia-siakan begitu saja.

Ucapan Selamat Berbuka Puasa dengan Pantun

Ucapan Selamat Berbuka Puasa dengan Pantun

Memberikan ucapan selamat berbuka sesuai dengan rekomendasi sebelumnya memiliki kesan yang semi formal untuk diucapkan. Untuk itu, mungkin beberapa ucapan di atas rasanya kurang pas saja apabila diberikan untuk orang terdekat seperti sahabat karib atau saudara kandung.

Namun, tidak perlu khawatir karena kata-kata selamat berbuka puasa islami yang penuh makna dan doa juga bisa disampaikan dengan lebih santai. Salah satunya yaitu dengan menggunakan pantun sebagai alternatif penyampaian.

Memiliki rima tersendiri, dan juga terkadang tersusun dari kalimat yang lucu dan menarik, membuat ucapan pantun terasa lebih santai dan tidak terlalu formal. Ini sangat cocok jika ingin memberikan ucapan selamat berbuka puasa pada sahabat atau orang terdekat tanpa harus canggung.

Berikut ini terdapat berbagai rekomendasi ucapan selamat berbuka dengan menggunakan pantun yang bisa dimodifikasi terlebih dahulu atau langsung digunakan!

Baca Juga : Dzikir Sebelum Buka Puasa: Bacaan Doa Arab, Latin, dan Artinya

Pantun 1

Ke pasar uang lima ribu diberikan.

Untuk membeli beberapa buah yang tersisa

Dengan senyuman setulus hati kuucapkan

Kepada seluruh saudara untuk berbuka puasa

Pantun 2

Beli gorengan tahu dan juga bakwan

Tidak lupa beli lauk ikan

Teriring ucapan selamat berbuka puasa kawan

Semoga berkah selalu terlimpahkan

Pantun 3

Walaupun bahaya sekali ular berbisa

Namun tidak demikian jika berhasil dipandu

Teriring balasan selamat berbuka puasa

Untuk jiwa-jiwa yang selalu dirindu

Pantun 4

Sangat segar menatap kolak pisang

Sambil makan strawberry di dalam mika

Teruntuk hamba yang selalu disayang

Kuucapkan selamat berbuka

Pantun 5

Selain sayur jangan lupa makan buah-buahan

Yang selalu tersedia di atas meja

Setulus hati kami semua mengucapkan

Selamat menjalankan ibadah puasa

Pantun 6

Melalui berbagai kalimat yang terucapkan

Tentu tidak akan ditarik biaya

Menjelang bedug Maghrib ditabuhkan

Tersampaikan ucapan selamat berbuka puasa, ya!

Pantun 7

Senantiasa berbuat baik dengan hati terbuka

Jangan lupa diiringi juga dengan doa

Teruntuk saudaraku nun di jauh sana

Selamat berbuka puasa, ya!

Pantun 8

Terdengar saling bersahutan lantunan adzan

Menjadi tanda maghrib telah tiada secara tak terasa

Dengan dilingkupi keberkahan kuucapkan

Selamat telah berhasil menunaikan ibadah puasa

Pantun 9

Begitu indahnya bertemu saudara seiman

Yang tidak disangka-sangka akan bertemu

Seiring dengan kumandang adzan

Kuucapkan selamat berbuka pada sahabatku

Pantun 10

Memang manis itu buah kurma

Dan manis pula itu gula

Teriring kata ucapan selamat berbuka puasa

Teruntuk dikau dan keluarga

Pantun 11

Ke pantai jangan lupa santah buah kelapa

Tidak terkira memang rasa segarnya

Hai kawan selamat berbuka puasa

Dimanapun kalian berada

Pantun 12

Merah menawan itu mawar bunga

Tidak kalah menarik juga bunga tulip

Terucap selamat berbuka puasa

Diwaktu telah masuk maghrib

Pantun 13

Duku matang sangat mantap dimakan

Setelah kenyang jangang lupa ucap hamdalah

Selamat menunaikan ibadah puasa terucapkan

Jangan lupa untuk tingkatkan ibadah

Pantun 14

Buah semangka buah markisa

Jika terlalu tinggi maka naiklah tangga

Selamat menunaikan ibadah berpuasa

Terucapkan pada semua warga

Pantun 15

Berbuah sekali itu adalah pohon pisang

Akan habis dalam sekali makan

Untuk sahabatku tersayang

Semoga dapat berpuasa lagi di tahun depan

Pantun 16

Dengarkan burung sedang menyanyi

Menemani pada jiwa dan juga roh

Seiring bedug maghrib telah berbunyi

Selamat berbuka para hamba Allah

Pantun 17

Terhampar berbagai jenis makanan

Dilengkapi juga selembar koran

Untuk melengkapi segenap aman

Jangan lupa berpuasa teman-teman

Pantun 18

Petani ke sawah untuk bercocok tanam

Menanam bibit padi sebanyak yang di bisa

Ketika azan maghrib dan matahari terbenam

Terucapkan selamat berbuka puasa

Pantun 19

Jalan-jalan di Surabaya

Mengingat peristiwa Indonesia merdeka

Perlahan senja sudah menjelma

Menandakan tibanya waktu berbuka

Berbagai ucapan selamat berbuka puasa di atas dirangkai berdasar hasil riset terbaru sehingga tidak akan pasaran dan mungkin belum pernah dipakai.

Adapun jika merasa kurang pas dengan susunan kalimatnya, maka boleh untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan dan juga selera. Selamat mencoba!

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.