Berikut Ucapan Idul Adha yang Berkesan dan Menarik 

Ucapan Idul Adha bisa dilakukan oleh siapa saja kepada siapa saja dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sesama umat Islam. 


Idul Adha adalah hari raya yang spesial bagi umat islam karena memiliki ciri khas tersendiri yaitu menyembelih hewan kurban. Biasanya setiap muslim akan mengirimkan kata-kata selamat saat merayakan ibadah ini seperti menggunakan ucapan Idul Adha

Di tahun 2023 ini sebenarnya tinggal menghitung hari maka perayaan Hari Raya Idul Adha 2023 akan berjalan. Suka cita akan terasa tidak lama lagi sehingga bisa menyiapkan kata-kata untuk dikirimkan secara ucapan kepada para keluarga, saudara, sahabat, teman, dan lainnya. 

Untuk ucapan ini bisa dikirimkan melalui pesan, telepon, maupun melalui media sosial lainnya. Agar tidak bingung saat ingin memberikan ucapan maka bisa melihat pada kumpulan di bawah ini.

Baca juga:  Niat Puasa Idul Adha beserta Keutamaan dan Tata Cara

Kumpulan Ucapan Idul Adha Untuk Banyak Penerima 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penerima untuk ucapan hari raya kurban ini bisa kepada siapa saja, seperti keluarga, saudara, teman, dan lainnya. Agar tidak bingung maka dapat melihat contohnya di bawah ini sebagai referensi:

1.   Ucapan untuk Keluarga

Keluarga adalah penerima yang bisa diberikan ucapan idul adha sehingga akan merasa senang dan tersentuh dengan kata-kata yang dikirimkan oleh anak atau orang tuanya. Nah, tentu saja ucapan ini sangat spesial, seperti kata-kata di bawah ini:

  • Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H untuk Keluarga Besar yang berbahagia. 
  • Saya sebagai anak pertama ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha, semoga kita bisa makan-makan daging yang lezat, Aamiin!. 
  • Semoga keluarga kita diberikan kemakmuran dan kesuksesan oleh Allah SWT, Aamiin. Selamat Lebaran Hari 1444 H. 
  • Di bulan yang suci ini semoga amal ibadah kita sebelumnya diterima oleh Allah SWT. Ketaqwaan sebagai seorang muslim diangkat dan kehidupan menjadi lebih bahagia, Selamat Lebaran Idul Adha keluargaku. 
  • Selamat pagi keluargaku, Selamat Hari Raya Idul Adha, waktunya bakar-bakar daging kambing, mbekkk.

2.   Ucapan untuk Saudara

Tidak menutup kemungkinan, saudara akan datang berkumpul sehingga bisa memberikan kata-kata sebagai ucapan Selamat hari Raya Idul Adha. Pengucapan selamat tersebut dapat dilakukan dalam beberapa cara dan kata-kata yang diberikan seperti di bawah ini:

  • Saya Hakim, Cucu kakek Ahmad Ghozali yang ke-6 ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.
  • Semoga di hari kemenangan ini selalu dipenuhi dengan cinta, kebahagiaan, cahaya, dan kesehatan dari Allah SWT, selamat Idul Adha saudaraku. 
  • Semoga berkah yang diturunkan oleh Allah SWT berupa iman, harapan, dan kebahagiaan mampu membuat kita semakin taqwa kepada Allah SWT, selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H saudara baikku. 
  • Halo saudaraku, apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT di hari Idul Adha yang sangat bahagia ini. 
  • Mohon maaf lahir dan batin saya sampaikan atas kesalahan saya yang telah diperbuat selama ini. Dan saya ingin mengucapkan melalui hati yang paling dalam, Selamat Hari Raya Idul Adha semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. 

 

3.   Ucapan untuk Teman dan Sahabat

Pada saat hari Raya Idul Adha maka akan sangat jarang berkumpul dengan teman dan sahabat. Oleh sebab itu, pengiriman ucapan ini akan membantu tetap merasa dekat. Contoh ucapan yang bisa diberikan kepada teman dan sahabat seperti di bawah ini:

  • Assalamu’alaikum Wr. Wb. Rizky dan keluarga ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. 
  • Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar takbir bersenandung seraya saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha bagi seluruh umat Islam khususnya Ratih sahabatku. 
  • Farhan, selama Hari Raya Idul Adha semoga hari-harimu penuh keberkahan yang diberikan secara melimpah oleh Allah SWT. Maafkan segala salah dan dosaku baik yang sengaja maupun tidak sengaja, Dion sohibmu. 
  • Pernah mendengar kisah keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS? Semoga di hari Idul Adha ini kita diberikan keikhlasan serta kelapangan hati seperti yang dicontohkan kedua tauladan kita, Aamiin.
  • Sahra sekeluarga ingin menyampaikan mohon maaf lahir batin dan Selamat Hari Raya Idul Adha. Semoga perjalanan hidup yang dilakukan saat ini akan memberikan kecukupan rezeki dan rasa penuh syukur, Aamiin Aamiin yaa Rabbal Al Aamiin. 

4.   Ucapan untuk Rekan Kerja

Bagaimana dengan rekan kerja? Tentu saja harus diberikan perhatian lebih juga sehingga merasa nyaman dan akrab. Ucapan Idul Adha sebenarnya tidak jauh berbeda dengan beberapa ucapan di atas namun tentu saja tetap akan diberikan referensi yang baik, yaitu:

  • Hari yang istimewa ini akan selalu menghiasi hidup umat Islam dengan rasa penuh ikhlas dan syukur. Semoga amal ibadah kita selalu diterima di sisi Allah SWT dan mengampuni seluruh dosa-dosa kami, Aamiin. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H Mohon Maaf Lahir Batin. 
  • Hari Raya Idul Adha yang sungguh penuh keberkahan, semoga amal kurban yang dilaksanakan akan mendapatkan pahala yang melimpah dan menjadi tabungan di hari akhirat kelak, Aamiin. 
  • Saya berdoa agar di Hari Raya Idul Adha ini semuanya mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H semoga penuh dengan keberkahan dan suka cita yang terus berlanjut, Aamiin. 
  • Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang semoga memberikan ridho dan keberkahan dalam kehidupan Anda dan keluarga, selamat Hari Raya Idul Adha. 
  • Seluruh harapan terbaik diberikan kepada semua yang merayakan lebaran haji ini. Selamat Hari Raya Idul Adha yang penuh dengan keberkahan. 

5.   Ucapan Bahasa Arab

Apakah Anda ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Adha dengan keren? Bahasa Arab bisa dijadikan sebagai alternatif yang tepat. Ucapan menggunakan bahasa Arab ini tentu saja akan membuat orang-orang merasa takjub dan senang menerimanya. 

Bahkan tidak jarang untuk ucapan ini juga bisa mengandung doa yang akan membuat orang-orang mendapatkan doa terbaik juga. Agar bisa mengirimkan ucapan Idul Adha bahasa Arab yang tepat maka bisa melihat pada contoh di bawah ini:

  • Qad yusahib ‘ayilatuk alna’am walaizdihar walrafahiat fi hadhih al’utla.
    Artinya: “Semoga keberkahan, kemakmuran, dan kesejahteraan menyertai keluargamu di hari raya ini.”
  • An alkhata aldhy hadath min ‘ayi waqt madaa wairtakab khata qil , kan albab dayimaan mutawaqa’aan.
    Artinya: “Untuk salah yang pernah ada dan khilaf yang sempat terucap, pintu ma’af selalu ku harap.”
  • Qad qulubuna tulad mn jadid wanazifa tajanub altajdif min ajl ‘iihbat alkhatiya.
    Artinya: “Semoga hati kita terlahir kembali dengan suci dan bersih. Hindari perbuatan cela agar bisa menggugurkan dosa.”
  • Kalimat altasamuh walsalat aljayidat namal ‘an tahmi jmye ‘afrad ‘ayilatik fi hadha alyawm aljayd.
    Artinya: “Berbagai kata maaf dan doa baik semoga melindungi semua keluargamu di hari baik.”
  • La ynbghy ‘an takun alqulub alwaraqiat albayda’ mulawithatan bialtaradud fi musamahat ba’dha alba’id.
    Artinya: “Hati yang seputih kertas jangan dinodai dengan enggan saling memberi maaf.”

Artikel pilihan :  Sholat Idul Adha: Niat Bacaan, Sunnah dan Tata Caranya

6.   Ucapan Lain-Lain

Ada juga ucapan yang mampu digunakan sebagai pilihan jika dirasa di atas tidak ada yang cocok. Di bawah ini akan diberikan ucapan yang keren, menyenangkan, dan terkesan tidak kaku. Cocok juga dikirimkan kepada siapa saja yang merasa sudah akrab dan sangat dekat. 

Beberapa ucapan yang dapat menarik perhatian maka bisa melihat pada contoh-contoh di bawah ini:

  • Di Hari Raya Idul Adha ini semoga kita diberikan anugerah kesholehan layaknya Nabi Ibrahim AS dan keikhlasan seperti Nabi Ismail AS serta keberkahan Nabi Muhammad SAW, Mohon maaf Lahir Batin Selamat Hari Raya Idul Adha. 
  • Rahmat Ilahi Allah SWT semoga selalu berada di dalam pihak kita dan memberikan ke jalan yang selalu benar, selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. 
  • Berkah Allah akan datang lebih awal jika kita menyadari dan selalu bertawakal kepada-Nya. Semoga di Hari Raya Idul Adha ini akan memberikan keberkahan yang melimpah bagi kita. 
  • Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Hari Raya Idul Adha yang masih bisa dinikmati tahun ini. Semoga di tahun berikutnya kita masih bisa merasakan keberkahan yang tiada tara ini, Aamiin.  

Tips Mengirimkan Ucapan Hari Raya Idul Adha

Pada saat hari raya idul adha memang tidak banyak bertemu dengan kerabat dan orang-orang lainnya. Hal tersebut dikarenakan akan sangat banyak kegiatan seperti menyembelih, membagikan, dan mengolah hewan kurban. 

Oleh sebab itu, sangat banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa menyampaikan ucapan hari raya idul adha ini, seperti:

1.   Melalui Surat Fisik

Yang pertama untuk bisa memberikan ucapan ini maka bisa melalui surat secara fisik. Sebenarnya, untuk membuat surat fisik ini tidak begitu sulit sehingga tinggal menuliskannya pada kertas tertentu. Hal ini akan membuat orang yang menerimanya merasa lebih tersentuh. 

Ada juga untuk surat fisik ini bisa dikirimkan melalui pos atau ekspedisi jika memang jaraknya sangat jauh. Jarak tersebut saat ini sudah tidak bisa memisahkan silaturahmi karena bisa mengirimkan surat meskipun berbeda kota, provinsi, maupun negara. 

2.   Melalui Chat Pribadi di WhatsApp

Di era digital modern ini memang sangat banyak orang yang memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana untuk berkomunikasi. Alat ini bisa berfungsi untuk mengirimkan pesan, mengirimkan gambar, melakukan panggilan suara, atau melakukan panggilan video. 

Ucapan idul adha bisa diucapkan melalui WhatsApp melalui panggilan maupun bisa dikirimkan melalui chat pribadi. Tidak jarang WA ini digunakan sebagai grup chatting dan bisa bermanfaat untuk menyampaikan informasi penting. 

Akan tetapi, pengucapan yang dilakukan melalui grup chatting juga tidak ada salahnya. Bahkan bisa menjangkau lebih banyak orang di dalamnya. 

3.   Melalui Story di Instagram, WhatsApp, dan Lainnya

Ingin lebih keren dan modern? Anda bisa menggunakan layanan story dari WhatsApp, Instagram, dan sosial media lainnya. Biasanya, hal ini dilakukan untuk bisa melakukan silaturahmi tidak secara langsung. Meskipun maknanya tersirat namun bagi orang yang membacanya akan merasa lebih dekat. 

Biasanya orang yang saling mengikuti di sosial media merupakan teman jauh. Jadi, saat ingin mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada teman yang cukup jauh bisa melalui story di sosial media ini. Bahkan terlihat sosial media Anda hidup dan masih aktif. 

4.   Melalui Hampers

Sudah bukan tradisi yang jarang dilakukan, biasanya orang-orang yang merasa dekat seperti keluarga, sahabat, rekan kerja, dan lainnya akan mengirimkan hampers. Si dari hampers ini bisa berupa makanan, barang antik, mukenah, dan lainnya. 

Tentu saja, untuk hampers ini memiliki tema Idul Adha sehingga ucapan Idul Adha bisa diselipkan pada hampers ini. Menariknya, akan terlihat cukup elegan jika menggunakan kertas kecil yang diselipkan di antara isian hampers. 

Selain itu, kertas yang berisi ucapan juga bisa diisi dengan pesan yang bertuliskan dari siapa dan untuk siapa hampers itu ditujukan. Memang menjadi sebuah pertanda sendiri sehingga cukup menarik untuk dilakukan sesama muslim yang sedang menjalin tali silaturahmi. 

5.   Melalui Kado Lebaran Hari Raya Idul Adha

Jika sebelumnya adalah hampers, selanjutnya juga bisa berupa kado. Biasanya bungkus dari hampers dan kado ini akan berbeda meskipun esensi dan tujuannya adalah sama. Ucapan bisa diletakkan di dalam kado yang diberikan sehingga akan memberikan kesan tersendiri.

6.   Melalui Undangan 

Apakah bisa dikirimkan melalui undangan? Tentu saja, karena hari besar Idul Adha adalah waktu yang baik untuk berkumpul, menjalin silaturahmi. Disertai dengan hewan kurban yang disembelih dan dinikmati bersama dengan muslim lainnya. 

Saat mengirimkan undangan baik berupa kertas atau berupa undangan digital maka bisa menyisipkan kata-kata ucapan selamat Idul Adha dan berupa harapan dan doa. Undangan yang disertai dengan ucapan akan terasa lebih lengkap dan membuat orang yang membacanya juga tersentuh. 

Artikel lainnya :   Kapan Waktu Sholat Idul Adha yang Benar?

Keutamaan Ucapan Idul Adha Kepada Sesama Muslim

Mungkin Anda bertanya-tanya apa keutamaan dari mengirimkan ucapan Idul Adha ini? Tentu saja akan mendatangkan pahala yang banyak bagi siapa saja yang mengirimkannya. Bahkan kebahagiaan akan dirasakan orang yang menerimanya. 

Nah. Untuk beberapa keutamaan yang bisa dirasakan dalam mengirimkan ucapan ini kepada sesama muslim, yaitu:

  • Mendapatkan kebahagiaan karena bisa saling berkomunikasi dengan sesama muslim. 
  • Mampu menjalin silaturahmi baik dengan orang yang dekat maupun yang jauh dari jangkauan tempat tinggal saat ini. 
  • Bisa merasakan Hari Raya Idul Adha yang semakin meriah karena bisa menambahkan aktivitas seru seperti mengirimkan ucapan Idul Adha kepada teman muslim lainnya. 
  • Menjalin hubungan yang baik dan masih mengingat siapa-siapa saja untuk berbahagia bersama di hari yang spesial ini. 

Amalan-Amalan Sunnah di Hari Raya Idul Adha

Selain mengucapkan selamat hari raya Idul Adha, masih terdapat amalan sunnah yang bisa dilakukan dan bernilai pahala. Contohnya saja untuk amalan yang bisa dilakukan pada saat lebaran kurban ini, seperti:

1.   Menunaikan Ibadah Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha memang akan terjadi setahun sekali sehingga bisa ditunaikan oleh umat Islam. Untuk hukumnya sendiri adalah sunnah muakkad yaitu sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Dengan begitu, maka bisa mendapatkan pahala bagi yang melakukannya. 

Selain itu, untuk ibadah sholat ini didahului dengan mandi wajib, tidak makan sebelum sholat Idul Adha, memakai pakaian terbaik, memakai wewangian, dan lainnya. Dengan begitu, pada saat sholat Idul Adha akan mendapatkan pahala yang melimpah. 

2.   Melakukan Takbiran Idul Adha

Untuk takbiran lebaran Idul Adha ini akan dilaksanakan pada terbenamnya matahari di tanggal 9 Dzulhijjah. Dan masih akan berlangsung sampai dengan tanggal 13 Dzulhijjah yaitu hari tasyrik yang merupakan sunnah untuk dilakukan setelah melakukan sholat fardhu. 

3.   Menyaksikan Penyembelihan Hewan Kurban

Bagi yang berkurban maka memiliki kewajiban untuk menyaksikan penyembelihan hewan yang dilakukan atas kurbannya. Atau juga bisa melakukan penyembelihan sendiri jika memang mampu untuk mengikuti langkah-langkah penyembelihan yang sah. 

4.   Berpuasa

Amalan sederhana namun memiliki nilai yang sangat baik di bulan Dzulhijjah ini adalah berpuasa. Allah akan memberikan pahala berlipat ganda bagi orang yang menjalankan puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah. Tentu saja dengan sunnah-sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah. 

5.   Berkurban bagi yang Mampu

Bagi yang memiliki kemampuan finansial berlebih maka dianjurkan untuk berkurban sehingga mendapatkan pahala yang berlimpah. Sebenarnya, untuk ibadah kurban sendiri merupakan bentuk dari ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Selain itu, ibadah kurban ini akan membuat orang yang menerima daging kurban ini akan merasa bahagia. Oleh sebab itu, dengan berkurban akan membantu sesama muslim. 

Apakah Anda ingin melakukan kurban di hari yang suci ini? Selain ucapan Idul Adha, amalan sunnah juga bisa dilaksanakan seperti berkurban. Untuk itu, pilihlah Yayasan Yatim Mandiri yang amanah dan berpengalaman dalam melakukan pembagian kurban ke orang yang tepat. 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.