4 Keutamaan Sedekah Air Bersih, Ladang Amal Jariyah!

Salah satu keutamaan sedekah air bersih adalah mendatangkan ampunan Allah SWT.


Selama ini, banyak yang mengira bahwa sedekah terbatas dalam bentuk uang atau barang. Padahal, macam-macam sedekah ada banyak, lho.

Nah, salah satu contoh sedekah yang dianjurkan, yaitu sedekah air untuk wilayah kekeringan.

Di Indonesia sendiri, beberapa wilayah mengalami kekeringan dan kesulitan air, hingga masyarakat terpaksa menggunakan air laut untuk kebutuhan sehari-hari.

Melihat kondisi seperti ini, sudah sepatutnya kita membantu saudara-saudara kita yang ada di sana.

Namun, sebelum itu, simak beberapa keutamaan air dalam artikel berikut ini!

Pentingnya Air Bersih

Parameter air bersih yang layak dikonsumsi ada tiga, yaitu mikrobiologi, fisika, serta kimia. Nah, air dikategorikan bersih ketika memenuhi ketiga parameter tersebut.

Apabila, air yang diuji tidak memenuhi parameter air bersih, maka air tersebut bisa jadi terkontaminasi.

Jika demikian, maka air tersebut tidak layak konsumsi karena bisa membahayakan kesehatan tubuh. Inilah kenapa ketersediaan air bersih layak konsumsi sangatlah penting.

Mirisnya, tidak semua wilayah memiliki ketersediaan air yang cukup. Masih banyak wilayah yang dilanda kekurangan dan krisis air.

Dalam kondisi ini, segala kegiatan sehari-hari, seperti memasak, mandi dan mencuci, tentu akan terganggu.

Anjuran Sedekah Air Bersih

Sedekah air adalah sedekah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya dianjurkan, bahkan sedekah ini menjadi salah satu sedekah yang afdal.

Alasannya adalah karena air memiliki manfaat yang sangat luas baik untuk urusan agama maupun untuk urusan dunia.

Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud, dihasankan Al Albani dalam Shahihul Jami’ menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mengatakan: “Sebaik-baiknya sedekah adah sedekah air.”

Selanjutnya, HR An-Nasai, no. 3694 dan 3695 juga menyatakan hal yang sejalan. Diketahui, hadits tersebut menyampaikan bahwa Sa’ad mendatangi Rasulullah SAW dan bertanya:

“Wahai Rasulullah, sungguh ibuku telah meninggal dunia, apakah boleh aku bersedekah atas namaya? Rasulullah SAW menjawab “iya boleh” Sa’ad bertanya lagi “lalu sedekah apa yang paling afdhal? jawab Rasulullah SAW adalah “memberi minum air”.

Nah, soal bentuk sedekahnya, Sahabat bisa sedekah air dengan menawarkan air minum ke orang yang tengah kehauasan.

Lebih dari itu, Sahabat juga bisa sedekah air dengan membantu pembangunan sumur bor di daerah yang membutuhkan.

Keutamaan Sedekah Air

Sedekah air tidak hanya memberikan manfaat bagi penerimanya, tapi juga bagi pemberinya. Lebih lengkapnya, berikut keutamaan sedekah air:

1. Merupakan Bentuk Pertolongan Kepada Sesama Manusia

Kenapa sedekah air penting? Sedekah air bisa memberikan pertolongan kepada sesama, mengingat air adalah kebutuhan hidup yang krusial.

Bayangkan, orang-orang yang mengalami kekeringan merasa kesulitan untuk mandi, masak, dan mencuci.

Nah, dengan adanya sedekah air (terlebih sumur) akan sangat membantu masyarakat untuk menunjang semua kegiatan tersebut.

Rasulullah SAW pernah bersabda, bahwa: 

اَلْـمُسْلِمُ أَخُوْ الْـمُسْلِمِ ،  لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ ، وَمَنْ كَانَ فِـيْ حَاجَةِ أَخِيْهِ ، كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ ، فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًـا ، سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Seorang Muslim adalah saudara orang Muslim lainnya. Ia tidak boleh menzhaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya)[1]. Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allâh Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allâh akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat

Dari hadits di atas, dapat diketahui bahwa, umat Muslim dianjurkan untuk saling membantu sesamanya. 

2. Mendapatkan Pahala di Hari Kiamat

Setiap kebaikan akan dibalas oleh Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Begitupun dengan kebaikan sedekah air yang Sahabat lakukan.

Meski hanya setetes, air yang disedekahkan akan memberikan pahala untuk Sahabat di hari kiamat nanti.

Bahkan Allah SWT berjanji bahwa pahala yang akan diberikan kepada hamba yang bersedekah adalah pahala yang berlipat ganda.

Tentunya ini dengan catatan bahwa memberikan sedekah tersebut harus dengan hati yang ikhlas karena Allah SWT. 

3. Mendatangkan Ampunan Allah SWT

Keutamaan sedekah air selanjutnya, yaitu mendatangkan ampunan Allah SWT. Keutamaan ini tercermin dalam cerita tentang seorang hamba yang dengan ikhlas memberikan air minum kepada seekor anjing.

Karena perbuatannya ini, Allah SWT kemudian mengampuni semua dosa-dosa yang telah ia perbuat.

Allah SWT dengan sifat kasih-Nya juga telah berjanji akan mengampuni dosa sebanyak apapun jika hamba-Nya bersedekah dengan ikhlas. 

4. Pahala Mengalir Sampai ke Liang Lahat

Sebagaimana yang sudah diketahui, semua orang membutuhkan air untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari.

Selama air yang disedekahkan terus mengalir, maka pahala yang akan Sahabat dapatkan juga akan mengalir tanpa putus.

Cara Sedekah Air

Pertanyaannya, bagaimana cara sedekah air? Ada dua bentuk sedekah air yang bisa Sahabat lakukan. Pertama, sedekah air dilakukan dengan cara memberi air minum ke orang yang kehausan.

Kedua, Sahabat bisa sedekah air dengan turut berkontribusi membangun sumur bor di wilayah yang sedang dilanda kekeringan.

Cara yang kedua ini mungkin terlihat sulit, tapi sebenarnya mudah karena Sahabat tidak perlu langsung terjun ke lapangan.

Dalam hal ini, Sahabat bisa sedekah air melalui platform donasi terpercaya, seperti platform donasi Yatim Mandiri. Di sini, Sahabat bisa sedekah untuk pembagunan sumur bor di Tereweng.

Tenang saja, tim Yatim Mandiri akan memberikan update penyaluran dana yang Sahabat titipkan, sebagai bentuk transprasansi.

Yatim Mandiri sendiri merupakan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama (Kemenag) dan telah berpengalaman dalam mengelola dana umat selama puluhan tahun.

Demikian penjelasan tentang keutamaan sedekah air dan bagaimana cara sedekah air yang bisa Sahabat lakukan. Bagaimana? Apakah Sahabat tertarik untuk sedekah air?
Yuk, jangan ditunda lagi, segera berbagi kebaikan dan dapatkan pahala jariyah dari sedekah air di Yatim Mandiri!

Baca juga :    10 Cara Menghemat Air Bersih yang Efektif untuk Dilakukan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top