9 Contoh Masjid Wakaf di Dunia dan Pesonanya

Salah satu contoh masjid wakaf di dunia yang paling terkenal adalah Masjid Nabawi yang di dalamnya terdapat makam Rasulullah. Cari tahu contoh masjid wakaf lainnya di sini!


Ada berapa dan apa saja masjid wakaf di dunia? Masjid jadi sentra umat muslim, di negara-negara yang minoritas muslim, masjid biasanya cukup langka. Namun, keberadaanya pasti ada, bahkan terkadang ada juga masjid wakaf.

Masjid wakaf adalah tempat salat umat muslim yang dibangun di atas tanah wakaf. Wakaf sendiri berarti pemberian harta atau hak milik yang bisa digunakan untuk kepentingan ibadah dan kesejahteraan umum.

Wakaf masjid bisa menjadi pahala jariah yang terus-menerus meskipun si wakif sudah meninggal. Pasalnya, masjid jadi tempat ibadah orang banyak, mulai dari salat, mengaji, hingga dakwah. Nah, artikel kali ini, akan membahas contoh wakaf masjid yang ada di dunia beserta pesona-pesonanya.

Deretan Masjid Wakaf di Dunia

Tak sedikit contoh masjid wakaf di dunia yang bisa Anda temui. Di mana setiap masjidnya memiliki pesona, cerita, dan keunikannya sendiri-sendiri. Lantas, apa saja contoh masjid wakaf di dunia? Berikut daftarnya:

1. Masjid Sultan di Singapura

masjid sultan singapura
Sumber Gambar : Republika

Masjid wakaf di dunia pertama yakni Masjid Sultan. Masjid Sultan dianggap sebagai masjid terbesar dan termegah di Singapura. Masjid ini pertama kali dibangun pada 1824, lalu di bangun lagi oleh Swan dan Maciaren tahun 1920. Lokasi tempat masjid Sultan yaitu di 3 Muscat St, Singapura. 

Wakaf dilakukan untuk program peningkatan masjid pada tahun 2016 yang menghabiskan biaya konstruksi sebesar 3,65 juta dolar. Bangunan luar dominan berwarna putih dan ikonik dengan kubah emas, memiliki gaya arsitektur Turki, Perisa, Moor, dan klasik. Masjid ini memiliki kapasitas 2000 orang.

2. Masjid Wakaf Sri Sendayan di Negeri Sembilan Malaysia

Masjid Wakaf Sri Sendayan di Negeri Sembilan Malaysia
Sumber Gambar : IStock

Masjid Sri Sendayan Diresmikan tahun 2019 ini diwakafkan oleh Tan Sri Abdul Rashid Hussain, seorang pendiri bank RHB. Lokasi masjid ini yaitu di Persiaran Idaman Villa, Bandar Sri Sendayan, Siliau, Negeri Sembilan, Malaysia.

Masjid Sri Sendayan memiliki pesona arsitektur kombinasi gaya Mesir, Turki, Dubai, China dan Maghribi, tampak sangat indah dengan warna bangunan luar full putih dan halaman rumput hijau yang luas. Pembangunan masjid ini butuh lebih dari 100 juta ringgit Malaysia.

3. Wakaf Masjid Nabawi

Masjid Nabawi
Sumber Gambar : Unsplash

Masjid Nabawi merupakan masjid wakaf yang terkenal dari zaman Rasulullah SAW hingga kini. Masjid ini dibangun pada tahun pertama Nabi hijrah dari Makkah ke Madinah bersama para sahabat pada 622 M. Luas awal masjid ini hanya 1050 meter persegi.

Seiring berjalannya waktu, area masjid diluaskan dan hingga kini menjadi 305 ribu meter persegi dan menjadi tempat ibadah umat muslim dari penjuru dunia, terlebih ketika umroh atau haji. Lokasi dari masjid ini berada di Al Haram, Madina, Arab Saudi.

Masjid Nabawi adalah masjid wakaf di dunia yang sangat bersejarah dalam Islam. Di dalamnya terdapat Raudhah, mimbar dan makam Nabi Muhammad SAW, makam Abu Bakar As-Shiddiq, Umar bin Khattab, makam Baqi atau pemakaman keluarga dan sahabat Rasulullah.

4. Masjid Aisyah Al-Rajhi

Masjid Aisyah Al-Rajhi
Sumber Gambar : Wiki

Masjid Aisyah Al-Rajhi merupakan masjid wakaf di Makkah, diwakafkan oleh miliarder bank Syekh Sulaiman Al-Rajhi untuk ibunya bernama Aisyah Al-Rajhi. Masjid ini termasuk yang terbesar setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid ini berada di An Naseem, Makkah, Arab Saudi. Masjid ini tampak sangat megah, dengan warna bangunan dominan putih gading. Didalam masjid terdapat lampu-lampu gantung yang besar dan cantik dari bahan kuningan dan lampu putih.

Arsitektur masjid bergaya kontemporer, berlantai marmer putih dan hitam. Ada fasilitas untuk pendidikan Alquran, perpustakaan, ruang kuliah atau seminar dan konferensi, serta kantor karyawan wakaf. Masjid besar ini berkapasitas 47 ribu orang.

5. Masjid Wakaf Kobe yang Selamat dari Perang Dunia II

Masjid Kobe
Sumber Gambar : Falsafah.id

Masjid Kobe adalah masjid yang dibangun tahun 1928, dan diresmikan tahun 1935, masjid ini pertama dan tertua di Jepang. Lokasi tepatnya berada di 2 Chome-25-14 Nakayamatedori, Chuo Ward, Kobe, Hyogo, Jepang. Butuh 12 menit dari stasiun Sannomiya.

Masjid bergaya arsitektur turki ini menjadi saksi bisu dua peristiwa besar di Jepang, yaitu pengeboman ketika perang dunia II tahun 1945 dan gempa 7,3 SR tahun 1955. Kedua peristiwa tersebut tidak merobohkan masjid Kobe, masjid tetap kokoh dan mengalami kerusakan kecil.

Masjid Kobe merupakan masjid wakaf, wakif dari muslim Turki, Tatar, dan India dengan perantara Islamic Committee of Kobe. Masjid ini berada di pemukiman padat penduduk, banyak yang beragama Islam sehingga banyak pula kuliner halal.

Baca juga: Perbedaan Wakaf dan Sedekah dan Tujuan dari Keduanya

6. Masjid Quba di Madinah

masjid Quba
Sumber Gambar : Unsplash

Sama dengan masjid Nabawi, masjid Quba juga masjid bersejarah. Masjid Quba dibangun oleh Rasulullah SAW. Masjid ini lokasinya tepat berada di Al Hijrah Rd, Al Khatim, Madina, Arab Saudi.

Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat megah, serta halaman yang luas. Dibangun di atas tanah wakaf pada tahun satu hijriyah, saat itu pula sholat jamaah pertama dilakukan oleh Nabi dan para sahabat. Di Sekitar masjid banyak toko souvenir, dan banyak penjual kurma.

Masjid Quba jadi salah satu dari tiga masjid yang disebut dalam Alquran. Luas masjid istimewa ini mencapai 13.500 meter persegi, dengan empat menara dan 56 kubah, dan mampu menampung hingga 20 ribu orang.

7. Masjid Wakaf ‘Seribu Tiang’ Agung Al-Falah di Indonesia

Masjid Wakaf 'Seribu Tiang' Agung Al-Falah di Indonesia
Sumber Gambar : mycity.co.id

Masjid ikonik ini dibangun tahun 1971, di atas tanah yang diwakafkan oleh Sultan Thah Saifudin, tepatnya di Jl. Sultan Thaha, Legok, Telanaipura, Kota Jambi. Masjid ini dikenal sebagai masjid seribu tiang, meski sebenarnya juga tidak sampai seribu, hanya 232 tiang.

Luas masjid wakaf di dunia yang satu ini yaitu 6400 meter persegi, memiliki kubah besar, dan tiang penyangga bagian luar berwarna putih. Pada tengah masjid ada tiang besar dengan ukiran berwarna coklat keemasan membuat masjid tampak klasik.

Pesona masjid semakin terlihat ketika malam, ada lampu-lampu kecil pada atap yang nyala, dan membuat masjid ini tampak semakin cantik. Selain itu, bangunan utama masjid didesain tanpa pintu dan jendela sehingga memberi kesan terbuka.

8. Masjid Al-Azhar Kairo

Masjid Al-Azhar Kairo
Sumber Gambar : Republika

Kairo terkenal sebagai sentra pendidikan Islam, di ibukota Mesir ini pula berdiri Masjid Al-Azhar sebagai masjid tertua Kairo. Tepatnya berada di El-Darb El-Ahmar, Cairo Governorate, Mesir. Masjid ini dibagun antara 970-972 masehi, oleh Fatimiyah.

Masjid memiliki luas 12 ribu meter persegi dan ada 4 menara. Arsitektur seperti dari berbagai dinasti dan khas Mesir. Menurut Jurnal Internasional Ilmu Konservasi (2020), sebagian besar material masjid ini menggunakan batu karbonat, terlihat sekilas susunan balok batu seperti batu gamping.

Masjid Al-Azhar jadi bagian sentra pendidikan Islam yang terkenal di Kairo. Tujuan wakaf masjid ini untuk pengelolaan dan pemeliharaan, tidak hanya masjid tetapi juga untuk pendidikan dan bangunan rumah sakit.

9. Masjid Wakaf Syekh Ajlin Palestina

Masjid Wakaf Syekh Ajlin Palestina

Masjid Syekh Ajlin Palestina terletak di pesisir barat kota Gaza. Sebelumnya masjid ini hancur karena agresi militer Israel di Gaza. Sebenarnya yang hancur banyak, bukan masjid ini saja sehingga banyak orang kehilangan tempat ibadah.

Hingga kini pengumpulan dana wakaf masih dibuka untuk pembangunan kembali masjid Syekh Ajlin Palestina. Kini tahap pembangunan mencapai 85 persen, targetnya bisa rampung tahun 2022 ini. 

Namun, sudah beredar desain masjid bergaya futuristik. Bentuknya unik, desain masjid ini dianggap mirip dengan PS5.

Masjid wakaf di dunia punya pesona masing-masing. Di luar itu, fungsi masjid sebagai tempat ibadah jadi yang utama. Wakaf menjadi salah satu amalan kebaikan yang pahalanya tidak pernah terputus. Maka dari itu, tidak salah jika Anda mulai berwakaf sekarang juga.

Sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang kredibel dan amanah, Yatim Mandiri menyediakan berbagai program wakaf yang bisa diikuti secara online. Jadi, Anda tidak perlu bingung atau repot saat ingin berwakaf. Mari mulai wakaf bersama program-program di Yatim Mandiri sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up