Berita

Bertemu Kemenkop UKM, Laznas Yatim Mandiri Sampaikan Program Pemberdayaan Masyarakat

Jakarta, YM News — Laznas Yatim Mandiri mengadakan audiensi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM), pada Rabu, 15 Mei 2024, di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Tim Laznas Yatim Mandiri diwakili oleh Direktur LAZ Bapak Salahuddin, Wakil Direktur II Bapak Imam Fahrudin, Manajer CSR Bapak Sofyan Hamid, dan Lead Program Jakarta Bapak Fauzi. Tim Laznas Yatim Mandiri diterima oleh Ibu Ruli Nurdina Sari, S.Sos., M.Si., selaku Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan SDM Aparatur, serta unsur biro-biro terkait dari Kemenkop UKM.

Salah satu fokus Laznas Yatim Mandiri yang disampaikan dalam audiensi tersebut adalah mengoptimalkan zakat sebagai program pemberdayaan masyarakat dhuafa.

Bapak Salahuddin menyampaikan, “Salah satu yang menjadi konsentrasi Laznas Yatim Mandiri adalah optimalisasi Zakat menjadi program pemberdayaan yang sasaran utamanya adalah Yatim dan keluarga dhuafa untuk bisa berdaya dan mandiri.”, tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Laznas Yatim Mandiri juga memperkenalkan portofolio program dan kisah sukses pemberdayaan, khususnya program Bunda BISA dan UMKM Bangkit yang telah dijalankan di berbagai daerah di Indonesia.

Menyambut presentasi dari Laznas Yatim Mandiri, Ibu Ruli menyatakan bahwa Kemenkop UKM, sebagai lembaga pemerintah terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak swasta seperti Laznas Yatim Mandiri demi meningkatkan efektivitas program pemberdayaan masyarakat.

“Tentu saja kita harus mencari celah untuk sinergi, dari standar kami sebagai instansi pemerintahan tentu ada prosedur dan lain-lain, hanya saja kita tentu tidak menutup, maka kita mencari cara untuk bergandengan tangan.”, tutur Ibu Ruli.

Setelah pemaparan dari kedua belah pihak, audiensi dilanjutkan dengan diskusi mendalam mengenai program-program yang telah dijalankan maupun yang direncanakan oleh Laznas Yatim Mandiri dan Biro-Biro Kemenkop UKM. Kedepannya, akan ada penjajakan sinergi lanjutan untuk memperkuat kerjasama antara kedua lembaga, berdasarkan pemahaman yang sama mengenai pentingnya pemberdayaan masyarakat.

Kemenkop UKM PemberdayaanDiakhir pertemuan tersebut, Tim Laznas Yatim Mandiri menyerahkan hasil produk pemberdayaan yang telah dihasilkan oleh masyarakat binaannya kepada Kemenkop UKM sebagai bukti nyata dari efektivitas program yang telah dilaksanakan. Hal ini menjadi langkah konkret dalam memperkuat kerjasama antara LAZ dan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Redaksi YM News

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Menanam kebaikan di dunia, memanen kebahagiaan di akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *