11 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar dalam Islam, Yuk Terapkan!

Bagaimana cara mengatasi anak malas belajar dalam Islam? Ada 11 cara bisa dilakukan, Rasulullah SAW lebih dulu menerapkannya, Cek disini!


Orang tua tentu khawatir jika anaknya malas belajar. Namun tenang saja, ada sejumlah cara mengatasi anak malas belajar.

Sahabat bisa menerapkan cara-cara ini secara bertahap agar si kecil semangat untuk belajar. Bagaimana caranya?

Salah satunya, yaitu apresiasi proses dan progres belajar anak. Lebih dari itu, dukungan orang tua terhadap proses anak juga penting, lho.

Selengkapnya, mari simak apa saja cara mengatasi anak belajar berikut ini!

Ciri-Ciri Anak Malas Belajar

Sebelum mengetahui cara mengatasi anak malas belajar, Sahabat perlu tahu bagaimana ciri-ciri jika anak sedang malas.

Sebab, bisa saja anak sedang capek dan ingin istirihat sebentar. Jika demikian, maka tidak tepat jika Sahabat memaksakan si kecil untuk belajar.

Maka dari itu, pahami ciri-ciri anak malas belajar berikut:

1.    Suka Menunda Mengerjakan Tugas

Jika anak sudah di usia sekolah, ketika ditanya soal tugas yang diberikan guru maka anak cenderung menunda untuk menyelesaikannya. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan aktivitas yang mereka sukai ketimbang mengerjakan tugas tersebut.

Bagi yang sudah parah tingkat malasnya, ada yang tidak segan berbohong dengan mengatakan tidak ada tugas padahal banyak tugas yang harus diselesaikan dan segera dikumpulkan

2.    Sering Mengeluh tentang Pelajaran

Anak menjadi sering mengeluh soal pelajaran di sekolah, yang menurut mereka semakin sulit dan membuat tidak bisa belajar maksimal. Keluhan tersebut berbuntut malas mengerjakan tugas dan lebih suka meminta bantuan orang tua atau orang terdekat untuk menuntaskannya.

3.    Tidak Betah Belajar dan di Sekolah

Saat waktunya belajar di rumah maupun di sekolah, anak ingin segera cepat selesai dan tidak fokus selama belajar.

4.    Nilai Akademik Turun

Kondisi selanjutnya tentu akan terlihat langsung pada hasil akademik anak, dimana nilai sebelumnya yang mungkin lebih bagus menjadi turun drastis.

Baca juga:   11 Cara Mendidik Anak dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah

11 Cara Mengatasi Anak Malas Belajar

Infografis tentang cara mengatasi anak malas belajar

Rasa malas yang dibiarkan akan menghambat proses belajar dan perkembangan anak. Oleh karena itu, jika si kecil sudah memunculkan ciri-ciri sedang malas, Sahabat perlu segera bertindak.

Dalam Islam, terdapat beberapa cara untuk mengatasi anak malas belajar, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1.  Bicara dari Hati ke Hati dengan Anak

Anak yang malas bukan dibentak atau dipaksa untuk belajar, namun didekati dan diajak bicara dari hati ke hati tentang apa masalah belajar yang dihadapinya sehingga muncul rasa malas. Dengan begitu, anak akan lebih terbuka dan orang tua dapat pula mencarikan solusi yang tepat.

Hal ini juga sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW, bagaimana mengajarkan anak dengan lemah lembut.

2. Ajak Berdoa Sebelum Belajar dan Menghindari Malas

Pastikan anak hafal dia sebelum belajar dan doa untuk menghindari sifat malas. Di dalam riwayat sebuah hadits shahih Bukhari dijelaskan, bahwa Rasulullah SAW pernah berdoa untuk berlindung dari sifat malas yaitu:

Allahumma inni a’udzubika minal kasali wa a'udzubik minal jubni wa a’udszuika mial harami wa a’udszubika minal bukhli.

Artinya adalah: Ya Allah, aku memohon perlindungan-Mu dari sifat malas, dan aku juga memohon perlindungan dari sifat pengecut, pikun, dan pelit,”

3. Makanan Sehat dan Istirahat yang Cukup

Rasulullah SAW juga mencontohkan cara lain untuk bisa lebih semangat belajar, yaitu dengan memastikan mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga tubuh lebih bugar. Selain itu, untuk jadwal istirahat juga dijaga agar tubuh senantiasa fit dan siap untuk belajar.

Oleh karena itu, orang tua disarankan untuk menerapkannya juga kepada anak yang mengalami masalah malas belajar. Berilah anak makanan dengan asupan gizi lengkap, kemudian jadwal tidurnya dipastikan tidak kurang dari waktu istirahat anak yang dibutuhkan.

4. Pahami dan Ikuti Cara Belajar Anak

Orang tua juga harus lebih paham gaya belajar anak, sehingga tidak memaksakan gaya belajar yang salah karena pasti hasilnya tidak akan maksimal dan anak justru menjadi terbebani untuk belajar.

Misalnya mereka lebih suka belajar di ruangan yang tenang, maka sediakan ruang yang nyaman sesuai keinginan anak. Atau misalnya anak lebih suka belajar di malam hari, beri kesempatan bagi mereka melakukannya asal tidak melebihi jam istirahat.

5.  Libatkan Anak Saat Membuat Konsep dan Jadwal Belajar

Cara mengatasi anak malas belajar adalah saat membuat jadwal belajar di rumah, libatkanlah anak saat membuatnya. Berikan kesempatan bagi mereka untuk mengeluarkan pendapat karena merekalah nanti yang akan menerapkan jadwal tersebut.

Kenapa begitu? Alasan utamanya adalah agar anak merasa bertanggung jawab atas dirinya sendiri selama jadwal belajar, tidak ada paksaan di dalamnya.

6.  Apresiasi Proses Belajar Anak

Tidak sedikit orang tua yang hanya mengapresiasi hasil belajar anak melalui nilai akademik yang didapat. Padahal yang jauh lebih penting adalah mengapresiasi proses mereka belajar. Seperti yang juga diterapkan oleh Rasulullah SAW, baik saat mengajarkan anak maupun umatnya.

Ketika anak mendapatkan apresiasi saat belajar, mereka akan memiliki semangat lebih dan rasa malas bisa diminimalisir.

7. Beri Dukungan dengan Cara yang Tepat

Mendukung proses anak belajar adalah salah satu energi penting yang dibutuhkan anak. Ini juga menjadi cara yang efisien dan ampuh. Dimulai dengan mendampingi anak selama proses belajar, memasak makanan kesukaannya, hingga memberikan pelukan ketika anak sudah terlihat bosan.

Dukungan juga tidak harus berupa barang atau tindakan, dukungan dengan ucapan yang menenangkan juga sangat besar dampaknya.

8. Jadilah Role Model untuk Anak

Ketika orang tua menerapkan sistem belajar untuk anak, maka harus diikuti dengan penerapan hal yang sama untuk diri sendiri. Misalnya, dilarang menonton televisi saat belajar maka orang tua jangan menonton dulu sampai anak selesai belajar.

Atau jika anak dilarang menggunakan gadget saat belajar, maka orang tua juga sebaiknya tidak memegang ponsel ketika anak belajar. Sehingga anak merasa waktu belajarnya lebih dihargai.

9. Mulai Belajar dengan Materi Paling Mudah

Kalau si kecil belum sekolah, artinya orang tua yang mengendalikan apa tema pembelajaran bagi mereka. Mengatasi anak malas belajar berikutnya yaitu cobalah dengan memberikan materi belajar dari yang paling mudah dipahami anak usia tersebut.

Jangan memaksakan anak belajar materi yang belum seharusnya mereka pelajari, ini akan membuat anak malas belajar. 

Kalau anak sudah usia sekolah, maka tanyakan terlebih dahulu kepada anak mana materi yang paling mudah mereka pahami. Mintalah untuk mempelajarinya kembali, sebelum masuk ke materi yang lebih sulit.

10. Jadwal Istirahat dengan Aktivitas Menarik

Buatlah jadwal istirahat belajar bagi anak, dimana mereka bisa melakukan berbagai hal menarik. Contohnya, istirahat setengah jam dan boleh jajan di warung dekat rumah. Anak akan kembali recharge otaknya sehingga saat jadwal belajar dilanjutkan mereka kembali siap tanpa mengeluh.

12. Biarkan Anak Eksplorasi Materi dengan Cara Menyenangkan

Materi pelajaran apapun jika dipelajari dengan cara menyenangkan, akan mudah “lengket” di kepala. Hal ini jugalah yang perlu diterapkan pada buah hati tersayang.

Contohnya, untuk materi IPA tentang hewan serangga maka orang tua bisa langsung membawa anak ke alam terbuka untuk melihat langsung macam macam serangga.

Jangan menyerah pada anak yang malas belajar, banyak cara mengatasi anak malas belajar dalam islam yang sudah diterapkan dari zaman Rasulullah SAW sampai sekarang. Orang tua tinggal menerapkannya juga pada buah hati tersayang, agar rasa malas hilang dan anak menjadi kecanduan belajar.

banner jadi orang tua asuh untuk anak yatim dan dhuafa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top