MENARIK! Fakta Hubungan Ayah dan Anak Perempuan

sumber foto: dream.co

Adanya kedekatan hubungan ayah dan anak perempuan bisa memiliki berbagai banyak arti yang akan bagus untuk tumbuh kembang anak. Simak faktanya!


Kata-kata ayah adalah cinta pertama seorang perempuan merupakan kalimat yang hingga kini banyak diucapkan oleh berbagai kaum hawa di penjuru dunia.

Hal ini mungkin tidak terlepas dari banyaknya hubungan ayah dan anak perempuan yang begitu dekat dan penuh kasih sayang.

Berbeda dengan ibu pada umumnya memiliki hati lembut penuh kasih sayang untuk anaknya, ayah lebih cenderung memberikan gambaran yang kuat untuk si anak.

Untuk lebih mengetahui fakta seputar hubungan yang bisa tercipta antara ayah dan anak perempuannya, simak penjelasan dibawah ini!

6 Alasan Istimewa Hubungan Ayah dan Anak Perempuan yang Harmonis

Bagi beberapa anak perempuan, ayah bisa menjadi salah satu sosok terbaik yang bisa ditemuinya selama hidup.

Hal ini karena rasa sayangnya ditunjukkan dengan sikap yang unik seperti begitu protektif atau dengan memiliki sikap yang tegas.

Namun, hal itu tidak bisa mematahkan rasa sayang terselubung yang begitu besar dalam hati sang ayah dan beberapa anak mengetahui hal itu.

Oleh sebab itu, banyak yang menganggap bahwa ayah adalah sosok kuat yang akan selalu mengayomi dan sigap melindungi sang anak dari ancaman apapun.

Kenapa anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya? Hadir sebagai satu-satunya lelaki yang bahkan telah menyayangi dan menjaga kehadiran anak sejak belum dilahirkan, menjadi ikatan batin tersendiri untuk keduanya.

Selain itu, masih terdapat beberapa alasan tentang istimewanya hubungan ayah dan anak perempuan yang dirangkum pada poin berikut:

1.  Lelaki Pertama yang Hadir dalam Hidup Anak Perempuan

Alasan begitu istimewanya hubungan serta kemistri yang terjalin antara ayah dan anak perempuannya adalah karena kehadirannya merupakan sosok lelaki pertama yang ditemui sang anak.

Karena itu, jangan heran lagi dengan kalimat bahwa ayah adalah cinta pertama sang gadis kecil.

Begitu pula sebaliknya, anak perempuan dengan sifat natural sejak lahir yang manja dan lembut menjadikan jiwa protektif sang ayah sebagai pelindung secara otomatis aktif.

Sejak anak lahir, maka tidak bisa dipungkiri bahwa misi baru ayah adalah menjaga sang anak senantiasa terlindungi.

Sementara itu, peran ayah sebagai tulang punggung keluarga serta kharismanya yang tegas dan kuat membuat ayah menjadi role model tersendiri bagi anak perempuan.

Disaat mengambil keputusan penting, bahkan hingga mengenalkan pasangan saat sudah dewasa, ayah akan menjadi sosok penentu.

Jangan tanya hasil akhirnya, karena semua orang tua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anak yang telah mereka besarkan dan rawat setulus hati.

2.  Sikap Protektifnya Membuat Anak Perempuan Merasa Aman

Seperti yang sudah dijelaskan, ayah secara naluriah memiliki sikap protektif jika menyangkut keamanan anak terlebih yang perempuan.

Ini adalah poin paling menonjol yang membuat hubungan ayah dan anak perempuan bisa begitu erat karena perlindungan serta rasa aman yang akan terus diberikan.

Lelaki manapun yang dihadapkan dengan ayah, maka tentu akan berpikir dua kali jika ingin menyakiti sang gadis.

Bahkan, saat akan menikah pun adat membawa pasangan pada sang ayah terlebih dulu menjadi suatu kewajiban sejak lama.

Hal ini menunjukkan bahwa keputusan ayah adalah hasil final dan sangat berpengaruh.

Tentu selama bertemu terdapat sedikit banyak pandangan yang bisa didapatkan akan rasa tanggung jawab pasangan anak gadisnya.

Karena itu, pendapat ayah merupakan hal penting yang harus dipertimbangkann sematang mungkin.

3.  Bentuk Kasih Sayang Ayah Begitu Unik

Berbeda dengan ibu yang bisa menunjukkan kasih sayang dengan terang-terangan, tidak semua ayah di dunia ini bisa melakukan hal yang serupa.

Terkadang diam hingga marahnya bisa mengartikan kasih sayang besar yang tersembunyi.

Walaupun tidak semua anak perempuan bisa menangkap sinyal tersembunyi tersebut, seiring bertumbuh dewasa, maka dia akan mengerti dengan sendirinya.

Sikap tegas sang ayah merupakan bentuk kasih sayang yang sangat unik.

Karena sebab inilah, hubungan ayah dan anak perempuan bahkan bisa lebih erat daripada dengan ibu di beberapa kondisi.

Sifat lembut dari gadis kecil yang sempurna dengan sifat tegas namun penuh kasih sayang milik ayah.

4.  Ayah adalah Contoh Terbaik Untuk Anak

Semenjak anak dilahirkan, ayah akan menjadi contoh paling nyata untuk pembentukan karakter anak.

Menjalani kehidupan bersama sebagai keluarga selama bertahun-tahun akan membuat gadis kecil secara tidak sadar bertindak dan menghadapi kehidupan sebagaimana yang dicontohkan orang tuanya.

Mengapa hubungan ayah dan anak perempuan bisa dikatakan istimewa? Karena sebagian besar gadis kecil cenderung lebih dekat dan mencontoh apa yang ditunjukkan oleh ayahnya.

Oleh sebab itu, ayah memiliki peran penting atas bagaimana karakter anak saat dewasa nanti.

5.  Terjalinnya Ikatan Emosional

Telah diasuh sejak kecil, mulai dari berbaring, merangkak, berdiri, belajar bicara, hingga berjalan, ayah serta ibu adalah orang yang setia menemani proses tersebut.

Dengan begitu, tentu akan terdapat ikatan emosional tersendiri bagi anak perempuan dengan orang tuanya.

Menurut psikolog, adanya ikatan emosional antar individu bisa memberikan perasaan yang lebih stabil, adanya perkembangan kepribadian, serta dapat memperbaiki kelemahan.

Karena itu, ayah yang hebat juga akan menghadirkan anak perempuan dengan karakter yang tidak kalah hebatnya.

6.  Kapanpun Itu, Anak Perempuan Tetaplah Gadis Kecil Menurut Ayah

Dalam berkembang dan bertumbuh besar, seorang perempuan akan menyelesaikan pendidikan, bekerja, hingga menikah.

Pada tahap ini, pasti banyak orang termasuk Ibu akan menganggap sang anak telah beranjak dewasa.

Namun rumus ini tidak berlaku untuk kebanyakan ayah di dunia ini. Di mata mereka, anak perempuannya tetaplah gadis kecil yang harus diberikan perlindungan setiap saat.

Karena hal ini, hubungan ayah dan anak perempuan bisa seerat itu.

Pentingnya Hubungan Ayah dan Anak Perempuan Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Menurut penelitian, dikatakan bahwa kedekatan ayah dengan anak perempuannya bisa membawa dampak positif pada perkembangan sang gadis kecil.

Mulai jadi sosok panutan utama, hingga bisa meningkatnya kepercayaan diri, ayah bisa menjadi salah satu penentu bagaimana karakter anak berkembang.

Lantas, apa saja dampak penting dari terjaganya hubungan ayah dan anak yang harmonis? Simak beberapa poin penjelasan berikut ini:

1.  Membuat Karakter Anak Perempuan Lebih Kuat dan Pemberani

Adanya kasih sayang serta cinta dari ayah untuk anak perempuannya dikatakan bisa membuat sang gadis kecil bisa memiliki karakter yang lebih kuat dan pemberani.

Anak bisa lebih berani untuk mengeksplor hal-hal baru, menyuarakan pendapat pada khalayak umum, dan hal-hal hebat lainnya.

Sementara itu, anak juga akan terhindar dari tindakan-tindakan yang bisa mengancamnya, seperti bullying atau hal lain yang serupa.

Ini karena ayah yang dekat dengan anak perempuannya pasti telah memberikan banyak sekali nasihat-nasihat penting terkait menjadi pribadi yang kuat dan tidak lembah.

Hal ini merupakan salah satu bentuk naluriah ayah agar gadis kecilnya bisa bertahan saat menjalani kehidupan luarnya.

2.  Bisa Membuat Kepercayaan Diri Anak Perempuan Meningkat

Hubungan ayah dan anak perempuan yang dekat bisa membuat kepercayaan diri sang anak meningkat dalam menjalani kehidupannya.

Hal ini karena ayah yang suportif pasti akan memberikan kasih sayang serta selalu ada di setiap suka duka sang anak.

Terlebih bagi mereka yang sudah biasa melakukan sesi curhat setiap saat, maka kehadiran ayah sudah cukup bagi anak untuk meluapkan kesedihan dan kekurangannya.

Memiliki support system terbaik yang selalu ada akan membuat sang anak tumbuh lebih kuat dan percaya diri.

3.  Bisa Memiliki Kemampuan Akademis yang Baik

Kedekatan ayah dengan anak perempuan ternyata juga memiliki peran yang sangat bagus untuk kemampuan akademis sang anak.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah studi yang sudah dituliskan di jurnal internasional secara resmi.

Didalamnya, dikatakan bahwa hubungan ayah dan anak perempuan yang sehat bisa membawa performa akademis anak menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan hubungan yang tidak harmonis.

Meski nilai pelajaran bukan menjadi tolak ukur, anak bisa berkembang di bidang lainnya.

Dukungan penuh yang diberikan sang ayah akan membuat anak berani bereksplorasi dan memiliki kepercayaan diri bagus yang telah dijelaskan sebelumnya.

Walaupun tidak memiliki nilai akademis bagus pun, bisa saja sang anak bersinar dalam kegiatan non akademis di sekolah yang sesuai bakatnya.

4.  Anak Perempuan akan Memiliki Pandangan Hidup yang Lebih Baik

Kedekatan antara anak perempuan dengan ayah yang hebat bisa menjadikan karakter sang anak tumbuh hebat juga.

Dengan begitu, bagaimana cara anak dalam memandang kehidupan juga akan dipengaruhi dengan asupan yang diberikan orang tuanya.

Bagaimana anak memandang orang lain yang setingkat diatasnya maupun di bawahnya, dan bagaimana cara anak memandang dirinya sendiri adalah suatu hal yang penting.

Jika memiliki pemahaman hidup yang baik, maka tidak akan menjadikan rendah diri tapi rendah hati.

5.  Memberi Gambaran Pasangan yang Baik

Ayah yang baik pasti sudah akan memberikan pemahaman pada si gadis kecil bahwa pasangan yang baik bukan hanya dilihat dari segi fisik saja, tetapi juga sifatnya.

Pemahaman ini pun biasanya tidak disampaikan secara langsung, tetapi dari hal positif yang ditunjukkannya pada anak setiap harinya.

Dengan ini, anak perempuan akan mengetahui bahwa kualitas lelaki yang baik adalah yang memiliki sifat baik dengan rasa tanggung jawab yang besar.

Karena nantinya, lelaki seperti itu juga akan mengayomi serta memberikan kasih sayang besar seperti yang telah dilakukan oleh ayahnya.

Bagaimana Membangun Hubungan Ayah dan Anak Perempuan yang Harmonis?

Setelah mengetahui seputar penjelasan diatas, tentu perlu dipahami bahwa membangun hubungan yang harmonis antara ayah dan anaknya adalah hal penting.

Karena tidak semua orang tua memahami hal ini, dan tidak dalam kondisi ini, maka bagaimana mewujudkannya?

Mulai dari mengubah pola pikir dasar hingga seputar kegiatan lainnya, inilah beberapa tips agar ayah dan anak perempuan memiliki hubungan yang erat:

  1. Pertama, bangun kedekatan dengan anak perempuan sejak mereka lahir. Hal ini bisa dilakukan dengan membantu merawat kebutuhan sang bayi, menyuapi, hingga menemani melewati masa-masa berkembangnya si kecil 
  2. Banyaklah mendengarkan celotehan si gadis kecil karena kedekatan ayah dengan anak akan terbangun dengan sendirinya. Jangan merusak kepercayaannya seperti mengintervensi mimpinya hingga melanggar rahasia yang diberikan sang anak 
  3. Menunjukkan kasih sayang dengan gamblang juga akan membuat anak akan lebih memahami bentuk cinta dari sang ayah.

Tips di atas bisa menjadi referensi baru untuk membangun hubungan ayah dan anak perempuan lebih harmonis.

Untuk memberi asupan yang lebih positif, ayah juga bisa mulai mengajak anak untuk bersedekah melalui platform Yayasan Yatim Mandiri dengan mudah.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.