10 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan investasi emas meliputi, minim risiko, mudah dicairkan, hingga bisa dimulai dengan modal yang kecil. Baca selengkapnya disini!


Dalam Islam, emas adalah salah satu instrumen investasi yang halal dan sesuai dengan syariat agama, sehingga diperbolehkan.

Di samping itu, banyaknya keuntungan investasi emas membuat instrumen satu ini menjadi pilihan investasi terbaik. 

Adapun salah satu keuntungan investasi emas, yaitu harganya yang cenderung naik, sehingga berpotensi memberikan banyak profit.

Selengkapnya, simak keuntungan investasi emas dan tips suksesnya berikut ini!

Keuntungan Investasi Emas

Emas bisa menjadi salah satu instrumen pilihan bagi Sahabat yang memiliki profil investasi risiko rendah. 

Meski profit yang ditawarkan instrumen ini tidak se-fantastis instrumen lainnya, emas tetap memiliki keuntungan tersendiri, di antaranya yaitu:

1.   Termasuk Aset Likuid

Keuntungan yang paling terlihat jelas dari jenis investasi ini adalah emas termasuk aset likuid yang mudah dicairkan. 

Hal ini sesuai dengan pengertian dari aset likuid itu sendiri yang berarti harta milik perorangan yang mudah dicairkan, sehingga investor bisa mencairkannya saat ada kebutuhan mendesak.

Sebagai contoh, untuk investasi emas berupa perhiasan, Sahabat bisa mencairkannya sewaktu-waktu dengan menjualnya di toko emas tempat Sahabat membelinya.

2.   Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Tidak hanya mudah dicairkan, tapi investasi emas juga dapat dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. 

Saat ini sudah ada banyak program tabungan dan investasi emas yang memiliki minimal pembelian cukup terjangkau. Jadi, tidak perlu menyiapkan dana awal yang besar untuk melakukannya.

3.   Selalu Mengalami Peningkatan Harga

Keuntungan investasi emas yang ketiga adalah selalu mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan. 

Bahkan, ada banyak orang yang menyebutkan bahwa emas memiliki nilai yang cenderung stabil sepanjang tahun. Umumnya, harga emas akan meningkat sebanyak 10% di setiap tahunnya.

4.   Minim Risiko

Jika dibandingkan dengan investasi saham yang memiliki tingkat risiko cukup tinggi, investasi emas memiliki cenderung aman. 

Hal ini terjadi karena emas termasuk salah satu instrumen investasi yang hanya harganya cenderung stabil dari waktu ke waktu.

5.   Bagus untuk Diversifikasi Investasi

Melanjutkan pembahasan terkait apa keuntungan investasi emas, Sahabat harus tahu bahwa emas dikatakan bagus untuk diversifikasi investasi. 

Artinya, emas bisa jadi selingan portofolio investasi Sahabat yang memiliki risiko tinggi. Setidaknya, dengan investasi emas, Sahabat memiliki portofolio yang lebih aman,

6.   Bebas Bunga

Mungkin sebagian orang mengira bahwa investasi emas dilengkapi dengan bunga, tapi sebenarnya investasi emas yang tidak menggunakan bunga. 

Jadi, ketika Sahabat membeli emas, baik dalam bentuk perhiasan atau batangan, biaya yang harus dibayar murni harga beli produknya.

Setelah itu, Sahabat bisa menyimpannya dan menjualnya di kemudian hari untuk mendapatkan keuntungan.

Inilah alasan kenapa, investasi emas terbebas bunga dan cocok untuk para umat muslim yang ingin mulai investasi

7.   Bisa Melindungi Kekayaan

Ada banyak orang yang sering menganggap investasi emas sebagai alat tukar saat krisis. Maka dari itu, tak heran jika jenis investasi ini dipercaya mampu melindungi kekayaan para pemiliknya. 

Selain itu, ada alasan lain yang membuat investasi emas dipercaya mampu melindungi kekayaan seseorang.

Alasan tersebut adalah karena nilai emas yang terus meningkat sepanjang tahun dan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup stabil. 

Namun perlu diketahui, kenaikan harga emas ini cukup lambat dibanding instrumen investasi lainnya.

8.   Mudah Didapatkan

Dulu mungkin investasi emas hanya bisa dilakukan secara offline dengan membeli emas di toko-toko yang ada di sekitar rumah. 

Namun, perkembangan teknologi sekarang semakin canggih, sehingga memudahkan banyak orang untuk membeli emas secara online.

Kendati demikian, sebelum melakukan transaksi, pastikan aplikasi yang digunakan memiliki legalitas yang jelas dan sudah berizin. Hal ini ditujukan untuk mengurangi potensi penipuan.

9.   Bisa Digunakan sebagai Jaminan

keuntungan investasi emas selanjutnya, yaitu bisa digunakan sebagai jaminan saat melakukan pinjaman ke pihak lain.

Tidak seperti barang-barang lainnya, emas termasuk produk berharga. Adapun bentuk emas yang bisa dijadikan jaminan, yaitu emas batangan, kalung, cincin, ataupun gelang. 

10.   Bentuknya Bervariasi

Keuntungan investasi emas yang terakhir, yaitu bentuknya bervariasi. Emas tidak hanya berbentuk perhiasan saja.

Investasi emas juga bisa berbentuk emas batangan. Bahkan, dewasa ini, Sahabat bisa melakukan investasi emas digital.

Investasi emas digital ini bisa dimulai dengan harga yang murah, yaitu sekitar Rp50.000. Bahkan, ada aplikasi yang memungkinkan Sahabat untuk memulai investasi dengan harga lebih murah.

Kekurangan Investasi Emas

Di samping keuntungan investasi emas yang ditawarkan, ternyata ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan. 

Sahabat yang masih pemula harus tahu bahwa kekurangan-kekurangan ini dapat memengaruhi pergerakan harga emas. Berikut penjelasannya.

1.   Ada Biaya Penitipan

Keuntungan investasi emas memang tidak ada bunga, tapi kekurangan investasi ini adalah terdapat biaya penitipan. 

Biaya ini berlaku apabila Sahabat melakukan investasi emas dalam bentuk batangan dan menitipkannya ke bank untuk alasan keamanan.

Nantinya, jika Sahabat ingin mengambilnya untuk disimpan sendiri atau dijual, Sahabat harus membayar biaya penitipannya.

2.   Risiko Hilang

Tidak hanya investasi emas fisik saja, tapi investasi emas digital juga memiliki risiko kehilangan yang cukup besar. 

Dalam konteks investasi emas fisik, kemungkinan dicuri atau hilang tentu ada. Di sisi lain, investasi emas digital juga berpotensi di-hack orang lain.

Ini menjadi salah satu alasan, kenapa sebagian orang berpikir ulang ketika hendak melakukan investasi emas.

3.   Tidak Cocok untuk Investasi Jangka Pendek

Pergerakan harga emas memang cenderung terus meningkat di setiap tahunnya, tapi hal ini tidak membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka pendek. 

Alasannya adalah keuntungan investasi emas didapatkan dari selisih harga beli dan harga jualnya. Nah, selisih yang besar baru bisa didapatkan setelah beberapa tahun.

Tips Investasi Emas

Sebelum membuat keputusan investasi, jangan hanya melihat keuntungan investasi emas saja, tapi pertimbangkan juga kekurangannya. 

Selain itu, Sahabat juga bisa menerapkan beberapa tips investasi emas agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Hindari membeli emas saat harganya terlalu tinggi, seperti di atas Rp1.000.000,- untuk setiap gramnya.
  2. Pertimbangkan harga jualnya dengan sebaik mungkin, karena membeli emas saat nilainya terlalu tinggi tidak dapat mendatangkan keuntungan yang besar sesuai harapan.
  3. Selalu rutin memantau pergerakan emas di setiap waktu untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjualnya.

Itu dia daftar keuntungan investasi emas yang bisa didapatkan. Perlu diingat, saat berinvestasi, Sahabat harus berhati-hati dalam membuat keputusan investasi.

Selain itu, Sahabat juga harus ingat bahwa, emas yang sudah mencapai nisab yakni 20 dinar atau 85 gram wajib hukumnya untuk dizakati. 

Untuk mengetahui besarnya zakat yang harus dibayar, Sahabat bisa menggunakan kalkulator zakat yang telah disediakan oleh Yayasan Yatim Mandiri.

Setelah itu, segera tunaikan zakat emas tersebut di Yatim Mandiri yang merupakan Lembaga Amil Zakat (LAZ) terpercaya dan amanah.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.