Bukti Allah Maha Pemberi Rezeki (Ar-Razzaq) Dengan Dalilnya

Allah Maha Pemberi Rezeki

Allah Maha Pemberi Rezeki bagi semua makhluk yang ada di dunia, tapi kita harus tetap berusaha dan berdoa dalam menjemput rezeki yang sudah ditetapkan.


Rezeki setiap orang tentulah berbeda karena Allah sudah menetapkan kadar bagi setiap manusia yang ada di dunia ini. Kita tidak perlu khawatir hidup susah karena Allah Maha Pemberi Rezeki, dan rezeki tidak akan pernah tertukar apalagi jika kita mau bekerja keras, tawakal, dan tentunya berdoa.

Selagi kita masih berada di dunia ini, maka tidak perlu khawatir karena Allah sudah menjamin rezeki bagi kita. Rezeki bukan hanya berupa harta dan benda, melainkan kenikmatan lain yang bisa kita rasakan di kehidupan, seperti sehat, bahagia, keluarga harmonis, dan lainnya.

Pengertian Ar-Razzaq dalam Asmaul Husna

Pengertian Ar-Razzaq dalam Asmaul Husna
Sumber Gambar : Unsplash

Dalam Asmaul Husna atau nama-nama Allah, kita akan membahas salah satu asmaul husna yang berkaitan dengan rezeki, yakni Ar-Razzaq atau Maha Pemberi Rezeki. Asmaul husna ini menunjukkan satu kesempurnaan sifat-Nya dalam memberikan kemurahan bagi manusia.

Bukan hanya harta dan benda, rezeki adalah segala sesuatu yang diberikan Allah SWT kepada manusia dan makhluk hidup lainnya. Ar-Razzaq mengandung makna keadilan di mana Allah SWT telah memberikan ketetapan rezeki pada masing-masing makhluk.

Allah Maha Pemberi Rezeki, baik itu rezeki umum maupun rezeki khusus dengan pengertian yang berbeda:

  • Rezeki Umum

Rezeki umum adalah rezeki yang diberikan Allah SWT untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup, seperti harta, pekerjaan, rumah, makanan, kesehatan, kendaraan, dan lain sebagainya.

  • Rezeki Khusus

Berbeda dengan rezeki umum, rezeki khusus meliputi kenikmatan yang memberikan manfaat secara terus menerus, baik di dunia ataupun di akhirat sehingga tidak semua orang bisa mendapatkan rezeki khusus, melainkan orang-orang yang beriman.

Untuk mendapatkan rezeki khusus, kita harus senantiasa bersyukur dan qanaah terhadap seberapa pun rezeki yang didapatkan. Dengan begitu, rezeki akan memberikan manfaat secara terus menerus dan memberikan keberkahan dalam hidup.

Yakini Bahwa Allah yang Memberi Rezeki

Pengertian Ar-Razzaq dalam Asmaul Husna
Sumber Gambar : Unsplash

Allah Maha Pemberi Rezeki bagi semua makhluk yang ada di dunia ini, termasuk manusia. Seseorang yang berhasil mencapai kesuksesan dunia atau kaya raya biasanya telah melalui perjuangan yang tidak mudah dengan kerja keras dan konsistensi yang tinggi.

Semakin keras usaha yang kita lakukan, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan rezeki yang melimpah. Meski begitu, seseorang yang berada dalam kesulitan secara ekonomi bukan berarti kurang dalam bekerja karena rezeki sudah diatur.

Kita tidak akan pernah menduga kapan dan dari mana rezeki akan datang karena bisa saja melalui pekerjaan maupun orang lain sebagai perantaranya. Dari mana pun rezeki tersebut datang, pada dasarnya Allah yang memberikan rezeki melalui jalan yang berbeda.

Terkadang, tanpa di sangka-sangka rezeki datang ketika kita membutuhkan karena Allah paling tahu apa yang kita butuhkan. Jadi, jangan pernah berputus asa dalam menjemput rezeki karena usaha yang kita lakukan tidak akan pernah sia-sia.

Bukti Allah Maha Pemberi Rezeki

Bukti Allah Maha Pemberi Rezeki
Sumber Gambar : Unsplash

1. Kesempatan Hidup di Setiap Hari

Kita tidak pernah tahu berapa usia atau kehidupan yang bisa dijalani selama di dunia ini. Tidak perlu menunggu tua untuk menemui ajal, banyak pula mereka yang masih muda telah kembali dan berpulang kepada Allah sehingga usia menjadi rahasia yang sudah ditetapkan.

Umur panjang merupakan salah satu rezeki yang sangat berharga karena dengan hidup, maka kita bisa menikmati limpahan karunia Allah SWT, masih bisa bersama dengan orang tercinta, melakukan berbagai kegiatan, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang tidak menyadari akan rezeki dari Allah ini, padahal kenikmatan luar biasa bisa kita rasakan apabila masih bisa hidup di dunia.

2. Oksigen yang Tidak Ada Batasan

Bukti lain yang menunjukkan Allah Maha Pemberi Rezeki adalah oksigen yang tidak ada batasannya. Tahukah bahwa oksigen yang ada di rumah sakit dijual dengan harga yang mahal, padahal ketika sehat kita bisa menghirup oksigen sebanyak mungkin.

Bayangkan jika Allah SWT meminta bayaran atas oksigen yang harus kita hirup selama hidup, maka kita tidak akan sanggup untuk membayarnya. Allah juga tidak memberikan batasan bagi kita untuk menghirup oksigen sebagai keperluan pokok untuk makhluk hidup.

Sudah seharusnya kita bersyukur atas rezeki melimpah yang diberikan Allah SWT berupa oksigen yang bersih.

3. Matahari dan Bulan yang Selalu Menerangi Bumi

Pernahkah membayangkan, bagaimana kehidupan makhluk hidup di bumi tanpa adanya sinar dari matahari dan bulan. Sinar matahari mampu menerangi bumi pada pagi dan siang hari, sedangkan sinar bulan menerangi bumi di malam hari.

Tanpa kedua sinar tersebut, bumi akan gelap gulita dan kita tidak bisa melihat apapun. Bahkan, banyak musibah yang bisa terjadi ketika kedua sinar tersebut meredup atau menghilang namun Allah memberikan kekuatan pada matahari dan bulan untuk bersinar.

Bayangkan, sudah berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika kita harus membayar penerangan dari sinar matahari dan bulan.

4. Sehat Setiap Hari

Kesehatan adalah rezeki yang sangat luar biasa nikmatnya karena merasakan sakit tentu tidak nyaman. Selagi masih sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar, menikmati makanan yang lezat, berpikir dengan jernih dan lain sebagainya.

Jika ada salah satu bagian tubuh saja yang merasa sakit, maka bisa mengganggu fungsi lain tubuh dan mengganggu aktivitas yang seharusnya dilakukan. Bukan hanya itu, sakit juga mengharuskan kita untuk berobat sehingga perlu adanya biaya.

Rezeki ini bisa kita nikmati secara gratis tanpa Allah meminta bayaran sepeserpun. Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah suatu bentuk usaha untuk mendapatkan rezeki dari Allah.

5. Anggota Tubuh yang Lengkap

Sebagian orang mungkin memiliki anggota tubuh kurang lengkap, baik sejak lahir maupun sejak suatu peristiwa. Seseorang yang memiliki anggota tubuh kurang lengkap biasanya memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh orang lain jadi tetap harus bersyukur.

Apalagi bagi orang yang memiliki anggota tubuh lengkap, maka semakin besar rasa syukur yang seharusnya diberikan kepada Allah. Memiliki anggota tubuh lengkap merupakan salah satu bukti bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki.

6. Rezeki Setiap Hari

Setiap hari Allah selalu memberikan rezeki pada manusia yang mau berusaha menjemput rezeki tersebut. Meskipun dalam keadaan yang sulit sekalipun, tidak perlu khawatir karena Allah telah menjamin kemudahan berupa rezeki yang diberikan setiap hari.

Rezeki bisa datang dari mana saja dan kapan saja, terkadang kita tidak pernah menduga bahwa rezeki tersebut akan datang. Di sini, maksud rezeki tidak hanya mengacu pada harta benda, melainkan makna rezeki yang lebih luas, seperti kebahagiaan, kesehatan dan lainnya.

Selagi hidup di dunia, tidak perlu mengkhawatirkan tentang rezeki karena pasti akan datang jika mau berusaha.

7. Air yang Berlimpah

Selain oksigen, kebutuhan utama kita sebagai makhluk hidup adalah air yang bersih, baik untuk minum, mandi, memasak atau untuk keperluan lainnya. Melimpahnya air bersih merupakan salah satu bukti bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki bagi siapa saja.

Di Indonesia, kita bisa menjumpai sumber mata air yang bersih dan bisa dikonsumsi jadi tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Bahkan, Allah akan mendatangkan hujan di musim kemarau jika memang kita membutuhkan air.

Bayangkan jika kita mengalami kekurangan air bersih, entah sudah berapa banyak uang yang harus dibayarkan untuk membeli air bersih.

8. Bertemu Orang Baru Setiap Hari

Bukti lain yang menunjukkan bahwa Allah SWT Maha Pemberi adalah kesempatan untuk bertemu orang baru setiap hari. Jumlah manusia di muka bumi ini sangatlah banyak jadi kita sering bertemu dengan orang baru setiap harinya.

Secara tidak sadar, bertemu orang baru merupakan suatu rezeki yang harus kita syukuri karena kita bisa bersosialisasi, saling membantu, bekerja sama, dan lainnya. Silaturahmi juga menjadi lebih luas sehingga bisa membukakan pintu rezeki.

Sulitnya bertemu dengan orang baru akan membuat terganggunya beberapa aktivitas, seperti berjualan, menjalankan bisnis, bercerita dan lain sebagainya.

9. Banyak Sumber Daya Alam di Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, mulai dari pegunungan, pantai, danau, sawah, dataran tinggi, dataran rendah, hutan, dan lainnya.

Sumber daya alam yang melimpah memudahkan kita sebagai warganya untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya, mencari ikan di laut, mencari sayuran di hutan, mencari air di danau, dan sumber lain yang bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Melimpahnya sumber daya alam di Indonesia merupakan rezeki luar biasa yang belum tentu didapatkan oleh masyarakat di negara lain. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan kenikmatan dari sumber daya alam di Indonesia.

10. Akal dan Pikiran bagi Manusia

Bukti terakhir yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah akal dan pikiran. Manusia memiliki keistimewaan dibanding makhluk hidup lainnya, yakni memiliki akal dan pikiran yang membuat kita bisa melakukan berbagai aktivitas seperti sekarang ini.

Bayangkan jika kita diciptakan tanpa akal dan pikiran maka kehidupan akan berantakan dan banyak kesulitan yang akan datang. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita mensyukuri nikmat Allah SWT berupa akal dan pikiran sebagai manusia.

Dalil Allah Maha Pemberi Rezeki

Dalil Allah Maha Pemberi Rezeki
Sumber Gambar : Erni Abdullah from Pixabay

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mempercayainya. Sebagai manusia, terkadang kita tidak sadar akan rezeki lain yang telah dilimpahkan Allah kepada kita selama hidup.

Untuk memahami lebih jelas tentang rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, sudah seharusnya kita mengacu pada dalil yang ada di Al-Qur’an maupun Hadist.

Surah Al-’Ankabut (29): 60

وَكَأَيِّنْ مِنْ دَابَّةٍ لَا تَحْمِلُ رِزْقَهَا اللَّهُ يَرْزُقُهَا وَإِيَّاكُمْ ۚ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya:

Dan berapa banyak binatang yang tidak (dapat) membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Surah Az-Zariat (51): 58

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Artinya:

Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Malaikat Pemberi Rezeki

Malaikat Pemberi Rezeki
Sumber Gambar : Pixabay

Pada dasarnya, Allah SWT sudah menetapkan kadar rezeki yang akan kita dapatkan meski usaha dan kerja keras bisa membuka pintu rezeki lebih lebar. Ada salah satu malaikat yang diberikan tugas oleh Allah untuk membagikan rezeki kepada seluruh makhluk hidup.

Nama malaikat tersebut adalah malaikat Mikail yang bisa membagikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Malaikat yang Allah ciptakan ini bisa membagi rezeki yang melebihi ekspektasi jadi tidak perlu khawatir ketika berada dalam keadaan yang sulit.

Meski sudah ditetapkan, kita masih bisa mencuri hati malaikat Mikail agar membukakan pintu rezeki yang lebih lebar melalui amalan pembuka rezeki. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar disukai oleh malaikat Mikail dan mendapatkan rezeki yang tidak disangka, berikut caranya.

1. Selalu Bersyukur

Sudah banyak bukti Allah Maha Pemberi Rezeki jadi sudah seharusnya kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan. Secara tidak sadar, banyak kenikmatan yang telah Allah limpahkan kepada kita, mulai dari oksigen, air bersih, tempat tinggal nyaman, dan lainnya.

Sebanyak apapun rezeki yang kita miliki jika tidak bersyukur, maka rezeki tersebut akan terasa kurang dan selalu kurang. Berbeda jika kita menerima apapun yang diberikan Allah SWT dengan rasa syukur, maka semua rezeki tersebut akan mencukupi kebutuhan.

Bersyukur menjadi salah satu cara untuk membukakan pintu rezeki lebih lebar. Sebagai ungkapan rasa syukur, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yakni:

  • Mengucapkan hamdallah atau Alhamdulillah.
  • Bersyukur dengan hati atau meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.
  • Bersyukur dengan amal perbuatan atau menjauhi larangan-Nya dan mematuhi perintah-Nya.

2. Bertaubat

Sebagai manusia biasa, sudah pasti kita pernah melakukan dosa, baik itu dosa kecil maupun besar. Setiap orang mungkin memiliki masa lalu yang kelam tapi Allah Maha Pemaaf lagi Maha Penyayang jadi sudah seharusnya kita memohon ampun kepada-Nya.

Selagi kita memiliki umur dan waktu, jangan lewatkan kesempatan untuk memohon ampun dan bertaubat dengan sungguh-sungguh. Bertaubat tidak hanya mengakui dan menyadari kesalahan yang telah dilakukan, tapi bagaimana kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Malaikat Mikail menyukai manusia yang senantiasa bertaubat dengan sepenuh hati, yakni menyadari kesalahan, tidak mengulangi kesalahan tersebut dan menggantinya dengan perbuatan baik pada orang tua, keluarga, teman atau orang lain.

3. Ikhtiar dan Tawakal

Allah Maha Pemberi Rezeki bagi semua manusia, bukan hanya umat Islam saja karena pemberian rezeki mengandung makna keadilan. Jika ingin mendapatkan pintu rezeki yang lebih lebar, maka jangan lupa untuk bekerja keras dan tentunya bertawakal.

Ikhtiar artinya berusaha dengan sungguh-sungguh karena rezeki yang sudah ditetapkan tidak akan datang dengan sendirinya. Malaikat Mikail akan melihat seberapa keras usaha manusia dalam mencari rezeki yang diiringi dengan tawakal.

Tawakal artinya berserah diri dan bersabar setelah melakukan usaha. Berserah diri bukan berarti pasrah begitu saja, tapi berserah diri setelah berusaha semaksimal mungkin dalam menjemput rezeki karena sesungguhnya Allah yang lebih tahu apa yang kita butuhkan.

4. Gemar Bersedekah

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuka pintu rezeki adalah gemar melakukan sedekah atau berbagi rezeki dengan hati yang ikhlas. Rezeki yang kita dapatkan, ada sebagian hak orang lain jadi kita harus memberikannya pada yang membutuhkan.

Meski pada prinsipnya bersedekah adalah membagi rezeki pada orang lain, tapi percayalah bahwa rezeki yang dibagikan melalui sedekah tidak akan habis. Justru Allah akan melipat gandakan rezeki sebanyak 10 kali lipat dari apa yang diberikan.

Bahkan, 10 kali lipat ini merupakan janji Allah yang paling sedikit jadi masih ada kemungkinan untuk mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi. Kekuatan sedekah inilah yang terkadang membuat kita mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka.

Bersedekah bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan orang yang memiliki keterbatasan dalam hal ekonomi karena sedekah tidak hanya berupa harta benda. Bahkan, senyum sudah menjadi sedekah yang sangat murah dan mudah.

Bagi yang ingin bersedekah dengan tepat sasaran, salurkan saja sedekah pada Yayasan Yatim Mandiri. Kami siap membantu untuk menyalurkan sedekah dengan mudah dan tidak perlu takut kekurangan karena Allah Maha Pemberi Rezeki

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.