45 Ucapan Idul Fitri 2024, Menyentuh dan Penuh Makna!

Ucapan Idul Fitri dibuat dengan kalimat menggunakan sajak pantun. Ada banyak sekali ucapan Idul Fitri untuk keluarga, teman, guru dan lainnya.

Saat lebaran sudah sangat umum jika banyak yang mengucapkan Idul Fitri dengan kalimat-kalimat yang indah. Ucapan ini tidak hanya ditujukan pada keluarga namun juga pada teman dan orang-orang terdekat lainnya. Ada banyak sekali contoh kata-kata ucapan Idul Fitri dengan kalimat yang indah dibaca. 

Kalimat-kalimat ucapan ini ada yang dibuat dengan sajak puisi, pantun dan kalimat biasa yang maknanya tersurat. Biasanya ucapan-ucapan selamat Idul Fitri seperti ini dikirim sebagai konten media sosial yang bisa ditujukan untuk semua orang. 

Selain itu orang yang biasanya mengirim parsel juga butuh rangkaian kata ucapan selamat hari raya agar terlihat lebih sopan. Ucapan selamat ini bisa dibuat sangat simpel atau dipanjangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tentunya kalimat yang digunakan mengandung sajak islami. 

Ucapan Idul Fitri 2024

Saat ingin membuat kalimat ucapan selamat hari raya Idul Fitri terkadang akan terasa sulit jika tidak terbiasa merangkai kata. Apalagi bagi orang yang kurang kreatif, membuat kalimat ucapan akan terasa sulit. 

Untuk itu berikut ini ada beberapa contoh kalimat ucapan yang ditujukan untuk keluarga, teman dan lain-lain dalam memperingati Idul Fitri: 

Ucapan Idul Fitri untuk Keluarga

  • Manusia biasa adalah tempatnya salah dan lupa. Seorang anak juga manusia biasa yang lisannya mungkin kerap salah ucap, perbuatannya salah tindak, dan fikirannya salah berprasangka.

  • Maka izinkanlah anakmu ini di hari yang Fitri meminta dan memohon agar dimaafkan segala salah dan khilafnya. Selamat Hari Lebaran Idul Fitri 1445 H.
  • Hari Raya selalu menjadi momen yang menyimpan kerinduan pada orang tua dan keluarga. Mohon maafkan ananda yang belum mampu membayar rindu dengan kata yang berbunyi “pulang”.
  • Semoga rindu dapat terbayar di lain waktu, selamat merayakan Idul Fitri untuk orang tua dan keluargaku. Mohon maafkan lahir dan bathin.
  • Taqabbalallahu Minna Wa Minkum ananda ucapkan pada ayah dan ibu serta saudara-saudaraku. Semoga Allah senantiasa menyucikan hati kita dan menjadikan kita semua istiqomah dalam menjalankan ibadah meski Ramadhan telah berlalu.

  • Selamat hari raya Idul Fitri 1445 H kepada saudara-saudaraku di perantauan. Semoga kita senantiasa bisa saling berlapang dada dalam memaafkan kesalahan dan khilaf yang kerap kali terjadi.

  • Semoga hari raya selanjutnya kita semua bisa dikumpulkan lagi oleh Allah dalam nuansa Idul Fitri yang penuh berkah.
  • Tidak ada kasih sayang manusia yang lebih indah melebihi kasih sayang ayah dan ibu. Meski banyak berlaku salah sebagai anak, dan banyak menyakiti hati namun kasih sayang dan maaf dari ayah dan ibu lebih besar.

  • Perkenankanlah anakmu ini memohon maaf atas segala khilaf. Semoga di hari raya idul fitri kali ini kita semua tetap diberi kesempatan untuk saling memaafkan.
  • Satu hati yang selalu salah merasa, dua tangan yang selalu salah bertindak dan satu mulut yang sering salah berucap. Dengan ini ananda ucapkan mohon maaf kepada semua saudara-saudaraku dan selamat merayakan hari Idul Fitri 1445 H.

  • Di hari yang Fitri ini marilah kita satukan hati, satukan tangan dan satukan keikhlasan untuk saling memaafkan. Moon maafkan lahir dan bathin adik-adikku. Tidak hanya yang muda, yang tua pun banyak salah.

  • Usai sudah sebulan penuh kita sekeluarga menjalankan ibadah puasa. Kini saatnya kita saling bermaafan dan saling berkumpul bersama. Selamat lebaran keluarga tercintaku.  Selamat merayakan hari Fitri 1445 H.

  • Meski mata ini tidak sanggup bertahap secara langsung, tangan ini tidak sanggup berjabat kehangatan tangan, namun dengan tulus hati ini kali ucapkan ucapan selamat Idul Fitri kepada mu ibu kami tercinta. Semoga semua amalan kita di bulan Ramadhan diterima dan hati kita disucikan.
  • Taqabbalallahu minna wa minkum, selamat hari raya kami ucapkan pada segenap anggota keluarga. Semoga di hari yang Fitri ini hati kita turut menjadi bersih dan diri ini turut menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 

Ucapan Idul Fitri untuk Teman

  • Sebagai teman, lidahku mungkin pernah setajam belati, lakuku pernah lukai hatimu. Maka dengan penuh ketulusan, maafkanlah temanmu ini dan selamat merayakan hari yang Fitri. Semoga kita selalu menjadi teman di dunia dan di syurga-Nya.

  • Sudah bertahun-tahun kita berteman baik. Perjalanan pertemanan kita pun penuh suka dan duka. Maka perkenankanlah aku mengucapkan minal aidzin wal faidzin, mohon maaf untuk salah lahir dan bathin.

  • Takbir berkumandang di 1 Syawal 1445 H. Dengan diiringi takbir, aku meminta keikhlasan diri untuk saling memaafkan sebagai teman yang mungkin terlalu sering melakulan salah dan dosa. Dan izikanlah sahabatmu ini menyampaikan sepatah ucapan Idul Fitri 1445 H. Misalnya aidzin Wal faidzin semoga kita semua benar dalam kondisi suci di hari yang Fitri ini. 
  • Minal aidzin wal faidzin, selamat merayakan hari yang Fitri untuk sahabatku. Semoga hati kita bisa terus dilapangkan agar kita semua bisa saling memaafkan.

  • Teruntuk temanku yang ada di kejauhan, mata kita memang bisa saling menatap dan tangan kita tidak bisa saling berjabat. Meski begitu kumohonkan maaf untuk segala tindak laku dan ucapanku yang mungkin menyinggung. Selamat Idul Fitri 1445 H.

  • Taqabbalallahu minna wa minkum ku ucapkan ucapan Idul fitri ini dari kejauhan untuk temanmu yang ada di perantauan. Semoga Allah selalu menjaga kita semua dari keburukan dan mari saling bermaafan karena segala kesalahan.

  • Ragamu kini jauh, lenganku kini tak bisa merangkulmu. Teruntuk sahabatku, pelukku dari jauh sambil kuucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maafkan segala salah kata dan lakuku selama menjadi temanmu.

  • Temanku, aku selalu berharap hari-harimu diberkahi Allah. Semoga ibadah di bulan Ramadhan diterima oleh-Nya. Dan semoga di hari raya Fitri ini jiwa kita bersih dari segala dosa. Minal aidzin wal faidzin.

  • Selamat hari raya kuucapkan kepada semua teman seperjuangan. Semoga hati kita diikhlaskan untuk saling memaafkan. Dan semoga raga kita dimampukan untuk saling berpelukan melepas rindu.

  • Sebagaimana embun yang bening di pagi hari, aku berharap pertemanan kita akan selalu bersih dari salah dan dipenuhi dengan keikhlasan dalam memaafkan. Mohon maaf lahir dan bathin untuk temanku, selamat Idul Fitri 1445 H.

  • Seputih kapas sebersih pakaian putih. Di hari yang fitri dan penuh kasih ini saya ucapkan permohonan maaf yang teramat dalam kepada kawanku atas segala khilaf. 

Ucapan Idul Fitri Menggunakan Pantun

  • Makan nasi ikan teri
    Tambah lagi pakai ikan patin
    Selamat hati raya Idul Fitri
    Mohon maaf lahir dan bathin
  • Pergi ke Solo beli batik kain
    Lanjut ke pantai buat main
    Minal aidzin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin
  • Buah apel buah manggis
    Kue lekker kue kenari
    Bulan puasa telah habis
    Mari sambut hari raya idul fitri
  • Pergi ke pasar beli roti
    Mampir ke warung untuk makan
    Selamat hari raya Idul fitri
    Mohon maafkan segala kesalahan
  • Sholat di masjid memakai peci
    Pulang ke rumah sama pak Haji
    Hai kamu sobat sejati
    Selamat merayakan hari yang fitri
  • Makan mangga makan kacang
    Minumnya es teh dua ribu lima ratusan
    Teruntuk kamu orang yang kusayang
    Kuucapkan selamat lebaran
  • Akhir bulan pergi ke Bekasi
    Pulangnya mampir beli duren
    Kuucap selamat hari raya Idul fitri
    Dari aku teman paling keren
  • Buka puasa lauk ikan patin
    Berburu takjil beli setoples roti
    Minal aidzin wal faidzin
    Wahai teman yang baik hati
  • Makan nasi pakai sambal lalapan
    Minumnya pakai es teh sisri
    Minta maaf untuk semua kesalahan
    Mari menjadi insan yang fitri
  • Pergi ke kampus mengerjakan skripsi
    Jangan lupa sarapan pakai nasi
    Wahai suami idaman hati
    Kuucap dengan cinta selamat Idul Fitri
  • Nonton konser pertunjukan main drum
    Pulang ke rumah Bawa roti
    Taqabbalallahu minna wa minkum
    Mari kembali suci di hari yang Fitri
  • Main ke rumah nenek yang ada di Duri
    Bawa oleh-oleh buah durian
    Selamat hari raya Idul fitri
    Mohon maaf atas segala kesalahan

Ucapan Idul Fitri 2024 untuk Guru 

  1. Saya ucapkan selamat hari raya Idul fitri 1445 H kepada bapak dan ibu guru tercinta yahg selama ini sudah membantu melalui bulan puasa kami dengan baik.

  2. Kini tibalah hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Saatnya untuk saling berucap maaf. Kepada ibu dan bapak guru, perkenankan kami untuk meminta maaf atas segala khilaf dan tak lupa kami ucapkan selamat menyambut hari raya idul fitri 1445 H

  3. Sebagai seorang murid, tentu saya tak luput dari salah kata dan tindak laku. Untuk segala salah, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu guru tercinta. Semoga di hari yang fitri ini hati kita semua dibersihkan dari segala dosa.

  4. Saat tangan tidak mampu menjabat dan mata tak bisa saling menatap, dari kejauhan kami sebagai murid ingin meminta maaf atas segala khilaf. Selamat merayakan Idul Fitri untuk ibu bapak guru di tempat.

  5. Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga di hari yang fitri ini bapak dan ibu guru senantiasa diberikan kesehatan dan kelapangan hati untuk saling memaafkan.

  6. Dari kejauhan, kami kirim ucapan Idul fitri kepada bapak dan ibu guru. Semoga segala amal yang kita kerjakan di bulan puasa bernilai pahala. Dan di hari Raya Idul Fitri kali ini semoga hati kita selalu disucikan.

  7. Selamat hari Raya Idul fitri 1445 H, semoga jiwa menjadi bersih putih kembali. Semoga bapak dan ibu guru senantiasa berkenan membuka pintu maaf kepada kami para muridnya.

  8. Selamat lebaran 2024 kepada bapak dan ibu guru. Semoga di hari lebaran kali ini banyak hal-hal baik terjadi. Mohon keikhlasan bapak ibu guru untuk memaafkan segala khilaf dari kata dan tindak laku.

  9. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf kepada bapak dan ibu guru atas segala khilaf dan dosa. Semoga kita bisa dipertemukan kembali dalam ukhuwah islamiyah dan bisa selalu saling memaafkan.

  10. Selamat menyambut hari lebaran Idul Fitri 1445 H, semoga bapak dan ibu guru senantiasa diberikan kesehatan untuk terus berjumpa di syawal-syawal yang akan datang. Mari rayakan lebaran dengan saling bermaafan.

  11. Dari lubuk hati yang terdalam, kami lantunkan ucapan Idul Fitri kepada bapak serta ibu guru yang terhormat. Mohon maaf atas segala salah dan khilaf dari kami.

  12. Kepada bapak dan ibu guru, semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan sejahtera. Kami turut ucapkan selamat hari raya lebaran. Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal yaa Karim.

Pada dasarnya template ucapan Idul Fitri bisa dibuat dalam pesan online maupun diselipkan ke parsel yang biasa dikirim saat lebaran.

Ingin memberikan bingkisan kepada yang membutuhkan dengan selipan ucapan lebaran? Mari Belanja Bareng Yatim dengan menyalurkan donasi ke Yayasan Yatim Mandiri. 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top