8 Keutamaan Surat Al Kahfi, Yuk Amalkan Setiap Hari Jumat

Salah satu keutamaan surat Al Kahfi yang dibaca setiap hari Jumat, yaitu bisa membuat seseorang bercahaya saat hari kiamat. Baca disini!


Al Kahfi adalah surah ke-18 dalam Al-Qur’an. Surat yang masuk kategori Makkiyah ini disebut memiliki banyak keutamaan. 

Adapun keutamaan surat Al Kahfi, yaitu bisa bermanfaat di kehidupan dunia hingga akhirat. Oleh karena itulah, surah ini sangat dianjurkan untuk dibaca secara rutin.

Tak hanya itu saja, masih banyak keutamaan membaca surat Al Kahfi lainnya. Bahkan, ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk membaca surat Al Kahfi.

Lantas, apa saja keutaman surat Al Kahfi dan kapan waktu yang tepat untuk membacanya?Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan dalam artikel berikut ini.

Keutamaan Surat Al Kahfi

Jika diartikan secara harfiah, Al Kahfi dalam Bahasa Indonesia berarti sebuah lubang atau gua alami yang besar. 

Lubang ini merupakan tempat berlindung dari sinar matahari dan gangguan dari binatang-binatang buas. Jadi, bisa dibilang, arti dari Al Kahfi adalah perlindungan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai Al-Kahfi ini, simak keutamaannya berikut ini:

1.   Dosa di antara Dua Jumat Diampuni

Nabi Muhammad SAW bersabda seperti yang sudah diriwayatkan dalam hadist bahwa, siapa saja yang membaca surah Al Kahfi, Allah SWT akan memberikan pengampunan kepadanya atas segala dosa yang dilakukan. Selanjutnya, ia akan disinari dengan cahaya di antara dua Jumat. 

Selanjutnya, di antara dua Jumat dapat berarti hari yang berada di antara Jumat pertama dan Jumat kedua. Sederhana, di antara dua Jumat yang dimaksud adalah Jumat saat ini, hingga pekan depan.

Dengan demikian, salah satu keutamaan membaca Al Kahfi di hari Jumat adalah seseorang akan mendapatkan kebaikan, termasuk pengampunan dosa selama satu pekan atau 7 hari berturut-turut.

2.   Terhindar dari Fitnah Dajjal

Dalam Surah Al Kahfi, setidaknya ada 4 kisah yang diceritakan. Dan semua kisah tersebut berhubungan dengan fitnah. 

Setidaknya, terdapat 4 kisah yang diceritakan dalam surah Al Kahfi, diantaranya, yaitu sebagai berikut:

  • Ashhabul Kahfi: Terdapat pada ayat 9-26, kisah ini bercerita tentang ujian keimanan bagi pemuda penghuni gua. Kisah ini akan membuat umat muslim bisa mengambil hikmah agar selalu waspada terhadap fitnah yang kemungkinan akan mengancam agama.
  • Kisah Pemilik Kebun: Terdapat pada ayat ke 32-44, salah satu ayat Al Kahfi yang menyebut bahwa, harta merupakan salah satu ujian yang wajib diwaspadai. Di sini, terlihat betapa bahayanya fitnah harta.
  • Pertemuan Nabi Musa dan Nabi Khidir: Dalam kisah yang terdapat pada ayat ke 60-82, fokus bahasannya adalah terjadinya fitnah ilmu (fitnah yang dapat merusak ilmu).
  • Kisah Raja Dzulqarnain dan Ya’juj Wa Ma’juj: Dalam kisah ini, tertulis betapa bahayanya fitnah kedudukan.

Dengan demikian, membaca surah Al-Kahfi secara rutin adalah sebuah upaya yang dilakukan agar bisa terlindungi dari bahayanya fitnah. 

Bahkan dalam sebuah hadist, disebutkan bahwa, keutamaan membaca surat Al Kahfi adalah membuat seseorang terlindungi dari fitnah dajjal (nabi palsu).

3.   Dipancarkan Cahaya Saat Hari Kiamat

Umat Muslim dianjurkan untuk membaca surah Al Kahfi setidaknya dari ayat pertama hingga sepuluh. Adapun keutamaan membaca surat Al Kahfi ayat 1-10 adalah Allah SWT akan memancarkan cahaya kepadanya saat hari kiamat datang.

Seperti diketahui, hari kiamat adalah hari di mana seluruh kehidupan di bumi binasa, sehingga akan gelap gulita. 

Namun, surah Al Kahfi akan membantu untuk memberikan cahaya kepada seluruh umat yang rajin membaca dan mengamalkannya.

Keutamaan surat Al Kahfi ini pun juga sudah tertulis dalam sabda Rasulullah SAW dalam HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi. 

Di sana, beliau dengan jelas mengatakan bahwa siapapun yang membaca Al Kahfi di malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya dari dirinya sampai ke Baitul Atiq.

4.   Rumah Terhindar dari Setan

Sudah sempat disebutkan sebelumnya, Al Kahfi bisa juga diartikan sebagai perlindungan. Bukan hanya dari fitnah, keutamaan surat Al Kahfi juga akan memberikan perlindungan rumah dari gangguan setan. Dengan begitu, rumah akan tetap aman.

Pernyataan tentang keutamaan dari bacaan Al Kahfi ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam Hadist Riwayat Ibnu Mardawaih. 

Beliau bersabda bahwa, rumah yang selalu dibacakan dengan surah Al Kahfi serta surah Al Baqarah akan senantiasa terlindungi karena tidak akan dimasuki setan.

5.   Diberikan Petunjuk dan Bimbingan oleh Allah SWT

Tidak hanya hari kiamat, keutamaan surat Al Kahfi berupa cahaya juga senantiasa akan diberikan pada muslim yang rutin membaca surah Al Kahfi pada hari-harinya di dunia. 

Cahaya di dunia ini diberikan dalam bentuk petunjuk dan bimbingan oleh Allah SWT. Misalnya, seorang tengah bimbang akan sebuah pilihan pekerjaan. 

Selain salat, membaca surah Al Kahfi juga dapat dilakukan agar mendapatkan petunjuk dari Allah SWT tentang mana pekerjaan yang terbaik untuknya.

6.   Mendapatkan Ridha dari Allah

Dengan rutin membaca Al Kahfi, maka ridha Allah akan lebih mudah untuk didapatkan. Adapun ridha Allah adalah merupakan suatu kerelaan dan ketabahan dalam menerima semua keadaaan yang dialami dengan Ikhlas.

Sebagaimana diketahui, mencapai ridha Allah adalah cita-cita dari semua muslim yang beriman. Jadi, jika ingin lebih mudah mendapatkan ridha Allah selama hidup, maka jangan pernah lewatkan untuk menyempatkan waktu membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat.

7.   Meninggal dalam Keadaan Syahid

Keutamaan surat Al Kahfi lainnya yang bisa didapatkan adalah kondisi syahid saat meninggal. Diketahui, syahid adalah kondisi meninggal yang berada di jalan Allah SWT. Sebagai seorang muslim, kondisi meninggal seperti inilah yang menjadi impian.

Umumnya, kondisi syahid ini bisa didapatkan ketika berperang, bekerja, atau melahirkan. Namun, beberapa sumber mengatakan, rutin membaca Al Kahfi juga bisa membuat umat Muslim syahid saat meninggal nanti.

8.   Diberikan Rasa Tenang dan Tentram

Seperti diketahui, godaan setan ini bisa menimbulkan rasa resah, gelisah, sedih hingga marah. Jika dibiarkan, tentu akan berbahaya. 

Nah, salah satu keutamaan surat Al Kahfi adalah memberikan rasa tenang dan tentram. Hati yang terhindar dari godaan setan akan terasa lebih damai dan tentram.

Waktu yang Tepat untuk Membaca Al Kahfi

Setelah mengetahui dengan jelas tentang keutamaan surat Al Kahfi, mungkin timbul pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk membacanya? 

Diketahui, ada dua waktu terbaik untuk membaca Al Kahfi yaitu, malam Jumat dan hari Jumat. Adapun anjuran ini sesuai dengan Hadist Riwayat Ibnu Umar yang berbunyi:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Arti dari hadist tersebut jika ditulis ulang adalah, “Barang siapa yang membaca (mengaji) surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan di bawah kakinya sampai langit akan terpancar cahaya yang akan menerangi pada hari Kiamat dan dosa di antara dua hari Jumat diampuni,” (HR Ibnu Umar).

Hadist di atas kemudian dikuatkan dengan Hadist Riwayat Hakim berikut ini:

إِنَّ مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Adapun arti bahasa Indonesia dari hadist tersebut, yaitu: ”Sesungguhnya, barang siapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka cahaya akan memancar baginya di antara dua Jumat,” (HR Hakim)

Dari dua hadist di atas, bisa disimpulkan bahwa keutamaan surat Al Kahfi bisa didapatkan apabila membacanya di hari Jumat. 

Selanjutnya, waktu terbaik untuk membaca surah Al Kahfi ini adalah malam Jumat atau Kamis malam. Anjuran ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Sabda Nabi Muhammad SAW di atas, termaktub dalam Hadist Riwayat Ad-Darimi yang berarti: ”Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada malam Jumat (Kamis malam), maka akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR Ad-Darimi).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dua waktu terbaik untuk membaca surah Al Kahfi adalah malam Jumat (Kamis malam) dan hari Jumat. 

Jika membaca pada dua waktu tersebut, maka Allah SWT akan menjanjikan seseorang mendapatkan keutamaan surat Al Kahfi yang disebutkan di atas.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan surat Al Kahfi dan waktu yang tepat untuk membacanya. Mari amalkan surat Al Kahfi di hari Jumat dan malam Jumat.

Jangan lupa juga untuk memperbanyak amalan hari Jumat, seperti bersedekah untuk membantu sesama.

Kini, sedekah bisa dilakukan secara online, sehingga lebih mudah dan praktis. Soal ini, Sahabat bisa menggunakan platform donasi online milik Yatim Mandiri.

Yatim Mandiri merupakan lembaga yang amanah, terpercaya, dan telah mendapatkan izin dari Kementerian Agama. 

Lebih dari itu, Yatim Mandiri juga menjamin dana yang diberikan akan disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan. Mari salurkan sedekah di Yatim Mandiri!

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.