Ini 10 Keutamaan Surat Al Baqarah yang Wajib Diketahui

Keutamaan surat Al Baqarah sangatlah dahsyat, di antaranya yaitu diberi kecukupan, diberi surga, dilindungi dari setan,. Cek disini!


Gangguan setan dan jin bisa menjerumuskan kita untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Nah, untuk berlindung dari gangguan ini, Sahabat bisa mengamalkan surat Al Baqarah.

Ya, salah satu keutamaan surat Al Baqarah adalah melindungi diri dan rumah dari ganggaun setan, sehingga hidup akan terasa lebih tenang.

Apakah keutamaannya hanya itu saja? Tentu tidak, sebagai surat yang diturunkan di awal periode kenabian Nabi Muhammad SAW, Al Baqarah memiliki berbagai keutamaan lainnya.

Untuk mengetahui sederet keutamaan surat Al Baqarah, mari simak penjelasannya dalam artikel berikut ini! Simak baik-baik, ya!

Keutamaan Surat Al Baqarah

Al Baqarah memiliki arti sapi betina dan merujuk pada kisah penyembelihan sapi yang menjadi perintah Allah SWT kepada Bani Israil. 

Alasan kenapa semua umat Muslim di dunia ini dianjurkan untuk mengetahui apa saja keutamaan surah Al Baqarah adalah, agar mereka bisa mengamalkan surat ini secara lebih rajin. 

Lantas, apa saja keutamaan dari surat Al Baqarah? Berikut informasi lebih lengkapnya:

1. Doanya Dikabulkan oleh Allah SWT

Salah satu keutamaan dari surat Al Baqarah adalah doanya dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini pernah disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Majah yang berbunyi “nama Allah SWT yang terbaik dan dengan sebutan tersebut maka dia akan menjawab ada dalam tiga surat”.

Tiga surat yang dimaksud dalam hadits ini adalah surat Al Baqarah, Ali Imran, dan Thahaa. Jadi, bagi umat muslim yang ingin doanya dikabulkan oleh Allah SWT, mereka bisa membaca surat satu ini.

2. Dilindungi dari Gangguan Setan

Telah disebutkan bahwa, menjaga rumah agar dijauhi setan adalah salah satu keutamaan dari surat Al Baqarah. 

Dengan membaca surat Al Baqarah, rumah yang sedang dihuni tersebut tidak akan dimasuki setan. Ini juga menjadi keutamaan membaca surat Al Baqarah ayat 284-286.

3. Diberi Kecukupan

Surat Al Baqarah juga dapat membuat umat Muslim lebih tenang dalam menjalani hidup. Sebab, setiap Muslim yang membaca surat ini, akan diberi kecukupan dalam hidupnya.

4. Diberi Surga oleh Allah SWT

Umat Muslim wajib tahu bahwa keutamaan surat Al Baqarah selanjutnya adalah dijanjikan surga oleh Allah SWT. 

Hampir semua orang tentu ingin masuk surga untuk mendapatkan kehidupan akhirat yang lebih baik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan mulia tersebut, dan salah satunya adalah dengan membaca surat Al Baqarah dan memahami arti dari surat tersebut.

5. Dilindungi dari Sihir

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Bacalah Al Baqarah, karena dengan membaca surat ini, umat Muslim bisa mendapatkan berkah serta meninggalkan berbagai jenis kerugian”.

Tidak hanya itu, di dalam hadits riwayat Ahmad dan Muslim juga disebutkan bahwa, surat ini dapat melindungi umat Muslim dari bahaya sihir. 

Sebab, para tukang sihir tidak akan bisa menjangkau orang-orang yang membaca surat Al Baqarah.

6. Mengundang Malaikat

Keutamaan surat Al Baqarah bukan hanya dapat melindungi rumah dari gangguan setan, tapi surat ini juga dapat mengundang malaikat untuk selalu berada di sekitar kita. 

Kisah mengundang malaikat ini pernah disebutkan dalam hadits Imam Bukhari dari Usaid bin Hudhair.

Pada saat Usaid membaca surat Al Baqarah, tiba-tiba kuda yang ada di dekatnya berputar tanpa henti. 

Namun, kuda ini berhenti berputar pada saat Usaid berhenti mengaji. Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa itu bukti bahwa malaikat sedang mendekati suara bacaan mengaji Usaid.

7. Memberikan Ketenangan

Hati yang tenang dapat membuat seseorang lebih merasa damai untuk menjalani hidupnya yang penuh lika-liku. 

Dengan membaca surat Al Baqarah, umat Muslim dapat merasakan ketenangan tersebut. Sebab, salah satu keutamaan membaca surat Al Baqarah adalah memberikan ketenangan.

8. Menuntun Umat Muslim agar Lebih Bijaksana

Tidak hanya hati yang tenang, tapi umat muslim juga perlu menjalani hidupnya dengan bijaksana. 

Untuk membuat diri kita menjadi lebih bijaksana dalam menjalani hidup, surat Al Baqarah dapat menuntun kita untuk mewujudkannya. Jadi, bacalah surat ini secara rutin untuk merasakan keutamaan tersebut.

9. Mendapatkan Perlindungan Saat di Jalan

Keutamaan lain dari surat Al Baqarah ayat 284-286 adalah mendapatkan perlindungan dari kejahatan saat bepergian ke suatu tempat. 

Dengan membaca surat Al Baqarah ayat 284-286, Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada umat-Nya dari berbagai kejahatan dan hal-hal yang tidak disukainya. 

Keutamaan ini sama dengan manfaat sedekah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Muslim.

Agar Sahabat mendapatkan ridha dan perlindunganNya, amalkanlah surat Al Baqarah disertai dengan sedekah.

Jika Sahabat ingin menunaikan sedekah online, Sahabat bisa menggunakan platform milik yatim Mandiri. Melalui platform ini, Sahabat bisa sedekah dengan mudah dan praktis.

10. Mendatangkan Pahala dan Berkah

Keutamaan terakhir dari surat Al Baqarah adalah mampu mendatangkan pahala dan berkah yang diimpikan oleh seluruh umat muslim. 

Pada dasarnya, surat Al Baqarah dapat membukakan pintu langit yang mampu membawa seseorang untuk menyaksikan keindahan ciptaan Allah SWT.

Demikian penjelasan tentang keutamaan surat Al Baqarah. Setelah melihat penjelasannya, apakah Sahabat termotivasi untuk mengamalkannya?

Mulai amalkan surat ini untuk mendapatkan pertolongan dan perlindungan Allah SWT untuk hidup di dunia ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top