Keutamaan 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Amalan-Amalannya

Keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan adalah penuh pengampunan, diturunkannya Al-Qur’an, turunnya para Malaikat, dibukanya pintu langit, dll.

Sepanjang Ramadhan selalu dipenuhi dengan keutamaan-keutamaan ibadah. Namun keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan kerap kali dianggap lebih spesial.

Bagaimana tidak, di 10 hari terakhir Ramadhan ada waktu yang mana Al-Qur’an diturunkan dan ada malam lailatul qadar yang lebih baik dari 1000 bulan. 

Pasalnya banyak umat muslim yang menggebu-gebu melakukan ibadah semaksimal mungkin untuk meraih keutamaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Meski begitu, semua hari di bulan Ramadhan adalah baik dan pasti memiliki nilai keutamaan yang baik juga. 

Sebagai seorang muslim, perlu diketahui ada berbagai amalan yang bisa dikerjakan secara optimal di bulan Ramadhan.

Amalan-amalan ini akan membantu kaum muslimin untuk memperbesar peluang memperoleh keutamaan Ramadhan begitu juga mendapatkan malam lailatul qadar. 

Keutamaan 10 Hari Terkahir Ramadhan

Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan jika seorang muslim beribadah di 10 hari awal, tengah hingga terakhir di bulan Ramadhan.

Namun kali ini akan disajikan informasi tentang keutamaan yang bisa didapatkan di 10 hari terakhir Ramadhan. 

Apa keutamaan 10 hari terakhir di bulan Ramadhan? Berikut rinciannya: 

1. Malam Penuh Ampunan

Keutamaan berupa pengampunan di 10 hari terakhir Ramadhan ini bertepatan dengan malam lailatul qadar. Saat seseorang beribadah di malam lailatul qadar, ia akan memperoleh ampunan bahkan untuk dosa-dosanya yang telah lalu. Keutamaan ini diperkuat dengan dalil hadits Nabi: 

Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R Al Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

2. Malam Diturunkannya Al Quran

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, malam diturunkannya Al-Qur’an adalah di 10 hari terakhir Ramadhan.

Maka saat Al-Qur’an diturunkan akan ada banyak keutamaan yang diberikan. Turunnya Al-Qur’an sendiri di bulan Ramadhan tercantum dalam qur’an surat Al-Baqarah 185: 

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah…”.

3. Para Malaikat Turun ke Bumi

Keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan selanjutnya adalah turunnya para Malaikat, utamanya Malaikat Jibril untuk membantu setiap urusan manusia dan membawa rahmad dari Allah SWT. Itulah mengapa di waktu-waktu ini setiap muslim dianjurkan memperbanyak ibadah dan do’a. 

Utamanya di malam ganjil, 10 hari terakhir Ramadhan, perbanyak mengingat Allah. Adapun turunnya para Malaikat di malam ganjil 10 hari terakhir Ramadhan ini sebagaimana ayat qur’an surat Al-Qadr 4, yaitu: 

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”

4. Terjadinya Lailatul Qadar

Lalilatul qadar dikenal sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam ini terjadi pada 10 hari terakhir Ramadhan tepatnya di malam-malam ganjil. Saat terjadi lailatul qadar, seluruh alam turut merasakan kedamaian. Banyak sekali keistimewaan di malam lailatul qadar. 

Berbagai bentuk keberkahan dan rasa damai serta sejahtera akan dirasakan semua umat muslim saat terjadi lailatul qadar. 

5. Malam Penuh Keberkahan

Keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan juga terwujud dengan malam yang penuh dengan berkah. Pada 10 hari terakhir ini Malaikat akan sering turun ke bumi untuk memberikan berbagai macam bentuk keberkahan kepada umat muslim yang beribadah atas izin Allah SWT. 

6. Pintu Langit Dibuka

Yang dimaksud dengan dibukanya pintu-pintu langit adalah dibukanya peluang untuk semakin dekat dengan Allah dan dibukanya keberkahan selama bulan Ramadhan. Akan ada lebih banyak kebaikan yang terjadi dibandingkan kebaikan di bulan-bulan lain. 

7. Malam Penuh dengan Kebaikan

Ada banyak sekali bentuk kebaikan hidup. Di 10 hari terakhir Ramadhan Allah akan memberikan berbagai macam bentuk kebaikan untuk seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain dengan mengingat-Nya. 

8. Pahala Dilipatgandakan

Beramal atau beribadah di bulan Ramadhan sangat berbeda dengan ibadah di bulan lainnya. Bagaimana tidak, di bulan Ramadhan Allah akan memberikan pahala yang berkali-kali lipat dari biasanya. Utamanya hal ini menjadi salah satu keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan

Segala bentuk kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan dan di 10 hari terakhirnya akan dijamin mendapatkan pahala yang dilipatgandakan. 

9. Malam yang Disukai oleh Rasulullah

Rasulullah menyukai semua hari dan semua malam di bulan Ramadhan. Namun malam yang paling disukai Rasulullah di bulan Ramadhan adalah malam atau hari di 10 terakhir. Rasulullah menyukai 10 hari terakhir Ramadhan karena berbagai keberkahan akan diturunkan Allah SWT. 

Selain itu berbagai kebaikan dan pahala yang berlipat ganda akan diberikan kepada semua umat muslim yang mengerjakan ibadah. Hal ini sebagai bentuk kasih sayang Allah pada hamba-Nya. 

10. Penutup Bulan Penuh Berkah

10 hari terakhir Ramadhan menjadi penutup dari bulan yang dikenal penuh dengan berkah. Karena merupakan hari-hari penutup maka ibaratnya umat muslim bisa panen pahala meski dilakukan dengan ibadah ringan sekalipun seperti sedekah Ramadhan dalam bentuk apapun.

Amalan di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Untuk bisa meraih keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan, ada amalan-amalan ibadah yang bisa dilakukan.

Semua ibadah ini bernilai sangat besar di hadapan Allah SWT. Orang-orang yang melakukan amalan-amalan tersebut akan mendapatkan keberkahan yang telah dijanjikan Allah SWT. 

1. I’tikaf

I’tikaf merupakan salah satu ibadah atau amalan yang harus dilakukan di dalam masjid dengan cara berdiam diri dan mengingat Allah SWT dengan berdzikir dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

I’tikaf sendiri hukumnya sunnah, meski begitu ibadah ini sangat dianjurkan di 10 hari terakhir Ramadhan.

I’tikaf merupakan amalan yang paling berpeluang untuk mendapatkan lailatul qadar atau kemuliaan di bulan Ramadhan. 

2. Perbanyak Membaca Al Quran

Selain beri’tikaf, seorang muslim yang ingin mendapatkan keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan bisa mengamalkan baca Al-Qur’an sebanyak dan sesering mungkin.

Pahala yang didapatkan dari membaca Al-Qur’an di 10 hari terakhir akan lebih berlimpah dan dipenuhi berkah. 

Membaca Al-Qur’an ini bisa dilakukan di setiap selesai sholat atau bisa juga di sela-sela waktu luang selama menjalankan ibadah puasa maupun setelah berbuka. 

3. Perbanyak Sholat Malam

Tidak hanya sholat tarawih, seorang muslim juga sangat dianjurkan untuk melakukan sholat malam atau sholat tahajud selama bulan Ramadhan. Sholat malam akan mendekatkan seorang hamba pada Allah SWT. 

Utamanya di 10 hari terakhir Ramadhan sholat malam menjadi salah satu amalan paling dianjurkan untuk mendapatkan segala bentuk keutamaan 10 hari terakhir bulan Ramadhan

4. Perbanyak Sedekah

Selanjutnya amalan yang tidak kalah banyak menuai keberkahan di 10 hari terakhir Ramadhan adalah memperbanyak sedekah dalam bentuk apapun baik di kala lapang maupun sempit.

Tidak ada kadar banyak atau sedikitnya sedekah yang diberikan. Berapapun sedekah yang diberikan akan tetap memberikan peluang meraih keberkahan di 10 hari terakhir Ramadhan. 

5. Berdzikir

Berdzikir adalah amalan yang dilakukan dengan mengingat Allah SWT. Berdzikir bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berdzikir bisa dilakukan dengan menyebutkan nama-nama Allah atau sifat-sifat Allah.  Ada banyak amal kebaikan lainnya yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan.

Untuk meraih keutamaan 10 hari terakhir Ramadhan juga bisa dilakukan dengan menyalurkan bantuan atau Zakat Fitrah dan zakat lainnya ke Yayasan Yatim Mandiri yang sudah terjamin dan dapat dipercaya. 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top