7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Penuh Keberkahan

Keistimewaan malam Lailatul Qadar menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memaksimalkan ibadah meskipun kapan datangnya tidak diketahui secara pasti. 


Keistimewaan malam Lailatul Qadar menjadi alasan kenapa umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkannya di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan.

Hal ini jugalah yang membuat umat muslim sangat menantikan malam Lailatul Qadar meskipun kapan datangnya tidak diketahui secara pasti. 

Pahala yang berlimpah, ampunan, dan ketenangan hati merupakan beberapa hal yang menjadikan umat muslim ingin mendapatkan malam penuh yang dikatakan penuh kemuliaan ini.

Tentunya masih ada alasan-alasan lain kenapa malam ini begitu spesial bahkan hingga diceritakan khusus di salah satu surat Al Quran. 

Mengetahui hal-hal yang membuat malam ini begitu istimewa adalah salah satu bentuk perisapan diri untuk menyambut datangnya malam ini.

Karena dengan mengetahui hal-hal tersebut, seorang muslim akan semakin terguggah semangatnya untuk mengisi malam ini dengan amalan-amalan terbaik.


Baca juga:   
12 Amalan Malam Lailatul Qodar yand Dianjurkan Beserta Keutamaannya

7 Keistimewaaan Malam Lailatul Qadar

Hanya terjadi sekali dalam setahun, tepatnya di bulan ramadhan, tentu membuat malam Lailatul Qadar menjadi momen yang sangat istimewa bagi seorang muslim. Apa saja kira-kira yang membuat malam ini begitu istimewa?

1.   Malam Lebih Baik dari 1000 Bulan

Malam Lailatul Qadar ini diceritakan secara khusus di dalam salah satu surat Al Quran, yakni Al Qadr. Di dalam surat itu disebutkan bahwa kelebihan malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Seperti yang tercantum di ayat keempat dan ayat kelima di dalam surat tersebut. Ungkapan tersebut menunjukkan keutamaan ibadah yang dilakukan di Malam Lailatul Qadar.

Ibadah dan amalan-amalan lain di malam tersebut nilai pahalanya akan lebih baik dibandingkan dengan bulan-bulan lain yang di dalamnya tidak terdapat Lailatul Qadar. 

1000 bulan secara hitungan setara dengan 83 tahun 4 bulan. 

2.   Malam Turunnya Al Quran

Hal lain yang membuat malam Lailatul Qadar begitu istimewa di kalangan umat muslim adalah karena malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al Quran.

Peristiwa ini disebutkan di beberapa tempat di dalam Al Quran seperti surat Al –Qadr ayat 1 dan surat Al Baqarah ayat 185. 

Karena Lailatul Qadar merupakan malam turunnya Al Quran, maka momen ini menjadi waktu yang tepat untuk memuliakan Al Quran.

Misalnya, dengan memperbanyak membacanya, mengkhatamkannya, mentadaburinya, maupun menghafalkannya. 

3.   Malam Turunnya Para Malaikat

Salah satu keutamaan malam Lailatul Qadar adalah malam dimana para malaikat turun ke bumi.

Di dalam surat Al Qadr ayat keempat disebutkan bahwa pada malam tersebut malaikat Jibril dan para malaikat dengan izin Allah turun ke bumi untuk mengatur berbagai urusan.

Imam Al Qurthubi menyebutkan bahwa di malam tersebut para malaikat dari setiap lapis sidratul muntaha turun ke bumi untuk mengaminkan doa-doa orang muslim yang dipanjatkan hingga terbit matahari.

Mereka juga mendoakan umat muslim yang memohon ampunan dan melakukan amal shoili di malam tersebut. 

Itulah mengapa umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa di malam Lailatul Qodar, termasuk membaca doa Lailatul Qadar. 

4.   Malam Penuh Keberkahan

Malam Lailatul Qadar juga disebutkan sebagai malam yang dipenuhi dengan keberkahan. Hal ini tercantum di dalam surat Ad Dukhan ayat yang ketiga.

Ayat ini menyebutkan bahwa Allah menurunkan Al Quran pada suatu malamyang diberkahi untuk memberikan peringatan. 

Dengan keberkahan yang memenuhi malam Lailatul Qadar, tentunya seorang muslim tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkannya. Lailatul Qadar menjadi momen yang tepat untuk lebih mendekatan diri kepada Allah. 

Oleh sebab itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sholat dan melakukan amalan-malan lain yang bisa menjadi sarana untuk membuat diri mereka semakin dekat kepada Allah.

Hubungan yang lebih dekat dengan Allah yang didapatkan selama bulan ramadhan dan Lailatul Qadar diharapkan berjalan terus. 

Maksudnya, seorang muslim diharapkan bisa menjadikan keberkahan Malam Lailatul Qadar untuk mempertahankan ketaatannya kepada Allah jika bulan ramadhan telah selesai. 

5.   Malam Pengampunan Dosa

Allah berjanji akan mengampuni dosa umat muslim yang menghidupkan malam Lailatul Qadar, terutama di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan.

Hal ini diperkuat dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim. Dan hal ini menjadi salah satu keistimewaan malam Lailatul Qadar

Hadist tersebut menyebutkan bahwa barangsiapa melaksanakan sholat ketika malam Lailatul Qadar dengan iman dan hanya mengharap pahala dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa orang tersebut yang telah lalu. 

Maksud dengan iman adalah meyakini janji Allah untuk mengampuni dosa tersebab dari sholat yang dikerjakan. 

Sedangkan mengharap pahala dari Allah, maksudnya hanya melakukan ibadah tersebut karena Allah bukan mengharapkan hal yang lain. Misalnya, agar mendapatkan pujian manusia karena hal tersebut bisa mendatangkan sifat riya’. 

Malam dimana dosa-dosa diampuni Allah menjadi saat yang tepat bagi seorang muslim untuk bertaubat, mengingat kembali dosa-dosa yang pernah dilakukan dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar di malam ini. 

6.   Malam Keselamatan

Malam Lailatul Qadar disifati dengan ‘salaam’ yang artinya adalah malam keselamatan. Hal ini tercantum di dalam surat Al Qadr ayat kelima yang menyebutkan bahwa malam itu dipenuhi dengan kesejahteraan hingga matahari terbit di pagi harinya. 

Hal lain yang membuat malam ini disebut dengan malam keselamatan adalah bahwa pada malam Alilatul Qadar, setan tidak bisa berbuat apa-apa dan mengganggu manusia.

Maka, Lailatul Qadar ini menjadi momen yang tepat untuk beribadah dengan khusyu dan bersungguh-sungguh.

Jika di waktu-waktu yang lain setan senatiasa menggoda manusia sehingga banyak yang terjerumus ke dalam dosa.

Maka, Allah membelenggu setan untuk mengurangi godaan tersebut. dengan begitu, umat muslim bisa beribadah dengan lebih fokus dan tenang. 

Pada malam tersebut juga banyak umat muslim yang selamat dari berbagai ukuman atau siksa disebabkan dengan ketaatan atau amal ibadah yang mereka lakukan kepada Allah SWT. 

7.   Malam Pencatatan Takdir dalam Setahun

Malam Lailatul Qadar juga disebutkan sebagai malam dilakukannya pencatatan takdir manusia dalam setahun.

Hal ini tercantum di dalam surat Ad Dukhan ayat keempat yang menyebutkan bahwa di malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. 

Segala urusan di dalam ayat tersebut merujuk pada semua hal yang terkait dengan kehidupan makhluk Allah di bumi termasuk rezeki, ajal, takdir baik, takdir buruk, dan hal-hal lain yang secara lebih detail. Penulisan takdir manusia sebelumnya telah didahuli oleh Allah di Lauhul Mahfudz. 

Di malam Lailatul Qadar, takdir tersebut dijabarkan lagi secara terperinci. Maka, tidak heran jika malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam dimana Allah menetapkan perjalanan hidup manusia selama satu tahun ke depan. 

Takdir yang dicatat di malam ini nantinya akan diperlihatkan kepada malaikat sehingga para malaikat mengetahui tugas-tugas yang diberikan Allah kepada mereka di dalam setiap kehidupan makhluk di bumi. 

Mengetahui keistimewaan malam Lailatul Qadar sangat penting bagi umat muslim agar mereka terpacu untuk mengisi malam Lailatul Qadat dengan memaksimalkan Ibadan dan amalan-amalan lainnya. 

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.