Doa Sakit Gigi Agar Cepat Sembuh yang Diajarkan Rasulullah

Apabila merasakan sakit gigi sangat dianjurkan untuk mengamalkan doa sakit gigi yang dibaca ketika meminum obat atau terapi dengan air putih.


Seseorang yang mengalami sakit gigi akan tersiksa karena rasa nyeri yang luar biasa. Bahkan akan membuat kesulitan untuk konsentrasi, makan, tidur dan aktivitas lainnya. Maka dari itu, Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa sakit gigi untuk memohon kesembuhan.

Doa tersebut penting diamalkan karena Allah SWT yang telah menurunkan penyakit sekaligus obatnya. Meskipun begitu, tentu harus diimbangi ikhtiar dengan pergi ke dokter ataupun sekedar mengonsumsi obat.

Baca juga :  7 Doa Pembuka Rezeki, Amalkan Agar Dipermudah

4 Doa Sakit Gigi yang Paling Mujarab

Syaikh As-Sirjani menyebutkan bahwa obat saja tidak akan bisa mereleasikan kesembuhan atas izin Allah SWT. Doa yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk umatnya merupakan cara untuk mendapatkan kesembuhan.

Pastinya dapat disimpulkan bahwa berobat dan berdoa sama-sama dibutuhkan untuk kesembuhan. Ini dia beberapa doa yang bisa dibaca untuk menyembuhkan sakit gigi yang sedang dialami!

1.   Doa Menghilangkan Sakit Gigi

Gigi yang sakit terkadang memang menimbulkan rasa nyeri yang sangat parah untuk penderitanya. Jika sudah demikian tentu harus dilakukan banyak upaya yang diiringi doa demi kesembuhan.

Doa pertama ini digunakan untuk mengatasi rasa nyeri sambil memegang bagian yang sakit:

بِاسْمِ اللَّه

“Bismillah” (3 x)

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7 x)”

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai. (HR. Muslim no. 2202)

2.   Doa Menyembuhkan Gigi yang diajarkan Rasulullah SAW

Sudah disinggung bahwa Rasulullah SAW memang mengajarkan banyak doa kepada umat muslim termasuk doa sakit gigi. Apabila doa ini dibaca secara rutin saat sakit, Insya Allah akan segera diberi kesembuhan.

Doanya terbilang cukup pendek sehingga mudah untuk dihafalkan ataupun diamalkan yaitu:

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ

Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da'wati nabiyyikal mubarakil makini indaka.

Artinya: “Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu.”

Doa tersebut memang cukup mujarab, bahkan dituliskan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam kitab Abwab al-Faraj. Caranya dibaca 3 sampai 7 kali dengan meletakkan tangan di gigi yang sakit.

Selama sakit gigi juga disarankan untuk tetap menjaga kesehatan gigi untuk memudahkan proses penyembuhan. Membaca doa ini secara rutin diharapkan mampu meredakan rasa sakit yang sedang dialami.

3.   Doa Sakit Gigi dari Rasulullah

Masih ada doa lain yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk dibaca ketika sakit gigi. Doa ini dibaca ketika putrinya yakni Fatimah mengeluhkan sakit gigi yang tak tertahankan. Beliau membaca doa ini sambil meletakkan tangan kanan ke pipi Fatimah.

Dikutip dari sebuah buku Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa yang dibuat oleh Ustadz Ahmad Zacky El Syafa, bacaannya adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ أَسأَلُكَ بِعِزَّتِكَ وَجَلَالِكَ وَقُدْرَتِكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ فَإِنَّ مَرْيَمَ لَم تَلِدْ غَيْرَ عِيْسَى مِنْ رُوْحِكَ وَكَلِمَتِكَ أَنْ تَكْشِفَ مَا تَلْقَى فَاطِمَةَ بِنْتَ خَدِيْجَةَ مِنَ الضُّرِّ كُلِّهِ

Latin: Bismillaahi wabillaahi as-aluka bi'izzatika wajalaalika waqudratika 'alaa kulli syai-in fainna maryama lam talid ghaira 'iisaa min ruuhika wakalimatika an taksyifa maa talqaa faathimata binta khadiiijata minadhdhurri kullihi

Artinya: "Dengan nama Allah, demi Allah aku memohon dengan kemuliaan-Mu dan kebesaran-Mu dan kekuasaan-Mu atas segala sesuatu sesungguhnya Maryam tidak melahirkan selain Isa yang berasal dari ruh-Mu dan kalimat-Mu (firman-Mu) aku memohon agar Engkau melenyapkan rasa sakit yang dirasai Fatimah binti Khadijah semuanya."

Namun, dalam doa ini disebutkan secara jelas bahwa yang sedang sakit gigi adalah Fatimah binti Khadijah. Jadi dapat disesuaikan terlebih dahulu dengan menyebut nama yang mengalami sakit.

4.   Doa Ketika Sakit Gigi Supaya Segera Sembuh

Sakit gigi yang baru dialami saja sangat mengganggu, apalagi jika sampai tak kunjung sembuh. Jika hal ini terjadi tentu akan membuat kondisi menjadi tidak nyaman dan sulit untuk beraktivitas apapun.

Salah satunya bisa mengamalkan doa untuk kesembuhan segala rasa sakit termasuk sakit gigi. Inilah doanya yang juga bisa dibaca 3 sampai 7 kali agar lebih afdol:

 أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ، أَنْ يُعَافِيَكَ وَيَشْفِيَكَ

Latin: As alullahl’adhimi rabbl’arsyil ‘adhiim, an yu’aafiika wa yasyfiika.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, zat yang menciptakan Arsy yang besar dan yang memberikan kesembuhan kepada orang yang sakit.  

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Menurut Islam

Islam menjadi agama yang selalu mengajarkan tentang kebersihan dan kesehatan kepada umatnya. Dalam hal ini, tentu juga termasuk kesehatan dalam menjaga gigi dan mulut karena sangat penting.

Kesehatan kedua bagian tubuh tersebut bisa memberikan dampak pada kualitas ibadah yang dilakukan. Apabila mulut dalam kondisi yang tidak bersih, hal ini bisa membuat shalat menjadi batal. Inilah beberapa anjuran yang sebaiknya dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut:

1.   Rutin Menyikat Gigi

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa kebersihan sudah menjadi bagian dari iman. Seseorang yang ingin menjaga kebersihan gusi, dianjurkan untuk menyikat secara rutin dalam setiap harinya.

Beliau juga mengajarkan umatnya mengenai cara membersihkan gigi supaya selalu bersih. Caranya yaitu menggunakan sebuah siwak yang kemudian digosokkan secara merata di bagian gigi.

Hal tersebut sudah dijelaskan dalam suatu hadits yang telah diriwayatkan Ahmad seperti berikut:

السِّوَاكَمَطْهَرَةٌلِلْفَمِّمَرْضَاةٌلِلرَّبِّ

Artinya: “Siwak membuat bersih mulut dan mendatangkan ridha Allah.” (HR. Ahmad).

Menurut penelitian, siwak sangat ampuh untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel dan membersihkan gigi. Jika setelahnya melakukan kumur atau berwudhu, maka mulut dan tenggorokan tidak akan mengalami radang.

Semua manfaat yang bisa dirasakan ini didapat dari kandungan yang tersemat di dalamnya, mulai dari silika, vitamin C, chloride, hingga essential oil.

Namun jika masih belum tahu siwak, siwak merupakan batang kayu yang diambil dari kayu arak. Kayu ini banyak dijumpai di semak belukar yang berada di beberapa wilayah Timur Tengah dan Afrika.

2.   Berobat atau Perawatan Medis

Apabila mengalami masalah kesehatan pada bagian tubuh seperti gigi maka sangat disarankan untuk melakukan perawatan medis. Islam juga menganjurkan umatnya untuk berobat atau perawatan medis jika memang dibutuhkan.

3.   Memanjatkan Doa

Setiap umat muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa demi menjaga kesehatan dan kesejahteraannya. Doa untuk memohon kesehatan yang baik ataupun terhindar dari berbagai penyakit juga menjadi penting.

Hal ini ternyata masih termasuk dalam aspek penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika senantiasa terjaga dengan baik, tentu kedepannya tidak perlu membaca doa sakit gigi.

Artikel lainnya : Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi serta Adabnya

Terapi dengan Air Putih untuk Mengatasi Sakit Gigi

Sekarang ini sudah banyak sekali terapi kesehatan yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Salah satu terapi yang paling umum digunakan karena tidak menimbulkan efek samping dan risiko adalah air putih.

Selain mampu memaksimalkan kinerja tubuh, selama ini air diyakini mampu mengatasi segala penyakit. Jika ingin mencoba terapi air putih untuk menyembuhkan sakit gigi, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Saat bangun tidur di pagi hari, minumlah sekitar 5 sampai 6 gelas atau sebanyak 1,5 liter.
  2. Sebagai minuman pertama, disarankan untuk minum menggunakan air hangat. Air hangat yang diminum di pagi hari akan melancarkan proses pencernaan sekaligus memberikan rasa nyaman pada perut.
  3. Jika ingin mengonsumsi makanan yang rendah akan serat dan kadar air tinggi maka sebaiknya memberi jeda terlebih dahulu. Tujuannya supaya tubuh bisa fokus beradaptasi dengan air hangat yang sudah diminum.
  4. Membiasakan diri untuk minum air hangat saat pagi hari mungkin sangat sulit dilakukan untuk pemula. Namun seiring berjalannya waktu, tubuh bisa melakukan adaptasi hingga akhirnya menjadi terbiasa.
  5. Pemula juga bisa minum 4 gelas air terlebih dahulu supaya tubuh merasa tidak kaget. Namun jika sudah jeda selama 2 menit maka bisa minum sisanya atau 2 gelas air.
  6. Untuk yang sudah lanjut usia, cukup minum satu gelas air hangat pada hari pertama. Selanjutnya untuk takaran dapat ditambah secara bertahap sampai menjadi 4 gelas.
  7. Saat melakukan terapi mungkin awalnya akan sering buang air kecil dalam jangka waktu sekitar 1 jam. Namun jika sudah terbiasa mengkonsumsi setiap harinya, durasi tersebut akan menjadi normal kembali.

Bacaan doa sakit gigi dan perawatan medis sangat mendukung proses penyembuhannya. Selain itu, bisa juga dengan terapi air putih karena tidak menimbulkan resiko sama sekali. Anda bisa mengamalkan doa tersebut saat hendak mengonsumsi air putih atau obat sakit gigi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top