Doa Menjenguk Orang Sakit Agar Cepat Sembuh Sesuai Sunnah

Doa menjenguk orang sakit adalah hal sangat dianjurkan dalam agama Islam. Simak apa saja doanya dan hikmah bersedekah yang bisa menyembuhkan penyakit.


Doa menjenguk orang sakit adalah salah satu amalan yang dianjurkan untuk memohon kesembuhan atas suatu penyakit yang diderita seseorang. Mendoakan orang yang sedang sakit merupakan bentuk kepedulian pada sesama yang harus ditanamkan oleh semua orang.

Dalam Islam, terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sedang sakit. Setiap umat Islam harus mengetahui doa ketika menjenguk orang sakit agar orang tersebut cepat sembuh dan pulih kembali.

Menjenguk orang sakit merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan dalam Agama Islam. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui doa yang dianjurkan saat menjenguk orang sakit agar mereka lekas diberi kesembuhan oleh Allah SWT.

Artikel pilihan :   Doa untuk Orang yang Sedang Sakit dan Amalan Agar Sembuh

Doa Menjenguk Orang Sakit

Ada banyak doa yang bisa dibaca saat menjenguk orang yang sedang sakit. Doa ini sangat dianjurkan karena berisi permohonan agar penyakit yang diderita seseorang segera diangkat. Berikut adalah doa untuk menjenguk orang sakit yang diajarkan Nabi Muhammad SAW:

1. Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit

 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allahumma rabban naasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antasy syaafi la syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an la yughaadiru saqama)

“Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, hilangkanlah rasa sakit dan anugerahkanlah kesembuhan padanya (yang sedang sakit), karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. 

Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Doa Sewaktu Menjenguk Orang Sakit

Selain doa di atas, ada juga doa lainnya yang bisa diamalkan ketika menjenguk orang sakit, yaitu:

لَا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

(Laa ba’sa thahurun insyaa Allah)

“Tidak apa, semoga menjadi penghapus dosa, jika Allah menghendakinya.” (HR. Bukhari)

3. Doa Memohon Kesembuhan Orang yang Sakit

Dalam Hadis Abu Dawud menyatakan: Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian Ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak 7 kali, maka Allah akan menyembuhkan dari penyakit tersebut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alu allahal adzhiima rabbal ‘arsyil ‘adzhiimi an yassfiyaka.

Artinya:

“ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

Doa di atas dibacakan sebanyak 7 kali di sebelah orang yang sedang sakit. Bacalah doa tersebut dengan fokus dan penuh keyakinan, dan Allah akan menyembuhkan orang tersebut dari penyakit yang dideritanya.

4. Doa Pengampunan Dosa

Membaca doa menjenguk orang sakit bisa disertai dengan doa pengampunan dosa dan juga doa perlindungan agama dan raga bagi mereka yang sedang sakit. Doa ini adalah doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi ra.

Hari ini sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Sunni sebagai berikut:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

“Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.”

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

5. Doa untuk Menjenguk Orang Sakit

Membaca doa ketika menjenguk orang sakit juga bisa dilakukan dengan menyebutkan nama orang yang sakit secara spesifik. Dengan menyebutkan nama, maka doa tersebut akan secara khusus ditujukan bagi orang yang dijenguk, sehingga diharapkan bisa segera sembuh.

Berikut adalah doa yang bisa dibaca ketika menjenguk orang yang sakit.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

“Allahummasyfi (sebut nama). Allahummasyfi (sebut nama). Allahummasyfi (sebut nama).”

Artinya:

“Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit). Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit). Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit).”

Doa di atas bisa digantikan dengan nama orang yang sedang sakit secara spesifik, sehingga memang ditujukan bagi mereka yang sedang sakit agar mereka segera sembuh.

Hadist Sedekah Menyembuhkan Penyakit

Selain membaca doa menjenguk orang sakit, sedekah adalah salah satu amalan yang memiliki banyak keutamaan bagi siapapun yang menjalankannya. Salah satu keutamaan dari bersedekah yaitu dapat menyembuhkan penyakit yang diderita seseorang.

Berikut ini adalah beberapa dalil dan hadist yang menjelaskan bahwa bersedekah bisa menyembuhkan penyakit.

1. Hadist Sedekah Sembuhkan Penyakit

دَاوُوا مَرْضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ

“Obatilah orang-orang yang sedang sakit yang ada diantara kalian dengan cara sedekah.” (HR. Abu Dawud dalam Al-Marasil, Ath-Thabrani dan Baihaqi).

Hadist di atas derajatnya adalah Hasan yang masuk dalam salah satu hadis sedekah dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib. Karena ini merupakan sabda Rasulullah, maka hadis ini bisa dipastikan benar.

2. Hadist Sedekah Menghindarkan dari Musibah

Hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani menyebutkan bahwa sedekah bisa menyelamatkan seseorang dari datangnya musibah. “Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah tidak bisa melangkahi sedekah,” demikian Nabi Muhammad SAW bersabda.

Lalu, Khatib Al-Baghdadi dalam sebuah hadis yang diriwayatkan menyampaikan secara spesifik tentang keutamaan bersedekah. Nabi SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkannya, *sedekah bisa mencegah 70 macam musibah, paling ringan yaitu penyakit kulit lepra”.

3. Hadist Sedekah Mencegah Penyakit 

Selain menyembuhkan penyakit, sedekah juga bisa mencegah datangnya penyakit. Ini merupakan salah satu keajaiban bersedekah kepada anak yatim. Sedekah juga bisa menangkal bala dan petaka yang bisa datang kapan saja.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra berkata: ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW dan bertanya kepadanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling besar pahalanya?”

Beliau menjawab: Beliau menjawab: “Bersedekahlah ketika kamu masih sehat, suka harta, takut untuk miskin, dan masih berkeinginan untuk kaya. Janganlah kamu menunda-nunda sehingga bila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu berkata:

“Sekian untuk fulan das sekian untuk fulan, padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan atau ahli warisnya, (HR. Bukhari dan Muslim).

Penjelasan Terkait Hadis Sedekah Menyembuhkan Penyakit

Obat dari suatu penyakit adalah bersedekah dengan niat mencari kesembuhan yang datangnya dari Allah SWT. Perlu diketahui bahwa sakit merupakan bagian dari takdir atau ketetapan Allah yang harus diterima oleh hamba-Nya. 

Kewajiban utama ketika menderita suatu penyakit adalah menerimanya dengan sabar dan melakukan ikhtiar demi mencapai kesembuhan. Sedekah adalah salah satu bentuk ikhtiar yang bisa menyembuhkan seseorang dari penyakit.

Siapapun yang memberi sedekah kepada orang lain terbukti secara ilmiah membuat orang yang melakukannya menjadi bahagia. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa bersedekah atau memberi kepada orang lain menjadi sumber kebahagiaan pada diri seseorang.

Ketika seseorang merasa bahagia, maka imunitas tubuh akan meningkat dan sel-sel tubuh akan lebih cepat melakukan proses regenerasi. Hal ini sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu proses penyembuhan suatu penyakit.

Keutamaan Doa Menjenguk Orang Sakit 

Ketika mendengar kabar bahwa saudara, teman, atau kerabat sedang sakit, seorang muslim dianjurkan untuk menjenguk orang yang sakit tersebut. Selain menjenguk Rasulullah juga mengajarkan doa untuk menjenguk orang sakit agar mereka segera diberi kesembuhan.

Menjenguk orang sakit memiliki beberapa keutamaan, diantaranya sebagai berikut.

1. Mendapatkan Pahala yang Berlipat 

Allah menjanjikan pahala yang berlipat bagi orang-orang yang menjenguk orang yang sefang sakit. Ketika seseorang menjenguk orang sakit baik yang dikenal atau tidak, maka malaikat akan mendoakan orang tersebut di sepanjang jalan.

2. Meningkatkan Rasa Syukur 

Terkadang ada waktu dimana seorang manusia lupa untuk bersyukur atas nikmat sehat yang telah Allah berikan. Bahkan, ada yang beranggapan jika Kesehatan merupakan hak yang memang harus didapatkan dan tidak ada yang mengaturnya.

Ketika menjenguk orang yang sedang sakit, maka ini menjadi waktu yang tepat bagi seseorang untuk bersyukur atas nikmat Allah yang sudah memberikan kesehatan hingga bisa beraktivitas secara normal.

3. Berada dalam Naungan Rahmat Allah 

Saat menjenguk sesama muslim yang sedang menderita suatu penyakit, maka orang yang menjenguk akan mendapatkan rahmat dari Allah yang akan selalu menyertai. Bahkan rahmat tersebut akan tetap ada meskipun orang tersebut sudah sampai di rumah.

4. Sebagai Pengingat Akhirat

Pada saat menjenguk nguk orang yang sedang sakit, ini akan menjadi pengingat bagi seseorang akan adanya akhirat. Dengan begitu, seseorang akan sadar dengan dosa yang sudah diperbuat dan berusaha untuk menghindarkan diri dari larangan-Nya.

5. Kelancaran Urusan Dunia

Keutamaan doa menjenguk orang sakit lainnya yaitu akan memberikan kelancaran dalam setiap urusan, termasuk urusan dunia. Hal ini ditegaskan dalam beberapa hadits yang shahih salah satunya yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

Etika dan Adab Menjenguk Orang Sakit 

Menjenguk orang sakit adalah salah satu bentuk kepada sesama yang cukup penting dalam kehidupan sosial dan masyarakat. Kegiatan ini juga ternyata merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam.

Namun, sebelum menjenguk orang sakit, pastikan untuk memahami dan memperhatikan etika serta adab agar tetap menjaga kenyamanan orang yang sedang sakit. Berikut adalah etika dan adab yang harus diikuti saat menjenguk orang yang sedang sakit:

  • Memilih waktu yang tepat agar tidak mengganggu waktu istirahat orang yang sedang sakit.
  • Jangan terlalu lama menghabiskan waktu di rumah orang yang sedang sakit, karena dapat mengganggu kenyamanan mereka.
  • Usahakan untuk membawa buah tangan yang bermanfaat untuk orang yang sedang sakit, seperti makanan, buah-buahan, atau bunga.
  • Membaca doa menjenguk orang sakit sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW.
  • Berikan dukungan moral dan semangat kepada orang yang sedang sakit untuk segera sembuh.
  • Jagalah sikap dan tata krama agar tidak mengganggu orang yang sedang sakit dan juga untuk.
  • Pastikan Untuk tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan saat orang yang sedang sakit, terutama jika mereka menderita penyakit menular.

Penutup 

Doa menjenguk orang sakit sangat dianjurkan untuk dibaca ketika sedang menjenguk orang yang sedang sakit dengan harapan agar mereka cepat sembuh. Membaca doa diiringi dengan sedekah akan mendatangkan kesembuhan bagi siapapun yang mengamalkannya.

 

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.