Tips dan Cara Membuat Resolusi Tahun Baru Islam

Membuat resolusi tahun baru Islam tentunya perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bagaimana tips menyusun resolusi tersebut? Berikut ini caranya!


Tahun baru Hijriyah merupakan momen yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Perayaan ini tidak hanya sekedar pergantian tahun Islam, tetapi juga kesempatan untuk merefleksikan diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Untuk itu perlu membuat resolusi tahun baru Islam.

Menyusun resolusi tahun baru Islam merupakan suatu langkah positif yang dapat membantu kita mengarahkan hidup ke arah yang lebih baik dan bermakna. Menyusun resolusi ini berfokus pada aspek-aspek religius dan pentingnya konsistensi serta evaluasi dalam mengimplementasikannya.

Di tengah keramaian perayaan dan kegembiraan menyambut tahun baru Hijriyah, Muslim diingatkan akan pentingnya merenungkan perjalanan religius dan menyusun resolusi yang bertujuan untuk menguatkan ikatan dengan Tuhan.

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Islam

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru Islam

Resolusi ini tentunya harus dengan dilandasi oleh niat yang tulus dan ikhlas akan memberikan arti mendalam dalam hidup seorang Muslim. Dengan niat yang benar, setiap langkah dan usaha yang dijalankan akan menjadi bentuk ibadah dan rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya. 

Dengan demikian, resolusi tahun baru Islam bukanlah sekadar harapan dan keinginan semata, tetapi juga amal yang dipersembahkan kepada Sang Pencipta.

1.    Niat yang Ikhlas dan Tulus

Resolusi yang baik haruslah dimulai dari niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT. Niat yang benar akan memberikan keberkahan dalam setiap langkah dan usaha Anda. Apabila tidak ikhlas maka apa pun yang dikerjakan akan sia-sia begitu saja.

Jangan memandang resolusi sebagai cara untuk mendapatkan pujian dari orang lain, melainkan sebagai wujud pengabdian dan rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya.

2.    Berdasarkan pada Amal Ibadah

Langkah selanjutnya dalam membuat resolusi tahun baru Islam adalah merenungkan sejauh mana menjalankan amal ibadah selama 1 tahun terakhir. Evaluasi apakah sudah konsisten dalam menunaikan shalat, membaca Alquran, berpuasa, dan melakukan ibadah-ibadah lainnya. 

Tentukan poin-poin di mana perlu atau tidaknya memperbaiki kualitas ibadah kita dan berusaha untuk meningkatkannya pada tahun yang akan datang.

3.    Tentukan Prioritas Kegiatan

Buatlah daftar prioritas resolusi yang ingin dicapai dalam tahun Hijriyah berikutnya. Ingatlah bahwa tidak mungkin mengubah semuanya sekaligus, sehingga prioritaskan beberapa resolusi yang paling penting bagi perkembangan religius dan kehidupan secara keseluruhan.

4.    Spesifik dan Konsisten

Resolusi yang akan dijalankan harus efektif, spesifik dan dapat diukur. Misalnya, jika ingin lebih konsisten membaca Alquran, tentukan berapa jumlah halaman atau ayat yang akan dibaca setiap hari setiap minggunya. 

Adanya target yang spesifik akan membantu Anda mengukur perkembangan dan menghindari perasaan kebingungan. Kemudian lakukan secara konsisten agar terbiasa dan tidak hanya rajin di awal, tapi menjadi kebiasaan baik untuk Anda.

5.    Memperdalam Ilmu Agama

Tips membuat resolusi tahun baru Islam berikutnya mencakup usaha untuk memperkuat iman dan ilmu agama. Usahakan untuk mengikuti kajian-kajian agama, seminar, atau membaca buku-buku Islami sehingga ilmu agama Islam makin bertambah dan dipahami. 

Semakin memahami ilmu agama, maka akan semakin dekat hubungan dengan Allah SWT dan semakin mudah untuk menghadapi setiap cobaan hidup.

6.    Doa dan Tawakkal

Setelah menetapkan resolusi, selalu mohon pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT. Berdoalah dengan tulus dan penuh harapan kepada-Nya agar diberikan kemudahan dalam menjalankan resolusi Anda.

Tawakallah dan percayakan semuanya kepada Allah, bahwa Dia Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa hamba-Nya yang ikhlas.

7.    Konsultasi dengan Ustadz atau Ustadzah

Jika merasa kesulitan dalam menyusun resolusi atau ingin memperoleh pandangan dari sudut pandang Islam, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ulama yang kompeten dan dapat dipercaya. 

Mereka dapat memberikan nasihat dan panduan yang berharga untuk membantu Anda mencapai resolusi dengan cara yang benar menurut ajaran Islam.

Contoh-contoh Resolusi Tahun Baru Islam

Contoh-contoh Resolusi Tahun Baru Islam

Setelah mengetahui bagaimana cara atau tips membuat resolusi tahun baru Islam, kini Anda bisa menerapkan beberapa contoh resolusi tahun baru Islam yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

1.    Konsisten Meningkatkan Kualitas Shalat Wajib

Resolusi pertama adalah untuk meningkatkan kualitas shalat agar lebih khusyuk dan khidmat. Anda harus berkomitmen dan berusaha melaksanakan shalat tepat waktu dan dengan khusyuk. 

Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan tata cara shalat, bacaan Alquran, dan doa setelah shalat agar shalat menjadi lebih bermakna dan menghantarkan kepada perasaan kedekatan dengan Allah SWT.

2.    Membaca Alquran Rutin Setiap Hari

Mulailah berkomitmen pada diri sendiri untuk membaca Alquran setiap hari, meskipun hanya beberapa ayat saja. Percayalah bahwa membaca Alquran adalah sumber keberkahan dan pencerahan bagi jiwa.

Kemudian diikuti dengan terus berusaha memahami arti dari setiap ayat yang dibaca dan mengimplementasikan ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Banyak Doa dan Dzikir

Membiasakan diri untuk memperbanyak dzikir dan doa dalam setiap kesempatan yang ada. Anda harus menyadari bahwa dzikir adalah cara yang paling mudah untuk mengingat Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. 

Dengan selalu mengingat dan bersyukur kepada Allah, taruh harapan dalam hati bahwa diri akan terus senantiasa terhubung dengan-Nya.

4.    Meningkatkan Kualitas Puasa

Tidak hanya di bulan Ramadhan, Anda akan berusaha untuk lebih rajin berpuasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis atau puasa Daud dan puasa sunnah lainnya. Jadikanlah puasa sebagai sarana untuk membersihkan diri dari dosa dan meningkatkan kesabaran serta pengendalian diri.

5.    Hindari Ghibah dan Perbuatan Sia-sia

Selanjutnya adalah komitmen untuk menjauhi segala bentuk ghibah (menggunjing) dan perbuatan buruk, baik dalam ucapan atau perbuatan. Anda akan lebih berhati-hati dalam memilih teman atau lingkungan yang dapat membantu untuk menjaga akhlak yang baik.

6.    Jaga Kualitas Makan dan Minum

Apapun yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi sumber kebaikan atau keburukan dalam diri Anda. Untuk itu Anda harus berusaha untuk lebih memperhatikan kualitas makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. 

Anda harus menghindari makanan yang haram atau syubhat, serta berusaha untuk mengonsumsi makanan yang halal dan bergizi sehingga tubuh saya menjadi sehat dan siap untuk beribadah. Makanan dan minuman yang haram pastinya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Anda.

7.    Senantiasa Berbuat Baik pada Orang Tua

Anda berjanji untuk lebih berbakti pada orangtua dan keluarga. Kemudian selalu berusaha untuk menjadi anak yang sholeh/sholehah serta memberikan kebahagiaan serta kebanggaan bagi mereka. Saya juga akan lebih aktif membantu dalam urusan rumah tangga dan memperhatikan kebutuhan keluarga.

8.    Mulai Mengikuti Kajian Agama

Mengikuti kajian dan seminar agama berguna untuk meningkatkan pemahaman tentang ajaran Islam. Dengan begitu, harapannya Anda bisa lebih mengenal kebesaran Allah dan mengarahkan hidup saya sesuai dengan ajaran-Nya.

9.    Memperbaiki Hubungan dan Silaturahmi

Agar makin harmonis dengan sesama umat Muslim, Anda bisa memperbaiki hubungan dengan keluarga dan kerabat di sekitar Anda. Kemudian Anda harus lebih sabar dan bijaksana dalam berinteraksi dengan orang lain, sea berusaha untuk selalu berprasangka baik kepada sesama.

Tips membuat resolusi tahun baru Islam sangat penting dalam mengatur rencana Anda kedepannya. Tahun yang baru tentunya memberikan semangat ibadah yang lebih tinggi, salah satunya bersedekah. Anda bisa menyalurkan niat baik tersebut melalui Yayasan Yatim Mandiri.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.