5 Amalan Malam Nuzulul Quran, Mengisi Malan Penuh Keberkahan

Amalan malam Nuzulul Quran tentu ada begitu banyak macamnya. Mulai dari memperbanyak bacaan Al-Qur’an hingga memanjatkan doa khusus. 


Salah satu malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia ialah malam Nuzulul Qur’an.

Hal ini karena malam turunnya Al-Qur’an ini adalah malam yang begitu mulia. Ada banyak sekali amalan malam Nuzulul Qur’an yang bisa mendatangkan pahala. 

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat muslim yang menjadi pegangan atau pedoman hidup. Di dalam kitab suci ini terdapat begitu banyak ayat-ayat indah yang turun secara berangsur-angsur dalam kurun waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Turunnya Al-Qur’an ke bumi terbagi menjadi dua versi. Versi pertama adalah periode Makkiyah dan versi kedua adalah periode Madaniyah. Sebagai umat muslim tentu sudah sebaiknya bagi kita semua untuk membaca Al-Qur’an.

Baca juga:   Ini 10 Cara Mengkhatamkan Quran Selama Bulan Ramadhan

Memaknai Nuzulul Qur’an 

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya kitab suci Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW. Selain itu, Nuzulul Qur’an juga bisa dimaknai sebagai malam turunnya kitab suci Al-Qur’an dari tempat yang tinggi ke muka bumi. 

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat muslim yang memiliki begitu banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai petunjuk jalan yang lurus. Kitab suci ini akan menjadi penunjuk jalan agar bisa terus berada di jalan yang benar.

Di dalam kitab suci ini terdapat berbagai penjelasan dan peringatan akan segala hal yang terjadi di dunia ini.

Selain itu, kitab suci Al-Qur’an juga mampu memperjelas kepribadian manusia. Di dalamnya, manusia dijelaskan memiliki kepribadian yang berbeda dengan makhluk lainnya.

Ditambah lagi kehadiran Al-Qur’an juga menjadi penyempurna dari berbagai macam kitab-kitab Allah SWT terdahulu. Mulai dari kitab Injil, Taurat hingga Zabur.

Kitab-kitab tersebut sebetulnya hanya ditujukan pada zaman-zaman itu saja. Tidak sama halnya dengan kitab suci Al-Qur’an. 

Wajar sekali rasanya jika banyak orang yang ingin melakukan hal-hal baik di malam peringatan turunnya Al-Qur’an ke bumi. Mereka mengerjakan amalan pada malam Nuzulul Qur’an agar mendapatkan banyak pahala. 

Amalan Malam Nuzulul Qur’an 

Menjelang berlangsungnya malam peringatan Nuzulul Qur’an, ada begitu banyak umat muslim yang berlomba-lomba menuai pahala. Mereka mengerjakan begitu banyak amalan sehingga bisa mendapatkan banyak pahala kebaikan. 

Tentunya di bulan puasa ramadhan ada banyak sekali orang yang berjuang untuk mendapatkan banyak pahala.

Tanpa terkecuali dengan cara peringatan malam Nuzulul Qur’an. Berikut merupakan beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala kebaikan dalam Nuzulul Qur’an. 

1.   Membaca Kitab Suci Al-Qur’an 

Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk memperingati malam turunnya kitab suci Al-Qur’an adalah dengan membaca kitab suci tersebut. Perlu diketahui bahwa sebenarnya membaca Al-Qur’an disini bukan hanya sekedar membaca saja.

Akan tetapi, selain membaca Al-Qur’an seseorang juga perlu memahami dengan baik arti dari ayat-ayat sudi tersebut. Pahami dengan baik maknanya dan terapkan segala kebaikan dalam ayat tersebut dalam bersikap di dunia. 

Ada begitu banyak macam manfaat dari membaca kitab suci Al-Qur’an. Beberapa diantaranya ialah mampu menjadikan seseorang berperilaku semakin mulia, mampu membuat hati semakin tentram hingga bisa selamat di dunia serta di akhirat. 

2.   Melaksanakan Shalat Malam 

Bukan hanya membaca Al-Qur’an saja, akan tetapi masih ada amalan baik lainnya yang dapat seseorang lakukan untuk memperingati Nuzulul Qur’an. Amalan tersebut ialah dengan melaksanakan shalat malam. Amalan shalat malam apakah yang dimaksud tersebut?

Shalah malam yang bisa dikerjakan dalam peringatan Nuzulul Qur’an ialah shalat tahajud. Sebelum melakukan shalat tahajud, seseorang harus mengerjakan shalat tarawih terlebih dahulu dan pergi tidur. Barulah setelah bangun tidur, seseorang bisa mengerjakan shalat tahajud. 

Lakukan shalat tahajud ketika sebelum sahur. Jangan lupa untuk menutup shalat malam tersebut dengan shalat witir yang memiliki jumlah rakaat ganjil. Tuailah pahala sebanyak-banyaknya di malam Nuzulul Qur’an. 

3.   Iktikaf  

Amalan pada Nuzulul Qur’an selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan iktikaf. Iktikaf sendiri merupakan sikap berdiam diri serta menjadi sarana untuk melakukan introspeksi di dalam masjid saja.

Pada intinya semua niat dikembalikan hanya karena Allah SWT. Ibadah iktikaf seringkali dijalankan oleh Rasulullah SAW pada 10 hari terakhir di bulan suci ramadhan.

Oleh sebab itu, sebaiknya meniru perbuatan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW ini. Lakukan iktikaf dengan baik dan berniat ikhlas karena Allah SWT semata. 

Iktikaf memiliki beberapa manfaat yang bagus bagi diri manusia. Beberapa manfaat iktikaf diantaranya ialah mampu mendatangkan ketenangan, ketentraman maupun cahaya dari dalam hati, mendatangkan banyak kebaikan dari Allah SWT, mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan sebagainya. 

4.   Melafadzkan Doa Nuzulul Qur’an  

Selanjutnya adalah melantunkan doa khusus Nuzulul Qur’an. Amalan-amalan di malam Nuzulul Qur’an memang banyak macamnya. Namun, tidak ada salahnya untuk menyempurnakan berbagai macam amalan lain dengan melafadzkan doa Nuzulul Qur’an. 

Dengan membaca doa khusus ini, maka akan membuat hati yang membacanya menjadi semakin lebih tenang.

Selain itu, doa khusus Nuzulul Qur’an seperti ini juga mampu menjadi sarana bagi seseorang agar bisa semakin mendekatkan diri lagi kepada-Nya. 

Bacaan doa-doa khusus Nuzulul Qu’ran juga bisa bermanfaat bagi pembacanya karena nantinya bisa mendapatkan limpahan keberkahan dari Allah SWT. Allah SWT tentu sangat suka dengan hamba-Nya yang rajin berdoa. 

Memahami Amalan Doa Malam Nuzulul Qur’an 

Ada begitu banyak amalan kebajikan yang bisa dilakukan ketika seseorang tengah memperingati malam Nuzulul Qur’an.

Selain membaca kitab suci tersebut, tentu ada doa khusus yang bisa dilantukan ketika peringatan malam penuh kebaikan tersebut. 

Kiranya setelah seseorang bisa memaknai malam turunnya kitab suci Al-Qur’an tersebut, maka ia bisa mendapatkan ketentraman hati dan jiwa. Tentunya juga agar seseorang tersebut senantiasa bisa mendapatkan rahmat dari Allah SWT. 

Pada intinya semua niat kebaikan dan kebaikan yang dilakukan oleh seseorang tentu akan berdampak baik pula bagi mereka kelak di kemudian hari.

Oleh sebab itu, penting sekali melakukan segala sesuatu dengan baik dan ikhlas karena Allah SWT semata. Adapun doa khusus Nuzulul Qur’an, seperti: 

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.”

Artinya: Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Quran.

Amalan malam Nuzulul Qur’an tentu perlu dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Dengan demikian, maka pahala akan terus dituai serta rahmat dari-Nya akan terus berlimpah.

Semoga kita semua menjadi hamba-Nya yang senantiasa berusaha untuk mengejar amalan selama hidup di dunia. 

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.