Pengertian, Hukum dan Cara Melaksanakan Qurban Online

qurban online
Dokumentasi Yatim Mandiri

Qurban online menjadi solusi untuk melaksanakan qurban dimanapun dan kapanpun tanpa harus kesana kemari mengikuti segala prosesnya. Akan tetapi, bagaimana dengan hukum qurban online dalam agama Islam?


Hari raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah biasa juga disebut dengan hari raya haji. Di hari tersebut umat muslim yang mampu melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci sedangkan umat muslim lainnya melaksanakan ibadah qurban di tempatnya masing-masing atau bahkan qurban online.

Ya, seiring majunya teknologi saat ini, berqurban juga bisa dilakukan secara online. Bagaimana bisa dan apa hukum qurban online dalam agama Islam? Untuk mengetahui hal tersebut simak informasinya berikut ini: 

Pengertian Ibadah Qurban 

Pengertian Ibadah Qurban 
Dokumentasi Yatim Mandiri

Sebelum melaksanakan ibadah qurban setelah ibadah shalat ied pada hari Raya Idul Adha, umat muslim melaksanakan puasa Arafah satu hari sebelumnya, yaitu di tanggal 9 Zulhijah.

Dalam pelaksanaannya, berkurban boleh dilakukan selama tiga hari kedepan setelah Idul Adha. Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika dilakukan setelah melaksanakan salat id.

Berkurban merupakan salah satu bentuk ketaatan umat muslim kepada Allah SWT dengan melakukan salah satu perintah-Nya.

Sebelum mengetahui mengenai qurban online, akan lebih baik jika kita mengetahui hukum dari ibadah qurban itu sendiri.

Hukum dari berqurban merupakan sunnah bagi yang mampu. Meskipun begitu, akan lebih baik lagi jika kita memiliki rejeki yang lebih untuk menyisihkan beberapa persen untuk membeli seekor hewan qurban.

Akan tetapi, dalam melaksanakan ibadah qurban ada beberapa sunnah sebelum menyembelihnya yang harus diketahui. Selain itu, hewan untuk qurban juga harus sesuai dengan syariat Islam. 

Baca Juga : Syarat Qurban yang Wajib Dipenuhi

Berikut ini adalah kriteria hewan qurban yang wajib diketahui sebelum membelinya: 

  1. Hewan yang dibeli merupakan jenis hewan yang diperbolehkan, yaitu hewan ternak. 
  2. Hewan dalam keadaan sehat dan tidak cacat.
  3. Hewan yang dimiliki didapat dengan cara yang halal.
  4. Usia hewan sudah memenuhi kriteria untuk dikurbankan, misalnya sapi yang harus sudah berusia 2 tahun menuju tahun ketiga dan kambing berusia satu tahun menuju tahun kedua. 
  5. Untuk kurban secara rombongan harus dengan kriteria berikut ini: 
  • Satu ekor unta bisa untuk maksimal 10 orang dalam satu rombongan.
  • Satu ekor sapi bisa untuk maksimal 7 orang dalam satu rombongan.
  • Satu ekor kambing hanya untuk satu orang saja.

Pengertian Qurban Online

pengertian qurban online

Setelah kita mengetahui mengenai ibadah qurban di atas, mari kita simak juga pengertian dari qurban online. Seiring berkembangnya teknologi saat ini, banyak dari umat muslim yang mulai mengikuti qurban dengan sistem online.

Qurban dengan sistem online praktiknya cukup mudah dan bisa dilakukan dalam jarak jauh dimanapun dan kapanpun.

Untuk melakukannya, kita hanya perlu mentransfer sejumlah uang yang sesuai dengan harga hewan qurban pada saat itu kepada panitia yang kemudian mengurus semuanya. 

Mulai dari pemilihan hewan qurban, penyembelihan hingga pembagian daging qurban kepada orang-orang yang membutuhkan di daerah tertentu akan dilakukan oleh panitia tersebut.

Namun, tentu saja kita tidak pernah tahu siapa saja yang ikut mengurus uang yang kita titipkan untuk qurban tersebut telah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya dan siapakah yang melakukan proses penyembelihan?

Dengan segala pertanyaan tersebut lalu bagaimana hukum qurban secara online bagi umat muslim yang ingin melaksanakannya? 

Hukum Qurban Online

hukum qurban online
Sumber Gambar : Md Mahdi (unsplash)

Sebenarnya tidak ada dalil yang jelas untuk melarang qurban online. Oleh karena itu, para ulama sepakat untuk memperbolehkan hal tersebut. Akan tetapi, ada konsekuensi yang harus diketahui bagi seseorang yang ingin melaksanakan qurban dengan sistem online.

Konsekuensi yang didapat dari sistem qurban secara online adalah kita tidak bisa secara pasti mengetahui siapa penyembelih hewan qurban tersebut dan apakah proses tersebut benar dilakukan sesuai dengan syariat Islam. Karena kita tidak bisa melihat proses tersebut secara langsung.

Untuk hukum dari qurban dengan online adalah sunnah dan tidak masalah jika hanya sebagai perwakilan. Sedangkan dalam pelaksanaan ibadah qurban sunnahnya adalah satu pertiga daging dimiliki oleh pemilik hewan qurban tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk qurban secara online.

Selain itu, hukum untuk menyaksikan proses penyembelihan sendiri pada qurban secara online adalah dengan cara diwakilkan orang lain. Waktu penyembelihan juga tidak akan diketahui oleh kita ketika melakukan qurban secara online.

Baca Juga : Pengertian, Hukum dan Aturan Patungan Qurban Sapi yang Wajib Umat Muslim Ketahui

Cara Qurban Online

cara qurban online
Sumber Gambar Unsplash

Salah satu cara untuk qurban secara online adalah memiliki lembaga yang amanah dan sudah terpercaya untuk melaksanakan proses qurban. Salah satu lembaga yang sudah terpercaya sejak dulu dan legal untuk melaksanakan qurban online adalah Yatim Mandiri. 

Yatim Mandiri merupakan lembaga amil zakat nasional yang legal dan telah terpercaya sejak tahun 2008. Cara untuk melakukan qurban secara online di lembaga sosial ini juga sangat mudah. Berikut ini adalah cara dan langkahnya: 

  • Buka website yatimmandiri.org.
  • Kemudian klik pada menu Program. 
  • Kemudian pilih menu Super Gizi Qurban.
  • Lalu pilih menu Donasi yang tersedia di bagian bawah halaman.
  • Masukkan nominal yang ingin kamu transfer sesuai dengan pilihan yang tersedia.
  • Kemudian klik Lanjutkan Pembayaran. 
  • Lalu lengkapi data diri, seperti nama, alamat email dan nomor whatsapp.
  • Kemudian baru pilih pembayaran yang diinginkan.
  • Setelah itu, akan muncul nomor rekening yang tersedia untuk di transfer. 
  • Transfer sesuai dengan nominal yang dipilih sebelumnya ke nomor rekening yang tersedia tersebut. 

Itu tadi adalah cara untuk melaksanakan qurban online melalui lembaga sosial Yatim Mandiri yang mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, tentu saja lembaga ini sudah terpercaya untuk melaksanakan proses qurban sesuai dengan syariat Islam.

Ada juga program dari lembaga sosial satu ini yang dapat dilakukan secara online, seperti zakat, sedekah, infaq, wakaf dan lain sebagainya. Program-program tersebut tentu saja sudah sesuai dengan syariat Islam juga dalam pelaksanaannya. 

Apalagi pembayaran yang disediakan juga beragam. Bisa menggunakan rekening dari bank manapun dan juga e-wallet dari aplikasi dompet digital ternama juga tersedia di lembaga sosial satu ini.

Baca Juga : Kisah Qurban Nabi Ibrahim Menjadi Awal Mula Ibadah Qurban

Keunggulan Qurban Online di Yatim Mandiri

Keunggulan Qurban Online di Yatim Mandiri
Dokumentasi Yatim Mandiri

Meskipun ada banyak sunnah yang akhirnya tidak bisa diikuti karena sistem qurban online tetapi ada juga beberapa keunggulan dari melaksanakan qurban online khususnya di lembaga sosial Yatim Mandiri. Apa sajakah keunggulan tersebut? Simak informasinya berikut ini: 

  • Pelaksanaan pemotongan hewan qurban sudah sesuai dengan syariat Islam yang berlaku.
  • Pemotongan hewan qurban dilaksanakan di hari raya Idul Adha.
  • Dalam pelaksanaan penyembelihan, pemotongan dan pembagian daging qurban dilakukan secara higienis dan praktis.
  • Pembagian daging qurban hingga daerah pelosok.
  • Pembagiannya juga tersalurkan dengan efektif dan terencana.
  • Dapat digunakan untuk sebuah perusahaan menggelar sebuah aksi kepedulian.
  • Daging qurban akan dikemas sesuai dengan syariat Islam yang berlaku hingga dapat bertahan dalam jangka waktu dua tahun.
  • Pembagian qurban juga mencakup anak-anak yatim dhuafa dan korban dari bencana alam.
  • Dalam pengolahan daging qurban juga sudah dalam pengawasan BPOM sehingga dijamin aman dan halal.

Bagaimana informasi mengenai pengertian hingga cara qurban online di atas? Apakah tertarik untuk melakukannya untuk hari raya Idul Adha mendatang?

Jika tertarik dan punya dana lebih, baiknya di Qurbankan saja ke Yatim Mandiri.

Ika Faztin
Nasibmu telah ditulis dengan tinta cinta-Nya dan disegel dengan rahmat-Nya jadi jangan takut, percayakan dirimu kepada-Nya dan berharaplah pada ketetapan-Nya - Gems of Jannah.