Bolehkah Qurban Kambing untuk Keluarga? Ini Hukumnya

Bagaimana hukum qurban kambing untuk keluarga? Apakah diperbolehkan? Simak seluruh ulasannya di halaman berikut.


Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang bisa dikurbankan ketika Hari Raya Idul Adha tiba, namun apakah boleh qurban kambing untuk keluarga? Bagaimana hukum melaksanakan kurban yang diniatkan untuk keluarga dengan satu ekor kambing?

Ibadah kurban memiliki aturan terkait hewan ternak yang akan disembelih, sehingga sebagai umat muslim yang taat terhadap perintah Allah SWT harus mengikutinya. Tidak semua hewan ternak bisa dijadikan kurban, hanya kambing, sapi, unta, kemudian kerbau dan domba saja yang dapat disembelih untuk kurban.

Begitu juga ketika berkurban untuk keluarga yang jumlahnya lebih dari satu orang, ada syarat dan aturan yang perlu dipenuhi agar kurbannya sah. Apakah sudah tahu bagaimana hukum berkurban untuk keluarga dan segala macam informasi lainnya? Jika belum simak di bawah ini!

Hukum Qurban

Ibadah Kurban Bagi Umat Islam
sumber gambar : istock

 

Kurban merupakan ibadah yang mengharuskan seorang muslim untuk menyembelih hewan ternak di Hari Raya Idul Adha, tepatnya setelah shalat Ied dilaksanakan.

Sedangkan hukum melaksanakan ibadah tersebut adalah sunnah muakkad, yang mana sunnah tersebut sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. 

Ketika seorang muslim sudah memenuhi syarat untuk berkurban, maka sangat dianjurkan untuk segera melaksanakannya mengingat waktu pelaksanaan kurban adalah waktu khusus yang hanya ada satu tahun sekali. 

Muslim yang diwajibkan untuk berkurban adalah berakal dan sudah baligh, kemudian merdeka dan bukan hamba sahaya yang perlu menebus dirinya sendiri dengan uang, merdeka secara finansial, serta tidak memiliki utang sama sekali.

Jika termasuk muslim yang memenuhi syarat tersebut, hendaknya segera melakukan ibadah kurban di waktunya nanti. 

Lantas, apa hukum kurban kambing untuk keluarga ketika waktunya sudah tiba? Pembahasan tersebut bisa disimak pada ulasan yang ada di bawah ini, silahkan sweep up pelan-pelan.

Bagaimana Hukum Qurban Kambing untuk Keluarga?

kambing sebagai salah satu hewan ternak untuk kurban
sumber gambar : istock

Hewan ternak yang dapat dijadikan kurban beragam jenisnya, mulai dari unta, kemudian sapi, kerbau, kambing, dan juga domba yang dapat dipilih secara bebas oleh sohibul qurban. Jika memilih kambing sebagai kurban untuk keluarga, apa diperbolehkan?

Bagaimana hukum kurban kambing untuk keluarga? Menurut Mazhab Maliki, berkurban untuk satu keluarga dengan satu ekor kambing diperbolehkan namun harus memenuhi syarat-syaratnya, yakni sebagai berikut: 

  1. Tinggal bersama
  2. Memiliki hubungan kekerabatan
  3. Memiliki satu keluarga serta pemberi nafkah yang sama 

Apabila seorang muslim memenuhi syarat-syarat di atas, maka boleh melakukan kurban untuk satu keluarga dan kurbannya dinyatakan sah sehingga semua anggota keluarga akan mendapatkan pahala berkurban. 

Dengan demikian, meskipun jumlah anggota keluarga banyak tetapi mereka bisa mendapatkan pahala kurban, karena memang ibadah satu ini pada dasarnya tidak akan memberatkan umat Islam. 

Bahkan ketika belum mampu membeli hewan kurban, umat muslim diperbolehkan patungan untuk membelinya sehingga tidak merasa berat pada saat waktu kurban tiba. 

Di dalam hadist Abu Ayub Ra juga mengatakan bahwa pada zaman Nabi Muhammad SAW ada seorang lelaki yang mengurbankan satu ekor kambing untuk dia dan keluarganya, dan hal tersebut diperbolehkan.

Maka dari itu, jika ingin berkurban satu kambing untuk keluarga silahkan saja karena hukum kurban kambing untuk keluarga diperbolehkan.

Baca juga:   Pahala Qurban di Bulan Mulia Idul Adha, Yuk Berkurban

Keutamaan Qurban

Foto 2 anak laki-laki dan 2 anak perempuan penerima manfaat dari ibadah kurban
Dokumentasi Media Yatim Mandiri

 

Sama halnya dengan ibadah lainnya, kurban juga memiliki keutamaan yang pastinya sangat menguntungkan apabila melaksanakannya. Lantas, apa saja keutamaannya?

1.   Amalan yang Dicintai Allah SWT

Kurban merupakan sebuah amalan yang baik dan amat sangat dicintai oleh Allah SWT, sehingga umat Islam yang menjalankannya sudah pasti akan dicintai pula oleh Allah SWT. Dengan begitu, tidak heran jika umat muslim berlomba-lomba untuk bisa melaksanakan kurban, amalan yang dicintai oleh Allah SWT. 

2.   Mendapat Pahala Berbagi

Setelah proses penyembelihan berlangsung, daging hasil kurban akan dipotong-potong dan dibagikan kepada yang membutuhkan dengan berat sama dan adil. Pembagian daging ini akan membuat pengkurban mendapatkan pahala berbagi, namun masih banyak pahala lainnya yang akan didapatkan. 

3.   Kendaraan di Hari Kiamat

Keutamaan kurban yang ketiga akan datang di hari kiamat, yang mana hewan kurban akan menjadi kendaraan bagi pengurban.

Hewan tersebut akan mendatangi si pengkurban dengan keadaan utuh seperti sebelum disembelih atau masih hidup seperti di dunia, bahkan setiap anggota tubuhnya tidak ada yang kurang sama sekali. 

Hewan kurban akan menjadi kendaraan untuk pengkurban ketika melewati shirath, sehingga akan lebih mempermudah pengkurban melaluinya. 

4.   Menghilangkan Sikap Egois

Sikap egois dan serakah akan hilang ketika seorang muslim berkurban, karena pada dasarkan saat berkurban mereka harus menyisihkan uang untuk membeli hewan ternak dan ketika sudah disembelih mereka akan membagikan dagingnya kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Hal tersebut sudah pasti akan menghilangkan sikap egois, karena ketika menyisihkan uang mereka harus rela keinginan lainnya tertunda demi bisa membeli hewan kurban. 

5.   Mendapatkan Ridha Allah SWT

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa kurban merupakan amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT, dengan begitu umat muslim yang melaksanakannya akan mendapat ridha dari Allah SWT. 

Pasalnya, kurban di Hari Raya Idul Adha berarti tidak hanya mengurbankan hewan ternak saja, melainkan mengurbankan segalanya mulai dari jiwa, harta, dan keluarga hanya untuk Allah SWT. 

Maka dari itu, secara hakikat Allah SWT tidak menerima kurban dalam bentuk darah maupun daging hewan ternak, melainkan ketaqwaan dan ketulusan umatNya. 

Sebar Keberkahan Qurban Bersama Yatim Mandiri

 

Di masa modern seperti ini, ibadah kurban semakin mudah bahkan tidak mengharuskan umat muslim yang hendak melakukannya untuk membeli hewan ternak sendiri. Selain itu, pengurban juga tidak perlu memotong serta membagi-bagikan dagingnya kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Semakin maju teknologi, semakin banyak orang yang berinovasi salah satunya Yayasan Yatim Mandiri yang siap membantu ibadah kurban umat muslim, mulai dari membeli hewan kurban, kemudian memotong hingga membagikannya kepada mereka yang berhak serta harga kambing kurban di Yatim Mandiri sangat terjangkau.

Tidak hanya dapat menjangkau orang-orang dalam satu daerah saja, pembagian daging kurban bisa dilakukan ke seluruh wilayah Indonesia, kemudian lintas negara maupun diolah sebelum dibagikan. Beberapa pilihan kurban yang dapat dijadikan pilihan adalah seperti di bawah ini:

  • Qurban Sapi: Terdapat beberapa pilihan program kurban sapi yang disediakan ole Yatim Mandiri, yaitu kurban sapi Palestina dan kurban sapi Afrika. Beda kedua program tersebut terletak pada distribusinya nanti. Sesuai namanya, kurban sapi Palestina akan dibagikan ke saudara kita yang ada di Palestina. Sementara kurban sapi Afrika akan dibagikan ke saudara kita yang ada di Afrika. Tak hanya itu ada pula kurban sapi yang nantinya akan didistribusikan ke masyarakat pedalaman.
  • Qurban Domba: Selain sapi, Sahabat juga bisa kurban domba di Yatim Mandiri. Untuk program ini, terdapat dua domba yang bisa Sahabat pilih, yaitu kurban domba medium atau kurban domba standar.
  • SGQ: SGQ alias Super Gizi Qurban, merupakan program yang mengutamakan gizi sehingga akan diolah menjadi sosis atau makanan kaleng lainnya. Setelah itu, hasil kurban yang telah diolah akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, baik di daerah perkotaan maupun pelosok.
  • Sedekah Gizi untuk Negeri: Sedekah gizi adalah program sedekah daging di hari raya Iduladha. Nantinya sedekah daging tersebut akan disalurkan ke yatim, orang terdesak bencana, fakir, dan miskin.

Jadi, dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa, hukum kurban kambing untuk keluarga adalah diperbolehkan, namun harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

Apabila sudah memenuhi persyaratan kemudian berkurban maka semua anggota keluarga akan mendapatkan pahala atas ibadah tersebut.

Nah, bagi Sahabat yang ingin berkurban, bisa langsung berkurban melalui Yatim Mandiri dan pilih program kurban yang sesuai.

Baca juga: Siapa yang Wajib Berkurban dalam Islam? Cek Selengkapnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top