Doa Agar Hati Tenang dan Terhindar dari Gelisah

Berikut ini akan dibagikan bacaan doa agar hati tenang, amalan yang harus dilakukan, serta hikmah yang akan didapatkan ketika mengamalkannya.


Merasa gelisah dan tidak tahu penyebab pasti hadirnya perasaan tersebut? Tidak ada salahnya untuk coba memanjatkan doa agar hati tenang. Ya, memang sudah menjadi hal yang wajar ketika seseorang merasakan sebuah kegelisahan di dalam hati dan jiwanya.

Merasa sedih, gusar, atau bahkan sampai putus asa karena tertimpa berbagai masalah, tentu saja dapat menimbulkan stres. Terlebih apabila tidak kunjung mendapat solusi atas permasalahan yang dialami, bukan tidak mungkin perasaan tersebut akan berbuah menjadi penyakit.

Seperti yang telah diketahui, Allah SWT maha kuasa dan mampu membolak-balikan isi hati hambanya. Jadi agar terhindar dari berbagai penyakit yang terjadi akibat pikiran stres, membaca atau memanjatkan doa supaya hati tenang menjadi salah satu jalan keluar yang bisa dilakukan.

Kumpulan Doa Agar Hati Tenang

Jadi dengan meminta pertolongan kepada Allah SWT, diharapkan perasaan gundah yang ada di hati bisa dihilangkan entah dengan cara seperti apa. Nah, untuk bacaan doa agar hati tenang sendiri, berikut ini beberapa di antaranya.

1.   Doa Agar Hati Tenang

Doa pertama ada doa penenang hati yang bisa dibaca saat menghadapi berbagai masalah. Dengan membaca doa ini, hati akan menjadi lebih tenang dan sabar dalam melalui permasalahan tersebut. Berikut bacaan latin dan Arab doanya.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250).

2.   Doa Agar Terhindar dari Kecemasan

Perlu untuk diketahui, jika ada juga bacaan sholawat penenang hati yang dapat diamalkan sehari-hari. Jadi jika ingin hati terhindar dari rasa cemas yang berlebih, silahkan lafalkan bacaan doa penenang hati seperti yang ada di bawah ini.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali.

Artinya:

“Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

3.   Doa Agar Merasa Cukup

Salah satu hal yang seringkali membuat hati gusar adalah ketidakcukupan, terutama soal materi atau harta. Ya, bayang-bayang akan ketidakcukupan memang sering menghantui pikiran dan perasaan. Oleh sebab itu, amalkan doa berikut ini agar terhindar dari perasaan semacam itu.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).

4.   Doa Agar Dimudahkan dalam Segala Urusan

Apabila jalan keluar atas penyebab dari keresahan yang dirasakan tersebut belum juga ditemukan, maka ada baiknya jika membaca doa ketenangan pikiran dan hati untuk meminta pertolongan Allah SWT. Ya, sebagai makhluk dengan keterbatasannya, manusia hanya bisa bergantung kepada Allah SWT.

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Artinya:

“Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

5.   Doa untuk Memohon Keberkahan

Jika diri seseorang merasa semakin tenang, maka perilakunya akan semakin baik, menyenangkan, serta keputusan yang dibuat tidak pernah gegabah. Nah, untuk itu jangan lupa baca Surah Duha agar hati dan pikirannya semakin tenang.

وَالضُّحٰىۙ

waḍ-ḍuḥā.

وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ

wal-laili iżā sajā.

مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ

mā wadda’aka rabbuka wa mā qalā.

وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ

wa lal-ākhiratu khairul laka minal-ụlā.

وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ

Artinya:

“Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah), demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.”

6.   Doa Membersihkan Pikiran Kotor

Pikiran yang kotor pada dasarnya adalah salah satu bentuk gangguan dari setan pada umat manusia. Oleh sebab itu, kemunculan pikiran-pikiran semacam itu akan semakin intens pada saat menjalankan ibadah. Nah, untuk melindungi diri dari pikiran kotor, bisa memanjatkan zikir dan membaca doa berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

Allohumma Inni A’udzu Bika Min Munkarootil Akhlaaqi Wal A’maali Wal Ahwaa.

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek.”

7.   Doa Agar Sabar untuk Diri Sendiri

Cobaan memang menjadi salah satu hal yang pasti dialami setiap umat manusia di dalam hidupnya. Baik itu musibah atau masalah, sebagai umat Muslim sudah sewajibnya harus sabar dalam menghadapinya. Selain itu, jangan lupa untuk melafalkan Surah Ali Imran ayat 8 sebagai berikut ini.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahablana minladunka rahmatan innaka antal wahhab.

Artinya:

“Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau palingkan hati kami dari Islam setelah Engkau beri hidayah kepada kami.

Limpahkanlah keimanan kepada kami dari sisi-Mu. Engkau Maha Pemberi rahmat kepada orang-orang  mukmin.”

8.   Doa Agar Tidak Galau

Bagi yang sedang merasa sakit hati alias galau, dapat coba membaca doa agar hati tenang yang ada di bawah ini. Doa berikut adalah doa Nabi Musa AS ketika menghadapi Fir’aun agar semangat dan bisa merasa tenang kembali.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku (QS. Thaha 25-28).”

Amalan Penenang Hati

Selain membaca beberapa doa agar hati tenang yang sudah disebutkan di atas, ada tips lain yang bisa dilakukan seseorang saat merasa resah. Langsung saja, berikut ini beberapa hal yang dapat dijalankan agar pikiran dan hati semakin tenang.

1.   Selalu Bersabar

Dalam menghadapi berbagai macam masalah dan cobaan, usahakan untuk selalu bersabar dan tetap tabah, karena setiap masalah sudah pasti ada jalan keluarnya. Namun, hal itu juga tetap harus dibarengi dengan mengamalkan doa-doa yang ada di atas.

2.   Membaca Kitab Suci Al-Qur’an

Sebagai Umat Muslim tentunya harus percaya jika Al-Qur’an menjadi salah satu obat yang mujarab untuk mengatasi berbagai masalah penyakit hati. Dengan membaca Al-Qur’an, maka pikiran akan menjadi semakin tenang, jerih, dan batin pun terasa tenteram.

3.   Membaca Surah Yasin

Membaca Surah Yasin juga menjadi amalan untuk menenangkan hati, karena memiliki faedah untuk hati yang tenang. Seperti yang telah diketahui, Surah Yasin sendiri mempunyai banyak sekali keutamaan, salah satunya untuk membersihkan pikiran dan hati yang kotor.

4.   Melaksanakan Shalat Tahajud

Ketenangan di dalam hati tentu saja bisa didapatkan usai melakukan amalan-amalan saleh. Dalam kondisi yang tenang, sunyi, dan hening, melaksanakan shalat tahajud dapat membuat seseorang menjadi lebih khusyuk untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

5.   Memperbanyak Istighfar dan Dzikir

Jangan lupa untuk selalu memperbanyak sholawat penenang pikiran dan hati, karena keduanya memang menjadi amalan penenang jika selalu dilakukan. Manusia akan selalu dihindarkan dari berbagai masalah jika selalu ingat kepada Sang Pencipta, Allah SWT.

Hikmah Ketenangan Hati untuk Kesehatan

 

Tujuan utama mengamalkan doa agar hati tenang adalah untuk mendapatkan ketenangan hati. Namun perlu untuk diketahui, bahwa ketenangan hati sendiri sangat baik untuk kesehatan sehingga akan merasakan beberapa hikmah sebagai berikut ini.

1.   Baik untuk Tekanan Darah

Menurut studi dari American Heart Association, mengungkapkan jika ketenangan hati dan pikiran mampu menurunkan tekanan darah diastolik sebanyak 3,2 mmHg, serta sistolik sebanyak 4,7 mmHg. Bahkan, penelitian lain berhasil menunjukkan ketenangan hati mampu meningkatkan variabilitas detak jantung.

2.   Baik untuk Jantung

Hati yang tenang ternyata juga mampu mengurangi reaksi stres tubuh yang dapat membuat pembuluh darah menyempit dan detak jantung meningkat. Tentu saja kedua risiko tersebut sangat berbahaya karena jantung akan terbebani.

3.   Meredakan Stres

Hikmah yang berikutnya adalah stres yang mereda karena adanya peningkatan mood dan kualitas hidup. Bukan hanya itu, hati yang tenang juga mampu meningkatkan regulasi emosional, memori kerja, serta ketahanan terhadap berbagai gangguan.

4.   Tubuh yang Sehat

Saat merasa kewalahan, tertekan, atau panik, maka tubuh akan menganggap semua fungsi ‘tidak penting’. Untuk menghindari hal tersebut, maka hati dan pikiran yang tenang benar-benar dibutuhkan, agar sistem di dalam tubuh bisa tetap bekerja sebagaimana mestinya.

5.   Mencegah Berbagai Penyakit

Hikmah lain yang akan didapatkan dari hati yang tenang, yakni dapat mencegah tubuh terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya. Beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh secara fisik akan adanya hati yang tenang seperti:

  • Mengurangi gejala IBS (irritable bowel syndrome).
  • Meringankan gejala arthritis.
  • Peningkatan fokus.
  • Peningkatan kekebalan tubuh.
  • Peningkatan kesuburan.
  • Peradangan yang menurun.

Jika selalu memanjatkan doa agar hati tenang serta melakukan amalan-amalan yang mampu menenangkan hati, maka semua manfaat positif akan bisa dirasakan. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk melakukannya secara rutin agar diri tetap tenang, sehat, dan terhindar dari penyakit.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.