10 Persiapan Masuk Sekolah, Orang Tua Wajib Tahu!

Apa saja persiapan masuk sekolah? Sahabat yang akan masuk ke sekolah baru, mungkin akan bertanya-tanya terkait hal ini.

Atau justru Sahabat merupakan orang tua baru dan ingin menyiapkan sekolah anak? Memang, banyak hal yang harus disiapkan sebelum masuk sekolah.

Baik orang tua dan anak perlu mengetahui hal ini agar tidak shock dan bisa lebih siap dalam menghadapi proses belajar di sekolah.

Lantas, apa saja persiapan masuk sekolah yang harus dilakukan? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Persiapan Masuk Sekolah

Setelah libur panjang usai, masuk sekolah memang terasa sedikit berat. Wajar! Pasalnya, di waktu liburan, tubuh sudah terbiasa diajak bermain dan bersantai.

Nah, jika Sahabat tidak membantu si kecil mempersiapkan diri untuk kembali ke sekolah, maka sekolah akan terasa semakin berat.

Maka dari itu, yuk lakukan beberapa tips persiapan masuk sekolah berikut ini:

1. Siapkan Mental

Persiapan masuk sekolah yang paling utama, yaitu siapkan mental. Tunggu, jangan salah paham terkait persiapan satu ini, ya!

Maksudnya, Sahabat perlu menyiapkan mental si kecil agar siap belajar di sekolah setelah libur panjang.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, liburan panjang membuat tubuh terbiasa bersantai. Jadi, untuk kembali ke sekolah diperlukan dorongan lebih.

Pertanyaannya, bagaimana cara mempersiapkan mental untuk anak? Pertama, beri tahu anak bahwa sebentar lagi akan masuk sekolah.

Kedua, ajak ia membuat rutinitas baru, mulai dari bangun pagi, belajar bersama, dan seterusnya. Dengan begitu, anak tidak akan kesulitan bangun pagi saat sekolah.

Di sisi lain, Sahabat sebagai orang tua juga perlu tegas kepada anak, agar anak bisa disiplin.

2. Siapkan Fisik

Selain mental, penting juga untuk mempersiapkan fisik sang buah hati. Persiapan fisik dimaksudkan untuk menjaga kondisi anak agar tetap fit menjelang masuk sekolah.

Jangan sampai, anak malah demam di hari pertama ia masuk sekolah. Nah, adapun cara melakukan persiapan ini, yaitu ajak anak olahraga, usahakan makan makanan bergizi, dan minum vitamin.

3. Lengkapi Alat Sekolah

Persiapan masuk sekolah yang tidak kalah penting adalah lengkapi peralatan sekolah anak, mulai dari buku, alat tulis, sepatu, dan tas.

Semua peralatan tersebut digunakan untuk menunjang kelancaran proses belajar anak di sekolah. Jadi, jangan sampai ada perlengkapan yang terlewat, ya!

Sebagai upaya untuk mendorong motivasi belajar anak, Sahabat bisa membeli peralatan sekolah yang lucu dan unik.

4. Kenalkan ke Lingkungan Sekolah

Beradaptasi di lingkungan baru bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk anak-anak. Sehubungan dengan itu, persiapan masuk sekolah yang perlu dilakukan, yaitu kenalkan anak pada lingkungan sekolah.

Bagaimana caranya? Soal ini, Sahabat bisa mengajak anak untuk survei dan melihat-lihat lingkungan sekolah.

Lebih dari itu, Sahabat juga bisa menceritakan kepada anak terkait apa saja yang akan dipelajari, dan ia akan bertemu siapa saja di sekolah.

5. Buat Jadwal Sekolah

Sebelum masuk sekolah, pastikan anak sudah memiliki jadwal belajar. Mungkin, jadwal pelajaran di sekolah baru akan didapatkan saat anak masuk kelas.

Namun, jadwal dan rencana belajar di luar sekolah bisa dirancang sebelum anak masuk sekolah.

Upaya persiapan ini dilakukan agar jadwal anak terorganisir dan mereka tahu apa saja kegiatan yang akan mereka lakukan.

Nanti, setelah jadwal pelajaran sudah keluar, Sahabat bisa menyesuaikan rencana belajar dengan jadwal tersebut.

Baca juga:   Ini Estimasi Biaya Masuk Sekolah SD Negeri & Swasta, Siapkan!

6. Mulai Cari Bimbingan Belajar

Untuk meningkatkan kemampuan akademis anak, persiapan masuk sekolah yang perlu dilakukan, yaitu mencari bimbingan belajar.

Carilah lembaga bimbingan belajar yang cocok dengan cara belajar anak, sehingga proses belajarnya bisa efektif.

Perlu diingat, sebelum mendaftar ke bimbingan belajar, usahakan untuk meminta pendapat anak. Pastikan ia mau dan nyaman belajar di lembaga tersebut.

Jika ternyata anak tidak mau, usahakan untuk tidak memaksanya. Sebagai gantinya, Sahabat bisa menawarkan untuk belajar private di rumah.

7. Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup adalah salah satu upaya persiapan masuk sekolah yang perlu diperhatikan. Jangan sampai, anak malah begadang, ya!

Usahakan anak tidur lebih awal, agar keesokan harinya bisa bangun pagi. Lebih dari itu, tidur lebih awal bisa membuat badan lebih fresh dan tidak mengantuk saat belajar.

Itulah dia beberapa persiapan masuk sekolah yang perlu dilakukan oleh orang tua dan si kecil yang akan kembali ke sekolah.

Meski di hari pertama sekolah tidak banyak kegiatan yang dilakukan, persiapan masuk sekolah, terutama persiapan mental dan alat sekolah, setidaknya bisa membuat anak lebih siap belajar.

Jika kedua hal tersebut tidak terpenuhi, anak akan kesulitan untuk beradaptasi dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah.

Nah, tahukah Sahabat, di luar sana ternyata masih ada lho, adik-adik yatim yang kesulitan dalam melakukan persiapan sekolah dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sekolah.

Alhasil, mereka tidak bisa fokus mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Hal ini sangat disayangkan, karena mereka seharusnya bisa belajar dengan nyaman.

Maka dari itu, yuk bantu adik-adik yatim dan dhuafa memenuhi kebutuhan sekolah dengan cara bersedekah melalui program Alat Sekolah Ceria (ASA) yang diinisiasi Yatim Mandiri.

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang bergerak dalam pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF).

Tak hanya itu, Yatim Mandiri juga mengelola dana umat untuk program pemberdayaan dan bantuan untuk anak yatim, lansia, dan dhuafa.

Jangan lewatkan pahala menyantuni anak yatim, yuk ulurkan tangan dan bantu mereka sekarang juga!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top