10 Peran Ayah dalam Keluarga Menurut Islam, Simak Disini!

Apa saja peran ayah dalam keluarga menurut Islam? Beberapa di antaranya, yaitu memberi nafkah dan melindungi keluarga. Lengkapnya di sini!

Peran ayah dalam keluarga menurut Islam tidak hanya sebagai pencari nafkah tetapi juga sebagai pilar utama dalam mendukung fondasi spiritual dan emosional. 

Di sisi lain, sebagai pemimpin keluarga, ayah memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi teladan yang baik bagi istri dan anak-anaknya.

Sehubungan dengan ini, Islam sendiri menganjurkan seorang ayah untuk memberikan contoh sikap dan sifat yang sesuai dengan nilai-nilai keimanan dan moral sosial.

Selengkapnya, mari simak peran ayah dalam keluarga menurut Islam di artikel berikut ini. Baca sampai selesai, ya!

Peran Ayah dalam Keluarga Menurut Islam

Membangun keluarga bukanlah perkara yang mudah, sebab peran-peran yang diemban memiliki tanggung jawab yang besar.

Sebagai contoh, seorang ayah bertanggung jawab memberikan penghidupan yang layak untuk keluarga, sementara anak memiliki tanggung jawab untuk berbakti kepada kedua orang tuanya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, peran ayah dalam keluarga tidaklah sedikit. Hal ini penting untuk dipelajari agar sosok ayah dalam keluarga bisa memenuhi tanggung jawabnya.

Tak hanya bagi ayah saja, anak dan istri juga perlu memahami peran-peran ini agar bisa saling menghargai dan menghormati. Lantas apa saja peran ayah dalam keluarga menurut Islam? Ini daftarnya.

1. Menyediakan Pendidikan yang Layak untuk Anak

Peran ayah dalam keluarga yang pertama, yaitu menyediakan pendidikan yang layak untuk anak. Ya, Islam mewajibkan seorang ayah untuk memastikan anaknya mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan berkualitas yang perlu diberikan kepada anak tidak hanya terbatas pada pendidikan formal saja, tapi juga informal yang melibatkan peran orang tua.

Artinya, seorang ayah juga harus turut aktif dalam mendidik anak-anaknya di rumah dan tidak menyerahkan tanggung jawab ini sepenuhnya kepada sekolah atau guru. 

Adapun contoh mendidik anak di rumah, yaitu mengajari anak salat, puasa, dan membaca Al-Qur'an. Nah, yang tidak kalah penting, ayah juga harus mendukung anak-anak dalam meraih prestasi.

2. Memberi Nafkah

Memberi nafkah adalah salah satu peran ayah dalam keluarga menurut Islam yang paling utama.

Ayah bertanggung jawab untuk memastikan kebutuhan pokok keluarga, seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian dapat terpenuhi dengan baik. 

Namun perlu diingat, dalam mencukupi nafkah keluarga, seorang ayah wajib memastikan bahwa rezeki yang didapatkannya halal.

Bekerja dengan jujur dan penuh dedikasi adalah cara untuk memastikan bahwa nafkah yang diberikan kepada keluarga tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan, tetapi juga bisa mendatangkan keberkahan.

3. Menjadi Pelindung Keluarga

Ayah bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan seluruh anggota keluarganya. Peran ini mencakup perlindungan fisik dan mental anggota keluarga.

Untuk menjalankan peran ini, ayah harus selalu siap untuk melindungi keluarganya dari berbagai ancaman, baik yang datang dari luar maupun dari dalam rumah.

Selain itu, peran ayah dalam keluarga menurut Islam adalah harus memastikan bahwa nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan dalam keluarga tetap terjaga. 

Ini termasuk menjaga anak-anak dari pengaruh buruk yang bisa merusak karakter mereka.

4. Menjadi Pemimpin Keluarga

Dalam Islam, ayah dianggap sebagai pemimpin keluarga yang bertanggung jawab atas kesejahteraan seluruh anggota keluarga.

Sebagai pemimpin, ayah harus mampu mengambil keputusan yang bijaksana dan adil, serta mampu mengarahkan keluarganya menuju tujuan yang baik.

Tak hanya itu, ayah juga harus bisa menjadi motivator untuk mendorong anggota keluarganya mencapai potensi terbaik mereka.

Nah, agar bisa menjalankan peran-peran ini dengan maksimal, seorang ayah harus memiliki sifat sabar, bijaksana, adil, dan dapat memahami kebutuhan setiap anggota keluarganya.

5. Mendoakan Anak dan Istri

Peran ayah dalam keluarga menurut Islam berikutnya adalah mendoakan anak dan istrinya. Doa tulus dari seorang ayah dapat menjadi pelindung dan pemberi kekuatan bagi seluruh anggota keluarga.

Selain itu, mendoakan keluarga juga menunjukkan kasih sayang dan perhatian seorang ayah terhadap kesejahteraan anak. Di sisi lain, mendoakan istri juga merupakan bentuk penghormatan dan cinta yang dimiliki.

6. Menjadi Pendamping untuk Anaknya

Menjadi pendamping yang baik bagi anak-anak adalah salah satu peran penting seorang ayah. Dalam Islam, ayah diharapkan untuk selalu hadir dan terlibat dalam memberikan bimbingan, dukungan, dan kasih sayang kepada anak. 

Kehadiran ayah yang aktif dan peduli akan membangun hubungan yang erat dan penuh kepercayaan antara ayah dan anak. 

Maka dari itu, seorang ayah sangat disarankan untuk meluangkan waktu guna bermain, belajar, dan berbicara dengan anak-anaknya. 

Interaksi positif semacam ini dapat membantu anak merasa dihargai dan dicintai, serta memperkuat ikatan emosional di antara mereka. 

7. Mengajarkan Arti Islam kepada Anak

Mengajarkan arti Islam kepada anak adalah salah satu kewajiban utama seorang ayah dalam keluarga.

Islam mengajarkan bahwa, memberikan pendidikan agama kepada anak harus dimulai sejak dini, dan ayah memiliki peran sentral dalam hal ini. 

Artinya, syah harus aktif dalam mengajarkan anak-anaknya tentang dasar-dasar Islam, seperti rukun iman dan rukun Islam, serta cara menjalankan ibadah dengan benar.

Dengan memberikan pendidikan agama yang baik, ayah membantu anak-anaknya memahami dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

8. Membantu Istri

Membantu istri dalam mengurus rumah tangga adalah salah satu peran penting seorang ayah dalam Islam. 

Islam mengajarkan bahwa suami dan istri harus saling bekerjasama dalam menjalankan tanggung jawab keluarga. 

Dengan membantu istri, ayah menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang, serta menciptakan suasana harmonis di dalam rumah.

Ayah bisa membantu istri dalam berbagai pekerjaan rumah tangga, seperti memasak, membersihkan rumah, atau merawat anak-anak.

9. Berperilaku Adil Terhadap Istri dan Anak

Berperilaku adil terhadap istri dan anak adalah prinsip fundamental dalam Islam yang harus dipegang teguh oleh setiap ayah.

Keadilan ini mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari perhatian dan kasih sayang, hingga pembagian waktu dan sumber daya. 

Ayah yang adil akan memastikan bahwa setiap anggota keluarganya merasa dihargai dan diperlakukan dengan setara.

10. Menjadi Contoh dan Teladan yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka, sehingga ayah yang berperilaku baik dan menjalankan ajaran Islam dengan benar akan memberikan pengaruh positif kepada mereka. 

Maka dari itu seorang ayah harus selalu berusaha menunjukkan integritas, kejujuran, dan kesalehan dalam setiap aspek kehidupannya.

Ayah juga harus menunjukkan etos kerja yang baik dan tanggung jawab dalam pekerjaan maupun tugas-tugas sehari-hari.

Itulah dia sederet peran ayah dalam keluarga menurut Islam. Ternyata, peran ayah sangatlah banyak dan tidak terbatas pada pemenuhan nafkah.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa peran ayah dalam keluarga sangatlah penting, terutama dalam memberikan perlindungan, nafkah, dan pengembangan karakter.

Maka dari itu, Sahabat yang merupakan calon ayah atau sudah menjadi seorang ayah, pahami peran-peran di atas dengan baik ya!

Berbicara soal peran ayah, tidak semua anak bisa merasakan kehadiran dan peran ayah dalam hidupnya. Misalnya saja, adik-adik yatim yang ditinggal ayahnya meninggal di usia dini.

Mereka tentu tidak bisa merasakan peran-peran ayah yang harusnya hadir di kehidupan mereka. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mendapatkan perlindungan fisik, emosional, dan finansial.

Akibatnya, adik-adik yatim yang keluarganya kurang mampu akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Padahal, mendapatkan pendidikan adalah hak bagi semua anak.

Nah, untuk membantu mereka, Sahabat bisa berpartisipasi dalam program Orang Tua Asuh (OTA) yang digalakkan Yatim Mandiri untuk memberikan bantuan pada adik-adik yatim setiap bulan.

Bantuan Sahabat akan sangat berharga bagi mereka dan InsyaAllah akan diberikan pahala yang luar biasa oleh Allah SWT.

Untuk informasi selengkapnya, Sahabat bisa mengunjungi laman donasi Yatim Mandiri atau klik banner dalam artikel ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top