Mudah dan Efektif! Ini 10 Cara Mengatasi Anak Malas Mengaji

Si kecil malas mengaji dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Gampang, ada 10 cara mengatasi anak malas mengaji. Simak di artikel ini!

Setiap orang tua Muslim pasti ingin anak mereka pandai mengaji. Namun, anak-anak terkadang malas mengaji karena ingin bermain.

Hal tersebut tentu membuat orang tua bingung dan bertanya-tanya, bagaimana cara mengatasi anak malas mengaji?

Mudah saja, beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan, yaitu beri anak motivasi dan selalu apresiasi usahanya untuk mengaji.

Selengkapnya, yuk simak daftar cara mengatasi anak malas mengaji dalam artikel berikut ini! Baca sampai akhir, ya!

Cara Mengatasi Anak Malas Mengaji

Pada beberapa kasus, anak-anak mungkin akan mau mengaji setelah orang tua melakukan satu atau dua cara.

Namun, pada kasus lain, orang tua mungkin perlu mencoba 3 cara atau lebih untuk membujuk anak agar mau mengaji.

Nah, berikut beberapa cara mengatasi anak tidak mau mengaji yang bisa Sahabat praktikkan. 

1. Tanya Alasan Tidak Mau Mengaji

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membujuk anak agar mau mengaji adalah mencari tahu alasan anak tidak mau mengaji.

Dengan mengetahui akar masalahnya, Sahabat dapat memilih metode yang tepat untuk membuat anak kembali bersemangat dalam mengaji.

Tipsnya, pilih waktu yang tepat untuk tanya ke si kecil, sehingga ia tidak merasa sedang diinterogasi.

Pastikan juga suasana hati anak sedang baik, ya!

Selain itu, jangan sampai memarahi anak, cobalah untuk mengajaknya berbicara secara pelan-pelan agar ia tidak tertekan.

2. Hindari Memaksa dan Memarahi Anak

Melihat anak yang tidak mau mengaji terkadang memang bikin geram. Namun, di saat seperti ini jangan mengikuti emosi, ya.

Lebih baik, tahan diri dan bersabar, kemudian nasehati anak pelan-pelan. Pasalnya, memaksa dan memarahi anak justru bisa membuat mereka memberontak.

Maka dari itu, gunakan cara yang lembut untuk membujuk dan mengajak anak agar mau mengaji.

3. Beri Pengertian Tentang Pentingnya Mengaji

Anak mungkin malas mengaji karena tidak tahu manfaatnya. Oleh karena itu, menjelaskan kepada anak tentang pentingnya mengaji dapat menjadi salah satu solusi mengatasi anak malas mengaji

Katakan kepada anak, bahwa mengaji akan memberi mereka pahala besar, petunjuk hidup, dan penyelamat mereka dari api neraka. 

Jelaskan pula, bahwa mengaji adalah bagian dari ibadah wajib dan sama pentingnya dengan salat, puasa, dan zakat. Dengan memahami arti penting mengaji, anak bisa merasa lebih termotivasi untuk mengaji.

4. Buat Kesepakatan Bersama

Ketika anak malas mengaji, orang tua perlu membuat kesepakatan bersama dengan anak, terkait konsekuensi dan reward yang akan diberikan jika ia mau mengaji.

Sebagai contoh, jika si kecil rajin mengaji, maka ia akan mendapatkan reward berupa tambahan screen time selama 30 menit. Sebaliknya, jika ia tidak mau mengaji, maka ia tidak diizinkan bermain gadget selama satu hari.

Kesepakatan semacam ini bisa mendorong si kecil agar mau mengaji dan ia termotivasi untuk mengaji dengan rajin.

5. Atur Jadwal Ngaji Secara Konsisten

Biasanya, rasa malas muncul karena anak tidak memiliki rutinitas mengaji secara konsisten. Sehubungan dengan itu, cara mengatasi anak malas mengaji selanjutnya, yaitu mulai buat jadwal mengaji rutin.

Setelah itu, mulai ajarkan anak untuk membaca Alquran di waktu-waktu yang sudah ditentukan. Secara tidak langsung, cara ini akan membantu anak untuk membagi waktunya antara belajar, bermain, dan mengaji.

6. Selalu Disiplin saat Waktu Mengaji Tiba

Setelah menentukan jadwal mengaji, orang tua harus mendorong anak untuk disiplin menerapkannya. Sayangnya, kedisiplinan ini tidak selalu mudah dibentuk, apalagi pada anak usia dini yang suasana hatinya mudah berubah-ubah.

Untuk itu, Sahabat perlu melakukan beberapa hal agar anak disiplin mengikuti jadwal mengaji. Salah satunya, yaitu dengan menjadi role model.

Artinya, Sahabat juga perlu menerapkan kedisiplinan ke diri sendiri, misalnya disiplin membaca Alquran setiap maghrib ataupun yang lainnya. Diketahui, anak belajar dengan cara meniru contoh orang tuanya.

Jadi selalu usahakan untuk memberi contoh yang baik kepada anak-anak, ya. Di sisi lain, penting juga bagi Sahabat untuk mengamati kondisi anak.

Jika si kecil terlihat lelah setelah sekolah, pastikan untuk menyuruh mereka istirahat agar tidak mengantuk saat mengaji.

7. Biasakan Anak Mendengar Ayat Alquran

Solusi lain untuk mengatasi anak malas mengaji adalah membiasakan anak mendengar ayat Alquran. Memperdengarkan ayat-ayat Alquran kepada anak dapat memberi beberapa dampak positif.

Adapun salah satunya, yaitu membuat anak terbiasa mendengar ayat Alquran dan bisa menggugah keinginan anak untuk membaca Alquran.

Selain itu, murotal Alquran juga dapat membantu mereka menghafal ayat Alquran atau surat-surat pendek dengan lebih mudah.

8. Undang Guru Ngaji ke Rumah

Anak-anak terkadang tidak mau diajar mengaji oleh orang tuanya sendiri. Jika hal tersebut adalah akar masalahnya, Sahabat bisa mengundang guru ngaji ke rumah.

Harapannya, dengan adanya guru ngaji di rumah, anak bisa lebih bersemangat dan disiplin dalam belajar ngaji. Agar dampaknya lebih efektif, pilihlah guru ngaji yang sekiranya cocok dengan karakter anak.

9. Selalu Beri Motivasi

Solusi lain untuk mengatasi anak malas mengaji adalah selalu memberikan motivasi. Pemberian motivasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memberi hadiah jika anak mencapai target mengaji yang telah ditentukan.

Hadiah ini tidak perlu hadiah mahal. Hadiah sederhana, seperti makanan atau minuman favorit, sudah cukup. Selain itu, memotivasi anak juga dapat dilakukan dengan menyediakan dan menciptakan suasana menyenangkan camilan saat mengaji.

10. Beri Apresiasi

Apresiasi dapat membuat anak lebih semangat dalam mengaji. Pemberian apresiasi tidak hanya dalam bentuk hadiah saja. Namun, apresiasi dalam bentuk pujian juga penting diberikan. Oleh karena itu, orang tua harus sesekali memuji kemampuan mengaji anak.

Selain itu, orang tua juga dapat membuat semacam piagam, medali, atau piala jika anak berhasil mencapai target mengaji. Jangan lupa untuk memajang penghargaan tersebut di tempat yang mudah dilihat. Sehingga, anak akan merasa bangga dan lebih bersemangat untuk mengaji.

Tips Agar Belajar Ngaji Menyenangkan untuk Anak

Cara-cara mengatasi anak malas mengaji di atas terlihat sederhana. Namun, pada praktiknya, anak-anak memiliki karakter tersendiri sehingga sebagian cara di atas kurang maksimal dalam meningkatkan semangat anak mengaji. 

Di bawah ini beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk mendorong anak suka mengaji.

  1. Ajak Teman untuk Mengaji Bersama: Anak-anak biasanya akan lebih bersemangat mengaji jika punya teman ngaji. Oleh karena itu, orang tua dapat mengajak teman dekat anak mereka untuk mengaji bersama. Adanya teman pasti membuat ngaji terasa lebih menyenangkan.
  2. Gunakan Media yang Menarik: Metode belajar yang menarik pasti akan membuat anak mau mengaji. Maka dari itu, orang tua sebaiknya menggunakan media yang menarik, contohnya video dan permainan, saat mengajarkan mengaji. 
  3. Membuat Quiz: Beberapa anak mungkin akan merasa lebih tertantang saat diadakan quiz. Sehingga, tidak ada salahnya bagi orang tua untuk sesekali membuat quiz. Quiz ini bisa berupa tebak huruf hijaiah, sambung ayat, dll.
  4. Masukkan Anak ke TPA: Jika berbagai cara tidak dapat membuat anak semangat mengaji di rumah, tidak ada salahnya untuk memasukkan mereka ke TPA. TPA menawarkan suasana belajar yang berbeda. Sehingga, anak mungkin akan lebih tertarik untuk ngaji.

Cara mengatasi anak malas mengaji dapat dilakukan melalui metode-metode di atas. Selain itu, Sahabat juga bisa berikhtiar melalui sedekah agar anak menjadi soleh/solehah dan rajin mengaji. Salah satu sedekah yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi Orang Tua Asuh melalui Yatim Mandiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top