Langkah dan Cara Mengajari Anak Cepat Belajar Mengaji

Bagaimana cara agar anak cepat belajar mengaji? Orang tua perlu tahu langkah dan cara yang tepat, agar selain hebat belajar di sekolah anak juga punya bekal akhirat.


Salah satu pelajaran yang penting ditanamkan sejak dini bagi umat muslim adalah mengaji, bukan sekedar bisa membaca Alquran tapi paham maknanya. Dari kecil orang tua bisa menggunakan berbagai cara yang tepat agar anak cepat belajar mengaji, sebagai salah satu bekal untuk di akhirat nanti.

Sama halnya dengan belajar ilmu lainnya, mengaji diawali dengan pemahaman bagaimana membaca huruf hijaiyah kemudian kata per kata. Termasuk panjang dan pendeknya bacaan serta tajwid lainnya, berikut ini beberapa langkah dan cara yang tepat untuk mengajari buah hati tercinta membaca Alquran.

Cara Agar Anak Cepat Belajar Mengaji 

Berbagai cara dapat digunakan untuk membantu anak agar cepat bisa membaca Alquran, delapan diantaranya bisa dipilih. Yang paling penting, peran orang tua sangat penting selama proses belajar berlangsung sampai anak bisa lancar mengaji.

1.    Beri Pemahaman Pentingnya Baca Alquran

Beri Pemahaman Pentingnya Baca Alquran

Sebelum belajar langkah yang perlu dilakukan agar anak cepat belajar mengaji adalah memberikan pemahaman pentingnya bisa membaca Alquran. Bukan saja untuk saat ini, namun juga untuk masa depan dan menjadi amal di akhirat.

2.    Belajar Lagu Huruf Hijaiyah 

Untuk usia balita sudah bisa diajarkan perlahan-lahan dengan mendengarkan lagu huruf hijaiyah. Mereka bisa mendengarkan setiap hari sampai hafal, sehingga mereka jadi familiar dengan huruf-huruf tersebut.

Setelah itu, beri kesempatan anak menyanyikan lagu tersebut sambil memperlihatkan bentuk-bentuk hurufnya. Agar lebih mudah diingat saat belajar mengaji nanti. Langkah ini, butuh proses karena sangat tergantung pada usia dan suasana hati anak. Tidak perlu dipaksa karena akan membuat anak tidak nyaman.

3.    Ajarkan Huruf dan Bentuk Hurufnya

Mengajarkan huruf bisa dengan memperlihatkan bentuk huruf dalam ukuran besar, lalu anak bisa mengenali satu persatu sambil melafalkan huruf tersebut. Dimulai dari huruf Alif, perlihatkan bentuknya dan suruh anak mengikuti pelafalannya.

4.    Aplikasi Latihan Baca Alquran

Jika anak sudah paham huruf, bisa dilanjutkan dengan mengajarkan kosa kata bahasa arab. Cara mudahnya dengan membeli buku Iqro, ajarkan dengan sabar kata demi kata dan tajwidnya. Supaya anak mulai terbiasa membaca dengan baik.

Untuk langkah agar anak cepat belajar mengaji ini bisa diterapkan ketika anak sudah berusia empat tahun ke atas.

5.    Dampingi Anak Belajar

Dampingi Anak Belajar (1)

Jangan lupa untuk selalu mendampingi anak saat belajar, tunjukkan yang benar ketika mereka salah. Baik saat menghafal huruf, kata, tajwid, dan lainnya. Untuk bisa mendampinginya, orang tua tentu juga harus sudah paham dan bisa membaca Alquran dengan lancar.

Jika seandainya orang tua masih belum mampu mengajarkan dengan baik, menyewa guru mengaji adalah solusi berikutnya namun sebaiknya tetap didampingi.

6.    Sediakan Fasilitas Belajar yang Lengkap

Saat belajar mengaji, anak akan sangat membutuhkan fasilitas penunjang yang tepat. seperti meja dan tempat membaca Alquran, pensil khusus untuk menunjuk huruf dan kata yang dibaca. Supaya lebih mudah ketimbang mengingat-ingat ayat mana yang sedang dibaca.

7.    Pakai Media Pendukung

Media yang dimaksud bisa berupa ruangan yang menyenangkan, kemudian alat timer mengaji. Supaya anak lebih fokus dan bisa mengejar target belajar mengaji sampai bisa. 

Selain itu, bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa diunduh melalui platform resmi seperti Google Play Store untuk pengguna perangkat Android atau App Store untuk pengguna Apple.

8.    Membaca Alquran Bersama

Kalau anak sudah cukup lancar mengaji, bisa dilanjutkan belajar cepat dengan mengaji bersama. Misalnya setelah shalat subuh atau shalat magrib, siapkan waktu mengaji bersama secara bergiliran.

Orang tua membaca beberapa ayat di salah satu surat, kemudian dilanjutkan oleh anak beberapa ayat lagi. Ini akan menjadi quality time tersendiri dan momen belajar yang menyenangkan.

9.     Jadikan Rutinitas Setiap Hari

Jadikan Rutinitas Setiap Hari

Pastikan anak untuk selalu upgrade pelajaran mengajinya setiap hari, sehingga dijadikan sebuah rutinitas yang tidak hanya berguna untuk membuat anak fasih baca Alquran. Juga untuk mengumpulkan pahala yang akan dibawa setelah meninggal nanti.

10.    Menghargai Setiap Pencapaian Anak

Pada setiap proses belajar mengaji yang dilakukan anak, berikan apresiasi untuk mereka. Supaya semangat semakin tinggi agar segera bisa baca Alquran. Bisa lewat ungkapan bangga, pelukan, atau sedikit hadiah spesial ketika anak sudah lancar mengaji.

Tidak ada ruginya membuat sejak anak cepat belajar mengaji dini, apalagi banyak cara bisa dipakai untuk mewujudkannya. Bagi orang tua, jangan lupa untuk selalu ada dalam proses belajar tersebut sebagai bentuk motivasi untuk mereka.

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.