5 Keuntungan Investasi Tanah, Begini Tips Suksesnya!

Salah satu keuntungan investasi tanah adalah tidak membutuhkan banyak perawatan. Cari tahu keuntungan lainnya dalam artikel ini!


Investasi tanah merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang yang memberikan banyak keuntungan bagi investor.

Dikatakan investasi jangka panjang karena instrumen ini baru memberikan hasil yang signifikan setelah beberapa waktu berlalu.

Selengkapnya, ketahui keuntungan investasi tanah dalam artikel berikut ini!

Keuntungan Investasi Tanah

Secara umum, Islam tidak secara gamblang mengajarkan investasi. Namun, investasi dalam Islam adalah boleh dengan catatan tetap mengikuti syariat.

Nah, salah satu produk investasi yang diperbolehkan, yaitu properti, termasuk tanah. Pertanyaannya, apakah investasi tanah menguntungkan? Diketahui, ada beberapa keuntungan investasi tanah, yaitu:

1.   Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Pertama, keuntungan investasi tanah adalah tidak membutuhkan banyak perawatan. Maka dari itu, ada banyak orang yang mengatakan bahwa investasi tanah cocok untuk seseorang yang menyukai hal praktis.

Hal ini juga berlaku untuk investasi tanah bangunan ataupun investasi tanah kebun. Keduanya tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan tergolong cukup mudah. Dengan demikian, investor tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan.

2.   Harganya Selalu Naik

Tentu semua orang ingin memilih dan melakukan aktivitas investasi yang harganya selalu naik. Dalam hal ini, tanah menjadi salah satu opsi produk yang harganya selalu naik setiap tahun.

Maka dari itu, investasi tanah juga sering dianggap sebagai jenis investasi yang tidak terpengaruh oleh inflasi. 

Kenaikan harga tanah ini tidak main-main, bahkan bisa mencapai 100-200%. Jadi, tidak perlu takut akan mengalami kerugian saat melakukan investasi ini.

3.   Minim Risiko Kehilangan

Berbeda dengan jenis-jenis investasi lainnya, investasi tanah memiliki risiko kehilangan yang minim. Hal ini terjadi karena investasi tanah dilengkapi dengan dokumen legalitas yang dapat membuktikan kepemilikan tanah.

Dengan adanya dokumen legalitas ini, orang lain tidak bisa menyerobot maupun mengakui kepemilikan tanah tersebut. 

Nah inilah yang menjadi salah satu keuntungan investasi tanah dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.

4.   Bisa Digunakan untuk Kegiatan Produktif

Keuntungan investasi tanah selanjutnya adalah bisa digunakan untuk kegiatan produktif. Hal ini sering dilakukan oleh para investor yang menunggu kenaikan harga tanah.

Namun, perlu diingat, apabila tanah yang dimiliki sudah mencapai nisab zakat tanah, yakni setara dengan 85 gram emas, pemilik lahan diwajibkan untuk menunaikan zakat. 

Dengan begitu, keuntungan yang bisa didapatkan tidak hanya bisa dilihat dari segi finansial, tapi juga pahala yang berlimpah.

5.   Permintaan akan Tanah Tinggi

Tanah merupakan kebutuhan bagi banyak orang. Hal ini membuat jumlah permintaannya terus meningkat di setiap waktu. 

Jika dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi yang lainnya, tanah bisa dikatakan sebagai instrumen yang pernah redup popularitasnya.

Kekurangan Investasi Tanah

Tak dapat dipungkiri keuntungan investasi tanah sangatlah banyak. Namun, instrumen investasi ini juga memiliki sejumlah kekurangan.

Di mana kekurangan ini perlu dipertimbangkan, sehingga investor tidak salah mengambil keputusan. Lantas apa saja kekurangan investasi tanah? Berikut penjelasannya:

1.   Tidak Memberikan Profit secara Rutin

Salah satu kekurangan dari investasi tanah adalah tidak dapat memberikan profit secara rutin seperti bayangan beberapa investor pemula. 

Maka dari itu, investasi tanah tidak bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tetap. Namun, beberapa tahun ke depan investasi ini bisa memberikan profit yang besar.

2.   Harga yang Anda Dapatkan Dipengaruhi Lokasi

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari investasi tanah, para investor harus mencari lokasi tanah yang paling strategis. 

Semakin strategis lokasi tanah yang dimiliki, semakin besar imbal hasil yang akan diperoleh. Kendati demikian, tidak semua orang mampu membeli tanah di lokasi yang strategis.

Pasalnya, harga tanah di lokasi yang strategis cenderung jauh lebih tinggi dibanding lokasi tanah yang biasa-biasa saja.

3.   Membutuhkan Dana Awal yang Besar

Salah satu keuntungan investasi tanah memang mampu mendatangkan profit yang besar di beberapa tahun ke depan. 

Namun, untuk memulai jenis investasi ini, investor harus menyiapkan dana awal yang cukup besar, karena harga tanah tidaklah murah.

4.   Susah Dicairkan

Jumlah permintaan tanah memang terus meningkat di setiap tahun, tapi hal ini tidak membuat investasi tanah mudah dicairkan kapan saja. 

Sebab, imbal hasil investasi tanah baru bisa dirasakan setelah tanah tersebut terjual ke pihak lain.

Apabila tanah yang diinvestasikan belum terjual, maka imbal hasil tersebut belum bisa Anda dapatkan. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Investasi Tanah

Selain mempertimbangkan kekurangannya, Sahabat juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan investasi tanah.

Jangan sampai, Sahabat tergiur dengan keuntungan investasi tanah, sehingga kurang hati-hati dalam bertransaksi.

Agar investasi tanah bisa dilakukan dengan aman dan bisa memberikan banyak keuntungan, Sahabat bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1.   Ukuran dan Bentuk

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan investasi tanah adalah ukuran dan bentuknya. 

Para investor di bidang ini harus tahu bahwa tanah yang ukurannya besar cenderung lebih lama untuk terjual.

Contoh lain, tanah di lokasi tebing yang agak miring biasanya memiliki harga jual yang murah dan susah terjual karena tanahnya susah dikembangkan.

2.   Lokasi

Lokasi menjadi salah satu hal yang memengaruhi keberhasilan investasi tanah. Umumnya, tanah yang terletak di dekat kota besar lebih banyak diminati dan harga jualnya cukup tinggi.

Sebaliknya, tanah yang terletak di tempat terpencil dan rawan bencana biasanya memiliki harga jual lebih murah.

3.   Sejarah Tanah

Tak sedikit orang yang tergiur dengan tanah murah di area pusat kota karena memiliki potensi keuntungan tinggi. 

Sayangnya, hal ini kerap menjebak para investor untuk segera membelinya tanpa memeriksa sejarah tanahnya terlebih dahulu.

Jadi, sebelum membeli, pastikan sejarah tanah yang bagus dan tidak ada riwayat sengketa atau semacamnya. Selain itu, pastikan tanah tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

4.   Infrastruktur

Semakin lengkap fasilitas umum yang tersedia di sekitar lokasi tanah tersebut, maka nilai jualnya akan semakin tinggi. 

Maka dari itu, sebelum membeli tanah di suatu daerah, perhatikan lingkungan sekitarnya apakah sudah ada fasilitas air dan listrik yang lengkap.

5.   Kondisi Finansial

Investasi tanah kurang cocok untuk orang-orang yang ingin berinvestasi untuk mendapatkan imbal hasil dengan cepat. 

Pasalnya, keuntungan investasi tanah baru bisa didapatkan setelah beberapa tahun berlalu. Jadi, sebelum memutuskan untuk investasi tanah, pastikan kondisi finansial aman, ya.

Tips Investasi Tanah agar Sukses

Semua orang tentu ingin mendapatkan keuntungan investasi tanah yang besar. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana caranya. Sehubungan dengan itu, berikut beberapa tips investasi tanah agar aman dan untung:

  1. Cek kelengkapan berkas legalitas tanah yang akan diinvestasikan.
  2. Pilih lokasi tanah yang strategis untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih besar.
  3. Riset harga sebelum bertransaksi, agar tidak mengalami kerugian saat melakukannya.
  4. Gunakan tanah untuk kegiatan produktif, agar bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut.

Itulah daftar keuntungan investasi tanah. Jadi, jika Sahabat bertanya apakah investasi tanah menguntungkan? Jawabannya adalah iya.

Namun, tak dapat dipungkiri, investasi tanah memiliki kekurangan tersendiri dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Misalnya, sebelum melakukan transaksi, pastikan ukuran, lokasi, dan legalitasnya lengkap. Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti aturan jual beli dalam Islam agar transaksi yang dilakukan sah.

Dalam praktiknya, tanah yang sudah dibeli bisa disewakan atau digunakan untuk melakukan kegiatan produktif lainnya guna mendapatkan keuntungan.

Namun, perlu diingat, tanah yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan dan telah memenuhi nisab, harus dizakati. 

Sahabat bisa menghitung zakat tanah menggunakan kalkulator zakat di Yatim Mandiri. Bahkan, Sahabat juga bisa membayar zakat tanah dengan mudah dan aman di Yatim Mandiri.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.