Kurban Kambing Sendirian atau Patungan 1/7 Sapi? Utama Mana?

Banyak umat Islam yang ingin berkurban merasa resah, apakah perlu kurban kambing sendirian atau patungan 1/7 sapi? Bagaimana hukumnya?

Apakah Sahabat ingin berkurban namun bingung, lebih baik kurban kambing sendirian atau patungan 1/7 sapi?

Tak dapat dipungkiri, menjelang bulan Dzulhijjah seperti ini, pasti banyak pertanyaan yang muncul mengenai kurban, terutama tentang ketentuan kurban yang benar.

Banyak juga yang bingung, sebaiknya kurban dengan hewan apa ya? Sebaiknya kurban sendiri atau patungan? Bagaimana hukum kurban jika patungan? Dan kurban seperti apa yang lebih baik?

Nah, untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, mari simak artikel berikut ini sampai habis!

Daftar Hewan untuk Kurban

Dalam Islam, tidak semua hewan bisa digunakan untuk kurban. Syariat telah mengatur syarat hewan kurban yang perlu diperhatikan.

Salah satu syarat tersebut, yaitu hewan yang digunakan untuk kurban adalah hewan ternak. Namun, tidak semua hewan ternak bisa dikurbankan, ya. Adapun hewan ternak yang bisa digunakan sebagai hewan kurban adalah sebagai berikut:

1. Unta

Di beberapa negara muslim di Timur Tengah, unta sering digunakan sebagai hewan kurban. Unta yang bisa dijadikan hewan kurban adalah yang berusianya 5 tahun paling minimal. Namun, karena di Indonesia tidak ada unta, maka hewan yang sering digunakan adalah sapi atau kambing.

2. Kambing atau Domba

Kambing adalah hewan kurban yang sangat umum dijumpai dalam pelaksanaan ibadah kurban. Kambing memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan sapi sehingga lebih mudah dalam proses penyembelihan dan distribusi dagingnya.

Selain itu, kambing umumnya lebih terjangkau bagi sebagian besar masyarakat. Sementara domba memiliki ukuran yang lebih kecil daripada kambing. Hewan ini juga bisa digunakan untuk kurban.

3. Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan kurban yang paling umum dan sering dijadikan pilihan dalam pelaksanaan kurban. Sapi memiliki nilai yang tinggi sebagai hewan ternak dan dagingnya bisa diolah menjadi berbagai macam.

Hukum Kurban Patungan

Memilih hewan kurban yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan umat Muslim adalah bagian penting dalam pelaksanaan ibadah kurban. 

Pilihan hewan tersebut harus mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan praktis bagi masyarakat yang akan melaksanakan kurban.

Dalam hal mempertimbangkan aspek ekonomi, umat Muslim harus menyesuaikan kemampuan finansialnya ketika berkurban.

Sebagai contoh, umat Muslim yang memiliki kemampuan finansial lebih, bisa melakukan ibadah kurban dengan menyembelih satu ekor kambing, sapi, atau bahkan unta.

Namun, bagi umat Muslim yang belum mampu kurban satu hewan, bisa melakukan kurban patungan atau kelompok.

Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Ibnu Qudamah dalam kitab al-Mughni, bahwa mayoritas ulama mengizinkan praktik patungan dalam pelaksanaan kurban.

Syaratnya adalah kurban menggunakan sapi, unta ataupun kerbau yang bebas dari penyakit, sehat dan memenuhi syarat lainnya.

Dengan memperhatikan ketentuan ini, jelas bahwa kambing hasil patungan tidak dapat diterima. Begitu pula, dalam konteks kurban sapi, tidak diperbolehkan melibatkan lebih dari tujuh orang dalam satu patungan.

Jadi, jika ingin berkurban kambing, maka boleh selama sendirian. Apabila patungan, maka tidak diterima. Sementara bagi yang hendak kurban sapi, maka diperbolehkan patungan, namun tidak boleh lebih dari 7 orang.

Sementara Imam An-Nawawi juga menuliskan hukum patungan sapi di dalam kitabnya Al-Majmu’. Pendapatnya pun sama dengan Ibnu Qudamah, yaitu boleh, baik patungan dengan orang lain ataupun keluarga,

Perlu diketahui, bahwa pendapat ulama’ memang berbeda-beda, namun pada intinya memperbolehkan untuk patungan sapi 7 orang.

Pertanyaannya, lebih baik kurban kambing sendirian atau patungan 1/7 sapi? Pertanyaan ini akan di jawab di pembahasan selanjutnya. Jadi simak terus!

Kurban Kambing Sendirian atau Patungan 1/7 Sapi?

Ketika mempertimbangkan apakah lebih baik untuk berkurban dengan satu kambing sendirian atau bergabung dalam patungan, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Pelaksanaan kurban dengan satu kambing sendirian dapat menjadi pilihan yang baik bagi individu atau keluarga yang memiliki kemampuan finansial terbatas namun masih ingin melakukan ibadah kurban.

Hukum kurban menurut Imam Syafi’i dan Maliki adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan) kepada mereka yang mampu.

Melaksanakan kurban dengan kambing sendirian sudah memenuhi kewajiban kurban bagi yang mampu dan mendatangkan pahala.

Sementara bergabung dalam patungan untuk menyumbangkan satu bagian dari seekor sapi merupakan alternatif yang baik bagi Sahabat yang ingin berkurban tapi memiliki budget yang terbatas. 

Namun, secara hukum Islam, kurban kambing sendirian atau patungan 1/7 sapi lebih baik mana?

Dalam kedua kasus tersebut, keduanya sama-sama baik. Adapun yang terpenting adalah niat murni untuk melaksanakan ibadah kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Kedua opsi tersebut memiliki keutamaan masing-masing dan dapat dipilih sesuai dengan kemampuan finansial dan tujuan individu Sahabat.

Apapun pilihannya, baik berkurban kambing atau sapi dalam bentuk patungan, tetap yang terpenting adalah keikhlasan dalam beribadah dan semangat untuk berbagi dengan sesama.

Kurban Mudah & Terpercaya di Yatim Mandiri

Menjelang bulan Dzulhijjah atau Hari Raya Idul Adha, mari satukan langkah dalam melaksanakan ibadah kurban dengan memberikan daging kepada mereka yang membutuhkan melalui program kurban Yatim Mandiri.

Berkurban adalah kesempatan emas untuk merasakan kehangatan dan keberkahan dalam berbagi, serta memenuhi kewajiban agama dengan cara yang penuh makna.

Dengan bergabung dalam program kurban Yatim Mandiri, Sahabat tidak hanya memperoleh pahala yang besar, tetapi juga memberikan harapan kepada anak-anak yatim, janda, dan kaum dhuafa lainnya.

Setiap potongan daging yang Sahabat sumbangkan akan menjadi sumber kebahagiaan bagi mereka yang mungkin tidak memiliki akses ke makanan yang cukup di hari raya Idul Adha besok.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan ini untuk menjadi bagian dari perubahan positif dalam kehidupan orang-orang yang sangat membutuhkan. 

Sahabat bisa berkurban melalui platform qurban Yatim Mandiri. Di platform ini tersedia berbagai program kurban yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Sahabat.

Baik kurban kambing sendirian atau patungan 1/7 sapi, Yatim Mandiri akan dengan senang hati membantu proses ibadah kurban Sahabat. Yuk, kurban sekarang!

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top