6 Keutamaan Sabar, Salah Satunya Bisa Menggugurkan Dosa!

Keutamaan sabar adalah bisa menggugurkan dosa dan disukai oleh Allah SWT. Mari intip perintah sabar dan keutaman lainnya di artikel ini!


Sahabat pasti sudah sering mendengar kalimat “orang sabar di sayang Tuhan”. Ya, kalimat ini bisa dikatakan benar.

Sebab, salah satu keutamaan sabar yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui Al Quran adalah disukai oleh Allah SWT. Tak hanya itu, sabar juga bisa menggugurkan dosa-dosa yang sudah diperbuat.

Penjelasan terkait sifat sabar ini juga pernah dijelaskan dalam buku berjudul Sabar dan Syukur yang ditulis dan disusun oleh Ulya Ali Ubaid. 

Di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT selalu memuji serta mencintai hamba-Nya yang sabar dalam menghadapi berbagai masalah dalam hidupnya.

Selengkapnya, mari simak penjelasan tentang keutamaan sabar dalam Islam beserta perintah sabar berikut ini!

Perintah Sabar dalam Islam

Sebelum memahami beberapa keutamaan sabar dalam Islam, umat Muslim wajib mengetahui dan memahami perintahnya terlebih dahulu.

Perintah sabar disampaikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa ada 3 jenis sabar yang dianjurkan untuk dilakukan.

Ketiga jenis sabar tersebut adalah sabar dalam menghadapi musibah, sabar dalam melindungi diri dari berbagai jenis perbuatan maksiat, dan sabar untuk melakukan ibadah yang sesuai ajaran Islam.

Sabar dalam menghadapi musibah bisa diartikan sebagai sikap sabar dalam menghadapi sesuatu yang membuat diri sengsara.

Sementara itu, sabar dalam melindungi diri dari perbuatan maksiat adalah sikap sabar yang membuat orang menyadari bahwa perbuatan maksiat dapat mendatangkan kerugian.

Hal ini berbeda dengan sikap sabar untuk selalu taat dalam melaksanakan ibadah yang sesuai ajaran Islam. 

Sikap sabar yang satu ini merupakan sabar dalam menjalankan ketaatan dan menjauhi segala jenis larangan dari Allah SWT. Perintah sabar ini sesuai dengan arti Q.S Ali Imran ayat 200, yaitu:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اصْبِرُوْا وَصَابِرُوْا وَرَابِطُوْاۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Arti ayat ini adalah “Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah dan kuatkanlah kesabaranmu serta tetaplah bersiap siaga. Bertakwalah kepada Allah SWT agar mendapat berkah dan keberuntungan”.

Keutamaan Sabar untuk Muslim

Tidak hanya disebutkan dalam surat Ali Imran ayat 200 saja, perintah dan keutamaan sabar juga tertulis dalam surat Al Baqarah ayat 153. 

Di dalam surat ini, disebutkan bahwa umat Muslim dianjurkan untuk menjadikan sabar dan shalat sebagai penolongnya di dunia.

Namun, dalam praktiknya, mengimplementasikan sikap sabar bukanlah suatu hal yang mudah. Nah, agar Sahabat bisa semakin termotivasi untuk bersabar, ketahui keutamaan sabar berikut ini:

1. Digugurkan Dosa-Dosanya

Sebenarnya, Allah SWT memberikan banyak kemudahan kepada hamba-Nya yang ingin menggugurkan dosa dan memperbanyak pahalanya. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah bersikap sabar dalam menghadapi berbagai cobaan.

Keutamaan sabar dan syukur ini pernah disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim yang memiliki arti: “Tidaklah seorang Muslim mendapatkan kecemasan, kesedihan, kelelahan, rasa sakit, dan kesusahan, melainkan Allah SWT akan membayarnya dengan menggugurkan dosa-dosanya”.

2. Diberikan Kemenangan

Selain, menggugurkan dosa-dosa yang ada dalam dirinya, keutamaan sabar adalah diberikan kemenangan oleh Allah SWT. 

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa, sabar dapat mendatangkan kemenangan yang diimpikan umat Muslim.

3. Mendapat Pahala yang Luar Biasa

Salah satu tujuan hidup bagi umat Muslim adalah mengumpulkan pahala sebanyak mungkin, agar setelah meninggal dunia nanti mereka bisa hidup nyaman di surga. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh umat Muslim untuk mendapatkan pahala yang berlimpah, salah satunya dengan bersabar. Hadits riwayat Ibnu Abu Ad-Dunya dan Ibnu Jarir Ath-Thabari membahas tentang hal ini. 

Hadist tersebut memiliki arti “Sesungguhnya sabar menghadapi musibah ditulis 300 derajat, sabar dalam melindungi diri dari perbuatan maksiat ditulis 900 derajat, sedangkan sabar untuk taat beribadah adalah 600 derajat”.

4. Dijaga Allah SWT

Dijaga atau dilindungi oleh Allah SWT juga termasuk keutamaan sabar dalam Al Quran. Umat muslim yang menjadi pribadi sabar akan selalu berada di bawah penjagaan Allah SWT di mana pun mereka berada dan apa pun yang sedang mereka lakukan.

Seluruh umat Muslim yang berusaha menjaga diri dan merasa cukup dengan apa yang dimilikinya dapat memperoleh perlindungan yang lebih maksimal dari Allah SWT. Jadi, tidak perlu marah apabila ada satu hal yang tidak berjalan sesuai rencana atau keinginan.

5. Diberi Petunjuk

Dalam menjalani hidup yang penuh lika-liku ini, umat Muslim membutuhkan petunjuk dari Allah SWT. 

Petunjuk tersebut bisa didapatkan dari bersabar dan menjalankan perintah-perintah yang diberikan oleh Allah SWT.

Sebagai contoh, saat sedang dihadapkan dengan masalah dan butuh petunjuk atau solusi, Sahabat bisa terus berikhtiar dan bersabar. 

Setelah itu, serahkan semua urusan kepada Allah SWT dan tawakal. Dengan begitu, InsyaAllah Allah SWT akan memberikan petunjuk dan solusi terbaik.

6. Disukai oleh Allah SWT

Keutamaan bersabar selanjutnya, yaitu disukai oleh Allah SWT. Keutamaan ini pernah disebutkan dalam buku yang berjudul Kenikmatan Taubat: Pintu Menuju Kebahagiaan & Surga karya Syeikh Mutawalli Sya’rawi. 

Orang yang memiliki sikap sabar dikatakan dapat memperoleh cinta dari Allah SWT yang luar biasa.

Tidak hanya itu, salah satu ulama dari Timur Tengah juga pernah menyebutkan bahwa, Allah SWT akan selalu berada di sisi orang-orang sabar.

Inilah kenapa, umat Muslim sangat dianjurkan untuk selalu bersikap sabar dalam menghadapi segala jenis cobaan.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan sabar dalam Islam. Setelah memahami penjelasan di atas, Sahabat pasti tahu bahwasannya memiliki sifat sabar merupakan hal penting.

Sikap sabar dapat mendatangkan banyak pahala dan juga kebaikan. Jadi, usahakan untuk bersabar dalam berbagai keadaan.

Selain bersabar, imbangi keimanan dengan berbuat kebaikan, seperti sedekah dan infak di platform Yatim Mandiri. Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang terpercaya dan amanah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top