Muslim Wajib Tahu! 5 Kumpulan Doa Melakukan Perjalanan

Doa melakukan perjalanan perlu dilafalkan oleh umat Islam untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT dan lantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 


Melakukan perjalanan memang harus dengan rasa kehati-hatian. Namun, jangan lupakan untuk doa melakukan perjalanan sehingga dilindungi oleh Allah SWT selama di perjalanan.

Selain itu, membaca doa akan terasa lebih tenang dan merasa Allah selalu di sisi untuk memberikan perlindungan. 

Apakah sudah mengerti bagaimana doa saat keluar rumah? Doa selama perjalanan? Bahkan, saat di perjalanan ada hal-hal yang wajib untuk diketahui.

Melafalkan doa saat berada di perjalanan adalah amalan yang selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Amalan Doa Melakukan Perjalanan 

Perjalanan akan selalu lancar dan terhindar dari gangguan serta selamat sampai tujuan dengan mengamalkan beberapa doa yang akan dibahas di bawah ini:

1.   Doa Keluar Rumah

Pertama adalah bacaan yang wajib dilakukan adalah bacaan doa keluar rumah. Pastinya doa ini sudah sering dilafalkan sejak kecil sebagai doa wajib sehingga saat melangkahkan kaki keluar dari rumah membaca doa. 

Doa ini adalah doa pertama yang harus dibaca saat hendak bepergian. Untuk bisa melantunkan doa keluar rumah maka bisa melihat lafal doa di bawah ini:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Sangat penting membaca doa keluar rumah saat hendak bepergian. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW agar terhindar dari setan yang mengganggu. Selain itu, setan tidak akan mengganggu sehingga terlindungi karena doa tersebut. 

2.   Doa Agar Terhindar dari Kesulitan dan Bahaya

Kesulitan dan bahaya memang kerap mengintai saat berada di luar rumah. Oleh sebab itu, membaca doa memohon untuk terhindar dari kesulitan dan bahaya pada saat melakukan perjalanan jauh sangat dianjurkan. Amalan ini akan selalu membuat rasa tenang selama perjalanan. 

Lafal dari doa perjalanan jauh sehingga terhindar dari kesulitan dan bahaya yang kerap mengintai, yaitu:

اللهمَّ الطفْ بي في تيسيرِ كلِّ عسيرٍ فإن تيسيرَ كلِّ عسيرٍ عليك يسيرُ وأسألُك اليسرَ والمعافاةَ في الدنيا والآخرةِ

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli ‘asir fa inna taisira kulli ‘asirin ‘alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu’afata fid dunya wal akhirati.

Artinya: “Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat.”

3.   Doa Selamat Berkendara

Menggunakan kendaraan saat hendak bepergian jauh memang cukup membahayakan. Terlebih saat menggunakan kendaraan pribadi yang dikendarai sendiri. Bahkan saat menggunakan kendaraan umum harus tetap hati-hati dan waspada. 

Pada saat melakukan perjalanan dan berada di dalam kendaraan maka ada baiknya untuk membaca doa selamat, seperti di bawah ini:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahil ladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali.”

4.   Doa Melakukan Perjalanan Jauh

Selama perjalanan ada baiknya untuk selalu memanjatkan doa sehingga lebih waspada dan ingat akan pertolongan Allah SWT.

Pada saat berkendara dan akan melakukan perjalanan jauh membaca doa ini akan membuat perasaan lebih tenang dan berserah diri kepada Allah SWT. 

Terlebih jika tidak menyetir kendaraan maka fokus berdoa bisa dilakukan pada saat perjalanan. Ada doa yang bisa dipanjatkan pada saat melakukan perjalanan jauh, yaitu:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waathwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

5.   Doa Saat Istirahat Selama Perjalanan Jauh

Waktu memang tidak terasa saat melakukan perjalanan. Akan tetapi, pada saat istirahat maka tetap bisa berdoa sepanjang waktu. Hal tersebut dimaksudkan untuk bersyukur kepada Allah karena telah diberikan keselamatan sampai dengan tempat istirahat. 

Lantunkan doa pada saat istirahat selama perjalanan jauh, yaitu:

َعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya.”

Pada saat sudah selesai istirahat dan akan melanjutkan perjalanan maka alangkah baiknya untuk selalu membaca doa selama di perjalanan.

Bahkan saat tidak bisa membaca doa maka cukup dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sehingga mendapatkan pertolongannya. 

Manfaat Membaca Shalawat Selama Perjalanan

Doa melakukan perjalanan juga bisa dilakukan dengan melafalkan shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Namun, bisa juga sholawat ini dijadikan sebagai pelengkap setelah melakukan doa-doa yang ditujukan kepada Allah SWT. 

Ada manfaat yang bisa didapatkan saat membaca shalawat selama diperjalanan, seperti:

1.   Mendapatkan Sambutan Shalawat dari Rasulullah

Manfaat yang akan didapatkan saat membaca shalawat nabi adalah bisa mendapatkan sambutan shalawat dari Rasulullah. Nabi sendiri yang akan menyambutnya dan dicatat sebagai 10 kebaikan. Oleh sebab itu, saat melakukan perjalanan maka bisa membaca sholawat. 

Selain mendapatkan pertolongan dari Nabi maka juga akan membaca sambutan dan melakukan kebaikan. Pahala yang didapatkan jadi berlipat ganda. 

2.   Mendapatkan Pahala

Baru saja disinggung bahwa membaca sholawat Nabi akan memberikan pahala bagi orang yang membacanya. Siapa yang tidak ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT?

Barangsiapa yang bershalawat maka pahala yang didapatkan setara dengan membebaskan 10 budak.

Hal tersebut pastinya berada pada dasar Hadis Riwayat Ibnu Abi Ashim. Ganjaran yang didapatkan karena bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW ini berasal dari Allah SWT. 

3.   Mendapatkan Ampunan Dosa

Siapa yang tidak ingin dosa-dosanya diampuni? Keutamaan bershalawat kepada Nabi selama perjalanan adalah diampuni dosa-dosa yang telah lalu dan doa melakukan perjalanan ini bisa dilafalkan terlebih dahulu. Karena bersholawat tidak hanya memberikan pahala saja. 

Bahkan Nabi bersabda bahwa orang-orang yang bershalawat setiap hari selama 3 kali dan setiap malam tiga kali karena cinta Allah, maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya di malam dan hari itu juga.

Hadist riwayat tersebut oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani. 

4.   Memberikan Keberkahan

Sholawat Nabi Muhammad yang dibacakan selama perjalanan maka akan mendapatkan keberkahan.

Orang yang bershalawat untuk Nabi termasuk ke dalam golongan orang-orang yang utama di sisi Allah SWT sehingga keberkahan akan dialirkan oleh Allah SWT. 

Selain keberkahan, kebaikan juga akan selalu mengalir untuknya bahkan bisa diwariskan kepada anak cucunya.

Memang dahsyat manfaat dari sholawat saat perjalanan ini sehingga bisa mendatangkan keberkahan dari apa yang sudah diberikan Allah SWT kepada umatnya. 

5.   Mendapatkan Syafaat Rasulullah

Yang bisa menolong umat Islam adalah syafaat dari Rasulullah. Syafaat sendiri merupakan arti dari pertolongan yang akan diberikan di kehidupan akhirat nantinya. Orang–orang yang beriman akan mendapatkan pertolongan ini. 

Dan orang-orang yang melantunkan sholawat dengan khusyu’ maka akan mendapatkan pertolongan dari Rasulullah SAW lebih mudah.

Namun, hal tersebut juga harus dibarengi dengan sikap baik dan amalan-amalan yang baik seperti sedekah, ilmu manfaat, dan lainnya. 

Tips Melakukan Perjalanan Jauh Berdasarkan Islam

Bagi umat muslim pastinya ingin mendapatkan perjalanan yang menyenangkan dan tentram. Oleh sebab itu, doa melakukan perjalanan tidak boleh ditinggalkan. Akan tetapi, ada hal lain yang bisa dilakukan sehingga hati merasa tentram saat melakukan perjalanan. 

Tips di bawah ini bisa dilakukan sehingga saat bepergian bisa merasa aman dan dalam keadaan yang terbaik. Nah, tipsnya yang bisa dibagikan, seperti:

  1. Membaca doa selama perjalanan sesuai dengan urutan di atas mulai dari keluar rumah dan sebagainya. 
  2. Menggunakan pakaian yang nyaman dan menutup aurat secara sempurna. Pastikan untuk pakaian yang dikenakan bisa menyerap keringat sehingga tidak akan terasa panas saat digunakan dalam perjalanan jauh. 
  3. Wudhu dan menyelesaikan kewajiban sholat terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan sehingga saat di perjalanan tidak akan terasa merasa beban tanggungan sholat. Jika perjalanan jauh maka bisa melakukan sholat jamak dan qashar. 
  4. Senantiasa ingat kepada Allah dan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. 
  5. Membawa barang seperlunya dan meninggalkan barang yang tidak perlu agar bawaan tidak terasa berat selama perjalanan. 
  6. Mengisi perut terlebih dahulu sampai kenyang dan membawa air minum yang mudah dijangkau untuk diambil. 
  7. Melakukan sedekah agar rezeki yang diperoleh menjadi lebih berkah dan memberikan manfaat kepada orang lain. 

Dengan melakukan tips di atas maka perjalanan akan terasa lebih nyaman karena hati tentram. Bahkan, dengan amalan-amalan sunnah maka orang yang sedang melakukan perjalanan akan selalu berada dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT. 

Lakukan amalan seperti doa melakukan perjalanan seperti contoh di atas. Jika kesulitan untuk sedekah maka bisa menggunakan layanan Yayasan Yatim Mandiri.

Sedekah online bisa diberikan dan nantinya akan disalurkan kepada orang yang benar-benar membutuhkan karena layanan ini sangat amanah.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.