Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Islam Sesuai Sunnah

Dalam agama Islam, pergantian tahun memiliki makna spiritual yang mendalam karena berhubungan dengan kehidupan manusia.

Setiap momen berharga dalam tahun Hijriyah, baik awal maupun akhir, menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk mengamalkan doa akhir tahun dan awal tahun.

Menerapkan doa tersebut membuka kesempatan untuk merenung, memohon ampunan, dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

Doa menjadi pintu hati yang terbuka lebar untuk berbicara dengan Allah, menyampaikan harapan, kekhawatiran, serta rasa syukur atas berkah dan nikmat-Nya.

Melalui doa awal tahun, masing-masing umat Muslim diajak untuk mengawali kehidupan dengan keimanan dan harapan yang baru.

Doa ini juga mengajarkan tentang bagaimana pentingnya mengandalkan Allah dalam merencanakan masa depan dan mencari petunjuk-Nya dalam segala hal.

Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

1. Doa Akhir Tahun

Lafadz doa yang dipanjatkan pada akhir tahun terdapat dalam Kitab Al-Jami’ Al Kabir yang merupakan karya dari Imam As-Suyuthi. Doa tersebut akhirnya ditambahkan oleh Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya ke dalam awal bacaan shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Beliau adalah seorang Mufti Batavia yang lahir pada tahun 1822 dan meninggal pada tahun 1914. Berikut ini adalah doa akhir tahun yang disusun oleh oleh Imam Suyuthi.

اَللّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنَيْ عَنْهُ وَ لَمْ تُرُضِهِ وَ نَسِيْتَهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَي عُقُوْبَتِيْ وَ دَعَوْتَنِيْ اِلَي التَّوْبَةِ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيتَكَ اَللّهُمَّ فَاِنِّيْ اسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدتْنِي الثَّوَابَ فَاَسْاَلُكَ اللّهُمَّ يَا ذَا الْجُوْدِ وَالْكَرَمِ اَنْ تَقْبَلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Allahumma maa ‘amiltu fi haadzhis-sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubatii wa da’autanii ilat taubati ba’da jur-atii alaa ma’syiyatika, Allahumma fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtanitsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal judi wal karami an taqabbalallahu minnii wa laa taqtha’ rajaaii minka yaa kariim. wa shallalahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.

Artinya: 

“Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-mu, sedang kami belum bertaubat, padahal engkau tidak melupakannya dan engkau bersabar, yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau sudah mengajak saya untuk bertaubat sesudah saya maksiat. Karena itu ya Allah saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala yang telah saya kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat yang maha pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas pendahulu kami Nabi Muhammad dan ke atas keluarga dan sahabatnya.”

  • Doa Awal Tahun

Selain doa akhir tahun, Imam Suyuthi juga mencantumkan doa untuk awal tahun dalam kitabnya dengan bunyi sebagai berikut.

اَللّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلِ. وَهَذَاعَامٌ جَدْيُدٌ قَدْ أَقْبَل. أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مَنَ الشْيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وِالْعَوْنَ عَلَى هَذه النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالْاشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

Arab Latin: Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa ‘alaa fadhlikal-‘azhimi wujuudikal-mu’awwal. Wa haadzaa ‘aamun jadiidun qad aqbal. Nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal’auna ‘alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.”

Artinya: 

“Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.”

Keutamaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Doa akhir tahun dan awal tahun menjadi refleksi dari perjalanan hidup selama setahun penuh. Saat momen ini tiba, umat Muslim akan menyelami hati dan mengintrospeksi diri, merenungkan nikmat dan ujian yang telah mereka alami seperti keutamaannya berikut ini.

1. Keutamaan Doa Akhir Tahun

  • Menyadari Perjalanan Hidup yang Telah Dilalui

Doa akhir tahun membantu umat Muslim untuk merenungkan perjalanan hidup dalam setahun terakhir, mengingat nikmat dan ujian yang telah diterima. Dengan begitu, Anda dapat melakukan introspeksi diri untuk menjadi lebih baik pada tahun berikutnya.

  • Mensyukuri Nikmat Allah SWT

Melalui doa akhir tahun, umat Muslim diajarkan untuk bersyukur atas segala rahmat yang Allah berikan selama setahun tersebut, termasuk nikmat kesehatan, rezeki, keluarga, dan lainnya.

Hal ini mengingatkan Anda bahwa nikmat Allah SWT tidak ada batasnya dan terus bertambah bagaikan air mengalir.

  • Kesempatan untuk Memohon Ampunan

Umat Muslim diwajibkan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan berharap agar Allah memberikan berkah dalam setiap langkah kehidupan di tahun berikutnya. 

Apabila sudah memohon ampunan tentunya tingkat keimanan akan bertambah dan makin takut untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. 

  • Percaya dengan Takdir Allah

Berdoa pada akhir tahun tentunya mengingatkan Anda tentang keberlakuan takdir Allah dalam kehidupan, dan kita berserah diri kepada-Nya.

Apa pun keinginan dan harapan yang belum terwujud pada tahun sebelumnya pasti akan dikabulkan Allah SWT di tahun berikutnya seperti takdir yang sudah ditetapkan.

  • Harapan yang Lebih Baik 

Isi dari doa akhir tahun pada umumnya berisi harapan dan permohonan agar tahun berikutnya menjadi lebih baik dalam hal iman, amal, dan keberkahan.

Ini bisa menjadi semangat dan motivasi bagi Anda untuk memperbaiki diri di tahun yang baru dengan semangat yang baru pula.

2. Doa Awal Tahun

  • Memulai Tahun dengan Keimanan 

Mengucapkan doa awal tahun mengingatkan umat Muslim untuk memulai setiap tahun dengan menghadap kepada Allah, mencari keberkahan-Nya, dan meningkatkan iman dan ketaqwaan.

Awal yang baru tentunya harus diawali dengan keimanan yang lebih ditingkatkan dan lebih baik dari sebelumnya.

  • Meminta Rahmat dan Petunjuk

Doa awal tahun berisi tentang permohonan agar Allah memberikan petunjuk, rahmat, dan cahaya dalam menjalani tahun yang baru, sehingga menjadi tahun yang lebih baik dan berkah.

Hendaknya menyambut awal tahun harus dengan teratur dan berdasarkan petunjuk yang didapatkan dari Allah SWT.

  • Sadar dengan Keterbatasan

Sebagai umat Muslim diingatkan tentang keterbatasan mereka sebagai makhluk Allah dan perlunya dukungan serta bimbingan-Nya dalam segala hal melalui doa awal tahun tersebut.

Manusia pastinya mempunyai keterbatasan sehingga butuh pertolongan Allah SWT dalam menjalani kehidupan.

Adanya keterbatasan tersebut menunjukkan bahwa manusia tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya bantuan dan ridho dari Allah SWT. Dengan demikian, berdoa adalah solusi yang paling tepat sehingga Allah SWT dapat mendengar apa yang dibutuhkan dan diinginkan.

  • Memohon Pertolongan dan Perlindungan

Masih berkaitan dengan keterbatasan, manusia butuh pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT karena apa yang akan terjadi semuanya berada dalam kendali Allah.

Untuk itu, umat Muslim dianjurkan agar senantiasa berdoa baik di awal tahun maupun dalam setiap memulai kegiatannya.

  • Kesempatan untuk Memperbaiki Diri

Awal tahun merupakan awal dan momen yang tepat untuk memperbaiki diri agar lebih baik dari tahun sebelumnya.

Supaya niat tersebut berjalan lancar dan sesuai harapan, maka harus diiringi dengan doa awal tahun sehingga Allah SWT akan membantu untuk terus istiqamah dan tahan dengan godaan.

Cara Menerapkan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Agar lebih mudah untuk menerapkan doa akhir tahun dan awal tahun dalam Islam, Anda bisa mengerjakan beberapa langkah praktis di bawah ini.

Berikut adalah panduan untuk menerapkan kedua doa tersebut dengan khusyuk, sungguh-sungguh dan penuh dengan keyakinan.

1. Perbanyak Ibadah dan Persiapkan Diri

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan ibadah sepanjang hari, seperti shalat, dzikir, membaca Al-Quran, dan bersedekah.

Semakin dekat dengan Allah, semakin dalam pula arti doa yang akan diucapkan sehingga kemungkinan dikabulkan juga meningkat.

Dekati malam pergantian tahun dan awal tahun dengan keadaan bersih dan baik. Hindari perbuatan maksiat dan perbaiki hubungan dengan sesama. Bersihkan tubuh dengan mandi dan selalu menjaga kebersihan pakaian serta lingkungan.

2. Yakin Saat Berdoa

Ketika memanjatkan doa, percayalah bahwa Allah Maha Mendengar dan Maha Menjawab doa hamba-Nya yang tulus. Berdoalah dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya.

3. Tafakkur

Refleksikan perjalanan hidup selama setahun terakhir, kemudian renungkan nikmat, ujian, dan pelajaran yang telah diperoleh. Pertimbangkan kebaikan yang dapat ditingkatkan dan kesalahan yang harus diperbaiki. 

Sadar dan akui segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan dan sampaikan pengakuan dan penyesalan tersebut secara tulus kepada Allah agar Allah dapat melihat kesungguhan dalam berdoa.

4. Memohon Ampunan dengan Bertaubat

Dalam mengucapkan doa akhir tahun, mohonlah ampunan dan minta maaf atas segala dosa yang telah dilakukan kepada Allah. Berjanjilah untuk berusaha menjadi lebih baik di tahun yang akan datang.

Lakukan shalat taubat dan mohon ampunan atas semua kesalahan yang dilakukan pada tahun sebelumnya.

Menerapkan doa akhir tahun dan awal tahun pastinya sangat penting agar kehidupan di tahun berikutnya jadi lebih tenang dan mempunyai tingkat keimanan lebih tinggi. Selain berdoa, Anda juga bisa memohon ampunan lewat sedekah melalui platform Yayasan Yatim Mandiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
kurban pop up