Amalan Malam Jumat untuk Pria dan Wanita Terlengkap

malam jumat
sumber gambar: istock

Berbagai amalan malam Jumat yang memiliki banyak syafaat. Berikut beberapa amalan di malam Jumat yang perlu dipahami untuk wanita dan pria.


Dalam agama Islam, malam Jumat merupakan waktu yang istimewa karena ada banyak keutamaan di dalamnya. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk melakukan amalan malam Jumat agar mendapat berbagai syafaat.

Amalan yang sering dilakukan umat muslim ketika menjelang kamis malam adalah melakukan berbagai kegiatan ibadah. Contohnya seperti pergi ke pengajian, tadarus Al Quran, bersholawat, dan kegiatan ibadah lainnya.

Keutamaan Malam Jumat dalam Agama Islam

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa ada berbagai keutamaan pada hari yang istimewa ini. Bahkan umat muslim meyakini bahwa hari Jumat adalah hari terbaik dan paling utama bila dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Hari Jumat merupakan salah satu saksi peristiwa besar dalam Islam yang menandakannya sebagai hari yang begitu istimewa. Malam Jumat termasuk bagian dari hari Jumat sehingga sebagian besar umat muslim melakukan berbagai amalan baik di saat itu.

Pada hari Jumat Nabi Adam sebagai bapak para manusia di bumi diciptakan dan pada hari tersebut juga kiamat akan terjadi. Tentu hal tersebut merupakan beberapa bukti keistimewaan hari Jumat yang patut diimani umat Islam. Rasulullah SAW pun pernah bersabda bahwa:

Hari baik yang paling baik ketika terbitnya matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu saat Adam diciptakan, Adam dimasukkan ke surga, dan kemudian beliau (Adam) dikeluarkan dari surga. Sementara hari kiamat tidaklah terjadi selain pada hari Jumat” (HR. Muslim).

Sesungguhnya Jumat adalah tuannya hari, serta hari yang paling mulia, paling agung disisi Allah SWT” (HR. Ibnu Majah; Hasan).

Dua hadis tersebut menjelaskan tentang bagaimana hari Jumat dianggap sebagai hari istimewa, karena berbagai peristiwa besar Islam terjadi pada hari tersebut. Berikut ini beberapa keutamaan utama hari Jumat yang harus diketahui umat muslim:

  • Menjadi Rajanya Hari

Peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada hari Jumat bukanlah sebuah hal yang kebetulan, Jumat merupakan raja dari segala hari. Hal ini tertulis dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Syafi’i dan Imam Ahmad dari Sa’ad bin Ubadah, berikut hadis tersebut:

سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturahmi. Hari Kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya Kiamat pada hari Jumat.”

Baca juga: Bacaan Lengkap Niat Sholat Qobliyah Subuh, Waktu, dan Tata Cara

  • Menjadi Hari Penghapusan Dosa

Seperti yang tertulis dalam hadis di atas, hari Jumat memiliki kedudukan yang lebih istimewa dari hari-hari lainnya. Itu karena pada hari tersebut Allah akan melipat gandakan pahala bagi orang-orang yang melakukan amal baik.

Tak hanya itu saja, pada hari Jumat Allah SWT juga membuka pintu pengampunan bagi orang-orang yang menjauhi dosa besar dari hari Jumat ke Jumat selanjutnya. Berikut hadis yang menyatakan hal tersebut, Abu Hurairah Rdhiyallahu ‘anhu berkata:

عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: salat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa-dosa yang di antara semua itu, jika dosa-dosa besar dijauhi.” (HR Muslim 233)

 

Amalan Malam Jumat untuk Laki-laki

Meskipun malam Jumat menjadi waktu yang istimewa dan dianjurkan melakukan berbagai amalan. Namun, bukan berarti umat muslim bisa melakukan amalan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Supaya bisa mendapat syafaat yang terbaik sebaiknya lakukan amalan yang sesuai dengan anjuran Rasulullah. Berikut ini beberapa amalan malam Jumat untuk laki-laki yang dianjurkan.

  • Membaca Shalawat Nabi

Membaca shalawat Nabi merupakan amalan yang dianjurkan dilakukan pada malam Jumat. Untuk memuji dan memuliakan Nabi Muhammad SAW yang telah menerangi umat Islam menuju jalan Allah SWT.

Shalawat Nabi boleh dibaca sebanyak-banyaknya selama malam Jumat sebagai bentuk rasa hormat dan syukur atas hadirnya Nabi Muhammad. Syafaat bagi orang-orang yang bershalawat di malam Jumat adalah mendapatkan posisi tempat yang sangat dekat dengan Rasulullah SAW kelak di surga.

Berikut ini hadis yang memperkuat pernyataan syafaat membaca shalawat pada malam Jumat:

Perbanyaklah untuk membaca selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” (HR. Baihaqi; Hasan Lighairihi)

  • Mengamalkan Surat Al Kahfi

Amalan malam Jumat yang disarankan Rasulullah SAW selanjutnya, yaitu membaca Surat Al Kahfi. Tidak hanya pada malam hari, Rasulullah menyarankan umatNya untuk membaca surat ini di hari Jumat secara keseluruhan, baik pagi maupun siang hari.

Syafaat membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat telah dijelaskan dalam pada beberapa hadis berikut ini:

Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dirinya telah diterangi oleh cahaya diantara dua hari Jumat” (HR. An Nasai, Baihaqi dan Al Hakim; Shahih).

Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka terhadap dirinya akan dipancarkan cahaya antara dirinya dan Baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih).

Barang siapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barang siapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha anta, astaghfiruka wa atubbu ilaikh (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untukMu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertobat pada Mu), maka akan dicatat baginya di kertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat” (Abu Sa’id Al Khudri).

  • Memperbanyak Berdoa kepada Allah SWT

Amalan malam Jumat untuk rezeki yaitu dengam memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Tak hanya bershalawat dan membaca surat Al Kahfi, para kaum laki-laki juga bisa memperbanyak doa untuk mendapat rezeki yang lancar.

Seperti yang telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW, hari Jumat adalah hari terbaik maka pada saat itulah waktu yang tepat untuk berdoa. Berikut ini beberapa hadis yang memperkuat pernyataan tersebut:

Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang diminta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.”

Dalam ajaran agama Islam, semua hari adalah waktu yang baik untuk melakukan berbagai kebaikan. Namun, hari Jumat mendapat tempat yang istimewa karena tertulis di dalam Al Quran sebagai hari yang istimewa. 

Maka dari itu, perlakuan hari tersebut sebagai hari yang istimewa dengan menjalankan amalan-amalan baik.

Amalan Malam Jumat untuk Wanita

Tak hanya pria, wanita juga dianjurkan melakukan beberapa amalan baik di hari Jumat. Umat muslim wanita juga perlu memperbanyak amalan untuk mendapat syafaat dan kelancaran dalam berbagai urusan.

Melakukan berbagai kegiatan sunnah di malam Jumat dapat menambah ketakwaan dan memperbanyak pahalanya. Meskipun demikian, bukan berarti wanita boleh melakukan amalan secara sembarangan.

Sebaiknya, lakukan amalan malam Jumat yang sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW agar mendapat pahala dan syafaat dari Allah SWT. Berikut ini beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan wanita di malam Jumat.

  • Memperbanyak Shalawat Nabi

Sama seperti kaum laki-laki, wanita juga dianjurkan membaca shalawat Nabi sebanyak-banyaknya selama malam Jumat. Manfaatkan waktu luang dengan membaca shalawat agar mendapat banyak pahala dan pertolongan dari Rasulullah SAW saat di hari akhir nanti.

Membaca shalawat juga dapat dijadikan sebagai wujud kasih dan syukur atas kehadiran Rasulullah SAW sebagai penuntun umat Islam. Berikut ini beberapa hadis yang menganjurkan membaca shalawat di hari Jumat:

Perbanyaklah selawat kepadaku pada malam dan hari Jumat. Barang siapa yang berselawat kepadaku 1 kali, maka Allah akan berselawat kepadanya 10 kali.” (HR Al-Imam Al-Baihaqi)

Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat.”

Maka perbanyaklah selawat kepadaku di dalamnya, karena selawat kalian akan disampaikan kepadaku.” (H.R. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa’i)

  • Mengamalkan Surat Al Kahfi

Para wanita juga dianjurkan melakukan amalan malam Jumat dengan membaca Surat Al Kahfi. Dengan membaca Surat Al Kahfi di malam Jumat, umat muslim akan disinari cahaya di antara dua hari Jumat, seperti yang telah dijelaskan dalam hadis berikut ini:

Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara 2 Jumat.” (Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

Jika tidak memiliki waktu luang yang cukup, coba bagi bacaan Surat Al Kahfi menjadi beberapa bagian. Contohnya membaca bagian awal selepas salat Magrib, lalu lanjut membacanya selepas salat Isya dan bisa dilanjutkan kembali setelah salat subuh di Jumat paginya.

Amalan membaca Surat Al Kahfi dianjurkan dibaca mulai dari hari Kamis setelah matahari terbenam hingga hari Jumat sampai matahari terbenam. Anjuran ini sesuai dengan penanggalan bulan yang digunakan dalam Islam jadi bagi yang sibuk bisa membacanya di antara waktu tersebut.

  • Memanjatkan Doa

Para wanita dianjurkan memanjatkan doa-doa di hari Jumat, karena hari tersebut merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Berdoa di hari Jumat berpeluang besar dikabulkan oleh Allah karena hari tersebut merupakan waktu yang istimewa.

Panjatkan doa dengan khusyuk dan tulus selepas salat dan membaca Al Quran agar doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini beberapa hadis yang menganjurkan berdoa di malam Jumat dari Abu Hurairah radliallahu’anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu‘alaihi wasallam pernah bersabda:

Pada hari Jumat, ada satu waktu, jika seorang muslim berdoa dan mengharapkan sesuatu pada waktu itu kepada Allah, doanya akan dikabulkan.” (H.R.Bukhori dan Muslim)

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad juga menyatakan bahwa waktu berdoa yang mustajab di hari Jumat adalah setelah salat Ashar, sebagaimana yang telah dijelaskan Rasulullah SAW:

Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut.

Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah Ashar.” (HR. Ahmad)

  • Melaksanakan Shalat Tasbih

Amalan Kamis malam Jumat untuk wanita yang berikutnya adalah melaksanakan shalat tasbih. Shalat tasbih dipercaya memiliki keutamaan yang sangat besar, terutama jika dilakukan pada malam Jumat.

Hal ini sebagaimana yang telah dijelaskan Rasulullah SAW bahwa shalat tasbih disarankan dilaksanakan pada hari Jumat.

Salat tasbih adalah salat yang dilakukan oleh umat Islam dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali. Salat tasbih biasanya dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT agar segala dosa yang diperbuat selama hidup di dunia bisa diampuni.

  • Membersihkan Tubuh

Sebenarnya membersihkan tubuh tidak hanya dilakukan di saat hari Jumat tapi juga di hari-hari lainnya. Namun, pahala dan syafaat merawat dan membersihkan tubuh di hari Jumat akan lebih besar dari hari-hari sebelumnya.

Di dalam Islam kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu, para umat muslim dianjurkan untuk membersihkan diri secara teratur. Tak hanya laki-laki, perempuan juga disarankan untuk mandi, membersihkan rambut dan kuku di hari Jumat.

Jangan lupa membersihkan gigi dengan siwak sesuai anjuran Rasulullah SAW untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  • Bercengkrama dengan Keluarga

Amalan malam Jumat untuk wanita yang terakhir adalah menghabiskan waktu bersama keluarga, terutama suami. Malam Jumat menjadi waktu terbaik untuk memperkuat keharmonisan rumah tangga.

Tak hanya itu, bercengkerama dengan suami, para wanita juga dianjurkan berkumpul dan bersenda gurau dengan anak dan anggota keluarga lainnya. Amalan tersebut sebagaimana Allah SWT berfirman pada Surat Ar Ra’du ayat 23:

“(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya,” (QS. Ar-Ra‘du: 23).

 Salah satu amalan malam Jumat yang perlu dilakukan adalah bersedekah. Bersedekah Jumat akan mendapat pahala berkali-kali lipat dari hari biasa. Siapapun dapat menyalurkan sedekah untuk mendapatkan syafaat dan bekal akhirat dan ini bisa melalui Yayasan Yatim Mandiri yang amanah.

 

sedekah jumat (1)