9 Amalan Bulan Safar yang Pahalanya Besar, Bisa Tolak Bala!

Ternyata, melakukan amalan bulan safar bisa membantu menolak bala. Apa saja amalannya? Yuk cari tahu selengkapnya di artikel berikut ini!

Pada masa Jahiliyah, bulan Safar dianggap sebagai bulan sial. Hal ini lantaran beberapa peristiwa besar dan musibah selalu terjadi pada bulan tersebut.

Namun kenyataannya, anggapan kesialan ini salah besar, justru Rasulullah mengungkapkan bahwa bulan ini istimewa.

Salah satu keistimewaannya adalah ganjaran pahala yang berlipat ganda. Namun tentu saja, untuk mendapatkan pahala tersebut, umat Muslim harus memperbanyak amalan dan ibadah.

Pertanyaannya, apa saja amalan bulan safar yang mendatangkan banyak pahala? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini, ya!

Daftar Amalan Bulan Safar

Setiap bulan dalam kalender Islam memiliki keistimewaan tersendiri. Itulah kenapa, terdapat amalan-amalan khusus yang bisa dilakukan di setiap bulannya, tak terkecuali di bulan Safar ini.

Untuk memperbanyak pahala, Sahabat bisa mengamalkan beberapa amalan bulan safar berikut ini:

1. Perbanyak Dzikir

Amalan bulan safar yang pertama, yaitu memperbanyak dzikir. Seperti diketahui, dzikir merupakan sebuah upaya untuk mengingat Allah SWT dengan hati maupun lisan.

Dengan memperbanyak dzikir, umat Muslim diharapkan bisa lebih mengingat Allah SWT kapan pun dan di mana pun.

Dengan begitu, setiap langkah akan selalu dalam petunjuk Allah SWT. Adapun bacaan dzikir yang bisa dilafalkan di bulan Safar ini, yaitu tasbih, tahmid, serta tahlil.

2. Rutin Salat Sunnah

Amalan bulan Safar selanjutnya, yaitu perbanyak salat sunnah. Memperbanyak salat sunnah dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Dengan begitu, Sahabat bisa menjalani hari dengan tenang. Adapun salat sunnah yang dianjurkan, yaitu salat dhuha, salat tahajud, dan salat istikharah.

Shalat dhuha dilaksanakan pada saat fajar mulai muncul sampai sebelum shalat dhuhur. Sementara tahajjud dilakukan di sepertiga malam setelah tidur.

3. Perbanyak Doa

Di bulan Safar ini, umat Muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Perbanyaklah doa untuk meminta perlindungan, memohon ampunan, dan meminta dijauhkan dari mara bahaya.

Pastikan Sahabat berdoa dengan sungguh-sungguh, penuh harap, keikhlasan, dan menerapkan adab saat berdoa.

Dengan begitu, Insyaallah Allah akan segera mengabulkan doa Sahabat dan memberikan rahmat serta karunia-Nya.

4. Membantu Orang

Amalan bulan Safar selanjutnya, yaitu membantu sesama. Bantuan ini tidak terbatas hanya materi saja, tetapi juga bisa diberikan dalam bentuk non-materi. 

Adapun contoh membantu orang lain dalam bentuk non-materi, yaitu membantu menyeberangkan lansia, menjadi relawan, dan lain sebagainya.

Membantu orang lain, khususnya di bulan Safar merupakan sebuah wujud nyata dan kasih sayang terhadap sesama.

Jika amalan ini semakin diperbanyak, maka ganjaran pahala juga semakin banyak.

5. Baca Alquran

Amalan bulan Safar yang tidak boleh ketinggalan, yaitu perbanyak membaca Alquran. Sudah bukan rahasia lagi jika Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat Muslim.

Sebenarnya, membaca Alquran dianjurkan dilakukan setiap hari. Namun, di bulan Safar ini, Sahabat sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran.

Diketahui, membaca setiap huruf dalam Alquran dinilai pahala. Terlebih jika membacanya satu ayat bahkan satu surah.

Pun saat membacanya di bulan Safar, ganjaran pahalanya dipercaya bisa berlipat ganda. Jadi, jangan malas mengaji, ya!

6. Puasa Sunnah

Memperbanyak amalan sunnah adalah salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan ganjaran pahala bulan Safar yang sangat besar.

Nah, salah satu amalan bulan Safar yang paling dianjurkan tentu saja adalah puasa sunnah. Seperti diketahui, puasa sunnah sendiri merupakan sebuah sarana terbaik untuk membersihkan diri dari dosa. 

Dengan puasa, Sahabat bisa belajar melatih kesabaran, kedisiplinan, hingga mengendalikan diri. Adapun puasa sunnah yang bisa dilakukan di bulan Safar antara lain:

a. Puasa sunnah Senin dan Kamis

b. Puasa sunnah Ayyamul Bidh

7. Perbanyak Salat Jamaah di Masjid

Al-Quran sudah menegaskan bahwa sangat dianjurkan bagi seorang Muslim untuk salat berjamaah. Pasalnya, pahala salat berjamaah lebih besar daripada salat sendirian di rumah.

Meski demikian, anjuran ini sangat diutamakan bagi laki-laki. Sementara itu, perempuan sangat dianjurkan salat di rumah di awal waktu.

8. Perbanyak Sedekah dan Donasi

Selanjutnya, amalan bulan Safar yang tidak boleh dilewatkan adalah memperbanyak sedekah. Sedekah ini bisa berupa harta benda mulai dari uang, sembako, barang rumah tangga, dan lainnya.

Nah, tahukah Sahabat, memperbanyak sedekah bisa menolak bala, lho? Hal ini telah dijelaskan dalam hadis riwayat Baihaqi dan Thabrani, yang berisi:

“Bersegeralah untuk bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitan yang kamu lalui dengan sedekah. Bersedekah itu merupakan sesuatu yang ajaib. Sedekah juga menolak hingga 70 macam bala bencana dan yang paling ringan adalah menolak penyakit sopak dan kusta.”

Jadi, jika Sahabat khawatir akan mendapat kesialan di bulan Safar, lebih baik jauhkan pikiran tersebut dan banyaklah bersedekah.

Adapun golongan yang berhak mendapat sedekah adalah orang terdekat. Jika orang terdekat sudah tercukupi, barulah sedekah bisa “naik tingkat” untuk disalurkan pada orang jauh.

Namun agar lebih tepat sasaran, Sahabat bisa menitipkan sedekah atau donasi pada yayasan atau lembaga pengelola zakat, seperti Yatim Mandiri.

Sahabat bisa bersedekah melalui platform donasi Yatim Mandiri kapan pun dan di mana pun. Tinggal pilih programnya, lalu ikuti step-stepnya di aplikasi hingga pembayaran selesai.

9. Membaca Doa Awal Bulan Safar

Saat bulan Safar tiba, jangan lupa untuk menyambutnya dengan doa. Doa bulan Safar ini dilantunkan dengan tujuan memohon keberkahan dan keselamatan dari Allah SWT.

Bacalah doa awal bulan Safar ini setiap selesai salat wajib atau sunnah dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.

Selain untuk meminta keberkahan dan keselamatan, amalan bulan Safar satu ini juga bisa menjadi sarana untuk memohon kemudahan menjalani hidup:

Berikut ini adalah bacaan doa untuk menyambut bulan Safar:


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّ هٰذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ، وَأَسْأَلُكَ بِجَلَالِكَ وَجَلَالِ وَجْهِكَ وَكَمَالِ جَلَالِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِيْ وَوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِيْ وَأَهْلِيْ وَأَحْبَابِيْ وَمَا تُحِيْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِيْ مِنْ شَرِّ هٰذِهِ السَّنَةِ، وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ فِيْهَا، وَاصْرِفْ عَنِّيْ شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ، يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ، وَاخْتِمْ لِيْ فِيْ هٰذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِالسَّلَامَةِ وَالْعَافِيَةِ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِيْ وَلِأَهْلِيْ وَمَا تَحُوْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِيْ وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Itulah sederet amalan bulan Safar yang bisa Sahabat lakukan untuk meminta perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

Ingat ya, semu bulan dalam Islam itu istimewa, maka manfaatkan setiap bulannya untuk memperbanyak ibadah dan memohon ampunan Allah SWT.

Bagi Sahabat yang ingin menerapkan amalan sedekah di bulan Safar, jangan ditunda lagi! Segera lakukan di platform donasi Yatim Mandiri.

Prosesnya mudah, cepat, dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jadi, nggak repot, deh!

Yuk, mulai perbanyak sedekah sekarang juga!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top