Ketahui Batas Waktu Sedekah Subuh, Jangan Sampai Telat!

Kapan waktu sedekah subuh terbaik? Lakukan amalan sedekah subuh setelah shalat subuh mulai pukul 04.00-06.00 WIB sebelum matahari terbit. 

Amalan sedekah subuh sangat dianjurkan bagi semua umat Muslim yang ingin mewujudkan rasa syukur terhadap Allah SWT. Pertanyaannya, kapan kah batas waktu sedekah subuh?

Mengingat waktu salat subuh ada batasnya, tak jarang umat Muslim yang penasaran akan batas waktu untuk sedekah subuh.

Biasanya, perdebatan soal waktu ini berkisar tentang apakah sedekah subuh dilakukan sebelum atau sesudah salat subuh? Dan kapan waktu maksimal sedekah agar bisa dikatakan sedekah subuh?

Nah, untuk menjawab semua kebingungan tersebut, artikel ini akan menjelaskan tentang batas waktu untuk sedekah subuh. Simak, ya!

Batas Waktu Sedekah Subuh

Pada umumnya, sedekah subuh bisa dikerjakan dengan memberi makan fakir miskin, bersedekah kepada orang tua, memasukkan uang ke dalam kotak amal, dan lain-lain.

Intinya, setiap amalan kebaikan yang dilakukan di waktu subuh, maka bisa dinamakan sedekah subuh. 

Namun, kapan waktu terbaik melakukan sedekah subuh? Waktu terbaik melakukan sedekah sebelum terbitnya fajar.

Adapun batas waktu melakukan sedekah subuh sama halnya dengan batas menjalankan shalat subuh.

Setiap memasuki pagi hari sebelum matahari terbit, Allah akan menurunkan 2 malaikat untuk turun ke bumi mengamati setiap tindakan manusia. Salah satu malaikat akan berkata,’Ya Allah, tolong berikanlah karunia orang yang berniat menginfakkan hartanya karena Allah SWT. Malaikat satunya akan memanjatkan doa,’Ya Allah tolong binasakanlah orang-orang yang bakhil tidak pernah membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT“. (HR Bukhari dan Muslim).

Merujuk pada hadist di atas, dapat diketahui bawa sedekah subuh bisa dilakukan di antara pukul 04.00-06.00 WIB.

Sedekah subuh bisa dilaksanakan setelah shalat subuh pukul 04.30 hingga sebelum matahari terbit, kemudian bisa diamalkan rutin paling tidak 40 hari berturut-turut. 

Keutamaan Sedekah Subuh

Berdasarkan pernyataan almarhum Syekh Ali Jaber, sedekah subuh adalah sedekah terbaik yang sangat disukai oleh Rasulullah SAW.

Syekh Ali Jaber juga bersumpah bahwasannya ganjaran sedekah subuh sungguh dahsyat, sehingga mampu mendatangkan manfaat luar biasa dalam kehidupan manusia.

1. Keinginan Terpenuhi

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, waktu sedekah subuh paling utama dilaksanakan setelah menjalankan shalat subuh.

Jika amalan sedekah subuh dilakukan secara rutin, maka bisa mendatangkan kebaikan dalam kehidupan manusia yang mengamalkannya.

Bagi umat Muslim yang memiliki keinginan terpendam, bisa melakukan sedekah subuh setidaknya selama 40 hari berturut-turut.

Amalan sunnah memiliki keutamaan cepat terkabulnya keinginan, mengangkat segala penyakit, dan memudahkan segala urusan manusia selama di dunia. 

2. Menolak Bala

Apa pentingnya amalan sedekah subuh? Selain membuat keinginan cepat terpenuhi, amalan ini diyakini bisa mencegah kesialan selama hidup di dunia.

Sedekah juga bisa mencegah penyakit, bahaya kecelakaan, memberikan perlindungan duniawi, dan menjauhkan manusia dari pintu neraka. 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya setiap naungan umat Islam saat hari kiamat tidak lain berasal dari sedekahnya” (HR. Ahmad Hadis Sahih).

Sedekah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan, namun waktu paling utamanya, yaitu setelah shalat subuh. 

3. Urusan Dimudahkan

Amalan sedekah subuh memiliki keutamaan mendapatkan doa mujarab dari malaikat yang turun ke bumi. Malaikat turut mendoakan orang-orang yang menginfakkan hartanya agar selalu diberikan kemudahan urusan selama di dunia baik dalam hal rezeki materi, pekerjaan, dan lainnya. 

Ya Allah, mohon berkahilah seluruh umatku di waktu pagi hari mereka“. (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan An Nasa’i).

Barang siapa yang menjalankan segala amalan baik mendekati waktu sedekah subuh, akan mendapatkan keutamaan kemudahan dunia akhirat. 

4. Menyucikan Jiwa

Ketika sedekah subuh dilakukan secara tulus dan ikhlas, setiap umat Muslim akan mendapatkan keutamaan berupa kesucian jiwa sekaligus keberkahan harta.

Keutamaan sedekah subuh dapat menyucikan jiwa pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadist riwayat Tirmidzi.

Sesungguhnya amalan sedekah bisa membantu meredamkan amarah Tuhannya, menyucikan setiap jiwa hamba-Nya, dan mencegah setiap manusia dari kematian buruk.” (HR Tirmidzi).

Amal sedekah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang lain, tetapi juga membersihkan hati manusia.

5. Mendatangkan Banyak Berkah

Sedekah merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan karena bisa mendatangkan banyak keberkahan kepada pelakunya.

Dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 261, Allah SWT tentunya menjanjikan akan memberikan keberkahan kepada semua orang yang suka bersedekah. 

Walaupun hanya bersedekah sebutir bulir padi, Allah SWT akan melipat gandakan pahala tiap bulir padi menjadi 100 biji.

Apabila sedekah subuh dilengkapi dengan amal perbuatan shalat dan puasa, umat Muslim akan mendapatkan pahala sekaligus penghapusan dosa selama bertahun-tahun. 

Cara Sedekah Subuh Online di Yatim Mandiri

Memasuki era digital serba praktis, menjalankan sedekah subuh bisa dilakukan dari mana saja, tinggal klik, sedekah Sahabat akan tercatat. Lantas, bagaimana cara sedekah online?

Cara sedekah subuh online sangat mudah. Soal ini, Sahabat bisa sedekah subuh melalui platform Yatim Mandiri.

Di sini, sudah disediakan berbagai program sedekah untuk menampung kebaikan Sahabat di waktu subuh. Lebih lengkapnya, berikut cara dan langkah-langkah sedekah subuh online di Yatim Mandiri:

  1. Masuk ke alamat donasi.yatimmandiri.org
  2. Pilih program yang dikehendaki dengan menggeser layar ke bawah atau mencari program sedekah subuh melalui fitur pencarian
  3. Jika sudah menemukan program yang pas, klik program tersebut
  4. Klik “Donasi Sekarang”
  5. Pilih metode pembayaran
  6. Isi data diri dengan lengkap
  7. Klik “Lanjutkan Pembayaran
  8. Selesaikan pembayaran dengan membayar invoice yang sudah diberikan

Demikian penjelasan dan jawaban mengenai kapan batas waktu sedekah subuh. Jika disimpulkan, batas waktunya, yaitu sebelum terbitnya fajar persis seperti batas waktu salat subuh.

Setelah memahami penjelasan di atas, jangan sampai terlambat sedekah subuh, ya! Soal pelaksanaannya, Sahabat bisa sedekah melalui Yatim Mandiri!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
Pop up sedekah pangan