Sedekah Online Menurut Islam Boleh atau Tidak? Simak Disini

Sedekah online menurut Islam hukumnya boleh dan sah karena tidak ada rukun pertemuan atau akad dengan penerima. Simak penjelasannya di sini!


Islam menganjurkan umat Muslim untuk bersedekah. Kini, kemajuan teknologi membuat sedekah menjadi lebih mudah karena sudah bisa dilakukan secara online. Pertanyaannya, bagaimana hukum sedekah online menurut Islam? 

Sedekah secara online umumnya dilakukan melalui lembaga khusus yang platform pembayaran sedekah. Adanya platform seperti ini  merupakan salah satu bentuk aksi mengikuti kemajuan zaman. 

Hal tersebut membuktikan bahwa Islam selalu bisa beradaptasi dengan perubahan. Tidak bisa dipungkiri, sedekah yang dilakukan secara online memang jauh lebih praktis, fleksibel dan mudah dilakukan. Meski demikian, banyak yang mempertanyakan hukum sedekah online ini.

Nah, untuk mengetahui bagaimana hukum sedekah online, mari simak artikel berikut ini sampai habis!

Hukum Sedekah Online

Singkatnya, sedekah online adalah sedekah yang dilakukan melalui platform daring. Platform online tersebut hanyalah metode yang digunakan untuk membayar sedekah dan tidak ada perubahan apapun pada niatnya.

Di sisi lain, sedekah sendiri dilakukan tanpa harus mengucapkan suatu akad. Cukup niatkan dalam hati dan berikan secara sukarela.

Biasanya, sedekah secara online dibayarkan dalam bentuk uang yang ditransfer ke rekening lembaga yang mengelolanya. Dari uang tersebut, pihak pengelola sedekah akan membelanjakan dalam bentuk barang atau hal lain yang bermanfaat untuk penerima.

Perlu diketahui, dalam amalan sedekah, tidak ada yang menjelaskan adanya rukun yang mengharuskan penyalur bertemu dengan penerima sedekah. Hal ini juga dijelaskan dalam Al-quran tepatnya di surat Al-Baqarah ayat ke 271 berbunyi.

Jadi, dari penjelasan ini, dapat disimpulkan bahwa, hukum sedekah online dalam Islam adalah boleh dan sah dilakukan.

Keuntungan Sedekah Online

Setelah mengetahui hukum sedekah online menurut Islam, penting juga untuk memahami apa saja keuntungannya. Berikut adalah poin-poin penjelasannya: 

1. Fleksibel Dilakukan Dimana dan Kapan Saja

Sedekah secara online ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja hanya dengan bekal media ATM, e-wallet, bahkan m-banking yang sudah terkoneksi dengan internet.

Hal ini membuat siapa saja yang sekiranya tidak punya banyak waktu untuk berkunjung ke yayasan atau masjid. bisa tetap melakukan sedekah dengan mudah. Jadi. sedekah online bisa jadi solusi terbaik untuk siapa saja yang punya kesibukan padat. 

2. Prosesnya Cepat

Saat ingin bersedekah, seseorang mungkin harus melakukan perjalanan menuju ke yayasan, masjid, atau menemui orang lain. Di mana hal ini belum tentu bisa dilakukan dengan mudah, terutama bagi mereka yang memiliki banyak kesibukan.

Nah, dengan sedekah online, hal-hal semacam ini bukan lagi suatu masalah. Proses pembayarannya cepat dan bisa dilakukan kapan saja tanpa memakan banyak waktu.

Hanya dengan sekali tekan kirim dari m-banking atau ATM yang dimiliki, dana sedekah sudah bisa tersalurkan secara aman dan cepat. 

3. Jangkauan Sedekah Lebih Luas

Sedekah yang dilakukan secara online sudah pasti jangkauannya jauh lebih luas. Penyalur sedekah saat ini tidak hanya bisa membayar sedekah dalam domisilinya saja. Bahkan untuk sedekah ke luar negeri pun bisa dilakukan dengan sangat mudah karena metodenya transfer. 

4. Media Cukup Beragam

Pembayaran sedekah online kini tidak hanya dapat dilakukan melalui ATM, tapi  juga menggunakan e-wallet atau dompet digital yang saat ini sangat beragam.

Contoh metode bayar online yang bisa digunakan, yaitu platform donasi online milik Yatim Mandiri. Semua transaksi yang dilakukan di platform ini dijamin aman dan dananya akan disalurkan kepada orang yang berhak menerimanya.

Tips Sedekah Online Dengan Aman

Sedekah online menurut Islam memang tidak ada larangan. Namun, sahabat harus tetap berhati-hati saat akan melakukan sedekah online.

Pasalnya, saat ini banyak juga yang memanfaatkan platform online untuk mengambil keuntungan yang bukan haknya. Untuk itu, simak berikut ini tips aman dalam melakukan sedekah secara online berikut ini:

1. Pastikan Platform atau Lembaga Pengelola Memiliki Legalitas yang Jelas

Tips yang pertama, yaitu cek legalitas lembaga dan platform atau aplikasi yang digunakan. Mengecek legalitas ini sangat penting karena bisa jadi salah satu jaminan keamanan. 

Biasanya, legalitas ini dibuktikan dengan adanya sertifikat resmi atau izin dari lembaga pemerintah yang berwenang. Jika lembaga memiliki izin, maka bisa dikatakan bahwa lembaga tersebut aman.

2. Cek Kelengkapan Informasi Profil Lembaga

Selain legalitas, cek juga bagian informasi profil dari lembaga yang mengelola sedekah. Pastikan membaca dengan teliti semua informasi dari profil lembaga yang tercantum. Pastikan juga kebenaran dan kelengkapan informasinya.

3. Periksa Transparansi Lembaga

Transparansi lembaga yang menyalurkan sedekah juga merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. 

Lembaga yang punya transparansi adalah lembaga yang secara terang-terangan memberikan informasi mengenai penyaluran sedekah.

Jika lembaga penyalur tidak mempublikasikan laporan atau dokumentasi penyaluran, maka Sahabat harus memeriksa kredibilitas lembaga tersebut. 

4. Periksa Jaminan Keamanan Data

Lembaga apapun tidak akan pernah meminta data pribadi, seperti pin, kata sandi, atau informasi lain yang bisa digunakan untuk transfer. 

Sehubungan dengan ini, pastikan bahwa, platform yang digunakan tidak meminta beberapa informasi tersebut dan menjamin keamanan pada data.

Perlu diketahui, beberapa informasi yang dibutuhkan untuk konfirmasi sedekah adalah nomor rekening, nama, dan jumlah uang yang disedekahkan.

Jika lembaga meminta data di luar beberapa informasi tersebut tanpa adanya alasan yang jelas, maka Sahabat harus berhati-hati. 

5. Cek Ulasan Pengguna

Hampir semua lembaga resmi penyalur sedekah terpercaya pasti memiliki sebuah web atau platform khusus. 

Platform ini umumnya berisi informasi terkait profil, program, hingga publikasi terkait hasil penyaluran sedekah yang sudah dilakukan.

Di sisi lain, situ web lembaga biasanya juga menyertakan ulasan-ulasan dari para donatur melalui kolom testimoni. 

Bacalah ulasan tersebut, dan pastikan bahwa platform atau lembaga yang akan dituju memang kredibel, amanah, dan bisa dipercaya.

Demikian informasi mengenai sedekah online menurut Islam, mulai dari hukum hingga tips-tipsnya agar sedekah online bisa dilakukan dengan aman.

Dari berbagai penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa, sedekah online menurut Islam sangat diperbolehkan dan hukumnya sah. Tidak ada pelanggaran aturan dalam Islam terkait sedekah yang dilakukan secara online.

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.