Ini Dia Penyebab Sedekah Tidak Diterima dan Pahala Hangus

Dengan mengetahui dan memahami penyebab sedekah tidak diterima, paling tidak bisa lebih bijaksana dalam beramal agar mendatangkan pahala.

Di dalam agama Islam, bersedekah adalah amalan yang sangat mulia. Akan tetapi sayangnya tidak semua sedekah diterima oleh Allah. Lalu apa saja penyebab sedekah tidak diterima? 

Ada banyak faktor yang membuat mengapa sedekah tersebut sia-sia. Supaya sedekah yang diberikan bisa menjadi ladang pahala, sebaiknya pahami bagaimana cara bersedekah yang baik dan benar.

Anjuran Sedekah dalam Islam

Sedekah adalah amalan yang dianjurkan di dalam agama Islam. Seperti yang diketahui, menurut ajaran agama Islam, sedekah tidak hanya dianggap kewajiban sosial saja. 

Melainkan juga salah satu bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Umat Islam diajarkan untuk berbagi rezeki bersama dengan sesama melalui sedekah. 

Khususnya bagi orang yang kurang mampu. Akan tetapi tidak semua sedekah yang diberikan diterima Allah SWT. Alasannya karena terdapat beberapa faktor yang menimbulkan sedekah tidak diterima.

Sedekah itu sendiri juga menjadi amalan utama yang mempunyai ganjaran pahala luar biasa. Bersedekah diturunkan langsung oleh Allah dengan FirmanNya yang ada di Al-Quran.

Setelah itu dipertegas oleh Rasulullah di beragam hadist. Sementara bersedekah yang penuh dengan keikhlasan adalah upaya manusia agar menjadi manfaat di lingkungan sosialnya. 

Sedekah juga bentuk ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Sedekah tidak hanya bermanfaat bagi penerima saja, namun juga berperan penting dalam menciptakan keseimbangan sosial.

Bahkan di dalam agama Islam, sedekah merupakan manifestasi prinsip keadilan sosial yang mana orang kaya membantu orang miskin untuk menciptakan keseimbangan dalam bermasyarakat.

Penyebab Sedekah Tidak diterima

Sedekah merupakan amalan yang mulia dan dianjurkan di dalam agama Islam. Melalui sedekah inilah, maka bisa membantu sesama mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan pahala. 

Akan tetapi tidak semua sedekah diterima. Ada beberapa faktor penyebab sedekah tidak diterima seperti berikut:

1. Tidak Ikhlas

Ikhlas merupakan syarat utama dalam bersedekah atau beramal. Sedekah yang dilakukan dengan hati yang tidak ikhlas tidak akan mendapat pahala, justru sedekahnya sia-sia.

Misalnya, bersedekah karena ingin memperoleh pujian maupun mengharapkan imbalan dari manusia. Ini menjadi alasan paling utama sedekah tersebut tidak diterima.

2. Selalu Mengungkitnya

Sikap yang bisa mengurangi nilai sedekah yaitu pada saat seseorang selalu mengungkit-ungkit amal atau sedekah yang sudah diberikan. 

Allah mengingatkan jangan menghilangkan pahala sedekah dengan cara menyebut maupun menyakiti perasaan orang yang menerimanya. 

Sedangkan mengungkit-ungkit amal atau sedekah yang sudah diberikan merupakan bentuk bahwa sedekah yang diberikan tidak tulus, bahkan justru menyakiti hati penerimanya.

Pada saat seseorang selalu mengungkit sedekahnya, maka penerima akan merasa tertekan atau tidak nyaman atas pemberiannya. 

Alasan inilah yang membuat mengapa hubungan antara pemberi dan penerima menjadi renggang bahkan niat yang baik pun menjadi tidak berarti

3. Bersedekah Semata-Mata Ingin Balasan Dunia

Penyebab sedekah tidak diterima selanjutnya yaitu karena bersedekah semata-mata ingin mendapat balasan dunia. Contohnya seperti kekayaan, ketenaran atau yang lainnya.

Dari sinilah, maka sedekah tersebut tidak memperoleh pahala dari Allah. Sementara sedekah seharusnya dilakukan dengan niat yang tulus tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Apabila seseorang mempunyai niat sedekah hanya untuk memperoleh imbalan dunia, maka dirinya justru akan kehilangan pahala dari manfaat sedekah tersebut. 

Tidak sampai di situ saja, bersedekah dengan semata-mata ingin memperoleh balasan dunia juga bisa merusak hubungan dengan Allah maupun menjauhkan diri dari keberkahan yang sesungguhnya.

4. Sedekah Menggunakan Harta Haram

Sudah bisa dipastikan bahwa sedekah yang berasal dari sumber tidak halal atau haram maka tidak akan diterima.

Rasulullah SAW bersabda “Allah tidak akan menerima amal kecuali yang baik” (HR. Muslim).

Oleh sebab itulah, sangat penting agar memastikan bahwa harta yang digunakan sebagai sedekah bersumber dari rezeki yang halal dan baik.

5. Sedekah dengan Barang atau Makanan yang Tidak Layak

Penyebab dari sedekah tidak diterima selanjutnya yaitu karena memberikan barang atau makanan yang sudah rusak atau tidak layak. 

Hal inilah yang menunjukkan mengapa pentingnya memberikan barang atau makanan yang terbaik bagi penerima sedekah.

6. Pamer dan Tidak Merahasiakan Sedekah

Konsep pamer di dalam sedekah yaitu sikap menunjukkan amal kepada orang lain agar memperoleh pujian maupun pengakuan. 

Di dalam agama Islam, bersedekah harus dilakukan dengan penuh kerahasiaan. Ini adalah penyebab sedekah tidak diterima, karena sedekah seharusnya dilakukan secara bersembunyi-sembunyi. 

Pamer bisa merusak niat yang tulus, sehingga membuat sedekah tersebut tidak diterima dan bisa menciptakan kecemburuan diantara orang lain.

7. Menyakiti Hati Penerima Sedekah

Rasa empati dalam bersedekah sangatlah penting, karena harus selalu memperhatikan perasaan dari penerima. Apabila menyakiti hati penerima, maka bisa menghilangkan nilai sedekah. 

Baik itu melalui tindakan atau kata-kata. Menyakiti hati penerima sedekah tentu tidak hanya menjadi alasan mengapa sedekah tidak diterima. 

Akan tetapi juga bisa membuat penerima merasa tidak dihargai. Hal ini bisa menimbulkan dampak yang negatif dari hubungan sosial yang ada di masyarakat.

8. Sedekah Hanya untuk Mendapatkan Pujian dari Orang Lain

Niat yang tidak tumbuh di dalam sedekah pada biasanya memiliki tujuan untuk memperoleh pujian dari orang lain. Ini juga menjadi penyebab sedekah tidak diterima oleh Allah SWT. 

Setiap amal yang dilakukan harus diawali dengan niat yang tulus hanya untuk memperoleh Ridha Allah. Niatkan dalam hati bahwa tujuan bersedekah tidak untuk memperoleh pujian. 

Akan tetapi untuk membantu sesama. Pada saat sedekah dilakukan untuk memperoleh pujian, maka membuat amal tersebut justru tidak tidak diterima oleh Allah, namun akan mengurangi pahala.

9. Sedekah Hanya Ketika Dilihat Orang

Bersedekah ketika ada orang lain yang melihat juga sebagai salah satu bentuk dari sikap pamer. Sedekah seharusnya tidak dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pujian dari orang lain. 

Akan tetapi harus dilakukan karena penuh kesadaran dan niat yang tulus. Bahkan bagi masyarakat dianjurkan untuk bersedekah secara rahasia. 

Jika memberi sedekah hanya ketika dilihat orang lain, maka bisa mengurangi nilai dari sedekah itu sendiri. Selain itu juga menunjukkan niat bersedekah yang tidak tulus. 

Apabila hal ini dilakukan maka bisa menimbulkan ketidakpercayaan di antara sesama. Anjuran bersedekah di dalam Islam menjadi bentuk kasih sayang maupun kepedulian kepada sesama.

Melalui sedekah inilah, tidak hanya memberikan bantuan pada orang yang membutuhkan saja, akan tetapi juga bisa memperbaiki diri sekaligus mendekatkan diri kepada Allah. 

Supaya penyebab sedekah tidak diterima dapat dihindarkan, disarankan agar besedekah pangan kepada orang yang membutuhkan, seperti anak yatim, fakir, miskin dan orang lain yang membutuhkan.

Untuk menyalurkan sedekah pangan bisa langsung menghubungi Laznas Yatim Mandiri sebagai tempat penyaluran sedekah yang terbaik, terpercaya dan tepat sasaran.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
Pop up sedekah pangan