Apa Pentingnya Pendidikan Setara untuk Anak Yatim? Yuk Cek!

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak, termasuk anak yatim. Cari tahu pentingnya pendidikan setara untuk anak yatim di sini!

Kesenjangan pendidikan masih belum teratasi. Masih banyak anak yang tidak bisa mendapatkan akses pendidikan layak, khususnya anak yatim.

Tak sedikit adik-adik yatim yang tidak bisa mendapatkan pendidikan setara seperti teman-teman sebayanya. Padahal, pendidikan yang setara sangatlah penting untuk mereka.

Salah satu alasan pentingnya pendidikan setara untuk anak yatim, yaitu membantu meningkatkan kemandirian bagi mereka.

Lebih dari itu, mari simak beberapa alasan lainnya dalam artikel berikut ini. Simak baik-baik, ya!

Hak Mendapatkan Pendidikan

Setiap warga negara memiliki hak untuk memperoleh pendidikan. Hal ini sejalan dengan cita-cita negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum.

Berikut ini Undang-Undang yang menjelaskan hak anak memperoleh pendidikan secara layak:

1. UUD Nomor 23 Tahun 2002 

Undang-Undang ini menyebut ada 31 poin yang menjelaskan tentang hak anak yang harus diperhatikan, salah satu di antaranya, yaitu pendidikan. 

2. UUD Nomor 39 1999 

UUD Nomor 39 1999 menjelaskan bahwa salah satu hak setiap anak di Indonesia, yaitu memperoleh pendidikan dan pengajaran secara layak untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat dan tingkat kecerdasan. 

3. UUD 1945 Ayat 28 

Setiap anak mempunyai hak untuk keberlangsungan hidupnya. Hak tersebut mencakup hak mendapatkan dukungan untuk tumbuh kembangnya.

Di dalam UUD tersebut juga menjelaskan bahwa setiap anak mempunyai hak asasi selaku generasi muda penerus bangsa yang mempunyai kesempatan hidup, berkembang, tumbuh dan menjadi dewasa melalui pendidikan yang layak.

4. UUD 1945 Ayat 31 

Setiap orang yang berstatus warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan formal. Pendidikan menjadi kewajiban negara yang harus diberikan kepada setiap warganya.

Pentingnya Pendidikan Setara untuk Anak Yatim

Anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Sebab, pendidikan memiliki peran penting dalam pertumbuhan karakter dan pengetahuan anak.

Adapun salah satu alasan pentingnya pendidikan bagi anak, yaitu bisa membantu anak mengembangkan potensinya. 

Nah, masalahnya, tidak semua anak bisa mendapatkan akses pendidikan. Beberapa di antaranya juga tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Padahal, pendidikan setara sangatlah dibutuhkan agar anak bisa memaksimalkan potensi dan bakatnya.

Secara umum, anak yatimlah yang kerap mengalami kesulitan untuk mendapatkan pendidikan setara dengan teman sebayanya. Hal ini tentu harus segera diatasi.

Lebih jelasnya, berikut beberapa alasan pentingnya pendidikan setara untuk anak yatim. Simak!

1. Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Hidup

Pendidikan secara tidak langsung bisa membantu anak yatim agar memperoleh pengetahuan serta keterampilan yang dibutuhkan dalam menghadapi setiap tantangan hidup. 

Dari pendidikan yang baik inilah, mereka memiliki peluang yang lebih besar dalam mencapai kualitas hidup yang jauh lebih baik lagi.

2. Wujud Hak Asasi Manusia

Dalam berbagai konvensi internasional atau deklarasi, pendidikan diakui sebagai salah satu hak asasi manusia.

Hal ini berarti bahwa, semua anak berhak memperoleh pendidikan tanpa adanya diskriminasi, termasuk anak yatim. 

Adanya pendidikan yang setara mewujudkan bahwa hak anak untuk mendapatkan pendidikan telah terwujud..

3. Membuka Peluang Kesetaraan

Pentingnya pendidikan setara untuk anak yatim bisa membantu mereka agar memiliki potensi yang sama seperti anak-anak lainnya.

Dengan demikian, anak-anak yatim memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai kesetaraan dengan anak-anak lainnya.

Lebih dari itu, pendidikan setara juga bisa membantu anak yatim dalam mengembangkan keterampilan, bakat, serta pengetahuan.

4. Meningkatkan Kemandirian Anak Yatim

Setiap anak pasti mempunyai potensi yang berharga dan unik. Dari sini pendidikan menjadi cara yang paling baik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. 

Anak yatim yang mendapatkan pendidikan layak, akan memperoleh kesempatan untuk mengejar minat dan bakat mereka. 

Selain itu, pendidikan juga bisa mengajarkan mereka untuk hidup mandiri, sehingga tidak bergantung pada orang lain.

5. Membantu Mengentas Kemiskinan karena Ketidaksetaraan

Pendidikan menjadi kunci agar bisa mengurangi kemiskinan, khususnya untuk anak yatim. Anak-anak yang memperoleh pendidikan layak memiliki peluang yang besar dalam menghindari jebakan kemiskinan. 

Mereka pun juga bisa memanfaatkan pengetahuan maupun keterampilan yang dimilikinya agar lebih mudah mencari pekerjaan serta memberikan kontribusi positif di ekonomi lokal.

Cara Mendapatkan Pendidikan yang Layak untuk Anak Yatim

Melihat beberapa alasan pentingnya pendidikan setara untuk anak yatim, Sahabat mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mendapatkan akses pendidikan tersebut?

Tak dapat dipungkiri, semakin tingginya jenjang pendidikan, biaya yang dikeluarkan juga semakin meningkat. Namun tenang saja, masih ada jalan yang bisa Sahabat tempuh untuk mendapatkan pendidikan setara tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Adapun cara mendapatkan pendidikan setara untuk anak yatim, yaitu sebagai berikut:

1. Mengikuti Program Beasiswa Yatim 

Cara yang pertama, yaitu mengikuti program beasiswa yatim. Kini, sudah banyak perusahaan dan yayasan yang memiliki program beasiswa yatim.

Beasiswa ini dikhususkan untuk anak-anak yatim guna memenuhi kebutuhannya, termasuk kebutuhan dalam mendapatkan pendidikan.

Adapun salah satu program beasiswa yang bisa diikuti anak yatim, yaitu Beasiswa Yatim yang diinisiasi oleh Yayasan Yatim Mandiri.

Nantinya, penerima manfaat akan mendapatkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sekolah, misalnya untuk bayar SPP atau beli buku.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti surat keterangan tidak mampu, nilai rapor, dan berkas-berkas lainnya.

Di sisi lain, Sahabat yang berkecukupan secara finansial juga bisa memberikan bantuan beasiswa untuk anak yatim melalui program ini.

Bagi Sahabat yang ingin ikut andil mendukung pendidikan anak yatim bisa cek informasi selengkapnya di laman beasiswa Yatim Mandiri.

2. Program Bantuan Orang Tua Asuh

Selain ikut mendukung program beasiswa yatim, Sahabat juga bisa turut serta dalam program bantuan Orang Tua Asuh (OTA).

Sebagai orang tua asuh anak yatim, Sahabat diharapkan bisa konsisten untuk memberikan bantuan guna mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan dan kehidupan sehari-hari anak yatim.

Bagi Sahabat yang ingin turut serta dalam program ini, bisa langsung cek informasinya di laman OTA Yatim Mandiri.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top
Jadi Orang Tua Asuh