6 Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan, Pahala Setara Haji!

Keutamaan umrah di bulan Ramadhan bisa dijabarkan menjadi 6 poin, salah satunya yaitu mendapatkan pahala setara haji. Cek lengkapnya di sini!

Umrah dan haji merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT kepada umat Muslim yang mampu. 

Jika haji hanya bisa dilakukan saat bulan Dzulhijjah, umrah bisa dilakukan kapan pun. Meski begitu, ada waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk ibadah umrah, yaitu ketika Ramadhan.

Sebab, keutamaan umrah di bulan Ramadhan yang dijanjikan oleh Allah SWT sangatlah banyak, salah satunya yaitu mendapatkan pahala setara ibadah haji.

Semua umat Muslim, termasuk Sahabat yang sedang membaca artikel ini tentu menginginkan hal ini, bukan?

Nah, sebelum Sahabat mendaftarkan diri untuk umrah di bulan Ramadhan, mari simak keutamaan-keutamaannya di artikel berikut ini.

Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa keutamaan umrah di Bulan Ramadhan sangatlah banyak. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Mendapatkan Pahala Setara Ibadah Haji

Anjuran melakukan umrah di bulan Ramadhan sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Dalam sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim, beliau bersabda yang artinya, “Sesungguhnya (melakukan) umrah di bulan Ramadhan itu akan menyamai ibadah haji atau haji bersamaku.”

Dari hadits umrah di bulan Ramadhan tersebut, diketahui bahwa pahala yang akan didapatkan ketika umat Muslim melakukan umrah saat Ramadhan, yaitu setara dengan ibadah haji. 

2. Waktu Terbaik untuk Beribadah

Seperti yang diketahui, Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan kemuliaan. Pada bulan ini, Allah SWT memberikan berkah dan ampunan pada hamba-hambanya yang beribadah dengan tulus.

Karena itulah, bulan Ramadan disebut sebagai salah satu waktu terbaik untuk beribadah. Sehubungan dengan hal ini, salah satu keutamaan umrah di bulan Ramadhan adalah, Sahabat bisa beribadah di waktu terbaik. 

3. Kesempatan Mengejar Malam Lailatul Qadar di Tanah Suci

Bagi umat Muslim, salah satu hari yang paling dinantikan adalah lailatul qadar. Seperti diketahui, lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. 

Di momen ini, seluruh doa yang diminta oleh umat Islam yang beriman akan senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT.

Adapun malam lailatul qadar memang tidak tertulis kapan pastinya. Hanya saja, Allah SWT sudah memberikan petunjuk bahwa malam penuh berkah ini akan datang pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan.

Jika melakukan umrah saat Ramadan, besar kesempatan seorang Muslim untuk mendapatkan malam lailatul qadar di tanah kelahiran sang Rasul. 

Di sana, para umat muslim pun akan merasakan apa saja keutamaan umroh itikaf Ramadhan. 

4. Mendapatkan Pengalaman Spiritual yang Berbeda

Keutamaan umrah di bulan Ramadhan selanjutnya, adalah pengalaman luar biasa merasakan puasa di Tanah Suci. 

Di sini, seorang Muslim akan merasakan sensasi kedekatan dengan Allah SWT dan Rasul-Nya. Dengan begitu, ibadah yang dilakukan pun akan jadi lebih khidmat.

Puasa di Tanah Suci, akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Bayangkan, pelaksanaan sahur, buka puasa, hingga tarawih dan tadarus bisa dilakukan di tanah yang sama dengan Rasulullah. 

Hal ini pun akan membawa seorang Muslim mendapatkan pengalaman spiritual yang berbeda.

5. Membuka Rezeki dan Keberkahan

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan rezeki. 

Bahkan, ada juga yang menyebut bahwa umrah juga bisa membuka pintu rezeki. Jika dilakukan di bulan biasa, ibarat pintu yang terbuka hanya satu pintu.

Dan inilah keajaiban dan keutamaan umrah di bulan Ramadhan. Pintu rezeki dan berkah yang terbuka akan berkali-kali lipat jumlahnya.

6. Seperti Haji Bersama Rasulullah

Keutamaan lain dari melakukan umrah saat bulan Ramadan adalah seperti melakukan haji bersama Rasulullah. 

Hal ini diketahui dari hadis Rasulullah SAW yang sempat disinggung di poin pertama. Dengan demikian, tidak heran jika banyak umat Muslim yang melakukan ibadah ini saat Ramadan.

Apakah Umrah di Bulan Ramadhan Bisa Menggantikan Haji?

Salah satu keutamaan umrah di bulan Ramadhan adalah mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah haji. 

Ya, pernyataan ini memang benar karena sudah sesuai dengan sabda Rasulullah SAW. Meski demikian, yang setara di sini hanyalah pahalanya saja.

Namun perlu diketahui, umrah dan haji adalah ibadah yang berbeda. Maka dari itu, umrah tidak bisa menggantikan ibadah haji.

Dalam tafsir ulama juga sudah disebutkan bahwa umroh di bulan Ramadan bukanlah ibadah haji. 

Tips Umrah di Bulan Ramadhan

Bagaimana? Apakah Sahabat hendak berangkat umrah di bulan Ramadan? Jika iya, berikut beberapa tips yang bisa sahabat terapkan:

1. Lakukan Pemesanan Travel dari Jauh-Jauh Hari

Tips pertama, yaitu lakukan pemesanan travel umrah jauh-jauh hari. Jika terlalu mempet, maka bisa jadi travel sudah penuh. 

Maka dari itu, rencanakan dari jauh sebelum hari H agar persiapan tidak terlalu buru-buru. Di sisi lain, Sahabat juga bisa mencari agen travel yang menyediakan fitur atau fasilitas pemesanan dekat waktu keberangkatan.

2. Merencanakan Budget Perjalanan

 

Atur budget perjalanan selama umrah. Pastikan pengeluaran saat di sana tidak melebihi budget yang sudah Sahabat tentukan. 

Setidaknya, budget yang harus dipersiapkan adalah, uang makan dan minum, akomodasi, oleh-oleh hingga dana darurat.

Jika bingung menentukan budget, Sahabat bisa menggunakan metode budgeting, agar alokasi keuangan tidak salah sasaran.

3. Pastikan Perbekalan Cukup

Saat melakukan umrah di kondisi puasa, jangan lupa untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman untuk membatalkan puasa. 

Baru nanti setelah kegiatan selesai, Sahabat bisa mulai makan berat, seperti makan nasi dan semacamnya.

4. Jangan Lupa Vitamin!

Untuk menjaga stamina tetap prima di tengah padatnya aktivitas umrah saat puasa, jangan lupa untuk membawa vitamin. 

Vitamin ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, sehingga puasa pun tidak lemas bahkan saat umrah.

Keutamaan umrah di bulan Ramadhan memang sangat besar. Namun jika masih belum bisa melakukannya, jangan sedih. 

Sebab, Sahabat bisa mengganti amalannya dengan bersedekah. Seperti diketahui, sedekah buka puasa di Ramadan juga dinilai pahala yang berlipat ganda! 

Tidak usah bingung mencari tempat bersedekah buka puasa paling terpercaya, karena semua bisa dilakukan di Yayasan Yatim Mandiri. 

Mari sedekahkan sebagian harta untuk buka puasa anak-anak yatim dan dhuafa di Yatim Mandiri!

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top