Doa Minta Jodoh & Amalan Agar Mendapat Pasangan yang Tepat

Bagi seorang muslim yang ingin disegerakan mendapatkan pasangan, berikut ini doa minta jodoh dan amalan bisa dilakukan sebagai bentuk ikhtiar. 

Seringkali keinginan tidak sesuai dengan kenyataan yang didapati. Banyak orang yang sudah ingin menikah namun tidak kunjung bertemu dengan pasangan yang cocok. 

Bagi seorang Muslim, salah satu bentuk ikhtiar yang bisa dilakukan yaitu dengan melafalkan doa minta jodoh.

Sejatinya, Allah SWT menciptakan manusia di dunia ini sudah berpasang-pasangan. Jadi datangnya jodoh yang tepat tidak perlu dikhawatirkan, karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang telah ditetapkan Allah SWT.

Walaupun demikian, sebagai manusia juga bisa berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta agar disegerakan mendapatkan pasangan yang tepat. 

Lantas upaya apa saja yang bisa dilakukan? Cari tahu selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Doa Minta Jodoh yang Tepat

Salah satu bentuk upaya yang bisa dilakukan oleh manusia untuk segera dipertemukan dengan jodohnya yaitu dengan berdoa kepada Allah SWT. 

Berikut ini merupakan beberapa doa minta jodoh yang bisa dipanjatkan. 

1. QS. Al Qasas Ayat 24

Doa untuk didekatkan dengan jodoh yang tepat salah satunya yaitu terdapat dalam Al-Quran tepatnya pada surah Al-Qasas ayat 24.

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰىٓ اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْ

fa saqâ lahumâ tsumma tawallâ iladh-dhilli fa qâla rabbi innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr

Artinya: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS: Al-Qasas: 24)

Jika diperhatikan, arti ayat di atas tidak langsung merujuk sebagai doa untuk minta jodoh. Namun kebaikan yang dimaksud di sini juga bisa berupa pasangan yang saleh atau salehah. Karena bentuk kebaikan yang dimaksud memiliki sifat yang umum. 

2. QS. Al Furqan Ayat 74

Doa minta jodoh selanjutnya, yaitu membaca QS AL Furqan ayat 74 setelah shalat wirid. Berikut bacaannya:

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS: Al Furqan: 74)

3. QS. Al Anbiya Ayat 89

Doa berikutnya berasal dari kisah nabi Zakaria yang sedang mendapatkan cobaan karena belum diberikan keturunan dalam beberapa puluh tahun lamanya. 

Walaupun demikian, doa ini juga bisa digunakan untuk meminta jodoh atau pasangan hidup. 

وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

“Wa Zakariyya iz nada rabbahu rabbi la tazarni fardaw wa anta khairul-warisin.”

Artinya: “Dan ingatlah kisah Zakaria tatkala ia menyeru Tuhannya: Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.” (Surat Al Anbiya: 89).

4. Doa Minta Jodoh untuk Laki-Laki

Bagi laki-laki yang sedang minta untuk didekatkan jodohnya, berikut ini merupakan doa untuk meminta istri yang sholehah.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

5. Doa Minta Jodoh untuk Perempuan

Doa bagi perempuan yang ingin mendapatkan suami yang sholeh.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Amalan untuk Mendatangkan Jodoh

Selain berdoa, bentuk ikhtiar lainnya yang bisa dilakukan untuk mendatangkan jodoh diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Puasa Sunnah

Puasa sunnah bisa menjadi salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan puasa sunnah, hati jadi lebih bersih dan terhindar dari hal-hal buruk. 

Selain itu, melaksanakan puasa sunnah juga bisa mempertebal keimanan, sehingga doa-doa yang dipanjatkan dapat terkabul.  

Hal ini tentunya bisa memberikan kemudahan dalam segala urusan termasuk dipertemukan dengan jodoh yang menjadi takdirnya. 

2. Salat Tahajud di Sepertiga Malam

Salat sunnah tahajud di sepertiga malam merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang banyak dilakukan, terutama ketika sedang menginginkan suatu hal. 

Sebab, sepertiga malam adalah waktu mustajab berdoa dan meminta agar Allah SWT mengabulkan dan memudahkan urusan kita.

Sehubungan dengan itu, jika Sahabat ingin segera bertemu jodoh dan menikah, Sahabat bisa mengamalkan salat tajahud di sepertiga malam sekaligus membaca doa minta jodoh.

3. Melakukan Salat Hajat

Jenis salat sunnah yang bisa diamalkan ketika meminta jodoh, yaitu salat hajat. Biasanya salat ini dilakukan ketika orang-orang memiliki keinginan atau hajat yang ingin dicapai. 

Maka dari itu, salat hajat adalah salah satu amalan minta jodoh yang tepat untuk Sahabat praktikkan.

Apabila dilakukan dengan niat yang tulus dan bersungguh-sungguh, percayalah bahwa Allah SWT akan mengabulkan permintaan tersebut. 

4. Berserah Diri

Bentuk amalan yang bisa dilakukan agar bisa mempercepat datangnya pasangan, yaitu berserah diri dan percaya terhadap rencana Allah SWT bahwa jodoh akan datang tepat pada waktunya.

Berserah diri merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena menggambarkan kerendahan hati sebagai seorang makhluk hidup.

Jadi, setelah membaca doa minta jodoh dan melakukan berbagai amalan lainnya, jangan lupa untuk selalu mengimbangi semua usaha tersebut dengan berserah diri.

5. Menjaga Wudhu

Wudhu memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu bisa membuat wajah tampak lebih bersih dan berseri sehingga enak dipandang. Dengan berwudhu juga dapat terbesar dari segala hadas kecil dan besar. 

Selain itu, maksud atau tujuan dari menjaga wudhu di sini, yaitu agar bisa tetap menjaga diri dengan tidak melakukan kegiatan atau aktivitas yang berpotensi mengarah kepada hal-hal yang negatif dan dosa. 

Tidak hanya sekedar menjaga wudhu saja, namun juga perlu memelihara salat wajib lima waktu.

Karena salat ini merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Melaksanakan salat wajib juga bisa mendekatkan hubungan antara manusia dan Sang Pencipta.

Lebih lanjut, waktu setelah salat juga bisa dimanfaatkan untuk membaca doa minta jodoh agar segera dipertemukan dengan pasangan.

6. Menjaga Silaturahmi

Selain melafalkan doa minta jodoh yang diinginkan, amalan terakhir yang bisa dilakukan sebagai bentuk ikhtiar menunggu dipertemukan dengan pasangan hidupnya yaitu menjaga silaturahmi. 

Silaturahmi tidak hanya sebatas menjaga hubungan baik dengan orang lain, tapi silaturahmi juga bisa mengembangkan hubungan yang sudah ada. Maka dari itu, jangan putus tali silaturahmi dengan siapapun. 

Hal yang Harus Diingat Ketika Menunggu Jodoh

Menunggu dipertemukan dengan jodoh memang bukan hal yang mudah, terutama jika sudah dipenuhi rasa keinginan yang besar. 

Maka dari itu, setelah berdoa dan berikhtiar dengan menjalankan amalan-amalan di atas, penting untuk diingat mengenai beberapa hal berikut ini.

1. Selalu Husnudzon kepada Allah SWT

Walaupun sudah lama menunggu datangnya jodoh, namun hendaknya tetap berprasangka baik atau husnudzon terhadap Allah SWT. 

Yakin saja bahwa jodoh akan datang tepat pada waktunya. Mungkin saat ini masih bukan waktu yang tepat karena masih ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum akhirnya bertemu dengan pasangan. 

Jadi, setelah banyak membaca doa minta jodoh kepada Allah SWT dan selalu berikhtiar, yakinkan dalam diri sendiri jika Allah memiliki rencana terindah bagi umatnya. 

2. Tidak Berputus Asa dan Tetap Berpikiran Positif

Walaupun sudah menunggu lama dan belum ada tanda-datang jodoh yang mendekat, hendaklah tetap berpikiran positif dan tidak berputus asa. Teruslah berdoa dan berusaha, dan serahkan semuanya hasilnya hanya kepada Allah SWT.

Mungkin bukan hal yang mudah untuk terus bersabar terus menerus. Namun, bersabar bisa menghantarkan kita pada hasil yang manis.

3. Selalu Berusaha Memperbaiki diri

Tidak hanya membaca doa minta jodoh, Sahabat juga perlu mengimbangi ikhtiar dengan memperbaiki diri sendiri secara berkala.

Perbaiki segala kekurangan yang dimiliki, dengan memperbanyak ibadah, berbuat baik, beramal saleh dan lain sebagainya. 

Setiap orang tentu menginginkan jodoh yang baik, maka dari itu, alangkah bijaknya jika mempersiapkan diri dan menjadi pribadi yang lebih baik juga. 

Sahabat pasti sudah sering mendengar “jodoh adalah cerminan diri”. Ya, jika kita baik maka akan mendapatkan jodoh yang baik juga.

Maka dari itu, selagi menunggu jodoh, perbaiki diri semaksimal mungkin agar Sahabat bisa mendapatkan jodoh baik seperti yang diharapkan.

4. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Walaupun orang-orang disekeliling sudah banyak menikah, namun tidak perlu berkecil hati hingga membandingkan diri sendiri dengan orang lain. 

Ingatlah bahwa, perjuangan yang dialami setiap individu pasti tidak sama. Ada yang memang mudah bertemu dengan pasangan, tapi ada pula yang sebaliknya. 

Tetaplah semangat dan terus bersabar untuk terus menjalaninya hingga dipertemukan dengan pasangan hidup yang tepat.

5. Setiap Orang Punya Waktu Masing-Masing

Menjalani hidup, bertemu pasangan, dan menikah bukanlah hal yang dilombakan dalam hidup. Jadi, tidak perlu berlomba-lomba untuk meraihnya dan menjadi yang pertama.

Lebih dari itu, setiap orang juga punya waktu masing-masing. Hanya karena teman sebaya menikah tahun ini, bukan berarti tahun ini juga waktu yang tepat untuk Sahabat.

Ingatlah, masing-masing orang memiliki jalan cerita yang berbeda-beda dalam bertemu dengan jodohnya, ada yang cepat, dan ada yang harus menunggu lama. 

Maka dari itu, selalu tanamkan dalam diri sendiri bahwa mungkin saat ini belum waktunya untuk bertemu dengan pasangan.

Mungkin selama ini orang selalu berfikir bahwa kebahagiaan bisa didapatkan setelah bertemu dengan pasangan hidup. Padahal rasa bahagia bisa datang kapanpun tanpa harus menunggu pasangan hidup. 

Jangan menggantungkan rasa bahagia terhadap orang lain, melainkan harus datang dari diri sendiri. Dengan demikian, kelak ketika sudah saatnya dipertemukan dengan pasangan hidup yang tepat maka bisa mendapatkan kebahagiaan yang berlapis-lapis.

Itulah dia penjelasan mengenai doa minta jodoh, amalan yang bisa dilakukan, dan hal-hal yang harus diingat ketika menanti pasangan.

Jika Sahabat sedang menanti jodoh, Sahabat bisa mengamalkan doa di atas setelah salat dan lakukan amalannya.

Amalan paling penting adalah selalu memperbaiki diri, berserah diri, dan berbuat baik kepada teman serta orang yang ada di sekitar.

Selalu salurkan kebaikan dengan cara sedekah atau infaq agar Sahabat bisa mendapatkan keberkahan dan dimudahkan segala urusannya.

Kini, sedekah tidak harus pergi ke masjid atau musala, Sahabat bisa sedekah secara online kapan pun dan di mana pun.

Caranya, Sahabat bisa sedekah melalui platform Yatim Mandiri dengan mengunjungi laman sedekah.

Yuk, jangan menunda keberkahan, mulai sedekah sekarang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top