Super Gizi Qurban: Upaya Luaskan Manfaat Daging Sapi Qurban

Yatim Mandiri sebagai lembaga filantropi islam yang fokus memandirikan anak yatim dan dhuafa, senantiasa berupaya agar qurban memiliki nilai kesalehan sosial yang optimal. Melalui program optimalisasi daging qurban, yang lebih efektif dan mampu menjadi solusi problem pangan, Yatim Mandiri memperkenalkan “Super Gizi Qurban (SGQ)”.

Super Gizi Qurban (SGQ) bermula sejak tahun 2009 dengan tujuan memperpanjang manfaat qurban yang biasanya hanya dirasakan sebentar dan waktu yang tidak begitu lama. Pada tahun 1445 Hijriyah ini, Yatim Mandiri mendapat amanah berupa ratusan ekor sapi qurban yang akan disembelih dan diolah menjadi sosis dan kare melalui kolaborasi dengan Pronas di Bali.

Proses pemotongan daging sapi qurban di Pabrik Pronas, Bali.

Super Gizi Qurban dirancang untuk menyempurnakan manfaat daging qurban dengan mengolah daging sapi menjadi sosis dan kare serta mengemasnya dalam kaleng. Proses ini dilakukan sesuai syariah dan higienis. 

Dzulfikri, Manager Pendistribusian Yatim Mandiri, menjelaskan, “Proses pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari raya Idul Adha hingga hari Tasyrik di rumah pemotongan hewan khusus. Setelah itu, daging diolah oleh perusahaan berpengalaman dalam pengolahan dan pengemasan produk ekspor, dengan standar halal MUI dan pengawasan BPOM. Produk ini bisa tahan hingga 2 tahun, memungkinkan pendistribusian yang lebih terencana dan efektif sepanjang tahun.” ujarnya.

Program ini juga sangat tepat untuk meningkatkan gizi anak-anak yatim dan membantu korban bencana alam. Selain itu, SGQ juga menjadi pilihan yang pas sebagai sarana kerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. 

Hasil olahan produk dari optimalisasi daging sapi qurban yakni sosis dan kare.

“Dengan program ini, perusahaan dapat mengoptimalkannya sebagai instrumen program peningkatan gizi masyarakat, khususnya anak-anak yatim dhuafa,” tambah Fikri.

Program SGQ memiliki berbagai keunggulan, yaitu:

  1. Sesuai syari’ah: Hewan qurban dipotong dalam kondisi sehat, pada hari raya Idul Adha hingga hari Tasyrik.
  2. Praktis dan higienis: Produk diolah dan dikemas dengan standar tinggi.
  3. Tahan lama: Produk bisa disimpan hingga 2 tahun.
  4. Distribusi sepanjang tahun: Pendistribusian yang lebih terencana dan efektif, menjangkau hingga pelosok daerah.
  5. Peningkatan gizi: Meningkatkan gizi anak-anak yatim dhuafa dan membantu korban bencana alam.
  6. CSR perusahaan: Perusahaan dapat menggunakan program ini sebagai alat bantu dalam aksi kepedulian lingkungan, dengan logo perusahaan dicantumkan pada label kemasan kaleng sosis.
  7. Berkah: Mendapat doa dari ribuan anak yatim penerima manfaat di seluruh pelosok negeri.

Program Super Gizi Qurban tidak hanya memperpanjang manfaat qurban tetapi juga memastikan bahwa bantuan dapat dinikmati oleh lebih banyak orang dan dalam jangka waktu yang lebih panjang. 

“Kami percaya bahwa dengan program ini, kita dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan berkelanjutan. Semoga qurban yang kita lakukan membawa berkah dan kebahagiaan bagi semua,” tutup Dzulfikri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.