10 Peristiwa Penting di Bulan Safar yang Wajib Diketahui 

Ada banyak peristiwa penting di bulan Safar, beberapa di antaranya, yaitu terjadinya perang Khibar hingga hijrah pertama Rasulullah SAW.

Tidak banyak yang tahu jika bulan Safar menyimpan berbagai peristiwa penting dalam sejarah Islam. Apakah Sahabat tahu, apa saja peristiwa penting di bulan Safar?

Salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Safar, yaitu Rasulullah SAW melakukan hijrah untuk pertama kalinya.

Selain itu, terdapat beberapa perang yang terjadi di bulan ini. Pasalnya, bulan Safar memang merupakan bulan yang diperbolehkan untuk berperang.

Untuk mengetahui lebih lanjut berbagai peristiwa lain yang terjadi di bulan Safar, Sahabat bisa menyimak artikel berikut ini sampai habis!

Peristiwa Penting di Bulan Safar

Sudah disinggung sebelumnya bahwa Safar menjadi salah satu bulan dimana diizinkan untuk berperang.

Meski demikian, peristiwa bersejarah di bulan Safar tidak terbatas hanya perang saja, lho. Berikut ini adalah 10 peristiwa penting bulan Safar yang wajib diketahui:

1. Rasulullah SAW Menikah dengan Sayyidah Khadijah

Tidak hanya perang, peristiwa penting di bulan Safar lainnya adalah pernikahan Rasullulah SAW.

Seperti diketahui, Rasulullah SAW menikahi Sayyidah Khadijah pada bulan Safar tepatnya pada tahun ke-25 sebelum Hijrah. Saat itu, Nabi Muhammad masih belum diangkat menjadi nabi/rasul.

Pernikahan Rasulullah SAW dengan Khadijah ini pun menjadi penting karena merupakan bagian dari sejarah Islam.

Hingga kini, bulan Safar pun jadi dikenal sebagai bulan menikah yang paling diincar. Hal ini disebabkan karena kebanyakan mereka mengikuti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

2. Perang Khaibar

Peristiwa bersejarah di bulan Safar yang pertama adalah terjadinya perang Khaibar. Perang ini terjadi pada sekitar tahun 7 Hijriah.

Perang Khaibar menjadi catatan sejarah penting bagi umat Muslim karena menandai kemenangan umat Islam atas kaum Yahudi di Khaibar, sebelah utara Madinah.

Awalnya, perang ini muncul karena kemarahan kaum Khaibar atas kekalahannya di Badar dan Uhud.

Mereka kemudian melampiaskan dengan merampok dan mengganggu keamanan Madinah. Selanjutnya, perang pun terjadi dengan melibatkan 1.400-1.600 personel.

Perang Khaibar menjadi bersejarah karena dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW. Setelah berperang selama dua minggu, umat Islam pun memetik kemenangan.

Kemenangan ini menandai keruntuhan Yahudi di Jazirah Arab dan menyebarnya Islam ke wilayah lain.

3. Hijrah Pertama Rasulullah SAW

Peristiwa penting di bulan Safar selanjutnya adalah hijrah pertama Rasulullah SAW. Hijrah Nabi Muhammad ini menandai awal berdirinya negara Islam di Madinah.

Bukankah, hijrah pertama ini terjadi sekitar tahun 622 M (12 Rabiul Awal)? Ya, tetapi Rasulullah SAW diketahui memulai perjalanan hijrahnya dari Mekkah ke Madinah pada akhir bulan Safar. 

Selanjutnya, beliau pun baru sampai di Madinah pada bulan Rabiul Awal.

4. Rasulullah SAW Menikahkan Sayyidah Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib

Bulan Safar dikenal sebagai “bulan menikah” ternyata bukan hanya karena bulan menikah Rasulullah SAW dan Sayyidah Khadijah.

Pada bulan ini, Rasulullah SAW juga menikahkan putri bungsu kesayangannya, Sayyidah Fatimah dengan sahabat terdekatnya, Ali bin Abi Thalib

Pernikahan ini menjadi salah satu peristiwa penting di bulan Safar yang tidak boleh dilupakan. Pasalnya, pernikahan Fatimah dan Ali menandai persatuan dua insan mulia yang penuh cinta serta iman.

Tidak heran jika banyak yang menyebutkan sebagai salah satu pernikahan ideal umat Islam.

5. Perang Abwa

Perang lain yang terjadi di bulan Safar adalah Abwa. Perang ini merupakan pertempuran pertama yang dipimpin Rasulullah SAW setelah hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Pada saat itu, lawan yang dihadapi adalah kaum Quraisy yang masih menyimpan dendam kepada umat Muslim.

Di perang ini, Rasulullah membawa lebih dari 700 orang ke medan perang. Namun, kabar kedatangan pasukan muslim ini pun membuat pasukan Quraisy yang dipimpin Abu Sufyan memilih mundur. Akhirnya, perang pun berakhir tanpa pertempuran antara kedua pasukan.

6. Penaklukan Romawi

Peristiwa penting di bulan Safar selanjutnya berhubungan dengan penaklukan Romawi oleh sang panglima terhormat kepercayaan Rasulullah SAW, Usamah bin Zaid.

Menurut catatan sejarah, Usamah memang selalu mendapatkan perlakuan istimewa dari Rasulullah SAW.

Puncaknya saat Usamah bin Zaid dipercaya untuk menjadi pemimpin atau komando perang untuk menaklukkan Romawi.

Padahal, ada Umar Bin Khattab yang memang sudah berpengalaman di medan perang. Karena itu, Usamah yang pada saat itu masih muda sempat diragukan kepemimpinannya.

Meski begitu, Rasulullah SAW kukuh memercayakan posisi tersebut pada Usamah. Perlahan, Usamah pun mulai membuktikan kehebatannya.

Inilah yang akhirannya menandai peristiwa penting karena Usamah kali pertama ditugaskan menjadi komando perang oleh Rasulullah SAW untuk menaklukkan Romawi.

7. Bani Udzra Menghadap Rasulullah SAW

Pada tahun 11 Hijriah di bulan Safar, Bani Udzra secara khusus datang menghadap Rasulullah SAW.

Diketahui, Bani Udzra merupakan sebuah suku Arab yang ada di wilayah Najd, Jazirah Arab. Kehadiraan mereka diwakili oleh beberapa utusannya.

Kehadiran Banu Udzra menjadi peristiwa penting di bulan Safar karena merupakan tanda bahwa Islam telah menyebar ke penjuru Jazirah Arab. Ini menandai keperkasaan Islam yang semakin menyebar luas.

8. Perang Dzu’Amr

Masih seputar pertempuran, peristiwa bersejarah di bulan Safar selanjutnya adalah Perang Dzu’Amr.

Perang yang juga dikenal dengan Perang Ghamr ini setidaknya terjadi pada bulan Safar di tahun 3 Hijriah. Operasi militer ini dipimpin Rasulullah SAW tepat sebelum meletusnya Perang Badar.

Dalam perang ini, pasukan Muslim yang dibawa Rasulullah total sekitar 1.400 orang. Pasukan Muslim direncanakan akan menyerang Kabilah Ghathafan, suku di wilayah Najd.

Dari pasukan tersebut, hadir nama-nama besar mulai dari Abu Bakar, Umar bin Khattab, hingga Ali bin Abi Thalib. 

Sesampainya di Kabilah Ghathafan, pasukan muslim berdiam diri selama sekitar sebulan. Tujuannya adalah unruk menunjukkan kekuatan Islam pada Kabilah Ghathafan.

Selama itu, tidak ada perlawanan yang berarti, sehingga Kabilah Ghathafan memilih mundur. Perang pun berakhir tanpa pertempuran.

9. Ekspedisi Qutbah bin Amir bin Hadidah

Hal lain yang tidak boleh lewat dari list peristiwa penting di bulan Safar adalah ekspedisi qutbah bin Amir bin Hadidah.

Ekspedisi ini merupakan operasi militer yang diperintahkan langsung oleh Rasulullah SAW. Dalam operasi tersebut, Qutbah bin Amir ditunjuk sebagai pemimpin operasi.

Sama dengan perang-perang sebelumnya, operasi ini bertujuan untuk menguatkan posisi Islam dengan melumpuhkan Suku Khats’am. Suku ini memang dikenal suka merampok.

Qutbah bin Amir pun kali pertama berangkat ekspedisi saat bulan Safar sekitar tahun 9 hijriah.

10. Amr bin Ash Mendapatkan Hidayah

Peristiwa penting di bulan Safar yang paling bersejarah adalah Amr bin Ash yang akhirnya mendapatkan hidayah.

Seperti diketahui, Amr bin Ash adalah salah satu petinggi Quraisy yang paling keras menentang kehadiran Islam. Namun, tidak diduga ia goyah dan mendapatkan hidayah.

Tepat pada bulan Safar tahu ke-9 hijriah, Amr bin Ash memutuskan menemui Rasulullah SAW. Dalam pertemuan tersebut, pemuka Quraisy ini akhirnya masuk Islam tepat di hadapan Rasulullah SAW.

Itulah beberapa peristiwa penting di bulan Safar yang wajib diketahui oleh umat Muslim.

Jika Sahabat ingin mengetahui informasi seputar Islam lainnya, Sahabat bisa mengunjungi blog Yatim Mandiri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top