Penuh Jasa! Ini 9 Nama Pahlawan Islam Zaman Nabi dan Setelahnya

Berikut nama pahlawan Islam yang turut berjuang di zaman nabi dalam menyebarkan dakwah ke penjuru dunia. Siapa saja? Simak di artikel ini!

Dalam perkembangannya, pahlawan Islam zaman nabi juga turut membantu menyebarkan agama Islam ke penjuru dunia.

Tidak hanya dikenal sebagai sosok yang pemberani, namun juga memiliki kepribadian yang soleh dan selalu menjaga ibadahnya.

Hal ini tidak lain karena mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW. Mengingat peran dan kontribusinya yang penting dalam sejarah penyebaran agama Islam, nama-nama pahlawan ini juga penting diingat dan bagaimana kisah di balik perjuangannya.

Sehingga bisa menjadi pembelajaran yang bisa dipetik bagi seluruh umat Islam. Lalu ada siapa saja sosok pahlawan pemberani ini dan bagaimana kisah perjuangannya? 

Nama Pahlawan Islam

Islam mempunyai pahlawan-pahlawan luar biasa, mereka adalah sosok yang harus dikenang oleh zaman dalam membela Rasulullah SAW dan agama Islam.

Berikut ini merupakan daftar nama-nama pahlawan dan kisahnya dalam membela Islam yang ada di zaman nabi dan setelahnya:

1. Abu Ubaidah bin Al Jarrah

Abu Ubaidah bin Al Jarrah merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang memeluk agama Islam paling awal. Sosok Abu Ubaidah mendapatkan gelar oleh Nabi Muhammad SAW sebagai “orang Kuat yang Terpercaya”.

Karena beliau pernah berjuang dalam Perang Badar, dimana mengharuskan beliau untuk menghadapi ayahnya sendiri, yaitu Abdullah Ibn Al-Jarrah yang tergabung ke dalam pihak kaum kafir Quraisy. 

Abu Ubaidah juga sahabat Rasulullah SAW satu-satunya yang diberikan kesempatan untuk berdakwah dan bekerja di luar Madinah. Selain itu, Abu Ubaidah juga menjadi pemimpin bagi umat di Syam. 

2. Usamah bin Zaid

Selanjutnya yaitu ada Usamah Bin Zaid, adalah sosok pahlawan yang menjadi komandan perang paling muda di zaman Rasulullah SAW. Beliau diangkat menjadi komandan perang ketika usianya baru 18 tahun. 

Ada sebuah kisah dimana beliau ditolak ketika ingin berjuang dalam Perang Uhud. Namun pada saat itu, Rasulullah SAW menolaknya karena usia beliau masih terlalu kecil. 

Lalu di Perang Khandaq barulah Usamah mendapatkan izin dari Rasulullah SAW untuk ikut dalam perang tersebut. Selain itu, Usamah bersama dengan Rasulullah juga bertempur bersama dalam Perang Hunain.

3. Khalid bin Walid

Mendengar nama Khalid bin Walid tentu bukan hal yang asing lagi ditelinga kaum Muslimin. Karena beliau termasuk sosok nama pahlawan Islam yang sudah sangat terkenal dalam sejarah. Beliau merupakan seorang jenderal perang yang sangat hebat dan tidak terkalahkan.

Bahkan pada masa itu, beliau mendapatkan julukan “Pedang Allah yang Terhunus”. Sudah banyak peperangan yang telah dipimpin oleh Khalid, diantaranya yaitu penaklukan Mesopotamian dan tanah Arab. Beliau juga berhasil meraih kemenangan dalam Perang Yarmuk. 

4. Hamzah bin Abdul Muthalib

Sahabat sekaligus paman Nabi Muhammad SAW yaitu Hamzah bin Abdul Muthalib juga turut berjuang dalam membantu dakwah Islam. Hamzah menjadi sosok pelindung yang sangat menyayangi keponakannya. 

Setelah masuk Islam, beliau bertindak menjadi sosok paling depan untuk melindungi Nabi Muhammad SAW ketika berdakwah. Untuk pertama kalinya, Rasulullah SAW mempercayai Hamzah sebagai penegak bendera Islam dalam Perang Badar. 

Julukan yang diberikan kepada Hamzah adalah “Singa Allah”. Namun Hamzah harus gugur syahid dalam Perang Uhud. Kematian beliau memberikan luka yang mendalam bagi Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya. 

5. Muhammad Al Fatih

Muhammad Al Fatih merupakan sosok yang dikenal sebagai penakluk Konstantinopel, sekarang ini dikenal sebagai Kota Istanbul yang ada di Turki. Beliau merupakan Sultan yang berasal dari Dinasti Usmaniyah. 

Beliau meyakini bahwa kemenangannya dalam menaklukan Konstantinopel merupakan pertolong adari Allah SWT bukan semata-mata karena kekuatan militernya.

Dalam catatan sejarah, Muhammad Al Fatih tercatat sebagai seorang pemimpin yang teguh dalam mendirikan sholat. Bahkan tidak hanya sholat fardhu namun juga sholat-sholat sunnah, seperti shalat tahajud dan shalat rawatib. 

6. Shalahuddin Al Ayyubi

Tidak hanya dikenal sebagai pahlawan Islam saja, namun juga di kalangan dunia dengan nama Sultan Saladin. Shalahuddin Al Ayyubi, merupakan sultan pendiri dinasti Ayyubiah. 

Beliau sangat berperan dalam membebaskan Baitul Maqdis atau Kota Yerusalem.  Jasa terbesar beliau yaitu membebaskan Al-Aqsa lalu mengusir tentara Salibis dari Baitul Maqdis. 

Semasa hidupnya, beliau selalu menyibukkan diri dalam berjihad. Bentuk jihad yang dilakukan tidak hanya dalam medan pertempuran namun juga berjihad dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Seperti, dengan membangun sekola, rumah sakit, dan masjid di daerah kekuasaannya.

7. Thariq bin Ziyad

Nama pahlawan Islam yang menjadi penakluk Andalusia yang sekarang ini dikenal sebagai Spanyol adalah Thariq bin Ziyad. Thariq merupakan seorang panglima yang berasal dari Dinasti Bani Umayyah. 

Atas perintah yang diberikan oleh Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik, Thariq membawa pasukan Islam untuk menuju daratan Eropa dengan menyeberangi selat Gibraltar. 

Berkat jasa-jasa beliau, untuk mengenangnya maka diabadikanlah nama selat tersebut menjadi Selat Gibraltar yang memisahkan antara negara Maroko dan Spanyol. Dalam Bahasa Spanyol, Gibraltar artinya adalah Bukit Thariq. 

Perempuan Berpengaruh dalam Islam

Selain nama-nama pahlawan Islam laki-laki yang sudah disebutkan sebelumnya, jauh sebelum Kartini ternyata sudah ada tokoh wanita Islam yang memiliki jasa besar dalam mendukung perkembangan Islam, berikut ini merupakan daftarnya:

1. Khadijah binti Khuwailid

Khadijah merupakan istri Nabi Muhammad SAW dan menjadi salah satu wanita yang berpengaruh di Islam.

Khadijah adalah seorang saudagar kaya raya di Mekkah. Ia memiliki peran penting dalam menyokong perekonomian serta syiar Islam. 

2. Fatimah binti Muhammad

Fatimah adalah putri Nabi Muhammad SAW dari Khadijah. Ia memiliki kontribusi penting dalam terbentuknya komunitas Muslim awal yang ada di Mekah dan Madinah. 

3. Nusaiba binti Ka’ab Al-Anshariyyah

Nusaiba dikenal sebagai pahlawan Islam wanita, karena termasuk salah satu yang paling berpengaruh dalam sejarah Islam.

Ia merupakan salah satu sahabat Nabi dan anggota suku Bani Najjar. 

Nusaiba atau yang dikenal Ummu Ammara diketahui pernah ikut berperang dalam Perang Uhud, dengan membawa pedang serta perisai. 

4. Aisyah binti Abu Bakar

Aisyah putri Abu Bakar sekaligus istri muda Rasulullah SAW memiliki kontribusi besar dalam aktivitas penyebaran agama Islam.

Dalam tradisi Sunni, Aisyah termasuk ke dalam salah satu perawi utama hadits. 

Tindakan yang dilakukan Aisyah memiliki dampak yang cukup besar pada kehadiran perempuan di ruang publik. Karena hal ini pada dulunya berbenturan dengan konsep konservatif. 

5. Amrah binti Abdurrahman

Amrah binti Abdurrahman merupakan salah satu ulama besar wanita yang ada pada abad kedelapan. Selain itu, Amira juga dikenal sebagai ulama hadits, mufti dan ahli hukum. 

Itulah daftar pahlawan Islam yang turut memberikan pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam.

Melihat perjuangan dan dedikasi yang diberikan kepada umat muslim, kamu juga bisa meneladaninya dengan membantu sesama yang membutuhkan.

Salah satu caranya yaitu bisa dengan menyalurkan shadaqah kepada yatim dhuafa melalui platform donasi milik Laznas Yatim Mandiri, sebagai lembaga yang amanah dan terpercaya. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top