11 Ide Lomba Tahun Baru Islam di Masjid, Dijamin Seru!

Ide lomba tahun baru Islam sangat dibutuhkan untuk menyiapkan acara yang tidak kalah menarik dan seru dengan acara keagamaan lainnya.

Tahun baru Islam dapat disambut dengan penuh sukacita layaknya tahun baru Masehi. Pada 1 Muharram, umat muslim di seluruh dunia akan memasuki tahun baru berdasarkan kalender Hijriah.

Untuk memeriahkan hari tersebut, dibutuhkan berbagai ide lomba tahun baru Islam. Perayaan tahun baru dapat dilakukan di berbagai tempat sebagai wujud rasa syukur telah memasuki tahun baru.

Berbeda dengan 1 Januari yang identik dengan kembang api dan pesta, 1 Muharram justru lebih banyak diisi dengan aktivitas yang bertema religi tetapi tetap seru dan menarik untuk diikuti.

Ide Lomba Tahun Baru Islam

Berbagai cara dapat dipilih untuk menyambut tahun baru Islam. Sahabat bisa melakukannya sendirian maupun bersama-sama agar lebih meriah.

Di bawah ini terdapat beberapa ide lomba yang bisa dipakai untuk menyambut 1 Muharram yang menarik untuk diadakan maupun diikuti berbagai kalangan.

1. Lomba Kaligrafi

Kaligrafi dikenal sebagai kegiatan menuliskan ayat-ayat Al Quran dengan indah. Membuat kaligrafi umumnya sudah diperkenalkan di bangku sekolah sehingga bukan hal yang asing untuk diketahui.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki keahlian untuk membuat kaligrafi yang bagus. Oleh karena itu, ide ini bisa menjadi salah satu lomba yang dapat diadakan saat tahun baru Islam.

Selain menuliskan ayat Al Quran dengan indah, lomba kaligrafi juga dapat melahirkan peserta yang memiliki bakat yang mumpuni. Bahkan, karyanya nanti dapat dipasang maupun diperjualbelikan.

2. Lomba Ceramah

Lomba ceramah umumnya sudah banyak dilaksanakan di berbagai acara, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Ceramah merupakan pidato yang disampaikan di depan orang-orang yang bertujuan untuk memberikan pesan atau nasihat yang bernilai positif.

Tema ceramah cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan tema kegiatan yang sedang berlangsung.

Jika lomba ceramah diadakan khusus untuk menyambut tahun baru islam, maka sebaiknya tema yang diangkat pun sama. Dengan begitu, materinya akan terarah dan sesuai kondisi.

Adapun bagian penilaian pada lomba tersebut dapat berupa materi ceramah, kesesuaian dengan tema, cara penyampaian, intonasi, mimik, dan masih banyak lagi.

Para juri memiliki hak untuk memberikan nilai kepada setiap peserta ceramah sekaligus menjadi penentu yang menjadi pemenang.

3. Lomba Cerdas Cermat Tentang Islam

Sama halnya dengan ceramah, lomba cerdas cermat juga sudah sering dilakukan. Namun, ide lomba tahun baru Islam ini dapat disesuaikan dengan tema kegiatan.

Misalnya, mengangkat tema Islam agar para peserta lomba maupun penonton bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang islam.

Untuk melaksanakan kegiatan ini dibutuhkan soal-soal yang menantang dan juri-juri yang berkompeten di bidang tersebut.

Pihak panitia dapat mengatur apakah lomba cerdas cermat tema islam dilakukan secara individu maupun beregu. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengatur jalannya lomba.

4. Lomba Membaca Puisi

Puisi adalah salah satu karya sastra yang masih banyak digemari hingga sekarang.

Karya sastra ini seringkali menjadi cabang lomba untuk menunjukkan bakat membaca puisi para peserta. Hal sama dapat dilakukan saat ingin memeriahkan tahun baru islam dengan mengadakan berbagai jenis lomba.

Salah satu cabang yang bisa dibuka adalah lomba puisi. Panitia dapat menentukan tema puisi yang sesuai dengan acara.

Selain itu, panitia juga dapat menentukan panjang puisi dan estimasi waktu untuk membacanya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk memberikan penilaian terhadap peserta.

Lomba membaca puisi ini juga bisa dilakukan secara individu, berpasangan, maupun tim.

Namun, yang paling sering dilombakan adalah membaca puisi secara individu. Peserta dapat naik secara bergantian untuk menampilkan bacaan puisi yang bagus dan mampu menarik perhatian para juri.

5. Lomba Qasidahan

Tidak jauh berbeda dengan marawis, qasidahan juga berupa tim yang tampil dengan membawa lagu-lagu bertema Islami beserta alat musik.

Uniknya, qasidahan seringkali menambahkan gerakan agar terlihat jauh lebih menarik. Dalam hal ini, gerakan yang dipilih tentu yang sederhana dan sopan.

Untuk merayakan tahun baru Islam, lomba qasidahan tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

Tim qasidahan biasanya adalah anak-anak maupun ibu-ibu yang tergabung dalam satu grup. Sebelum tampil, mereka sudah melakukan latihan agar bisa terlihat kompak dengan musik yang bagus.

Baca juga: 11 Ide Lomba Tahun Baru Islam di Masjid, Dijamin Seru!

6. Lomba Marawis

Dalam beberapa acara keagamaan, mungkin sahabat sering melihat sekelompok orang yang menepuk alat musik sambil bernyanyi.

Nah, alat musik yang dibawa tersebut dikenal sebagai marawis. Umumnya, marawis identik dengan lagu bertema Islami yang dibawakan dalam acara keagamaan.

Tim marawis dapat tampil pada awal maupun akhir kegiatan. Mengingat kegiatan ini cukup menarik, maka tidak heran jika marawis masuk dalam salah satu ide lomba tahun baru Islam.

Tim marawis dapat berasal dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa, baik laki-laki atau perempuan.

7. Lomba Membaca Al-Quran

Ide lomba lain yang cocok untuk merayakan tahun baru Islam adalah lomba membaca Al Quran.

Kemampuan dan teknik membaca Al Quran setiap orang umumnya berbeda-beda. Ada yang belum lancar, sedikit lancar, hingga yang sangat mahir membaca setiap ayat yang tertulis dalam Al Quran.

Untuk mengadakan lomba membaca Al Quran, pihak panitia hanya perlu menyediakan Al Quran serta tim juri.

Pastikan juri tersebut adalah orang yang memiliki kemampuan yang sangat bagus dalam membaca ayat suci Al Quran. Selain itu, lomba tersebut juga dapat mendatangkan pahala yang cukup.

8. Lomba Shalawatan

Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW sangat dianjurkan untuk seluruh umat muslim.

Bacaan ini bahkan terdapat dalam sholat wajib sehingga pasti diketahui oleh seluruh orang Islam. Meskipun begitu, tidak semua orang dapat bershalawat dengan indah dan bagus untuk didengar.

Hal inilah yang menyebabkan lomba shalawat dapat menjadi rangkaian kegiatan saat menyambut tahun baru hijriah.

Seseorang yang mampu bershalawat dengan indah dapat menyentuh hati para pendengarnya sekaligus mendatangkan banyak kebaikan dalam hidup pembacanya.

9. Lomba Adzan

Adzan dikumandangkan setiap kali akan melaksanakan sholat. Umumnya, adzan dikumandangkan oleh laki-laki di masjid sebagai seruan kepada seluruh umat muslim agar segera sholat.

Nah, adzan juga termasuk dalam salah satu ide lomba tahun baru Islam yang selalu dipilih.

Untuk lomba, setiap peserta hanya perlu mengumandangkan adzan dengan suara lantang dan pelafalan yang benar.

Dari penampilannya tersebut, tim juri dapat memberikan penilaian untuk menentukan peserta mana yang mampu mengumandangkan adzan dengan cara terbaik.

10. Lomba Hadrah

Hadrah merupakan sebuah musik yang dimana orang-orang melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang diiringi dengan alat tabuhan.

Hadrah juga dapat menjadi lomba yang cukup banyak diminati jika diadakan untuk menyambut tahun baru Hijriah.

Peserta lomba Hadrah biasanya berasal dari kalangan siswa atau anak-anak. Akan tetapi, orang dewasa pun jika bisa tampil dan mengikuti lomba tersebut.

Jadi, semuanya dapat disesuaikan dengan aturan panitia maupun tema acara yang sedang diadakan.

11. Lomba Fotografi dan Desain Bertema Islami

Menyalurkan bakat seni dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan dalam acara keagamaan juga bisa dilakukan.

Jika sahabat memiliki bakat dalam dunia fotografi dan desain tetap akan bisa menampilkannya di acara tahun baru islam untuk memperlihatkan kepiawaiannya kepada penonton. Akan tetapi, temanya akan disesuaikan dengan acara, yaitu Islami.

Oleh karena itu, karya fotografi dan desain yang dapat diikutsertakan dalam lomba tersebut juga harus sesuai dengan tema yang ada. Jika tidak, maka karya sahabat kemungkinan besar tidak bisa menang.

Untuk memeriahkan acara tahun baru islam, umumnya diadakan berbagai jenis lomba menarik.

Selain itu, Sahabat semakin mudah mendapatkan banyak ilmu dengan mengunjungi Blog Yatim Mandiri agar menambah wawasan dan khazanah keilmuan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top