Rekan Goes to School #22: Sambangi Sekolah Pelosok Jember

Jember, YM News – Relawan Kemandirian Jember kembali melaksanakan kegiatan inspiratif mereka melalui program Rekan Goes To School (RGTS) Batch 22, pada Sabtu lalu (7/9/2024). 

Kegiatan kali ini diselenggarakan di SDN Sumberjati 05, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, dengan tujuan menyapa dan memberikan edukasi kepada para siswa yatim dan dhuafa di wilayah pelosok Jember.

Kegiatan dimulai dengan senam pagi yang diikuti oleh seluruh siswa dan relawan, diikuti oleh sambutan dari Kepala SDN Sumberjati 05, Bu Kartika, yang menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran dan dukungan dari Relawan Kemandirian Jember. 

Seluruh peserta RGTS tengah ikuti senam pagi bersama Rekan Jember.

“Kami sangat berterima kasih atas kedatangan teman-teman relawan. Kegiatan ini sangat berarti bagi anak-anak kami, terutama dalam memberikan mereka pengetahuan dan semangat baru,” ujar Bu Kartika dalam sambutannya.

Muyassaroh selaku Lead Program Yatim Mandiri Jember juga turut memberikan sambutan dan menekankan pentingnya kolaborasi untuk mendukung pendidikan anak-anak di pelosok. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh Kak Sovi Yatul Jennah yang membawakan topik penting mengenai Pencegahan Bullying di lingkungan sekolah.

Dengan gaya penyampaian yang interaktif, Kak Sovi berhasil menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih memahami dampak negatif bullying serta cara mencegahnya.Selain penyampaian materi, kegiatan juga diisi dengan ice breaking yang membuat suasana semakin meriah dan penuh canda tawa. 

Tidak lupa, ada juga pembagian doorprize yang menambah semangat para siswa. “Senang sekali bisa ikut acara ini, banyak hadiah dan juga jadi tahu tentang bullying. Terima kasih Kakak-kakak Relawan,” ujar salah satu siswa dengan antusias.

Kegiatan RGTS kali ini memang berbeda dari sebelumnya. Relawan Kemandirian Jember melakukan terobosan baru dengan bermalam di sekolah tempat pelaksanaan acara. 

Penyerahan hadiah kepada siswa SDN Sumberjati 05 yang paling aktif.

Langkah ini diambil untuk meminimalisir risiko keterlambatan karena jarak tempuh yang cukup jauh, serta untuk meningkatkan bonding dan rasa kekeluargaan di antara para relawan. 

“Dengan menginap di sekolah, kami merasa lebih dekat dengan lingkungan di sini dan bisa lebih siap untuk kegiatan esok harinya. Ini juga membuat kami bisa lebih merasakan tantangan yang dihadapi anak-anak di daerah pelosok,” jelas Teddy, salah satu Relawan Kemandirian Jember yang terlibat.

Para relawan berharap, melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya bisa memberikan pengetahuan tetapi juga semangat dan inspirasi bagi anak-anak untuk terus belajar dan meraih cita-cita mereka meski dengan segala keterbatasan. 

“Kami ingin mereka tahu bahwa meskipun tinggal di pelosok, mereka tetap bisa bermimpi besar dan punya kesempatan yang sama untuk sukses,” ungkap Teddy.

Rekan Goes To School adalah bagian dari komitmen Relawan Kemandirian Jember untuk terus menyebarkan kebaikan dan membantu anak-anak di daerah terpencil mendapatkan akses pendidikan dan motivasi yang mereka butuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like

Yatim Mandiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan yatim dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf) serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.