10 Tokoh Islam yang Dermawan dan Patut Dicontoh, Siapa Saja?

Tokoh Islam yang dermawan ada banyak sekali, diantaranya adalah sahabat Nabi dan ulama-ulama besar. Siapa saja? Simak selengkapnya di sini!

menjadi orang yang dermawan, suka membantu dan bersedekah tidak akan menjadikan Sahabat kekurangan rezeki. Ada banyak contoh tokoh Islam yang dermawan dan terbukti tetap kaya.

Salah satu di antaranya, yaitu sahabat Rasulullah SAW, Utsman bin Affan. Kedermawanan Utsman tidak lepas dari contoh dari Rasulullah SAW.

Namun, apakah tokoh Islam yang dermawan hanya Utsman bin Affan? Tentu saja tidak. Maka dari itu, yuk cari tahu siapa saja tokoh-tokoh Islam yang memiliki sifat dermawan.

Tokoh Islam yang Dermawan

Para sahabat nabi dan tokoh-tokoh Islam terkenal tidak saja menyedekahkan harta mereka di jalan Allah SWT.

Namun, mereka juga rela mengorbankan nyawa untuk menegakkan Islam. Berikut ini Sahabat nabi dan tokoh-tokoh Islam yang paling dermawan.

1. Utsman Bin Affan

Utsman bin Affan adalah salah satu sahabat Nabi yang dermawan dan paling kaya. Beliau juga merupakan Khalifah Islam ke-3 dan suami dari putri Rasulullah, yaitu Ruqayah dan Ummu Kultsum.

Beliau tak pernah tanggung-tanggung dalam menyedekahkan hartanya untuk kepentingan umat Islam. Ia pernah membeli sumur senilai 20.000 dirham dan kemudian ia wakafkan untuk rakyat Madinah.

Beliau juga pernah menggunakan harta pribadinya untuk membiayai pembebasan tawanan Muslim dari tangan musuh. Selain itu, ia pernah menyumbangkan 300 unta dan 1000 dinar untuk keperluan Perang Tabuk.

Diketahui, ia meninggalkan harta lebih dari 2,5 triliun rupiah ketika wafat. Sebagian besar harta tersebut diperoleh dari berdagang. 

2. Ibnu Sina

Ibnu Sina atau Avicenna merupakan seorang dokter dan ilmuwan serba bisa yang sangat termasyur dalam dunia Islam.

Ia lahir pada tahun 980 M di Afsana, dekat Bukhara, yang sekarang merupakan bagian negara Uzbekistan.

Ibnu Sina tidak hanya terkenal akan kejeniusannya. Namun, ia juga terkenal akan kedermawanannya.

Ia rutin memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi mereka yang membutuhkan. Ia juga tidak ragu untuk berbagi ilmu dengan siapa saja.

3. Ummar bin Khattab

Umar bin Khattab adalah Khalifah Islam ke-2 setelah Abu Bakar. Beliau bukan hanya penerus kepemimpinan Rasulullah SAW, tapi juga ayah mertua Rasulullah SAW.

Umar terkenal sebagai pemimpin yang adil dan dermawan. Ia selalu mengelola keuangan umat dengan bijaksana dan memastikan rakyat memperoleh bagian yang adil dari hasil pengelolaan kekayaan umat. 

Beliau adalah sahabat pertama yang mewakafkan tanahnya untuk kepentingan umat. Tanah yang ia wakafkan adalah tanah Khaibar, tempat pohon kurma tumbuh subur.  

4. Ummul Banin

Tokoh Islam yang dermawan tidak hanya tokoh laki-laki saja. Tokoh Islam dan sahabat nabi perempuan pun juga sama dermawannya.

Salah satu dari mereka adalah Ummul Banin atau Fatimah Binti Hizam yang juga merupakan salah satu istri dari Ali bin Abi Thalib.

Ummul Banin memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang-orang miskin dan anak-anak yatim. Kepedulian ini ia tunjukkan dengan memberi makanan dan bantuan kepada mereka.

5. Imam Abu Hanifa

Imam Abu Hanifa atau Imam Hanafi adalah salah satu ulama besar dalam dunia Islam. Beliau lahir di Irak pada tahun 659 M.

Selain terkenal sebagai ulama besar, Imam Hanafi juga merupakan saudagar kaya. Meski kaya, ulama rendah hati ini tidak pelit dalam bersedekah.

Beliau sering membantu orang-orang yang kekurangan dan menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT. 

6. Ibnu Taymiyyah

Ibnu Taymiyyah adalah ulama terkenal dari Turki yang lahir pada tahun 1263 M. Beliau adalah ahli fikih mazhab Hambali.

Ibnu Taymiyyah telah melahirkan banyak karya-karya hebat. Selain itu, beliau memiliki kepedulian besar terhadap orang-orang miskin dan tertindas.

Ibn Taymiyyah sering berderma kepada mereka. Selain itu, beliau juga sering membela dan menegakkan keadilan sosial.

7. Jalaluddin Rumi

Rumi atau Jalaluddin Rumi adalah penyair dan tokoh terkenal dalam dunia Islam. Beliau lahir di Afganistan pada tahun 1207 M dan wafat pada tahun 1273 M.

Banyak nasihat diambil dari ucapan atau karya Rumi. Salah satunya adalah nasihat tentang kedermawanan.

Rumi sendiri juga merupakan tokoh Islam yang dermawan. Beliau selalu peduli pada mereka yang membutuhkan.

Salah satu kedermawanan Rumi adalah rutin memberi bantuan kepada orang yang tidak mampu.

8. Thalhah Ibn Ubaydillah

Thalhah Ibn Ubaydillah adalah sahabat Nabi yang memiliki banyak harta. Konon katanya, beliau meninggalkan harta senilai 542 miliar rupiah ketika wafat.

Namun, sumber lain mengatakan bahwa kekayaannya bernilai lebih dari 1,8 triliun rupiah saat wafat. Thalhah sendiri wafat pada tahun 656 M, saat beliau berumur 62 tahun. 

Beliau adalah sosok yang sangat dermawan. Salah satu riwayat pernah menceritakan bahwa Thalhah pernah menginfakkan hartanya sebanyak 10 pikulan unta di jalan Allah.

9. Sa’ad Ibnu Abi Waqqash

Sa’ad Ibnu Abi Waqqash juga merupakan sahabat Nabi yang bergelimang harta. Meski hartanya tidak sebanyak Thalhah maupun Utsman, tapi Sa’d tak kalah dermawan dari mereka.

Sa’ad Ibu Abi Waqqash gemar sekali menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT. Puterinya pernah berceritan bahwa Sa’ad mengirimkan zakat maal senilai 5.000 dinar kepada Gubernur Marwan.

Selain dermawan, Sa’ad juga dikenal sebagai sosok yang gagah berani dan doanya mustajab.

10. Abdurrahman Bin Auf

Abdurrahman Bin Auf merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang bergelimang harta. Ketika Abdurrahman wafat pada tahun 652 M, beliau diketahui meninggalkan harta lebih dari 6,2 triliun rupiah.

Beliau adalah pebisnis handal yang suka berderma. Salah satu alasan kenapa ia suka bersedekah di jalan Allah SWT adalah karena ia tidak mau masuk surga dengan merangkak.  Sa’ad pernah menolong petani kurma dengan membeli kurma busuk dalam harga wajar.

Sebelum wafat, ia juga berwasiat kepada keluarganya untuk membagi tiga hartanya untuk diberikan kepada para sahabat, melunasi hutangnya, dan dibagikan kepada fakir miskin.

Itulah sederet tokoh Islam yang dermawan di atas semoga dapat menjadi inspirasi para Sahabat untuk selalu membantu orang-orang yang membutuhkan dan menginfakkan harta di jalan Allah SWT.

berbicara soal sedekah dan infak, Sahabat bisa sedekah online di platform Yatim Mandiri. Di platform ini terdapat banyak program sedekah dan infak yang akan disalurkan ke orang-orang yang membutuhkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top