Inilah 6 Tanda-Tanda Kiamat Menurut Islam, Apa Saja?

Ada banyak tanda-tanda kiamat, di antaranya yaitu matahari terbit dari barat, munculnya Dajjal, hingga munculnya Imam Mahdi. Cek di sini!

Mempercayai datangnya hari kiamat merupakan hal yang wajib bagi umat Islam karena termasuk ke dalam rukun iman kelima.

Meski kiamat merupakan rahasia Allah SWT, kita sebagai umat Muslim bisa mengenai tanda kiamat yang ditunjukkan oleh Allah SWT.

Tidak untuk menakut-nakuti, munculnya tanda kiamat merupakan sebuah pengingat agar umat Muslim bisa memperbaiki diri.

Nah, pertanyaannya, apa saja tanda-tanda kiamat yang diberikan oleh Allah SWT? Apakah saat ini tanda-tanda tersebut sudah muncul?

Yuk, simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Tanda-Tanda Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah kiamat kecil. Sehubungan dengan hal ini, kiamat sugra ditandai dengan perubahan dan peristiwa kecil.

Adapun beberapa tanda-tanda kiamat sugra sudah sering kita lihat sehari-hari, di antaranya yaitu:

  1. Orang meninggal dunia
  2. Bencana alam, meliputi gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan lainnya
  3. Banyaknya orang yang berbuat maksiat
  4. Manusia berlomba-lomba mengejar nikmat dunia
  5. Ilmu agama dicabut
  6. benda keras berbicara

Tanda-Tanda Kiamat Kubro

Datangnya kiamat hanya Allah SWT yang mengetahui, namun sudah banyak dijelaskan dalam hadits dan ayat Al-Qur’an mengenai tanda-tanda dari datangnya hari kiamat, diantaranya yaitu:

1. Matahari Terbit dari Barat

Tanda dari hari kiamat yang pertama, yaitu matahari terbit dari barat, hal ini juga menunjukkan bahwa pintu amalan manusia sudah ditutup. 

Terjadinya peristiwa ini hanya dalam satu hari saja dan semua yang ada di alam semesta ini akan hancur. 

Peristiwa tanda-tanda datangnya hari kiamat mengenai matahari yang terbit dari arah barat ini juga tercantum dalam sebuah hadits yang artinya:

“Tidak akan terjadi kiamat sehingga matahari terbit dari tempat terbenamnya, apabila ia telah terbit dari barat dan semua manusia melihat hal itu maka semua mereka akan beriman, dan itulah waktu yang tidak ada gunanya iman seseorang yang belum pernah beriman sebelum itu.” (HR Bukhari dan Muslim, Ahmad, serta Abu Dawud, dari Abu Hurairah).

2. Kemunculan Imam Mahdi

Imam Mahdi merupakan seseorang yang asalnya dari keturunan Fatimah binti Muhammad garis Hasan bin ‘Ali RA. 

Memiliki sikap yang sangat adil, serta tidak ingin di dunia ini ada kezhaliman dan permusuhan. Kemunculan Imam Mahdi termasuk ke dalam salah satu tanda-tanda kiamat.

Dalam masa kepemimpinannya, setiap umat manusia akan mendapatkan kehidupan yang adil dan Makmur. Kepemimpinan Imam Mahdi juga dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW. 

“Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun.”

3. Munculnya Dajjal

Munculnya dajjal juga menjadi salah satu tanda kiamat. Kemunculan dajjal di antara manusia untuk mengajak orang-orang agar berpaling dari jalan yang benar dan membawanya menuju kesesatan. 

Dajjal mengaku bahwa dirinya adalah seorang nabi, hal ini yang membuat banyak orang tersesat karena mengikuti jalannya. 

Terlebih lagi, Allah SWT memberikannya keajaiban dan kemampun yang membuat orang-orang percaya bahkan menganggap bahwa dirinya merupakan tuhan. 

4. Munculnya Yajuj dan Majuj

Yajuj dan Majuj merupakan kaum yang muncul di bumi untuk menjadi perusak. Kemunculan Yajuj dan Majuj juga sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an yaitu pada surat Al-Kahfi ayat 94. 


قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Artinya: “Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Ya’juj dan Ma’juj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?” (QS. Al-Kahfi:94). 

5. Munculnya Asap yang Mematikan

Hari kiamat juga ditandai dengan munculnya kabut asap yang mematikan. Kemunculan kabut ini menjadi azab dan siksaan dari Allah SWT kepada manusia-manusia yang tidak beriman dan sering melakukan perbuatan maksiat.

6. Turunnya Nabi Isa ke Bumi

Tanda kiamat selain kemunculan Dajjal yang banyak melakukan perbuatan merusak di bumi dan menyebarkan fitnah, Allah SWT mengutus Nabi Isa untuk turun ke bumi.

Nabi Isa AS diutus untuk membela kaum yang tertindas dan membunuh Dajjal agar bumi kembali kondusif.

Hikmah Iman Terhadap Hari Kiamat

Setelah memahami jenis dan tanda-tanda kiamat, ada banyak hikmah yang bisa diambil. Adapun hikmah iman terhadap hari kiamat, yaitu:

1. Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT

Beriman kepada hari akhir memiliki arti bahwa segala sesuatu yang diperbuat di dunia, nantinya akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti baik itu perbuatan yang baik maupun buruk.

Maka dari itu, dengan mempercayai akan datangnya hari kiamat bisa memberikan hikmah bagi seseorang, yaitu ketakwaan kepada Allah SWT dan lebih dekat dengan Sang Pencipta.  

2. Bisa Mengutamakan Kepentingan Akhirat

Mempelajari tanda kiamat dan mempercayai akan datangnya hari akhir, dapat menumbuhkan rasa takut apabila melakukan perbuatan maksiat di dunia. 

Dengan begitu, segala bentuk larangan dan juga kemaksiatan akan dijauhi karena sadar bahwa semua hal tersebut nantinya akan dimintai pertanggung jawaban di hari kiamat.

Selain itu, bisa lebih fokus untuk mengejar amalan-amalan baik sebagai bekal nanti di akhirat. Hal ini tentunya bisa membuat umat Islam menjaga perilaku dan perkataannya.

Dengan demikian, perilaku dan perkataan yang diucapkan tidak akan membawa dirinya ke dalam azab Allah SWT yang sangat pedih.

Sebagaimana yang terdapat di dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 31, yang artinya:

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan” (QS. Ibrahim: 31)

3. Sadar Bahwa Tidak Ada yang Kekal di Dunia

Mempercayai datangnya hari akhir dan tanda kiamat memberikan kesadaran bahwa semua yang ada di dunia ini tidak ada yang kekal abadi. 

Bahkan dunia dan segala isinya akan rusak dan hancur. Maka dari itu, dalam hidup tidak hanya mengejar dunia saja namun juga akhirat.

Apa yang dikejar seseorang di dunia baik itu harta, jabatan, atau kehormatan tidak akan dibawa di akhirat.

Persiapkan diri sendiri dengan selalu beramal saleh, beribadah dan berbuat baik terhadap sesama. 

4. Segala Tindakan dan Perbuatan Akan Mendapatkan Balasan

Beriman kepada hari kiamat akan selalu ingat untuk selalu menjaga perkataan, perbuatan dan beramal saleh. 

Contohnya, yaitu melaksanakan kewajiban sholat fardhu 5 waktu, memperbanyak puasa sunnah, dzikir, sedekah, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tanda kiamat yang perlu Sahabat pahami. Dapat disimpulkan, beberapa tanda kiamat sugra bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Harapannya, tanda tersebut dapat menjadi pengingat umat Muslim untuk terus meningkatkan ibadah dan memperbaiki diri sebelum tanda kiamat kubro muncul.

Jangan lupa juga untuk terus berbuat baik dan melakukan amal saleh, seperti menjaga lisan, berdzikir, dan sedekah

Sebagai upaya penyempurnaan ibadah, Sahabat bisa sedekah secara online di Yatim Mandiri. Sedekah di Yatim Mandiri mudah, praktis, dan cepat.

Yuk, pertebal pahala dengan sedekah di Yatim Mandiri!

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Scroll to Top