Keutamaan Sedekah Yatim di Bulan Muharram, Yuk Amalkan !!

Keutamaan Sedekah Yatim di Bulan Muharram
Image by Zafer from Pixabay

Keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram sangat banyak, bisa menjadi cara mengumpulkan pahala untuk di akhirat nanti. Yuk amalkan amalan bulan Muharram agar mendapatkan keutamaannya. Simak keutamaan pada artikel berikut ini.


Bersedekah kepada anak yatim, menjadi salah satu kemuliaan. Apalagi jika dilakukan di bulan yang suci, tentunya akan banyak keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram yang bisa didapatkan.

Apalagi ada istilah lebaran anak yatim atau Idul Yatama, bagi sebagian umat muslim di Indonesia memang dijadikan momentum berbagi dengan anak yatim selama bulan Muharram. Sebagai tabungan pahala untuk di akhirat nanti.

Hadits dan Anjuran Sedekah untuk Anak Yatim di Bulan Muharram

Apakah ada hadits dan anjuran, tentang bersedekah kepada anak yatim pada bulan Muharram? Bagi Anda yang belum terlalu paham, namun ingin melaksanakan sedekah tersebut. Beberapa dalil berikut bisa dijadikan pedoman.

1. Al-quran Surat Al-Baqarah Ayat 220

Di dalam Al-quran tepatnya Surat Al-Baqarah ayat 220 dijelaskan bahwa, memperbaiki keadaan anak yatim adalah sesuatu yang baik.

2. Hadits Riwayat Ibnu Majah 

Di dalam salah satu hadits riwayat Ibnu Majah,Abu Hurairah RA pernah mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa rumah paling baik dari umat muslim yaitu rumah dimana terdapat anak yatim yang diperlakukan baik. 

Rumah yang paling jelek di antara kaum muslim adalah rumah dimana di dalamnya ada anak yatim yang mendapat perlakuan buruk.

3. Hadits Riwayat Thabrani

Di dalam salah satu hadits riwayat Thabrani, dikatakan tentang melakukan sedekah pada bulan Muharram akan mendapatkan pahala 70 kali lebih banyak dari sedekah pada bulan lain.

4. Hadits Riwayat Bukhari

Berdasarkan salah satu riwayat hadits dari Bukhari, Rasulullah SAW bersabda bahwa beliau dan orang yang menanggung hidup anak yatim memiliki kedekatan di surga seperti jarak antara jari telunjuk dan jari tengah.

5. Hasiyat I’anat al-Thalibin, halaman 267

Ada 12 ibadah yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram atau biasa disebut hari Asyura. Diantaranya, puasa sunnah, shalat sunnah, sedekah, bercelak, silaturahmi, menjenguk orang sakit, mengusap rambut di kepala anak yatim, memotong kuku, baca surat al-Ikhlas sebanyak 1000x.

Tentunya hal tersebut menjadi salah satu landasan, tentang keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram yang akan didapatkan bagi siapa saja yang melakukan ibadah mulia tersebut di bulan Muharram.

6. Rasulullah SAW Mencintai Anak Yatim

Pada tanggal 10 Muharram, Rasulullah SAW yang sangat sayang kepada yatim melakukan jamuan untuk anak-anak tersebut dan juga keluarga mereka. 

Pahala Sedekah untuk Anak Yatim di Bulan Muharram

Berbagai pahala bisa didapatkan oleh siapa saja, yang memberikan sedekah kepada anak yatim di bulan Muharram. Ini merupakan salah satu keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram terbaik. 

Apalagi bulan tersebut termasuk salah satu bulan mulia selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Pantas saja, umat muslim berbondong-bondong melakukan sedekah kepada anak yatim pada bulan mulia itu.

Bahkan di Indonesia, bulan Muharram tepatnya hari Asyura 10 Muharram disebut sebagai lebarannya bagi anak yatim. Di hari tersebut, sangat banyak yang memuliakan anak yatim dengan memberikan sedekah.

Sedekah yang diberikan ada yang langsung kepada para anak-anak yang sudah kehilangan ayah mereka tersebut. Namun, ada juga yang memanfaatkan cara lain seperti bersedekah melalui situs-situs terpercaya yang akan menyampaikan sedekah kepada anak yatim terpilih.

Berikut ini, beberapa pahala sedekah tersebut yang dikutip dari berbagai sumber dan riwayat shahih. Sebagai penegas bagi Anda, bahwa bersedekah itu memang bagian dari ibadah dan akan diganjar pahala.

  • Sama dengan Sedekah 1 Tahun

Bersedekah kepada anak yatim di bulan Muharram, pahalanya akan sama dengan setahun menyantuni anak-anak yang sudah kehilangan sosok ayah mereka tersebut.

Tapi, jangan menganggap bahwa sedekah hanya dilakukan di bulan mulia tersebut. Tetaplah bersedekah untuk anak-anak yatim di bulan lainnya sesuai dengan kemampuan. Tidak harus memberikan uang namun bisa pula dalam bentuk lain.

Misalnya pakaian, makanan, bahkan sedekah berupa doa saja sudah sangat mulia dan tercatat sebagai sebuah amalan.

Jika ingin pahala yang berlipat ganda dari keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram, jangan lupa melakukan sedekah selama Muharram dan jadikan kebiasaan dalam keseharian. Supaya pahalanya terus mengalir dan menjadi pemberat timbangan pahala di akhirat.

  • Doa Terkabul

Banyak cara dapat dilakukan agar doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT dikabulkan. Salah satunya adalah dengan bersedekah di bulan Muharram, tepatnya di tanggal 10 Muharram atau hari Asyura.

Namun tentunya tidak instan langsung terkabul karena hanya Allah SWT yang tahu, kapan waktu paling tepat untuk mengabulkan doa hambanya.

Persepsi doa terkabul sebagai salah satu pahala sedekah, memang harus di pertegas. Supaya orang tidak mengira bahwa saat bersedekah itu langsung pula doa akan terkabul.

Mungkin ada yang merasakan hal tersebut, namun ada pula yang perlu menunggu beberapa waktu dan melalui peristiwa yang sudah digariskan Allah SWT maka doa-doa yang dipanjatkan tersebut akan dikabulkan.

Sebagai ilustrasi saja, ketika seseorang berdoa agar diberikan kesempatan untuk naik haji saat melakukan sedekah di bulan Muharram kepada anak yatim. Kemudian doanya tersebut baru terkabul setelah beberapa tahun kemudian.

Kondisi tersebut harus tetap disyukuri, karena pastinya saat itulah momen paling tepat untuk orang tersebut bisa berangkat ke tanah suci.

  • Memberi Makan

Jika sedekah yang diberikan adalah berupa makanan, maka sama halnya dengan memberikan makan kepada umat Nabi Muhammad SAW sampai semuanya kenyang.

Sungguh sangat luar biasa ibadah sedekah untuk anak yatim tersebut, tidak salah jika di tahun ini Anda melakukannya pada tempat yang tepat supaya pahalanya benar-benar bisa didapatkan dan menjadi jariyah di hari akhir nanti.

Makanan seperti apa yang terbaik diberikan kepada anak yatim? Sebenarnya tidak harus mahal, bisa dibeli dengan terlebih dahulu menanyakan sendiri kepada mereka apa makanan yang paling diinginkan saat ini.

Setelah itu buat daftarnya dan mulailah berbelanja makanan tersebut, agar nantinya benar-benar dimakan dan memberikan rasa kenyang dan puas luar biasa bagi anak yatim.

Sebagai contohnya, ada hamba Allah yang ingin bersedekah makanan bagi anak yatim. Kemudian, dia bertanya kepada sejumlah anak yang akan diberikan hadiah berupa makanan impian mereka. 

Ternyata ada yang hanya ingin makan ayam goreng dan es teh karena memang belum pernah mencobanya. Lalu ada pula yang ingin coklat dan susu kotak, sangat sederhana namun bagi mereka itu sungguh spesial.

Alasannya juga sangat sederhana, yaitu karena selama ini mereka tidak memiliki uang untuk membeli makanan tersebut. Hanya bisa melihatnya di televisi atau melihat orang lain memakannya di dekat mereka.

Tentunya akan lebih terasa ibadahnya ketika dibelikan dengan ikhlas, penuh kasih sayang, tanpa memandang harga maupun jumlahnya, supaya pahala yang didapat juga lebih sempurna.

  • Memberi Minum

Sama halnya dengan memberi sedekah berupa makanan, yang menjadi bagian dari keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram. Ketika memberikan minuman kepada anak yatim di bulan Muharram, maka pahala bisa didapatkan seperti tidak akan kehausan ketika hari kiamat tiba.

Minuman yang diberikan juga tidak harus mahal, cukup minum air putih pelepas dahaga atau yang sangat mereka inginkan selama ini. Memang akan lebih terasa kepuasan bersedekah, ketika memberikan sesuatu yang memang dibutuhkan atau diinginkan oleh penerima sedekah.

Mungkin Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu, minuman apa yang diinginkan oleh para anak yatim. Bisa juga dengan berkolaborasi dengan penyedia layanan donasi kepada anak yatim seperti yatimmandiri.org, agar anak yatim yang akan disantuni bisa mendapatkan apa yang mereka mau.

Setidaknya pada bulan Muharram tahun ini, mereka bisa merasakan nikmatnya segelas minuman impian yang selama ini hanya bisa mereka bayangkan seperti apa rasanya.

  • Dilindungi pada Hari Akhir

Dalam sebuah hadits riwayat At-Thabrani dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda Allah SWT tidak akan memberikan azab di hari kiamat kepada orang-orang yang sayang kepada anak yatim. 

Mereka juga ramah dan mengasihi anak-anak yatim, berkata-kata yang manis. Orang-orang tersebut benar-benar sayang kepada anak yatim dan maklum terhadap kekurangan mereka.

Golongan merek juga tidak sombong pada tetangga atas harta dan kekayaan dari Allah SWT yang diberikan kepadanya.

Pelajaran yang bisa dipetik dari pahala yang satu ini adalah, melakukan sedekah yang ikhlas kepada anak yatim. Sebaik-baik bulan adalah di bulan Muharram, sesuai dengan apa yang bisa diberikan.

Niatkan untuk membantu mereka agar bisa hidup lebih layak, seperti anak-anak pada umumnya. Ketika semua sudah dilakukan, pahala apapun yang akan diberikan oleh Allah SWT adalah bonus untuk hari akhir nanti.

  • Sama dengan Pahala Jihad

Dari salah satu hadits riwayat Tirmidzi, dijelaskan bahwa siapapun yang memelihara anak yatim yang ada di tengah kaum muslim.

Memberikan mereka makanan dan minuman, maka Allah SWT akan memasukkannya ke dalam surga. Kecuali dia sudah pernah membuat dosa yang tak dapat diampuni.

Kenapa keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram sama dengan pahala jihad? Orang berjihad akan dijamin masuk surga oleh Allah SWT, sama halnya ketika bersedekah. Keduanya sama-sama perbuatan yang mulia dan disukai oleh Allah.

  • Masuk Surga

Allah SWT menjanjikan surga bagi umatnya yang melakukan hal mulia, salah satunya adalah menyantuni anak yatim. Apalagi, jika dilakukan di bulan yang mulia dan ikhlas tanpa keinginan untuk pamer kepada siapapun.

Janji Allah SWT tersebut, ditegaskan dalam sejumlah ayat di dalam Al-quran dan hadits. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk bisa menjadi ahli surga salah satunya melalui sedekah yang diberikan kepada anak yatim.

Apa jenis sedekahnya, tergantung dengan kemampuan masing-masing. Jika bisa memberikan uang untuk biaya sekolah mereka, membelikan baju baru, buku pelajaran, makanan dan minuman, atau sekedar mendoakan mereka agar menjadi anak-anak hebat dan cinta Allah SWT.

Kalau memungkinkan, jangan hanya memberikan santunan di bulan Muharram saja. Usahakan untuk dijadikan sedekah rutin, supaya pahalanya semakin besar dan memberikan kesempatan lebih besar menjadi ahli surga seperti yang dijanjikan Allah SWT.

  • Mengusap Kepala Anak Yatim

Selain pahala bersedekah, mengusap kepala anak yatim juga akan menjadi ibadah yang berpahala besar. Dalam sebuah kitab Tanbihul Ghafilin bi-Ahaditsi Sayyidil Anbiya-Iwal mursalin, disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda.

Siapa yang puasa Asyura, ALlah SWT akan memberikan 1000 pahala dari malaikat dan juga 10.000 pahala para syuhada.

Siapa yang membelai atau mengusap kepala dari anak yatim pada hari Asyura, Allah SWT akan mengangkat derajatnya melalui setiap rambut yang dibelai. 

Keutamaan Sedekah Yatim

Bukan hal sembarangan, ketika seseorang memberikan sedekah kepada anak yatim, baik itu di bulan Muharram maupun tidak. Dari berbagai sumber dijelaskan bahwa banyak keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram dan pada bulan lainnya yang bisa dijadikan pondasi bahwa sedekah itu merupakan ibadah yang mulia.

Pertama, akan menjadi teman Rasulullah SAW di surga seperti sudah dipertegas dalam beberapa hadits shahih sebelumnya. Bahkan secara tegas Nabi akhir zaman tersebut mengatakan jarak beliau dan para penyantun anak yatim di surga adalah sangat dekat.

Kedua, menjadi ibadah untuk membersihkan pikiran, menghilangkan rasa keras pada hati, dan juga memberikan kelembutan hati. Dengan melihat langsung anak yatim yang bahagia menerima santunan, tentu akan membuat rasa bahagia yang juga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Ketiga, meningkatkan rasa peduli terhadap sesama khususnya anak yatim yang sudah tidak memiliki ayah. Ada kalanya penyantun akan menjadi sosok ayah bagi para anak-anak tersebut, sehingga tentunya pahala yang didapat bisa bertambah apabila dapat memperlakukan mereka dengan baik.

Keempat, semakin mengenal Islam dengan baik. Dimana salah satu ajaran yang ditanamkan adalah saling membantu sesama tanpa rasa sombong dan riya. Melalui kegiatan sedekah, hal tersebut bisa lebih ditanamkan di dalam diri dan diaplikasikan terus menerus di dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Terbaik Sedekah untuk Anak Yatim

Berbagai cara bisa dilakukan untuk menyantuni anak yatim, terutama di bulan Muharram yang mulia. 

  • Memberi Langsung

Anda bisa memberikan langsung santunan kepada anak yatim yang berada di sekitar tempat tinggal.

Misalnya, tetangga yang sudah tidak memiliki ayah atau kerabat yang memang hidup susah dan tidak lagi memiliki orang tua terutama ayah. Datangi langsung, lalu berikan sesuai kemampuan tanpa harus diketahui oleh orang lain.

  • Melalui Panti Asuhan

Langkah kedua, jika ingin lebih tepat sasaran tentu ke panti anak yatim yang memang mengasuh anak-anak yang sudah tidak memiliki orang tua.

  • Melalui Donasi Terpercaya

Jika tidak memiliki waktu untuk datang langsung, maka Anda bisa melakukan donasi melalui lumbung-lumbung amal yang sudah terpercaya. Dimana donasi yang diberikan akan langsung diserahkan kepada anak yatim.

Prosedurnya transparan dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, terutama untuk bulan Muharram yang merupakan bulan mulia untuk anak yatim. Anda tinggal kunjungi situsnya, kemudian informasikan bahwa akan berdonasi untuk anak yatim.

Kemudian pihak yayasan akan memberikan pedoman cara donasi yang mudah dipahami, tinggal ikut instruksi dan sedekah Anda sudah bisa disalurkan.

Nantinya, sebagai bukti sedekah sudah disalurkan maka pihak yayasan akan memberikan dokumentasi yang jelas.

Agar bisa meraih pahala sebanyak-banyaknya dan merasakan keutamaan sedekah yatim di bulan Muharram, tidak salah jika menyantuni anak yatim melalui cara dan tempat yang tepat, salah satunya melalui sedekah di Yayasan Yatim Mandiri.

Sedekah Anda, akan diberikan kepada anak yatim yang berhak menerimanya. Insha Allah, pahalanya mengalir langsung seperti yang dijanjikan oleh Allah SWT. 

Raih pahala berlipat di bulan Muharram, bersama-sama mandirikan anak yatim dengan sedekah terbaik melalui www.yatimmandiri.org/donasi

Referensi :

  1. https://www.republika.co.id/berita/qfcx6s335/pahala-bersedekah-untuk-anak-yatim-di-bulan-muharram
  2. https://www.wujudaksinyata.org/news/keutamaan-menyantuni-anak-yatim-di-bulan-muharram
  3. https://food.detik.com/info-kuliner/d-5069271/makanan-impian-anak-anak-yatim-ini-ternyata-hanya-makanan-sederhana

Abdul Roqib
Berpengalaman dalam bidang SEO melingkupi SEO Content Writer, Link Building, dan Technical SEO.