Muslim Wajib Tahu! Keutamaan Kurban dan Hikmahnya

Begitu banyak keutamaan kurban bagi seorang muslim yang menunaikannya yakni dicintai oleh Allah SWT, jati diri keIslaman seseorang, setiap bulu hewan kurban dicatat kebaikan, menumbuhkan kepedulian antar sesama, dan lainnya. 


Dalam agama Islam, kurban adalah salah satu ibadah yang memiliki keutamaan yang besar dan hikmah yang mendalam. Setiap tahunnya, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah kurban sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT.

Keutamaan kurban dapat ditemukan dalam berbagai ayat Al-Quran yang menggambarkan pentingnya pengorbanan sebagai wujud kepatuhan dan kesetiaan kepada Allah SWT.

Salah satu ayat yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan ibadah kurban adalah Surah Al-Hajj ayat 37, di mana Allah berfirman, “Bukanlah daging dan darah itu yang sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan. Demikianlah Allah telah menundukkan hewan-hewan itu untuk kalian, supaya kalian memperbanyak zikir kepada Allah atas rezeki yang telah diberikan-Nya kepada kalian”.

Dalam ayat ini, Allah menjelaskan bahwa yang menjadi tujuan utama dari ibadah kurban bukanlah daging dan darah hewan yang disembelih, melainkan rasa takwa dan ketakwaan kita kepada-Nya.

Disisi lain, keutamaan kurban menjadi sarana untuk menguatkan hubungan spiritual antara hamba dengan Tuhannya. Dalam proses berkurban, seorang Muslim diperintahkan untuk mengorbankan hewan yang bernilai untuk menunjukkan ketaatan dan penghambaan kepada Allah.

Selain itu, keutamaan kurban yakni menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan sosial antar sesama umat Muslim. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah,

 “Barangsiapa yang berkurban karena Allah dan tidaklah ia bermaksud berbangga atau berbuat fasik, maka Allah akan menggantikan kesalahannya yang sama sebanyak bulu bulu binatang kurban yang ada.” (HR. Tirmidzi)

Dalam hadis ini, Nabi Muhammad mengajarkan kepada umat Muslim untuk melaksanakan ibadah kurban dengan niat yang ikhlas, tanpa ada maksud untuk membanggakan diri atau berbuat dosa. 

Jika dilakukan dengan tulus dan ikhlas, Allah akan menggantikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh hamba dengan pahala yang melimpah.

Hal ini menunjukkan bahwa banyak keutamaan kurban yang memiliki pengaruh positif dalam memperbaiki hubungan dengan sesama dan menciptakan ikatan yang kuat di antara umat Muslim.

Artikel pilihan:   MURAH! Daftar Harga Sapi dan Kambing Kurban di Yatim Mandiri 2023

Jika Sahabat belum memutuskan untuk melakukan kurban tahun ini, ada baiknya dapat menyimak hikmah dan keutamaan berkurban di bawah ini:

  1. Kurban adalah Ibadah yang paling disukai oleh Allah SWT

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR. Ibn Majah dan Tirmidzi.)

  1. Keutamaan kurban yakni jati diri keislaman seseorang

Mualaf Salah Satu Golongan Penerima Zakat

Dari Abu Hurairah meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat Ied kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

  1. Setiap helai bulu hewan kurban dicatat satu kebaikan

Dari Zaid ibn Arqam, dirinya berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah)

  1. Berkurban menumbuhkan kepedulian pada sesama

“Hari Raya Qurban adalah hari untuk makan, minum dan dzikir kepada Allah” [HR. Muslim]

Baca artikel:   PROMO! Harga Kambing Kurban Murah 2023 di Yatim Mandiri Aja

  1. Ibadah yang paling utama adalah Berkurban 

Hampers Berupa Alat Sholat

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” (QS. Al Kautsar ayat 2)

Ulama besar Ibnu Taimiyyah ra sebagaimana dalam kitab Majmu’ Fatawa (16/531-532) ketika menafsirkan ayat kedua surat Al-Kautsar menerangkan : “Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan beliau untuk mengumpulkan dua ibadah yang agung ini yaitu shalat dan menyembelih qurban yang menunjukkan sikap taqarrub, tawadhu’, merasa butuh kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, husnuzhan, keyakinan yang kuat dan ketenangan hati kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, janji, perintah, serta keutamaan-Nya.”

“Katakanlah: sesungguhnya shalatku, sembelihanku (kurban), hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” [Qur’an Surat Al An’am ayat 162]

Beliau juga menegaskan: “Ibadah harta benda yang paling mulia adalah menyembelih qurban, sedangkan ibadah badan yang paling utama adalah shalat…”

  1. kurban adalah wujud syiar agama Islam

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)” (QS. Al Hajj ayat 34)

  1. Meneladani kecintaan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT

umrah setara haji

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (Qur’an Surat Ash-Shaffat : 102 – 107)

Itulah keutamaan kurban yang bisa kita amalkan dan mengambil hikmahnya dalam menjalani kehidupan ini. Terlebih jika kita mempunyai niat untuk menunaikan ibadah kurban pada tahun ini. Untuk itu, Yatim Mandiri memfasilitasi ibadah kurban Sahabat dengan menyediakan kambing, domba ataupun sapi yang berkualitas dan terjangkau harganya.

Berkurban di Yatim Mandiri juga akan menyehatkan karena daging yang diproduksi di sana berada di bawah pengawasan BPOM dan oleh perusahaan yang berpengalaman.

Ibadah kurban di Yatim Mandiri juga akan memberdayakan para peternak lokal dan membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan.

Info lebih lanjut kunjungi: https://qurban.yatimmandiri.org/

 

Santoso
Lewat aksara menggapai cita dan membantu sesama.